SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 KELAS 5 SD TEMA BERMAIN DENGAN BENDA-BENDA DISEKITARNYA SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah   :  SD
Kelas                   :  V (Lima)
Semester            :  1 (satu)
Tema                  :  Bermain dengan benda-benda disekitarnya


I.      Kompetensi Inti
      Bermain dengan benda-benda disekitarnya

II.     Kompetensi Dasar
                                                  
2.1. PPKn
Menunjukkan perilaku cinta tanah air  Indonesia dan bangga terhadap produk Indonesia
2.2. Bahasa Indonesia
Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
.
2.3. Matematika
Membuat pola pergeseran tempat duduk secara bergiliran dengan menggunakan gambar denah tempat duduk di kelas secara adil

2.4. Seni Budaya dan Prakarya
Membuat topeng dari berbagai media berdasarkan pengamatan karya topeng nusantara

2.5. PENJASORKES
Mempraktikkan variasi dan  kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan bola besar dan atau olahraga tradisional

III. Indikator

  3.1. PPKn
3.1.1.   Membiasakan menggunakan produk dalam negeri
3.1.2.   Membiasakan mengkonsumsi makanan tradisional
3.1.3.   Berperilaku sesuai dengan tradisi masyarakat sekitar
3.1.4.   Menunjuk  asal barang  dalam peta / globe
3.1.5.   Membuat tabel benda peninggalan sejarah yang berisi data dan pendapat yang tepat

3.2. Bahasa Indonesia
3.2.1.   Membaca teks yang berisi informasi tentang barang, makanan, dan tradisi yang ada disekitar
3.2.2.   Mencatat pokok-pokok informasi dari sumber  yang didengar
3.2.3.    Membuat daftar benda-benda berdasarkan  sumber  yang didengar

3.3. Matematika
3.3.1.   Menentukan benda-benda sekitar untuk melakukan permainan
3.3.2.   Membentuk kelompok bermain
3.3.3.   Membuat pola untuk melakukan permainan
3.3.4.   Melakukan permainan dengan benda-benda yang ada di kelas
3.4. Seni Budaya dan Prakarya
3.4.1.   Menyebutkan benda-benda sekitar yang dapat dipakai untuk membuat topeng
3.4.2.   Membuat topeng dengan berbagai media

3.5. PENJASORKES
3.5.1.   Memperagakan variasi dan  kombinasi gerak dasar menendang dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam
3.5.2.   Memperagakan variasi dan  kombinasi gerak dasar lempar tangkap bola dengan dengan dua tangan dan satu tangan

IV.Tujuan Pembelajaran

4.1.    PPKn
4.1.1.   Siswa dapat mencintai produk dalam negari
4.1.2.   Siswa dapat memakai produk dalam dalam negeri baik makanan maupun barang
4.1.3.   Siswa memiliki kecintaan yang kuat terhadap makanan tradisonal yang ada di Indonesia
4.1.4.   Siswa dapat mengembangkan produk-produk tradional agar berkembang
4.1.5.   Siswa dapat mengetahui asal/tempat  makanan tradisional
4.1.6.   Siswa mengetahui sejarah dari suatu tempat

4.2.    Bahasa Indonesia
4.2.1.   Dengan membaca cerita, diharapkan siswa dapat mengetahui informasi tentang barang, makanan dan tradisi yang ada disekitar
4.2.2.   Siswa diharapkan dapat mengambil kesimpulan dari bacaan tersebut untuk lebih memahami dari informasi tersebut
4.2.3.   Siswa dapat menyebutkan barang atau benda-benda dari sumber bacaan

4.3.    Matematika
4.3.1.   Siswa dapat menentukan benda-benda disekitar untuk melakukan permainan
4.3.2.   Siswa dapat membuat suatu kelompok untuk menentukan permainan
4.3.3.   Siswa dapat berdiskusi untuk menentukan jenis permainan dengan benda-benda yang ada di dalam kelas
4.3.4.   Siswa dapat bermain dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di kelas

4.4.    Seni Budaya dan Prakarya
4.4.1.   Siswa dapat menentukan bahan-bahan untuk membuat topeng
4.4.2.   Siswa dapat membuat topeng dengan bahan dan media yang ada disekitar

