SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 IPS SMP TEMA MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL KELAS 7 SEMESTER 1



CONTOH
RENCANAPELAKSANAANPEMBELAJARAN (RPP)



SatuanPendidikan          :SMP
Kelas/Semester             :VII/1
MataPelajaran              :IlmuPengetahuanSosial (IPS) Tema/Topik                 :ManusiaSebagaiMakhlukSosial Pertemuan   Ke            :1dan2



A.KOMPETENSIINTI:
1. Menghargaidanmenghayatiajaranagamayangdianutnya
2. Menghargaidanmenghayatiperilakujujur, disiplin,tanggungjawab,peduli(toleransi, gotongroyong), santun,percayadiri,dalamberinteraksisecaraefektifdengan lingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulandankeberadaan
3.  Memahamipengetahuan(faktual,konseptual,danprosedural)berdasarkanrasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,  teknologi,seni,budaya terkait fenomena dan kejadiantampakmata.
4.  Mencoba, mengolah,dan menyajidalam  ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi,danmembuat)danranahabstrak(menulis, membaca, menghitung,menggambar,danmengarang)sesuaidenganyangdipelajaridisekolah dansumberlainyangsamadalamsudutpandang/teori


B.KOMPETENSIDASAR:
1.1.Menghargai karunia Tuhan YME yang  telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya
2.3.Menunjukkanperilakusantun tolerandanpedulidalammelakukaninteraksisosial
denganlingkungandantemansebaya
3.4.Memahamipengertiandinamikainteraksi manusiadenganlingkunganalam,sosial, budaya,danekonomi
4.3.Menganalisis hasilobservasi bentuk-bentukdinamikainteraksimanusiahubungannya dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi  di lingkungan masyarakat sekitar


C.INDIKATORPENCAPAIANKOMPETENSI:
1.  Menjelaskanpengertianmanusiasebagaimahluksosialdalamkehidupansehari-hari;
2.  Menggali        informasitentang  bentuk-bentuk  dinamikainteraksi          manusia(hasil budaya)padamasapraaksara;
3.  Menjelaskandinamikainteraksimanusiadalampemecahanmasalahpokokekonomi;
4.  Memberikancontohdinamikainteraksimanusiaterhadaplingkungansekitar;


5.  Mengidentifikasipermasalahanmanusiahubungannyadenganinteraksisosial;
6.  Mengidentifikasipermasalahanmanusiahubungannyadengansosialbudaya;
7.  Menganalisis  permasalahanpokokekonomiyangdialamimanusiasebagaimahluk sosialdalamkehidupansehari-hari;
8.  Mengevaluasipermasalahanmanusiahubungannyadenganlingkungansekitar


D.TUJUANPEMBELAJARAN:
Melaluidiskusisiswadapat:
1.  Mendeskripsikanhasil budayamanusiapadamasapraaksarasebagaimakhluksosial.
2.  Mendeskripsikanproses interaksisosial  yangdilakukan manusiasebagai makhluk sosial.
3.  Mencarialternatifupaya pemecahan  masalah pokok ekonomi,  yang dilakukan
manusiasebagaimahluksosial
4.  Menganalis  pemanfaatan  lingkungan  hubungannya  dengan  kegiatanmanusia
(ekonomi,sosial,budaya)


E.MATERIAJAR:
1.  Pengertianmanusiasebagaimahluksosialdalamkehidupansehari-hari
2.  Bentuk-bentukdinamikainteraksimanusia(hasilbudaya)padamasapraaksara
3.  Dinamikainteraksimanusiadalampemecahanmasalahpokokekonomi
4.  Dinamikainteraksimanusiaterhadaplingkungansekitar
5.  Permasalahanmanusiahubungannyadenganinteraksisosial
6.  Mengidentifikasipermasalahanmanusiahubungannyadengansosialbudaya
7.  Menganalisis  permasalahan pokokekonomiyangdialamimanusiasebagaimahluk sosialdalamkehidupansehari-hari
8.  Mengevaluasipermasalahanmanusiahubungannyadenganlingkungansekitar


F.ALOKASIWAKTU      :4x40menit


G.PENDEKATANDANMETODEPEMBELAJARAN:
1.  Pendekatan:Saintifik
2.  Metode       :Diskusi denganteknikSTAD


H.KEGIATANPEMBELAJARAN



KEGIATAN

DESKRIPSIKEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Pertemuanke-1(2X40menit)
a.  Persiapanpsikisdanfisikdenganmembukapelajaran
denganmengucapkansalamdanberdoabersama(menghayati ajaranagama),
b.  Menginformasikantujuanyangakandicapaiselama pembelajaran(rasaingin tahu).
c.   Menyampaikansecarasingkatgarisbesarmateriyangakan
80menit
10menit



KEGIATAN

DESKRIPSIKEGIATAN
ALOKASI WAKTU

disajikanselamapembelajaran
d.  Memberimotivasisiswauntukaktifdalamprosespembelajaran denganmenyanyikanlagubangunpemuda(membangunnilai kebersamaan)dilanjutkandengantanyajawabtentangmakna lagudihubungkandengankebutuhanmanusiasebagaimakhluk sosial(syairterlampir)

