SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SMK KELAS 12



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah                     : SMK KELOMPOK ................
Mata Pelajaran                    : Matematika
Kelas/Semester                  : XII /1 dan 2
Standar Kompetensi          : Menerapkan aturan konsep statistika dalam
  pemecahan
Kompetensi Dasar              : Mengidentifikasi pengertian  statistik, statistika,
  populasi dan sampel


·         Statistik dan statistika dibedakan sesuai dengan definisinya.
·         Populasi dan sample dibedakan berdasarkan karakteristiknya
 
 
Indikator                                 :



Pertemuan ke                      : 1, 2 dan 3
Alokasi Waktu                     : 9 x 45 menit


Siswa dapat :
§ Menjelaskan pengertian dan kegunaan statistika
§ Membedakan pengertian populasi dan sampel
§ Menyebutkan macam-macam data dan memberi contohnya


 
 
I.  Tujuan                              :




§ Pengertian statistik dan statistika.
§ Pengertian populasi dan sampel
§ Macam-macam data

 
II. Materi Pokok                  :



·         Penugasan
·         Ceramah
 
III. Metode Pembelajaran           :


IV Langkah-Langkah Pembelarjan

A.   Kegiatan Awal
-       Apersepsi, penjelasan keterkaitan tentang statistika baik untuk bidang kejuruan maupun dalam kehidupan sehari-hari.
-       Penjelasan lingkup materi yang dipelajari
B.     Kegiatan Inti
-       Ringkasan materi minimal
-       Pembuatan contoh–contoh soal
-       Contoh-contoh soal untuk didiskusikan sebagai pemadalaman materi disampaikan  oleh guru.
-       Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:  

                        MATERI PEMBELAJARAN
§ Pengertian statistik dan statistika.
Statistik adalah kumpulan keterangan baik berupa tabel, diagram atau grafik.
Statistika adalah pengetahuan yang mempelajari pengumpulan, penyusunan, pengenalisaan data sampai menarik kesimpulan berdasarkan data yang ada.
§ Pengertian populasi dan sampel
Populaisi yaitu pengambilan data secara keseluruhan data dari obyek pengamatan.
Sampel yaitu pengambilan data hanya sebagian data dari obyek pengamatan
§ Macam-macam data
Menurut sifatnya :       - data kuantitatif
                               - data kualitatif
menurut sumbernya :  - data intern
                               - data ekstern
                                   * ekstern primer
                                      * ekstern skunder
                    - data diskrit
                   - data kontinu
                   - data statis
                   - data dinamis

C.   Kegiatan Akhir
1. Kesimpulan
Statistika adalah pengetahuan yang mempelajari pengumpulan, penyusunan, penyajian dan penganalisaan data hingga menarik kesimpulan, untuk mengambil keputusan berdasarkan data yang ada.

2. Tugas Terstruktur
    a.  Mengerjakan soal latihan dari modul
    b. Tugas Tidak  Terstruktur
        Mempelajari penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram

V. Alat/Bahan Sumber Belajar
    1.  Alat/Bahan                : Alat tulis
                                        Alat peraga
    2. Sumber Belajar            : Buku matatematika untuk SMK, Kumpulan modul bahan ajar untuk SMK dan buku-buku lain yang relevan serta sumber dari media internet
VI. Penilaian
1.    Penilaian proses dari hasil perkembangan, pemahaman dan pekerjaan siswa
2.    Penilaian afektif/sikap/non-instruksional
3.    Tes formatif tertulis bentuk pilihan ganda dan/atau essay

No Soal
Uraian soal
Kunci jawaban
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah                     : SMK KELOMPOK ................
Mata Pelajaran                    : Matematika
Kelas/Semester                  : XII /1 dan 2
Standar Kompetensi          : Menerapkan aturan konsep statistika dalam
  pemecahan
Kompetensi Dasar              : Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram


