SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 5 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


                         NAMA SEKOLAH               :  SD
                         Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
                         Kelas/Semester                        : V (5) /2
                         Standar Kompetensi               : 5.          Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
                         Kompetensi Dasar                   : 5.1        Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah
                        Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
                        Tujuan Pembelajaran**           : Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
                        Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran             : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima                                                  

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik tentang mendeskripsikan seseorang, guru bertanya pada siswa bagaimana cara mereka mendeskripsikan seseorang dalam bahasa Inggris.
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD dan melakukan tindakan sesuai dengan perintah yang diberikan.
F Sebagai latihan awal, siswa dapat melakukan tindakan secara klasikal.
F Untuk latihan lanjutan, guru memanggil nama siswa secara acak dan meminta siswa untuk melakukan instruksi yang diberikan secara individual untuk mengetahui sejauh mana siswa telah memahami instruksi tersebut.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru meminta siswa satu per satu untuk memberikan instruksi dan meminta siswa yang lain memperagakannya.
F Guru meminta siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.


Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
  2. Gambar-gambar yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan



Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima

Unjuk kerja


Responding

Listen and describe 
Kaset/CD: (memberikan deskripsi beberapa orang)
Siswa: (menulis deskripsi orang yang didengar)


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Inggris



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH               : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : V/2
Standar Kompetensi               : 5.          Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah
Kompetensi Dasar                   : 5.2        Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran**           : 1.          Siswa dapat merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
                                                  2.          Siswa dapat merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran             : 1.          Siswa bersama-sama mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD
                                                  2.          Masing-masing siswa mengulang dengan suara lantang apa yang didengar dari kaset/CD

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari.
·  Guru dapat meminta siswa untuk mengingat kembali kosakata-kosakata yang berkaitan dengan materi pokok bab yang dibahas.
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta mendengar instruksi guru atau instruksi dari kaset/CD dan merespon dengan mengulang apa yang mereka dengar secara klasikal. 
F Siswa mengulang secara kelompok/individu.
F Guru memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk siswa secara acak untuk merespon instruksi yang didengar dari kaset/CD secara verbal.
F Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa agar mereka termotivasi.

Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 5, Esis
  2. Rekaman kaset/CD
  3. Buku-buku lain yang relevan
  4. Script percakapan

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan suara lantang
§ Merespon dengan mengulang apa yang didengar dari kaset/CD dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar


Unjuk kerja



Responding

Listen to the dialogues and repeat.
Rekaman kaset/CD: How many brothers and sisters do you have?
Siswa: (mengulang)


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Inggris



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 5 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top