SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 6 SD SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEMESTER 2


NAMA SEKOLAH               : _________SD____________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VI (6)/2
Standar Kompetensi               : 5.          Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 5.1        Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana dengan tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas                                                          
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran**           : Siswa dapat merespon dengan melakukan tindakan secara berterima
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran             : Siswa merespon dengan melakukan tindakan secara berterima

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik menyebutkan harga barang, guru bertanya pada siswa mengenai cara menyebutkan harga barang yang mereka tahu dalam bahasa Inggris.
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta membuka buku pada halaman materi yang akan dipelajari.
F Siswa dapat Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana dengan tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas                                                          
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Pada halaman tersebut, terdapat harga-harga barangyang harus siswa ucapkan.
F Siswa diminta mendengarkan kaset/CD dan mengulang ujaran yang mereka dengar.
F Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat mendengar dengan lebih baik dan mengulang dengan lebih baik pula.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk siswa secara acak untuk merespon instruksi yang didengar dari kaset/CD secara verbal.
F Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada siswa agar mereka termotivasi.

Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 6, Esis
  2. Gambar-gambar atau benda-benda yang berkaitan dengan materi ajar
  3. Rekaman kaset/CD
  4. Buku-buku lain yang relevan

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon dengan  melakukan tindakan secara berterima





·    Tes lisan



·    Unjuk kerja

·    Mengulang secara lisan


·    Responding
Listen and repeat. Kaset/CD: (memberikan ungkapan yang siswa harus ulang)

Listen and follow the direction.
Kaset/CD: (memberikan informasi tentang arah yang harus diikuti siswa)

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Inggris



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NAMA SEKOLAH               : _____________________
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VI/2
Standar Kompetensi               : 5.          Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
Kompetensi Dasar                   : 5.2        Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan tindakan maupun bahasa secara berterima dalam dalam berbagai permainan 
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit
Tujuan Pembelajaran**           : Siswa dapat merespon dengan menulis apa yang didengar dari kaset/CD
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran             : Siswa menulis berdasarkan informasi yang didengar dari kaset/CD

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
·  Guru mengawali pelajaran dengan membahas materi pokok dalam bab yang sedang dipelajari.
·  Guru dapat meminta siswa untuk menyebutkan ujaran-ujaran yang biasa dipakai dalam situasi-situasi yang disajikan dalam buku. Sebagai contoh, jika bab yang sedang dibahas mengangkat topik menyebutkan arah, guru bertanya pada siswa mengenai cara menyebutkan arah dalam bahasa Inggris yang siswa tahu.
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta mendengar instruksi guru atau instruksi dari kaset/CD dan merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan yang diminta.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Pada latihan tersebut, siswa mendengar petunjuk mengenai arah dalam bahasa Inggris.
F Siswa merespon dengan menuliskan nama arah yang sesuai dengan petunjuk dari kaset/CD.
F Guru dapat memutar kaset/CD dua kali agar siswa dapat lebih yakin dengan jawabannya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru membahas jawaban siswa secara bersama-sama. Sebelumnya, guru dapat meminta siswa untuk membandingkan jawabannya dengan teman yang duduk di sebelahnya.

Alat/Sumber Belajar:
  1. Buku teks Let’s Make Friends with English, Bambang Sugeng, jilid 6, Esis
  2. Rekaman kaset/CD
  3. Buku-buku lain yang relevan
  4. Script percakapan

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon dengan menulis apa yang didengar dari kaset/CD

Unjuk kerja



Responding



Listen to the cassettes and write.
 Kaset/CD): (memberikan informasi yang harus siswa tulis)


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Bahasa Inggris



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :







BACA JUGA RPP BHS.INGGRIS LAINNYA...............

1.) RPP BAHASA INGGRIS KELAS 4

2.) RPP BAHASA INGGRIS KELAS 5

3.) RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7

4.) RPP BAHASA INGGRIS KELAS 8

5.) RPP BAHASA INGGRIS KELAS 9

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 6 SD SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top