§ Data disajikan dalam bentuk tabel
§ Data disajikan dalam bentuk diagram
 
 
Indikator                              :


Pertemuan ke                      : 4, 5, 6 dan 7
Alokasi Waktu                     : 12 x 45 menit


Siswa dapat :
§ Menjelaskan jenis-jenis tabel
§ Menjelaskan macam-macam diagram (batang, lingkaran, garis, gambar), histogram,  poligon frekuensi, kurva ogive
§ Mengumpulkan dan mengolah data serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan diagram

 
 
I.  Tujuan                              :






§ Tabel dan diagram


 
II. Materi Pokok                  :

·         Penugasan
·         Ceramah
 
III. Metode Pembelajaran           :


IV Langkah-Langkah Pembelarjan

A.   Kegiatan Awal
-       Apersepsi, penjelasan jenis-jenis table dan macam-macam diagram
-       Penjelasan lingkup materi yang dipelajari

B.     Kegiatan Inti
-       Ringkasan materi minimal
-       Pembuatan contoh–contoh soal
-       Contoh-contoh soal untuk didiskusikan sebagai pemadalaman materi disampaikan  oleh guru.
-       Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:  

                        MATERI PEMBELAJARAN
§  Tabel dan Diagram
Jenis-jenis tabel
     - tabel distribusi frekuensi
          * data tunggal
          * data tunggal berbobot
          * data kelompok
     - tabel distribusi frekuensi relatif
     - tabel distribusi frekuensi kumulatif

Macam-macam Diagram
     - diagram batang
     - diagram lingkaran
     - diagram garis
     - diagram gambar
     - Histogram
     - Poligon
     - Kurva ogive

C.   Kegiatan Akhir

1. Kesimpulan
Setelah data dikumpulkan, data diolah dalam bentuk table yang disebut table distribusi frekuensi. Kemudian agar lebih menarik dan mudah dibaca disajikan dalam bentuk diagram.

2. Tugas Terstruktur
    a.  Mengerjakan soal latihan dari modul
    b. Tugas Tidak  Terstruktur
        Mempelajari ukuran pemusatan data

V. Alat/Bahan Sumber Belajar

    1.  Alat/Bahan                : Alat tulis
                                        Alat peraga
    2. Sumber Belajar            : Buku matatematika untuk SMK, Kumpulan modul bahan ajar untuk SMK dan buku-buku lain yang relevan serta sumber dari media internet


VI. Penilaian
1.    Penilaian proses dari hasil perkembangan, pemahaman dan pekerjaan siswa
2.    Penilaian afektif/sikap/non-instruksional
3.    Tes formatif tertulis bentuk pilihan ganda dan/atau essay

No Soal
Uraian soal
Kunci jawaban

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah                     : SMK KELOMPOK ................
Mata Pelajaran                    : Matematika
Kelas/Semester                  : XII /1 dan 2
Standar Kompetensi          : Menerapkan aturan konsep statistika dalam
  pemecahan
Kompetensi Dasar              : Menentukan ukuran pemusatan data


§ Mean, median dan modus dibedakan sesuai dengan pengertiannya
§ Mean, median dan modus dihitung sesuai dengan data tunggal dan data kelompok
 
 
Indikator                              :




Pertemuan ke                      : 8 s.d 14
Alokasi Waktu                     : 21 x 45 menit


Siswa dapat :
§ Menghitung mean  data tunggal dan data kelompok
§ Menghitung median data tunggal dan data kelompok
§ Menghitung modus data tunggal dan data kelompok
 
 
I.  Tujuan                              :



§ Mean
§ Median
§ Modus


 
II. Materi Pokok                  :



·         Penugasan
·         Diskusi
·         Ceramah
·         Presentasi
 
III. Metode Pembelajaran           :




IV Langkah-Langkah Pembelarjan

A.   Kegiatan Awal
-       Apersepsi, penjelasan menghitung mean, median dan modus baik data tunggal maupun data kelompok.
-       Penjelasan lingkup materi yang dipelajari
-       Pembagian kelompok