Inti

a.  Membagisiswamenjadi8kelompok(A,B,C,…….s/dkelompok
H)masing-masing  beranggotakan4orang. b.  PelaksanaanSTAD
(1).PenugasanmenggunakanLKSuntukdikerjakandalamkelompok masingmasing, denganpembagian:
KelompokAdanEmengerjakanLKSItentanghasil budayamasaprasejarahperwujudan manusiasebagai mahluksosial.
KelompokBdanFmengerjakanLKSIItentang pemecahanmasalahpokokekonomidenganprinsip manusiasebagaimahluksosialhubungannyadengan SDA.
KelompokCdanG mengerjakanLKSIIItentang perilaku interaksimanusiasebagaimahluksosial.
KelompokDdanHmengerjakanLKSIVtentang pemanfaatanlingkungan dalamkegiatanmanusia sebagaimahluksosialdanekonomi.

(2)Pelaksanaandiskusikelompok(siswadialogmendalamuntuk salingmembantumemahamimateripembelajarandengan anggotakelompokkemudianmencatathasildiskusi )

(3)Pelaksanaanunjukkerja/presentasi,(kelompokAditanggapi kelompokE,KelompokBditanggapiF,KelompokCditanggapi kelompokG,KelompokDditanggapiKelompokH)
(4)Pelaksanaankonfirmasidilakukandenganmemberikanumpan
balik berdasarkanhasilpresentasi
(5)PengisianQuiz
60Menit
5menit



5menit



















25menit




20menit



5menit
Penutup
a. Membuat kesimpulantentangmateripembelajaranhariitu dilakukansiswabersamaguru
b. Melaksanakantestsecaralisan(kejujuran)
c. Menugaskanpesertadidik melakukanpengamatanuntuk pertemuanberikutnya(PR)tentang:(1)bentuk-bentukdinamika interaksisosial dilingkungansekitar(dapatdilakukandengan berkunjungkeperpustakaan,  melaluiinternet,danbukusumber yangdimilikisiswa).(2)Melakukankajian/analisishubungannya denganpermasalahankehidupansosial,ekonomi,budaya,(3) membuatrencanaaksiuntukmenanggulangimasalahyangada, (membuatyel-yelkelompok)
d. Menutuppelajarandenganberdoasesuaidenganagamadan
10menit



KEGIATAN

DESKRIPSIKEGIATAN
ALOKASI WAKTU

keyakinanmasing-masing.(religius)

Pendahuluan
PertemuanKe-2(2X40menit)
a.  Memulaipembelajarandenganberdoabersamasesuai
agamadankeyakinanmasing-masing.(religius).
b.  Tanyajawabsingkattentang(PR)hasilpenelusuraninformasi tentangbentukdinamikainteraksisosial
c.   Menginformasikansecaragarisbesarstrategipembelajaran
yangakandilakukan.
d.  Menginformasikantujuanyangakandicapaiselama pembelajaran(rasaingintahu).
e.  Memberimotivasipadasiswauntukaktifdalam pembelajaran.
80menit
10menit
KegiatanInti

a.  Pelaksanaandiskusikelompoksambil mempersiapkan pembuatan laporanhasilkerja kelompok
b.  Guruberkelilingsambilmemperhatikankelompokyang memerlukanbantuan.
c.   Unjukkerja/Presentasikelompoksepertipertemuan sebelumnyadiawalidenganmeneriakkanyel-yelkelompok:
d.  KelompokAditanggapikelompokE e.  KelompokBditanggapikelompokF f.      KelompokCditanggapikelompokG g.      KelompokDditanggapikelompokH
h.  Pelaksanaankonfirmasidilakukandisetiapakhirpresentasi i.      Memberikanapresiasidanmotivasiberdasarkanaktivitas
danhasil kinerjasecaraindividu j.      PengisianQuiz
60menit
20menit



25menit





15menit
Penutup
a.  Membuat kesimpulantentangmateriajaryangtelah disajikanselamapembelajaranyangdilakukanpesertadidik bersamaguru
b.  Memberipenguatandanmotivasitentangpelaksanaan tugasmandiritidakterstruktur (TMTT).
c.   Melaksanakantestsecaralisan(kejujuran)
d.  Mengakhiripembelajarandenganmengajakpesertadidik berdoasesuaidenganagamadankeyakinanmasing-masing (religius)
10menit



I.  PENILAIANHASILBELAJAR Hasilkinerjapesertadidik Hasilteslisan
Laporanpengamatan Hasilrubrikdiskusi Tugaskelompok


J.  SUMBERBELAJAR:
Alat:Komputer/laptop,LCD,PowerPoint,Internet
Bahan/sumberajar:LKS,Bukusiswa,soal-soallatihan,makalah,bukuguru






Mengetahui,                                                                 Malang,………….. KepalaSekolah                                                                                   GuruMataPelajaranIPS





.......................................                                             .......................................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 IPS SMP TEMA MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL KELAS 7 SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top