SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 4 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH               : __SD___________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : IV/2
Standar Kompetensi               : 5.          Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar                   : 5.1        Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran**           : Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran             : 1.          Siswa bersama-sama merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima 
                                                  2.          Masing-masing siswa merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik introduction, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan melakukan tindakan sesuai dengan perintah yang diberikan.
F Sebagai latihan awal, siswa dapat melakukan tindakan secara klasikal.
F Untuk latihan lanjutan, guru memanggil nama siswa secara acak dan meminta siswa untuk melakukan instruksi yang diberikan secara individual untuk mengetahui sejauh mana siswa telah memahami instruksi tersebut.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru meminta siswa satu per satu untuk memberikan instruksi dan meminta siswa yang lain memperagakannya.
F Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.

Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 4, Esis
  2. Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima


Tes  lisan

Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima

Listen and do the instructions. 
Guru: Get to the front of the class.
Murid: (maju ke depan kelas)

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Inggris



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 4 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top