B.     Kegiatan Inti
-       Diskusi kelompok
-       Ringkasan materi minimal oleh kelompok masing-masing
-       Pembuatan contoh–contoh soal oleh kelompok
-       Presentasi oleh masing-masing kelompok
-       Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
-       Contoh-contoh soal untuk didiskusikan sebagai pemadalaman materi disampaikan  oleh guru.
-       Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:  

                        MATERI PEMBELAJARAN

                        Macam-macam ukuran pemusatan data :
§ Mean
Mean (rata-rata hitung) adalah jumlah data dibagi banyaknya data
Rumus Mean data tunggal : `X

Rumus Mean data kelompok : `X  

atau menggunakan rata-rata duga : `X
Keterangan : AM = rata-rata duga
                    d = selisih antara titik tengah dengan rata-rata duga
                   Xt = Titik tengah interval kelas
                    i  = panjang/interval kelas

§ Median (Me)
Median adalah nilai yang terletak di tengah setelah data diurutkan atau nilai yang membagi data menjadi dua bagian yang sama besar.
Rumus letak Median data tunggal :
, n = banyaknya data

Rumus Median data kelompok :
Keterangan : L = batas nyata bawah kelas median
                 fk = frekuensi kumulatif sebelum kelas median
                 f Me = frekuensi kelas median
                  i  = panjang/interval kelas

§ Modus (Mo)
Modus adalah nilai yang mempunyai frekuensi terbanyak atau nilai yang sering muncul.
Rumus Modus data kelompok :
Keterangan : d1 = selisih antara frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas sebelumnya
    d2 = selisih antara frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas sesudahnya
     L  = batas nyata bawah kelas modus
     i  = panjang/interval kelas

C.   Kegiatan Akhir
1. Kesimpulan
Setelah data dikumpulkan, data diolah dalam bentuk table yang disebut table distribusi frekuensi. Kemudian dianalisis dengan menghitung mean, median dan modusnya

2. Tugas Terstruktur
    a.  Mengerjakan soal latihan dari modul
    b. Tugas Tidak  Terstruktur
        Mempelajari ukuran penyebaran data

V. Alat/Bahan Sumber Belajar

    1.  Alat/Bahan                : Alat tulis
                                        Alat peraga
    2. Sumber Belajar            : Buku matatematika untuk SMK, Kumpulan modul bahan ajar untuk SMK dan buku-buku lain yang relevan serta sumber dari media internet

VI. Penilaian
1.    Penilaian proses dari hasil perkembangan, pemahaman dan pekerjaan siswa
2.    Penilaian afektif/sikap/non-instruksional
3.    Tes formatif tertulis bentuk pilihan ganda dan/atau essay

No Soal
Uraian soal
Kunci jawaban
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah                     : SMK KELOMPOK ................
Mata Pelajaran                    : Matematika
Kelas/Semester                  : XII /1 dan 2
Standar Kompetensi          : Menerapkan aturan konsep statistika dalam
  pemecahan
Kompetensi Dasar              : Menentukan ukuran penyebaran data


§ Jangkauan, simpangan rata-rata, simpangan baku, jangkauan semi interkuartil, dan jangkauan persentil ditentukan dari suatu data.
§ Nilai standar (Z-score) ditentukan dari suatu data
§ Koefisien variasi ditentukan dari suatu data

 
 
Indikator                              :






Pertemuan ke                      : 15 s.d 22
Alokasi Waktu                     : 24 x 45 menit


Siswa dapat :
§ Menyajikan data tunggal dan data kelompok
§ Menentukan : Jangkauan, Simpangan rata-rata, Simpangan baku, Kuartil, Jangkauan semi interkuartil Desil, Persentil, dan jangkauan persentil dari data yang disajikan
§ Menentukan nilai standar (Z-score) dari suatu data yang diberikan
§ Menentukan koefisien variasi  dari suatu data yang diberikan
 
