SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PENJASKES KELAS 6 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEMESTER 2

Sekolah
:   ..........SD..........................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  6 ( Enam )/ II (dua )
Pertemuan ke
:   I ( Satu ) sampai dengan 5 ( Lima )
Alokasi Waktu
:   10 x 35 Menit


Standar Kompetensi : 6. 2  Mempraktikan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya  

Kompetensi Dasar     : 6.1   Mempraktekkan gerak dasar salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran     

A.    Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat melakukan dan memahami permainan basket
  • Siswa dapat melakukan bermain basket serta dapat melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
  • Siswa dapat memahami strategi dalam bermain basket

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                    Keberanian ( Bravery )


B.     Materi Ajar (Materi Pokok):
  • Permainan bola besar [ basket ]


C.    Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Praktek

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
  • Kegiatan Awal:
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan lempar tangkap bola basket berpasangan
F Memantulkan bola basket di tempat
F Memantulkan bola dengan berjalan atau berlari
F Melakukan  kombinasi gerakan menggiring bola dan memasukan ke dalam ring
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan rounders

Pertemuan  2
  • Kegiatan Awal:
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan gerakan menembak ke ring dengan bola  atau tanpa bola
F Melakukan gerakan mengoper di depan dada berpasangan
F Melakukan gerakan mengoper bola di atas kepala berpasangan
F Melakukan gerakan lay up dengan bola atau tanpa bola basket
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan rounders

Pertemuan 3 sampai 5
  • Kegiatan Awal:
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  • Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi
F Menerapkan tekhnik penyerangan atau bertahan dalam permainan
F Melakukan kerja sama antar pemain
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam permainan rounders

E.     Alat dan Sumber Belajar:
  • Buku Penjaskes kls. 6
  • Diktat permainan
  • Lapangan
  • Bola basket
  • Scoring board
  • Stop watch
  • Pluit

F.     Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan berbagai keterampilan  dasar ( melempar, menangkap, menggiring, mengontrol, menembak) permainan basket.
·   Melakukan tekhnik posisi pertahanan dan penyerangan.
·   Bentuk formasi sesuai kebutuhan permainan.
·   Melakukan kerjasama tim dalam permainan
·   Bermain bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi
·   Melakukan kerjasama tim ,menjungjung tinggi sportivitas dan kejujuran dalam permainan
Test
(perorangan/
berpasangan)


Test
kelompok


Test  ketrampilan
1.    Praktek servis
2.    Praktek pasing
3.    Praktek smash
4.    Praktek blok
5.    Praktek bermain voly dengan peraturan yang sederhana
6.    Praktek bermain voly dengan peraturan yang sebenarnya.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
& Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

& Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1








LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       
 
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :





BACA JUGA RPP LAINNYA................

1.) RPP MATEMATIKA KELAS 4

2.) RPP MATEMATIKA KELAS 5
 

1.) RPP BAHASA INDONESIA KELAS 4

2.) RPP BAHASA INDONESIA KELAS 5


1.) RPP IPA KELAS 4 

2.) RPP IPA KELAS 5
 

1.) RPP IPS KELAS 4

2.) RPP IPS KELAS 5


1.) RPP PKN KELAS 4

2.) RPP PKN KELAS 5
 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PENJASKES KELAS 6 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top