4.5.    Penjas orkes
4.5.1.   Siswa dapat memperagakan variasi dan  kombinasi gerak dasar menendang dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam
4.5.2.   Siswa dapat memperagakan variasi dan  kombinasi gerak dasar lempar tangkap bola dengan dengan dua tangan dan satu tangan



V.  Materi Ajar

5.1.        PPKn
5.1.1.   Menunjukkan contoh perilaku cinta tanah air  Indonesia dan bangga terhadap produk Indonesia
5.1.2.   Memberikan motivasi untuk lebih mencintai kekhasan suatu daerah yang ada dilingkungan sekitar
5.1.3.   Memberikan daftar ciri-ciri khas untuk diketahui dan dicintai oleh siswa

5.2.        Bahasa Indonesia
5.2.1.   Memberikan bacaan yang menunjukkan informasi tentang barang, makanan dan tradisi suatu daerah
5.2.2.   Mengambil kesimpulan dari suatu bacaan dan pemahaman dari suatu bacaan
5.2.3.   Gambaran tentang suatu daerah untuk mengembangkan makanan atau tradisinya

5.3.        Matematika
5.3.1.   Menentukkan benda-benda yang akan dipakai untuk membuat  permainan
5.3.2.   Pengelompokkan siswa untuk dapat bermain
5.3.3.   Melakukkan permainan dengan memanfaatkan benda yang ada di kelas

5.4.        Seni Budaya dan Prakarya
5.4.1.   Menunjukkan contoh gambar topeng dan cara pembuatannya
5.4.2.   Memberikan arahan tata cara pembuatan topeng dengan bahan/media yang ada disekitar

5.5.        Penjas orkes
5.5.1.   Memperagakan   variasi dan  kombinasi gerak dasar menendang dan menahan bola menggunakan kaki bagian dalam
5.5.2.   Memperagakan  variasi dan  kombinasi gerak dasar lempar tangkap bola dengan dengan dua tangan dan satu tangan


VI.Metode Pembelajaran

6.1. PPKn
§   Ceramah
§   Tanya jawab
§   Demontrasi
§   Penugasan

6.2. Bahasa Indonesia
§   Ceramah
§   Tanya jawab
§   Diskusi
§   Penugasan

6.3. Matematika
§   Demontrasi
§   Diskusi
§   Penugasan

6.4. Seni Budaya dan Prakarya
§   Ceramah
§   Tanya jawab
§   Penugasan

6.5. Penjas orkes
§   Ceramah
§   Demontrasi
§   Tanya jawab
§   Penugasan


VII.     Alokasi Waktu

7.1. PPKn
6 x 35 menit

7.2. Bahasa Indonesia
10 x 35 menit

7.3. Matematika
8 x 35 menit

7.4. Seni Budaya dan Prakarya
6 x 35 menit

7.5. Penjas orkes
4 x 35 menit


VIII.    Langkah-Langkah Pembelajaran
& PPKn

A.           Kegiatan Awal
§   Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
§   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
§   Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
§   Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran

B.           Kegiatan Inti
B.1. Ekplorasi
F Guru memberikan  informasi tentang produk-produk Indonesia dan keuntungan apabila memakai produk Indonesia
F Untuk mengetahui peserta didik, guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan produk dalam dalam negeri
F Guru memberikan arahan untuk merangsang peserta didik mencintai produk asli negeri sendiri


B.2. Elaborasi
F Guru memberikan daftar nama produk Indonesia dan membandingkan dengan produk luar negeri
F Peserta didik diarahkan untuk memahami keuntungan memakai produk dalam negeri
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang keuntungan memakai produk dalam negeri
F Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas
F Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh

B.3. Konfirmasi
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan

C.           Kegiatan penutup
§   Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
§   melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
§   memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
yang telah dilakukan


& Bahasa Indonesia

A.           Kegiatan Awal
§   Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
§   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
§   Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran

B.           Kegiatan Inti
B.1. Ekplorasi
F Mendengarkan penjelasan dari bacaan yang menunjukkan informasi tentang barang, makanan dan tradisi suatu daerah
F Menananggapi pernyataan yang menunjukkan informasi tentang barang, makanan dan tradisi suatu daerah

