SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP DAN SILABUS MATEMATIKA SMK KELAS 12 KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas / Semester      : XII /1
Pertemuan Ke          : 68 - 70
Alokasi                    : 6 x 45 Menit
Standar Kompetensi  : Menyelesaikan masalah program linier    
Kompetensi Dasar     : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier


A.        Indikator
1.      Soal ceritera ( kalimat verbal ) diterjemahkan kedalam kalimat matematika
2.      Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya


B.        Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengubah soal cerita ( kalimat verbal ) menjadi kalimat matematika
2.      Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari kalimat matematika


C.        Materi Pelajaran
1.      Model Matematika

D.        Metode Pengajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Penugasan
4.      Penemuan

E.        Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang  model matematika
2.      Kegiatan Inti        :  Menerangkan cara mengubah kalimat verbal menjadi kalimat matematika
3.      Kagitan Akhir       :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

F.         Sumber Belajar
1.      Modul tentang Program Linier
2.      Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian
1.  Kuis
2.  Tes lisan
3.  Tes tulis
4.  Pengamatan dan penugasan
   
                
Wonosobo                 Juli 2013
Kepala SMK  2 Wonosobo,                                                Guru Mata Pelajaran,




Drs. JOKO SRIWIDADI                                                                                    MUASIH YUSTININGRUM, Spd
Nip. 196305051988031018                                                                            Nip . 197205052005012013








                                               

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas / Semester      : X / 2
Pertemuan Ke          : 71 - 73
Alokasi                    : 6 x 45 Menit
Standar Kompetensi  : Menyelesaikan masalah program linier    
Kompetensi Dasar     : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier

A.        Indikator
1.      Soal ceritera ( kalimat verbal ) diterjemahkan kedalam kalimat matematika
4.      Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya


B.        Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengubah soal cerita ( kalimat verbal ) menjadi kalimat matematika
2.      Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari kalimat matematika
C.        Materi Pelajaran
1.      Model Matematika

D.        Metode Pengajaran
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Penugasan
4.      Penemuan

E.        Langkah Pembelajaran
5.      Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang  model matematika
6.      Kegiatan Inti        :  Menerangkan cara mengubah kalimat verbal menjadi kalimat matematika
7.      Kagitan Akhir       :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

F.         Sumber Belajar
1.      Modul tentang Program Linier
2.      Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
G.        Penilaian 
1.  Kuis
2.  Tes lisan
3.  Tes tulis
4.  Pengamatan dan penugasan
  
                

Wonosobo                 Juli 2013
Kepala SMK  2 Wonosobo,                                                Guru Mata Pelajaran,




Drs. JOKO SRIWIDADI                                                                                    MUASIH YUSTININGRUM, Spd
Nip. 196305051988031018                                                                            Nip . 197205052005012013





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika
Kelas/ Semester                : XII /1
Pertemuan Ke                    : 74 - 77
Alokasi                             : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi            :Menyelesaikan masalah program linier
Kompetensi Dasar              : Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linier

A.       Indikator                
1. Fungsi obyektif ditentukan dari soal
2. Nilai optimum ditentukan berdasar fungsi obyektif

B.        Tujuan Pembelajaran
          1. Siswa dapat dapat menetukan nilai obyektip dari soal cerita
          2. Siswa dapat menentukan nilai optimum, baik maksimum atau minimum

C.        Materi Pelajaran                 
1. Fungsi objektif
2. Nilai optimum
D.      Metode Pengajaran            
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan 
4. Penemuan
E.         Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang  model matematika
2. Kegiatan Inti         :  Menerangkan cara mencari nilai maksimum dan minimum
3. Kagitan Akhir        :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan PR

         
F.       Sumber Belajar                 
1. Modul Matematik SMK
2. Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian
1. Kuis
2. tes lisan
3. tes tulis
4. pengamatan danpenugasan
                                                     


Wonosobo                 Juli 2013
Kepala SMK  2 Wonosobo,                                                Guru Mata Pelajaran,




Drs. JOKO SRIWIDADI                                                                                    MUASIH YUSTININGRUM, Spd
Nip. 196305051988031018                                                                            Nip . 197205052005012013







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika
Kelas/ Semester                : XII /1
Pertemuan Ke                    : 78 - 80
Alokasi                             : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi            : Menyelesaikan masalah program linier
Kompetensi Dasar              : Menerapkan garis selidik

A.        Indikator      
1. Garis selidik digambarkan dari fungsi obyektif
2. Nilai optimum  ditentukan menggunakan garis selidik
B.        Tujuan Pembelajaran
          1. Siswa dapatmenggambar garis selidik dari fungsi obyektif
          2. Siswa dapa t menentukan nilai optimim dengan menggunakan garis selidik
C.         Materi Pelajaran                         
Garis selidik
D.        Metode Pengajaran            
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Penemuan

E.         Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal       :  Membahas PR dan memberikan pengantar tentang  model matematika
2. Kegiatan Inti         :  Menerangkan cara mencari nilai maksimum dan minimum dengan menggunakan metode    
                                   garis selidik.
3. Kagitan Akhir        :  Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan dan memberikan serta mengabil nilai 
                                  tugas

F.         Sumber Belajar                          
1. Modul Matematik SMK
2. Referensi lain yang relevan

G.        Penilaian 
1. Kuis
2. tes lisan
3. tes tulis
4. pengamatan dan penugasan
                                                      


Wonosobo                 Juli 2013
Kepala SMK  2 Wonosobo,                                                Guru Mata Pelajaran,




Drs. JOKO SRIWIDADI                                                                                    MUASIH YUSTININGRUM, Spd
Nip. 196305051988031018                                                                            Nip . 197205052005012013






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : Matematika
Kelas/ Semester                : XII /1
Pertemuan Ke                    : 81 - 84
Alokasi                             : 8 x 45 menit
Standar Kompetensi            : Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan    
                                          dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor
Kompetensi Dasar              : Mendeskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan (kalimat terbuka)

A.           Indikator                
1. Pernyataan dan bukan pernyataan dibedakan
2. Suatu pernyataan ditentukan nilai kebenarannya

B.        Tujuan Pembelajaran
          1. Siswa dapat membedakan antara pernyataan dan bukan pernyataan
          2. Siswa dapat menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan
C.         Materi Pelajaran                 
Pernyataan dan bukan pernyataan
D.        Metode Pengajaran            
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Penemuan
E.         Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal                :  Pengenalan logika matematika kepada siswa melalui beberapa contoh dialam 
   yang nyata ( konkret )
2. Kegiatan Inti                  :  1.Menjelaskan tentang perbedaan antara pernyataan dan bukan pernyataan
                                         2. Menelaskan bagaimana menentukan nilai kebenaran
3. Kagitan Akhir                 :  Memberikan tugas siswa untuk membuat kalimat yang merupakan pernyataan
    dan yang merupakan pernyataan.
F.         Sumber Belajar                 
1. Modul
2. Matematik SMK
3. Referensi lain yang relevan
G.        Penilaian                          
1.  Kuis
2.  tes lisan
3.  tes tulis
4.  pengamatan dan penugasan
Wonosobo                 Juli 2009
Kepala SMK  2 Wonosobo,                                                Guru Mata Pelajaran,




Drs. JOKO SRIWIDADI                                                                                    MUASIH YUSTININGRUM, Spd
Nip. 196305051988031018                                                                            Nip . 197205052005012013

            
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP DAN SILABUS MATEMATIKA SMK KELAS 12 KURIKULUM 2013"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top