SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 SMA/SMK FISIKA SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                   
Mata Pelajaran                                : F i s i k a
Kelas / Semester                            : I /1 (Ganjil)                                         
 Pertemuan Ke –                            : 1 ; 2
Alokasi Waktu                                 : 4 x 45 menit                                    
Standar Kompetensi                     : Mengukur Besaran                       
Kompetensi Dasar                         : Menguasai konsep besaran dan
   satuannya
Indikator                                           :  - Besaran pokok dan besaran turunan          
                                                           dibandingkan.
                                                              -Satuan besaran pokok diterapkan
               dalam  sistem internasional 
                                                                                        
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Siswa dapat mengukur suatu benda dengan ketelitiannya.
2.    Siswa dapat menjelaskan hasil kerja yang diukurnya.
3.    Siswa dapat menjelaskan suatu jenis- jenis kesalahan dalam pengukuran.
4.    Siswa dapat mengolah data hasil pengukuran yang disajikan dalam bentuk tabel atau grafik.

II. MATERI  AJAR
·         Pengukuran panjang dengan mistar, jangka sorong, dan micrometer skrup.
·         Standar untuk satuan, panjang, massa dan waktu.
·         Besaran pokok dan turunan.
·         Standar untuk satuan dari besaran turunan dengan  analisis dimensional.

III.METODE PEMBELAJARAN
1.    Diskusi
2.    Tanya jawab
3.    Menyelesaikan soal-soal
4.    Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

IV.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.   Kegiatan Awal
·         Siswa membaca dan mempelajari cara pengukurannya dengan skala tertentu pada beberapa besaran dengan alat ukur yang sesuai seperti panjang, lebar kertas, ketebalan kertas, dll.
      B.  Kegiatan Inti
·         Dalam melaksanakan pengukuran dengan menggunakan alat ukur sesuai tingkat ketelitiannya.
·         Mendiskusikan materi dan dapat memecahkan permasalahannya.
·         Mengajukan pertanyaan kepada guru jika terdapat  materi yang belum jelas.

      C.  Kegiatan Akhir
·         Mengambil kesimpulan dari hasil yang telah didiskusikan.
·         Diberi tugas siswa pada bagian materinya.
·         Membuat laporan hasil percobaan pengukuran.

V.   Sumber Belajar/Alat/Bahan
·         Buku pelajaran
·         Lks
·         Internet
                    
VI.  Lembar Penilaian
Tes tertulis
Tes lisan





Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran 
(RPP)


Mata Pelajaran                                :  Fisika
Kelas / Semester                            :  I / 1 (Ganjil)
Pertemuan Ke –                              :  3 ; 4 ; 5
Alokasi Waktu                                 :  6 x 45 menit
Standar Kompetensi                     :  Mengukur Besaran dan Satuan
Kompetensi Dasar                         :  Menggunakan alat ukur yang tepat
untuk  mengukur suatu besaran fisis
Indikator                                        : - Nilai yang ditunjukkan alat ukur
      dibaca  secara tepat,serta hasil pengukuran ditulis  sesuai aturan penulisan angka penting  dengan batas tingkat ketelitiannya.
-   Angka penting didefinisikan dan
                              Diterapkan dalam pengukuran  
                              sehinga kesalahan sistimatik dapat
      dihitung.


I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Siswa dapat menuliskan nama alat ukur dan kegunaannya yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Siswa dapat menyusun tabel tentang besaran dengan alat ukur dan satuannya dalam SI.
3.    Siswa dapat mengukur beberapa besaran dengan alat ukur yang sesuai seperti panjang, lebar, tebal kertas, diameter rambut, dll.
4.    Siswa dapat menyajikan data hasil pengukuran baik dalam bentuk tabel maupun grafik dengan menggunakan  aturan angka penting.

II. MATERI  AJAR
·         Menghitung suatu ukuran dengan ketelitiannya.
·         Pengertian besaran dan aturan angka penting.
·         Pengertian besaran pokok dan contohnya.
·         Pengertian besaran turunan dan contohnya.
·         Pengertian satuan dan penetapan standar.


