SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PKN KELAS 6 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   .........SD.........................
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   VI (Enam)
Semester               :   II (Dua)
Alokasi Waktu               :       4 x 35 menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi**
3.  Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.

A.    Tujuan Pembelajaran
§  Siswa mampu menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§  Siswa mampu menjelaskan arti lambang ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan tugas pokok sekretariat nasional ASEAN.
§  Siswa mampu menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang ekonomi.
§  Siswa mampu menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.
§  Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§  Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya.
§  Membuat kliping dengan teman kelompoknya masing-masing.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B.     Materi Ajar
§  Sejarah ASEAN
§  Lambang ASEAN
§  Tujuan pokok pembentukan dan prinsip utama ASEAN
§  Dasar-dasar verja sama untuk mencapai tujuan pokok
§  Struktur sekretariat ASEAN
§  Bidang politik dan keamanan
§  Bidang ekonomi
§  Bidang sosial budaya

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
§  Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F Membagikan lembar ujian yang sudah diperiksa dan dinilai.
F Membahas sekilas soal-soal ujian pada pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai kerja sama antarnegara di Asia Tenggara.
F Guru menunjukkan peta Asia Tenggara dan meminta semua siswa mengamati letak negara-negaranya.
F Bersama-sama menyebutkan nama-nama negara ASEAN beserta ibu kotanya.
F Bersama-sama menyebutkan pemimpin negaranya.
F Guru menjelaskan sejarah ASEAN.
F Guru menunjukkan lambang ASEAN dan meminta seluruh siswa untuk mengamatinya.
F Guru menjelaskan arti lambang ASEAN.
F Membahas struktur ASEAN.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menggambar peta ASEAN dan lambangnya.
F Memberikan contoh-contoh kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang seperti bidang, politik dan keamanan, bidang ekonomi dan bidang sosial.
F Mendiskusikan dampak ASEAN bagi negara-negara anggotanya.
F Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, kemudian menugaskan untuk membuat kliping yang berhubungan dengan kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.     Sumber/Bahan Belajar
§  Peta ASEAN.
§  Gambar lambang ASEAN.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§  Surat Kabar, dst.

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang ASEAN
§ Menyebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Menyebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN
§ Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§ Menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi
§ Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya
Tugas berkelompok
Tugas individu.
§ Penilaian tulisan.
§ Penilaian lisan
§ Menggambar peta ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang ASEAN dengan kata-kata sendiri
§ Sebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Sebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Sebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§ Jelaskan arti lambang ASEAN
§ Sebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Sebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN
§ Sebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§ Sebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi
§ Sebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Sebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya

Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1



&   Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                   Guru Mapel PKN.



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   ..................................
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     :   VI (Enam)
Semester               :   II (Dua)
Alokasi Waktu               :       4 x 35 menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi**
3.  Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

Kompetensi Dasar
3.2  Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menyebutkan hasil peran aktif Indonesia dalam ASEAN.

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) ,    Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )

B.     Materi Ajar
Peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

C.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§  Pendekatan kontekstual.
§  Pendekatan Cooperatif Learning.
§  Diskusi dengan teman sebangku.
§  Tanya jawab.
§  Penugasan.

D.    Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
§  Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
F Mengumpulkan tugas kelompok kliping.
F Tanya jawab mengenai pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai peran Indonesi adalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
F Guru menerangkan peran serta Indonesia di ASEAN.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk membuat karangan mengenai sebuah contoh peran Indonesia dalam lingkungan di negara-negara ASEAN dengan panjang karangan maksimal dua lembar kerta folio.
F Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai kerja sama antarnegara di asia tenggara, kerja sama negara-negar ASEAN dalam berbagai bidang, dan peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan kedua
§  Kegiatan Awal
     Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.
§  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
F Siswa diberikan lembar soal ulangn harian.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik menyontek.
F Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telas selesai.
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
     Siswa diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang mengenal politik luar negeri Indonesia.

E.     Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§  Buku referensi lain.
§  Surat Kabar, dst.

F.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menyebutkan hasil peran aktif Indoneisa dalam ASEAN.
§ Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN
Tugas individu.
Ulangan harian
§ Penilaian tulisan.
§ Pilihan ganda
§ Penilaian
§ lisan atau tertulis (uraian singkat).
§ Membuat karangan mengenai peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN.
§ KTT ASEAN pertama diadakan di ...
a. Bali
b. Bangkok
c. Singapura
d. Kuala    Lumpur
§ Jelaskan tujuan dibentuknya ASEAN



Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&  Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


BACA JUGA RPP PKN LAINNYA ................................


1.) RPP PKN KELAS 4


2.) RPP PKN KELAS 5


3.) RPP PKN KELAS 7


4.) RPP PKN KELAS 8


5.) RPP PKN KELA9
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PKN KELAS 6 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top