SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PAI KELAS 5 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SD/MI                             :      _______________________
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelas / Semester            :    V (5) / 2
Standar Kompetensi :    6.       Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar   :    6.1     Membaca QS Al Ma’un dan Al Fil
Alokasi Waktu                :    3 x 35 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran     :    1.  Siswa dapat membaca QS Al Ma’un dan Al fil dengan harakat dan
                                               makhraj yang benar
2.   Siswa dapat membaca QS Al Ma’un dan Al Fil dengan menerapkan
                                         hukum bacaan (tajwid) yang benar
                                                                       
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

Materi Pembelajaran :    Surah Al Ma’un dan Al Fil

Metode Pembelajaran :  1.  Siswa berlatih melafalkan QS Al Lahab dan Al Fil dengan harakat
                                               dan makhraj yang benar
                                           2.  Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang
                                                hukum bacaan yang ada pada Surah Al Ma’un dan Al Fil
                              3.  Siswa berlatih melafalkan QS Al Ma’un dan Al Fil dengan 
                                          menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Tadarus bersama surah-surah yang dihafal siswa
F Memberikan pengantar melalui asabaun nuzul dari materi yang akan disampaikan
2.    Kegiatan Inti.     
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan mengamati uraian guru berkaitan dengan bahan ajar yang                disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan Surah Al Ma’un dan Al Fil dengan harakat dan makhraj yang benar secara klasikal, kelompok dan individu denga
F Siswa diperkenalkan tentang hukum bacaan (tajwid) yang ada pada Surah Al Ma’un dan Al Fil
F Siswa melafalkan Surah Al M’un dan Al Lahab dengan menerapkan hukum bacaan yang benar, dan menampilkan kemampuannya di depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta untuk melafalkan kembali Surah Al Ma’un dan Al Fil dengan harakat, makhraj, serta hukum bacaan yang benar
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman siswa tentang hukum bacaan yang telah dipelajari

Alat / Sumber Belajar:
1.   Teks Surah Al Ma’un dan Al Fil di karton atau papan tulis
2.    Buku Pendidikan Agama Islam
3.    Buku tajwid
4.    Kaset/CD tentang  Alquran
5.    Alquran (juz Amma)
6.    Pengalaman guru

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal  
Ø  Membaca QS Al Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan Makhraj yang benar

Ø  Mengulang-ulang membaca QS Al Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan makhraj yang benar
Tes lisan


Tes lisan
Pelafalan


Pelafalan
1.      Lafalkan Surah Al Ma`un dan Al Fil sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar!

2.      Lafalkan Surah Al Ma`un dan Al Fil dengan hukum bacaan yang ada padanya! (Lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jil. 5 Ntr Esis hal    )


1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP/NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP/NIK : ...........................


BACA JUGA RPP PAI LAINNYA..................






Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PAI KELAS 5 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top