SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SBK KELAS 6 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEMESTER 2

 Nama Sekolah                      :  ...............SD...............
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya Dan Keterampilan (SBK)
Kelas/Semester                    : VI/ II
Alokasi Waktu                      : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
9. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
9.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain 

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Karya Seni Rupa

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F Mengeksposisi keragaman motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto


VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mengamati beberapa gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain
·      Mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara daerah lain
·      Mengidentifikasi teknik  dan bahan pembuatan batik
praktek
praktek
Buatkan gambar/foto/model ragam hias batik Nusantara daerah lain

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktek


Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






  
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                      NIP :





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                      :  ..............................
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                    : VI/ II
Alokasi Waktu                      : 2 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
9. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.    Kompetensi Dasar :
9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa Nusantara daerah lain

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Karya Seni Rupa

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias batik Nusantara daerah lain
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik  dapat Mengapresiasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto





VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mengamati beberapa gambar/foto/model motif hias batik Nusantara daerah lain
·      Mengklasifikasi keunikan ragam hias batik Nusantara daerah lain
·      Mengapresiasi keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

praktek
praktek
Buatkan keunikan motif hias batik Nusantara daerah lain

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                      NIP :







 BACA JUGA RPP SBK LAINNYA ................................................






Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SBK KELAS 6 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top