SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PENJASKES KELAS 5 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEMESTER 2

Sekolah
:   .............SD.......................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  5 ( lima )/I I (dua)
Pertemuan ke
:   I ( Satu ) sampai dengan 5 ( Lima )
Alokasi Waktu
:   10 x 35 Menit


Standar Kompetensi : 6.     Mempraktikkan   berbagai  variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya 

Kompetensi Dasar     : 6.1   Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)

A.    Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat melakukan dan memahami permainan basket
  • Siswa dapat melakukan bermain basket serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
  • Siswa dapat memahi strategi dalam bermain basket

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )

B.           Materi Ajar (Materi Pokok):
  • Permainan bola bbesar / basket
C.    Metode Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Praktek

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F  Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Melakukan  memegang bola basket
F Melakukan memantulkan bola basket
F Melakukan gerakan mendribel bola sambil berjalan
F Melakukan gerakan mendribel bola dengan berlari
F Melakukan gerakan kombinasi membawa bola dan memasukan bola ke ring
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
o   Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
o   Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan bola basket

Pertemuan  2

  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F  Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Melakukan gerakan mengoper bola datar berpasangan
F Melakukan gerakan mengoper bola dari atas kepala berpasangan
F Melakukan gerakan shoting dari berbagai arah
F Melakukan gerakan lay up dari berbagai arah
F Melakukan gerakan kombinasi membawa bola dan memasukan bola ke ring
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
o   Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
o   Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan bola basket

Pertemuan 3 sampai 5

  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
F  Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Bermain rounders dengan peraturan yang dimodifikasi
F Bermain bola basket dengan peraturan yang di modifikasi
F Mempraktekkan kerjasama dengan system bertahan dan penyerangan melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan bola basket

E.     Alat dan Sumber Belajar:
  • Buku Penjaskes kls. 5
  • Diktat permainan bola besar
  • Lapangan
  • Bola basket
  • Scoring board/keset
  • Stop watch
  • Pluit

F.     Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Cara memegang bola basket
·   Cara memantulkan bola
·   Mendribel bola dengan berjalan / berlari
·   Kombinasi gerakan dribel dan memasukan bola ke ring
·   Melakukan gerakan ches pass dan bounc pass
·   Melakukan gerakan shoting
·   Melakukan gerakan lay up
·   Cara bermain bola basket
·   Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi
Test praktik

Test perorangan

Test demonstrasi


Test lesan

Test praktik

Test ketrampilan


Praktikkan tendangan bola dan lakukan menggiring bola maupun menembak bola


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       

 

BACA JUGA RPP PENJASKES LAINNYA...............

1.) RPPPENJASKES KELAS 4

2.) RPPPENJASKES KELAS 5

3.) RPPPENJASKES KELAS 6

4.) RPPPENJASKES KELAS 7

5.) RPPPENJASKES KELAS 8

6.) RPPPENJASKES KELAS 9

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PENJASKES KELAS 5 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top