B.2. Elaborasi
F Sambil mendengarkan, guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menuliskan hal-hal penting dari penjelasan bacaan
F Menceriterakan penjelasan dari bacaan yang menunjukkan informasi tentang barang, makanan dan tradisi suatu daerah
F Membuat daftar makanan dan daerahnya untuk tetap diingat peserta didik 
F Peserta didik memahami informasi tentang barang, makanan dan tradisi suatu daerah
F Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas
F Membahas pertanyaan tersebut secara umum dengan jawaban secara menyeluruh

B.3. Konfirmasi
F Guru memberikan kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya dalam proses pembelajaran
F Memberikan penguatan  dan penyimpulan dari informasi bacaan.
F Guru memfasilitasi peserta didik memperoleh pengalaman bermakna tentang pemahaman informasi tentang barang, makanan dan tradisi suatu daerah
F Guru memovasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisifasi aktif

C.           Kegiatan penutup
§   Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
§   Mengerjakan soal-soal latihan


& Matematika

A.           Kegiatan Awal
§   Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
§   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
§   Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam permainan yang akan dilakukan

B.           Kegiatan Inti
B.1. Ekplorasi
F Guru memberikan petunjuk atau arahan pola permainan yang akan diberikan kepada peserta didik
F Dengan bimbingan guru, peserta didik terbagi menjadi beberapa kelompok
F Menentukan benda-benda yang akan dipakai untuk permainan

B.2. Elaborasi
F Membuat pola pergeseran tempat duduk secara bergiliran secara adil
F Guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk melakukan pola permainan
F Menguji keterampilan peserta didik dengan mengamati pola permainan masing-masing kelompok
F Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang materi yang belum jelas
F Berdiskusi untuk mendapatkan kesimpulan dari berbagai perbedaan pola permainan
B.3. Konfirmasi
F Guru memberikan kata-kata pujian kepada peserta didik atas keaktifannya dalam proses pembelajaran
F Memberikan penguatan  dan penyimpulan dari informasi bacaan.
F Guru memfasilitasi peserta didik memperoleh pengalaman bermakna tentang pemahaman informasi tentang barang, makanan dan tradisi suatu daerah
F Guru memovasi peserta didik yang kurang atau belum berpartisifasi aktif

C.           Kegiatan penutup
§   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan membuat kesimpulan


& Seni Budaya dan Prakaya
A.           Kegiatan Awal
§   Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
§   Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
§   Memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran

B.           Kegiatan Inti
B.1. Ekplorasi
§   Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis karya topeng
§   memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
§   melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
§   memfasilitasi  peserta didik melakukan percobaan pembuatan topeng

B.2. Elaborasi
F Sambil mendengarkan, guru membacakan petunjuk pembuatan topeng  
F Setiap peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang ada
F Peserta didik melakukan pembuatan topeng
F Peserta didik memberikan hasil dari pembuatannya secara individu

B.3. Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Memberikan penguatan  dan penyimpulan dari hasil pembuatan topeng

C.           Kegiatan penutup
§  Memberikan latihan soal
§  Memberikan soal Pekerjaan Rumah
§  Menutup pelajaran


& Penjaskesorkes

A.           Kegiatan Awal
§   Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan Inti
§   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

B.           Kegiatan Inti
B.1. Ekplorasi
§   Mendemonstrasikan tekhnik kerjasama dan permainan yang sportivitas
§   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§   memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan lapangan.

B.2. Elaborasi
F guru mempraktekkan gerak variasi dan  kombinasi gerak dasar menendang dan menahan bola menggunakan kaki
F Guru memperagakan variasi dan  kombinasi gerak dasar lempar tangkap bola dengan dengan dua tangan dan satu tangan
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok

B.3. Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Memberikan penguatan  dan penyimpulan dari gerakan yang telah dilakukan

C.           Kegiatan penutup
§   Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi, proses pembelajaran, berdoa dan bubar





                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                           
  Kepala Sekolah                                                     Guru Kelas 5



  ..................................                                            ..................................
  NIP :                                                                     NIP :

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 KELAS 5 SD TEMA BERMAIN DENGAN BENDA-BENDA DISEKITARNYA SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top