SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP MATEMATIKA KELAS 6 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                               :   .......SD....................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI (6)  / 2
Pertemuan Ke                   :   1- 3
Alokasi Waktu                   :   6 x 35 menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
5.  Melakukan operasi hitung pecahan dalam   pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar          
5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan

C.    Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
§  Mengenal berbagai bentuk pecahan
§  Menyederhanakan pecahan
§  Mengurutkan pecahan

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar         
Operasi Hitung Pecahan

E.     Metode Pembelajaran    
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-3
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang macam-macam  pecahan yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami definisi pecahan yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari. Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
§  Kertas berlipat

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Mengenal berbagai bentuk pecahan
o  Menyederhanakan pecahan
o  Mengurutkan pecahan

Tugas Individu
dan Kelompok

Isian

o 
o  0,8 -
o  125 x 7
o  dst.

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1-5
Alokasi Waktu                   :   10 x 35 menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
5.  Melakukan Operasi Hitung Pecahan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal.

C.    Tujuan Pembelajaran** :
Peserta didik dapat :
§  Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
§  Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar
Operasi Hitung Pecahan

E.     Metode Pembelajaran    
Tanya Jawab, Ekspositori, latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-5
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan pecahan yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menuliskan berbagai bentuk bilangan pecahan biasa, campuran, desimal, persen permil, dan desimal
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami mengubah pecahan yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma



Tugas Individu dan Kelompok



Isian

a.    bila diubah menjadi pecahan desimal adalah ....
b.   Pecahan campuran dari bilangan  adalah ....
c.   Bentuk pecahan biasa yang paling sederhana dari bilangan 5adalah ....

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   ...........................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   VI/ 2
Pertemuan Ke                   :   1-4
Alokasi Waktu                   :   8 x 35 menit


A.    Standar  Kompetensi      :          
5.  Melakukan Operasi Hitung Pecahan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar 
5.3 Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu

C.    Tujuan Pembelajaran**            
Peserta didik dapat :
§  Menentukan nilai pecahan pada garis bilangan
§  Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu

v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Materi Ajar                     
Operasi Hitung Pecahan

E.     Metode Pembelajaran
Demonstrasi, diskusi, Ekspositori, deduktif, Tanya jawab, latihan

F.     Langkah-langkah Pembelajaran          
Pertemuan ke 1-5
§  Kegiatan awal
-      Apresepsi/ Motivasi
-      Memberikan permasalahan dalam kehidupan sehari hari yang berhubungan dengan nilai pecahan.
§  Kegiatan Inti
&    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Melakukan percobaan menggunakan benda disekitar  untuk membangun pemikiran siswa mengenai konsep nilai suatu pecahan serta memasukannya kedalam garis bilangan.
&   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan nilai suatu pecahan dalam sebuah garis bilangan
F Siswa diuji keterampilan dan kemampuan  dengan mengerjakan soal-soal latihan.
&   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
§  Matematika SD untuk Kelas VI  6 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
§  Garis bilangan, mainan anak-anak, meteran dll

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o Mengubah suatu pecahan ke bentuk pecahan lain yang sesuai
o Membulatkan pecahan desimal sampai dua angka di belakang koma

Tugas Individu dan Kelompok







Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif



o
o Jarak sumedang Jakarta 180 km, jika ditempuh dengan bus yang berkecepatan 45 km/jam. Berapakah waktu yang diperlukan?
o Jarak Cirebon Semarang pada peta 15 cm. Jika skala yang digunakan 1: 1000000 maka jarak sesungguhnya adalah ...

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :




BACA JUGA RPP MATEMATIKA LAINNYA................




1.) RPP MATEMATIKA KELAS 4


2.) RPP MATEMATIKA KELAS 5


3.) RPP MATEMATIKA KELAS 7 SMP


4.) RPP MATEMATIKA KELAS 8 SMP

5.) RPP MATEMATIKA KELAS 9 SMP 

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP MATEMATIKA KELAS 6 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top