III.METODE PEMBELAJARAN
1.    Diskusi
2.    Tanya jawab
3.    Menyelesaikan soal-soal
4.    Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

IV.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.   Kegiatan Awal
·         Siswa membaca dan mempelajari permasalahan besaran pokok dan besaran turunan.
      B.  Kegiatan Inti
·         Besaran pokok terdiri  massa, panjang ,waktu, suhu, kuat arus, intensitas cahaya dan jumlah zat.
·         Besaran turunan tersusun atas besaran-besaran pokok seperti luas, kecepatan, gaya, dll.
·         Mendiskusikan materi dan menyelesaikan permasalahan.
·         Bertanya kepada Instruktur / guru jika belum mengerti.
      C.  Kegiatan Akhir
·         Mengambil kesimpulan dari hasil yang telah didiskusikan.
·         Diberi tugas siswa pada bagian materinya.
·         Membuat laporan hasil percobaan.

V.   Sumber Belajar/Bahan/Alat
·         Buku pelajaran
·         Lks
·         Penggaris,jangka sorong,micrometer skrup
·         Benda yang diukur

VI. PENILAIAN
Observasi
Pengamatan
Laporan praktikum





Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran 
(RPP)


Mata Pelajaran                    :  Fisika
Kelas / Semester                :  I / 1 (Ganjil)
Pertemuan Ke –                  :  6 ; 7 ; 8
Alokasi Waktu                     :  6 x 45 menit
Standar Kompetensi         :  Menerapkan Hukum Gerak dan Gaya.
Kompetensi Dasar             :  Menggunakan Hukum Newton
Indikator                             : -Hukum I,II,III,dibuktikan melalui percobaan 
 dan contoh permasalahan pada kehidupan
 sehari hari
                                                   -Penjumlahan gaya gaya dihitung melalui 
  persamaan matematis

I. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian gaya yang bekerja pada sebuah benda.
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian hukum-hukum Newton tentang gerak.
  • Siswa dapat membedakan pengertian massa dan berat.
  • Siswa dapat menjelaskan dan menentukan besar komponen gaya pada penguraiannya.

II.MATERI  AJAR    
·         Hukum-hukum Newton tentang gerak dengan perhitungannya.
·         Aplikasi huku-hukum Newton dengan menggunakan gambar (diagram) gaya.
·         Pengertian  gaya, massa dan percepatan yang dialami benda.

III.METODE PEMBELAJARAN   
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Menyelesaikan soal-soal
·         Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

IV.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.   Kegiatan Awal
·         Siswa membaca dan mempelajari pengertian hukum-hukum Newton I, II dan III
B.  Kegiatan Inti
·         Membuat berbagai macam contoh tentang penggunaan hukum Newton.
·         Mendiskusikan materi dan menyelesaikan permasalahan.
·         Bertanya kepada Instruktur / guru jika belum mengerti.
C.  Kegiatan Akhir
·         Mengambil kesimpulan dari hasil yang telah didiskusikan.
·         Diberi tugas siswa pada bagian materinya.

V. Sumber Belajar/Alat/Bahan

·   Buku pelajaran
·   Lks
·   Lingkungan sekolah
·   Ticker timer
·   Landasan
·   Gunting
·   Kerta luncur
·   pegas

VI. PENILAIAN
Kuis
Tugas kelompok
Laporan praktekum





Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran 
(RPP)


Mata Pelajaran                    :  Fisika
Kelas / Semester                :  I / 1 (Ganjil)
Pertemuan Ke –                  : 9 ; 10 ; 11
Alokasi Waktu                     :  6 x 45 menit
Standar Kompetensi         :  Menerapkan Hukum Gerak dan Gaya.
Kompetensi Dasar             :  Menghitung gerak lurus
Indikator                            :  - Arti fisis dari GLB,GLBB dan 
                                                     didemonstrasikan.
- Besaran besaran fisika dam GLB dan GLBB  dinyatakan dalam bentuk persamaan untuk
memecahkan masalah

I. Tujuan Pembelajaran       
  • Siswa dapat membedakan kedudukan, perpindahan dan gerak.
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian gerak lurus beraturan dengan penggunaan rumusnya.
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian gerak lurus berubah beraturan dengan penggunaan rumusnya
  • Siswa dapat menjelaskan pengertian gerak jatuh bebas dengan penggunaan rumusnya.
  • Siswa dapat membedakan perlambatan dan percepatan pada pemakaian rumus GLBB (vertikal, horizontal, melingkar)

II. Materi  Ajar          
·         Teliti dalam menghitung GLB dan GLBB.
·         Pengertian GLB dan GLBB berikut perhitungannya.
·         Merumuskan bentuk persamaan kecepatan untuk GLB dan GLBB dengan menggunakan grafik.