 
I.  Tujuan                              :









§ Jangkauan
§ Simpangan rata-rata
§ Simpangan baku
§ Jangkauan semi interkuartil
§ Jangkauan persentil
§ Nilai standar (Z-score)
§ Koefisien variasi



 
II. Materi Pokok                  :







·         Penugasan
·         Diskusi
·         Ceramah
·         Presentasi
 
III. Metode Pembelajaran           :




IV Langkah-Langkah Pembelarjan

A.   Kegiatan Awal
-       Apersepsi, penjelasan menghitung Ukuran penyebaran data baik data tunggal maupun data kelompok.
-       Penjelasan lingkup materi yang dipelajari
-       Siswa berkumpul sesuai dengan kelompoknya

B.     Kegiatan Inti
-       Diskusi kelompok
-       Ringkasan materi minimal oleh kelompok masing-masing
-       Pembuatan contoh–contoh soal oleh kelompok
-       Presentasi oleh masing-masing kelompok
-       Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
-       Contoh-contoh soal untuk didiskusikan sebagai pemadalaman materi disampaikan  oleh guru.
-       Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:  

                        MATERI PEMBELAJARAN

                        Macam-macam ukuran penyebaran data :

§ Jangkauan/Range
Jangkauan yaitu nilai terbesar dikurangi nilai terkecil
Rumus Jangkauan : Range = nilai terbesar – nilai terkecil

§ Simpangan rata-rata (Sr)
Simpangan rata-rata adalah jumlah harga mutla selisih antara nilai dengan rata-rata dibagi banyaknya data.
Rumus Simpangan rata-rata :
 , n = banyaknya data

§ Simpangan baku/standar (Ss)
Rumus simpangan standar (Ss) :
, n banyaknya data

§ Jangkauan Semi interkuartil (Qd)
Rumus jangkauan semi interkuartil (Qd) :

Rumus Quartil :
Keterangan : fk = frekuensi kumulatif sebelum kelas Qi
    fQi = frekuensi kelas Qi
     L  = batas nyata bawah kelas quartil ke i
     i  = panjang/interval kelas

§ Jangkauan Persentil (Jp)
Rumus jangkauan persentil (Jp) :

Rumus Persentil :

Keterangan : fk = frekuensi kumulatif sebelum kelas Pi
    fPi = frekuensi kelas Pi
     L  = batas nyata bawah kelas persentil ke i
     i  = panjang/interval kelas

§ Nilai standar (Z-score)
Rumus nilai standar :  

§ Koefisien Variasi (KV)

Rumus koefisien variasi :



C.   Kegiatan Akhir

1. Kesimpulan
Setelah data dikumpulkan, data diolah dalam bentuk table yang disebut table distribusi frekuensi. Kemudian dianalisis dengan menghitung ukuran pemusatan data dan dilanjutkan dengan ukuran penyebaran data. Untuk mengetahui tingkat penyebaran data, jika koevisien variasi makin kecil, maka data semakin homogen/merata.

2. Tugas Terstruktur
    a.  Mengerjakan soal latihan dari modul
    b. Tugas Tidak  Terstruktur
        Mempelajari ukuran penyebaran data

V. Alat/Bahan Sumber Belajar

    1.  Alat/Bahan                : Alat tulis
                                        Alat peraga
    2. Sumber Belajar            : Buku matatematika untuk SMK, Kumpulan modul bahan ajar untuk SMK dan buku-buku lain yang relevan serta sumber dari media internet

VI. Penilaian
1.    Penilaian proses dari hasil perkembangan, pemahaman dan pekerjaan siswa
2.    Penilaian afektif/sikap/non-instruksional
3.    Tes formatif tertulis bentuk pilihan ganda dan/atau essay

No Soal
Uraian soal
Kunci jawaban













Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SMK KELAS 12"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top