SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP IPA KELAS 6 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   ............SD..................
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   VI / 2
Materi Pokok               :   Energi dan perubahannya
Waktu                          :   6 x 45 menit (3 x pertemuan)
Metode                         :   Ceramah dan praktik

A.    Standar Kompetensi       :
            7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi

B.     Kompetensi Dasar
7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas)

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya
o   Siswa dapat Pemanfaatan gaya dalam berbagai peralatan :
o   Siswa dapat Melakukan diskusi tentang kegiatan tersebut
o   Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o   Siswa dapat Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gerak benda
o   Siswa dapat Menyebutkan alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak
o   Siswa dapat Memahami cara kerja dari alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak di atas.

& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.    Materi Essensial
Gaya dan gerak

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas VI
o   Bola plastik, ranting pohon berbentuk Y, tali karet, kulit bekas tas atau sepatu, pisau, batu kecil, papan dan batu bata.

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang gaya
F Gerak dan arah benda dipengaruhi oleh gaya.
F Pemanfaatan gaya dalam berbagai peralatan :
-   Alat panah
-   Katapel
-   Jungkat-jungkit
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa gaa mempengaruhi gerak benda sehingga:
-   Benda diam menjadi bergerak
-   Benda bergerak menjadi makin cepat, lambat, berhenti atau berubah arah


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
Melakukan Tugas

Pertemuan ke-2

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan
o   Mengulang materi sebelumnya

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang gaya
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa
-   Semakin jauh karet yang ditarik semakin jauh lemparan batu
-   Gaya dorong pada dari kedua sisi bergantian pada papan jungkat-jungkit menyebabkan papan tersebut naik turun.

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah
o   Tugas

Pertemuan ke-3

  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   Menyampaikan Tujuan Pembelajaran**:  dan kompetensi yang diharapkan
o   Mengulang materi sebelumnya


(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gerak benda
F Memahami cara kerja dari alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak di atas.
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak
-       Semakin sepeda
-       Mesin jahit
-       Alat timba air
-       Alat penggerek bendera
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Memberikan kesimpulan bahwa
-   Makin besar gaya yang diberikan, makin cepat benda bergerak
-   Berbagai alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak yaitu sepeda, mesin jahit, alat timba air, alat penggerek bendera


(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah

G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Membuat model untuk menunjukkan gaya pengaruh  terhadap gerak, misalnya: membuat model jungkat jungkit dan katapel. Menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak jungkat-jungkit.
o  Memberi contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas Individu

dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja

Uraian Objektif



o  Buatkanlah  model untuk menunjukkan gaya pengaruh  terhadap gerak, misalnya: membuat model jungkat jungkit dan katapel. Menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak jungkat-jungkit ?

o  Sebutkanlah contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak dalam kehidupan sehari-hari. ?


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1



 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPA



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :







BACA JUGA RPP IPA LAINNYA......................:


1.) RPP IPA KELAS 4 


2.) RPP IPA KELAS 5


3.) RPP IPA KELAS 7


4.) RPP IPA KELAS 8


5.) RPP IPA KELAS 9
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP IPA KELAS 6 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top