SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP IPA KELAS 4 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ..................................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/2
Materi Pokok               :   Gaya
waktu                           :   4 x 45 menit (2 X pertemuan)
Metode                         :   Ceramah

A.    Standar Kompetensi       :
7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda

B.     Kompetensi Dasar
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda

C.    Tujuan Pembelajaran** :
o   Siswa dapat Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa benda dapat menyebabkan benda diam menjadi bergerak. Dan benda bergerak menjadi:
-   diam
-   begerak makin cepat
-   berubah arah

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.    Materi Essensial
Gaya Mempengaruhi Gerak
  • Gaya mempengaruhi benda.

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Bola, kelerang, berbagai benda yang berak, dinding sekolah

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 Pertemuan ke 1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Memahami kembali peta konsep tentang gaya.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami konsep gaya berupa dorongan atau tarikan.
F Memahami perubahan yang dialami objek atau benda jika diberikan sebuah gaya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan contoh gaya yang menyebabkan benda diam bergerak
-   Kuda menarik delman
-   Menutup pintu
-   Menendang bola
-   Menarik tali bendera saat upacara
-   Tukang baso mendorong gerobak
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat mengakibatkan benda diam menjadi bergerak


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Tugas 7.1 (hlm.138)


 Pertemuan ke 2
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menagih tugas 7.1
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami kembali peta konsep tentang gaya.
F Siswa dapat Memahami bahwa gaya yang diberikan pada benda memberikan hasil yang bermacam-macam :
-       Diam
-       Berubah arahnya
-       Bertambah kencang
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat mengakibatkan benda bergerak menjadi diam, bergerak makin cepat dan berubah arah.


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   -










G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Membuat daftar berbagai gerak benda.
o  Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o  Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.

Tugas Individu
dan kelompok



Laporan

Uraian Objektif



o  Buatkanlah  daftar berbagai gerak benda.
o  Jelaskanlah cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o  Jelaskanlah faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1




&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel IPA



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP IPA KELAS 4 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top