III.Metode Pembelajaran  
  • Diskusi
  • Tanya jawab
·          Menyelesaikan soal-soal                                                                                                                     
  • Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A.   Kegiatan Awal
·         Siswa membaca dan mempelajari pengertian Gerak lurus beraturan (GLB) dan Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) baik yang diperlambat maupun  dipercepat.


      B.  Kegiatan Inti
·         Mencari bentuk permasalahan yang berhubungan dengan GLB.
·         Mengetahui materi yang dibicarakan tentang GLBB dipercepat dan diperlambat..
·         Mendiskusikan materi dan dapat memecahkan masalahnya.
·         Menanyakan kepada Instruktur / guru jika belum dapat dipecahkan.

      C.  Kegiatan Akhir
·         Mengambil kesimpulan dari hasil yang telah didiskusikan.
·         Diberi tugas siswa pada bagian materinya.
·         Memberikan informasi tentang kegunaan GLB dan GLBB

V. Sumber Belajar/Bahan/Alat
·         Buku pelajaran
·         Lks
·         Lingkungan sekolah
·         Kit mekanika
           
VI. PENILAIAN
·         Kuis
·         Tugas kelompok





Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran 
(RPP)


Mata Pelajaran                    :  Fisika
Kelas / Semester                :  I / 1 (Ganjil)
Pertemuan Ke –                  : 12 ; 13 ; 14
Alokasi Waktu                     :  6 x 45 menit
Standar Kompetensi         :  Menerapkan Hukum Gerak dan Gaya.
Kompetensi Dasar             : -  Menghitung gerak melingkar.
Indikator                            : - Gerak melingkar beraturan (GMBB)
   dirumuskan secara kuantitatif.
  - Pengertian percepatan sentripetal 
  dideskripsikan dan diaplikasikan dalam
  kehidupan sehari hari
   -Contoh GMBB dan GMB dideskripsikan dalam kehidupan sehari hari.
   - Perumusan kuantitatif gerak melingkar 
   berubah beraturan disintesis

I. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat membedakan perioda dan frekuensi.
  • Siswa dapat menghitung kecepatan dan percepatan sudut (linier dan anguler).
  • Siswa dapat menghitung percepatan sentripetal dan gaya sentripetal.
  • Siswa dapat menghitung percepatan sentrifugal dan gaya sentrifugal.
  • Siswa dapat menentukan gaya tangensial pada hubungan dua roda sepusat kecepatan sudut pada hubungan dua roda bersinggungan.

II. Materi  Ajar          
·         Beberapa besaran pada gerak melingkar beraturan.
·         Laju linier dan kecepatan sudut.
·         Percepatan dan gaya sentripetal.dan sentrifugal.
·         Perpindahan gerak melingkar pada roda-roda bergigi.

III.Metode Pembelajaran  
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Menyelesaikan soal-soal
·         Pemberian tugas /  pekerjaan rumah




IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
·         Siswa membaca dan mempelajari gerak melingkar beraturan GMB dan GMBB dengan percobaan dan menggunakan alat sentripetal.

      B.  Kegiatan Inti
·         Memahami hubungan antar perioda dan frekuensi.
·         Mendiskusikan masalah gaya sentripetal dan gaya sentrifugal.
·         Dapat mencari kecepatan sudut pada dua roda atau lebih yang dihubungkan dengan sabuk.

      C.  Kegiatan Akhir
·         Mengambil kesimpulan dari hasil yang telah didiskusikan.
·         Memberi tugas siswa untuk mengamati perputaran roda dengan diameter yang berbeda.
·         Membuat perhitungan gerak melingkar beraturan.

V.  Sumber Belajar/Bahan/Alat
·         Buku pelajaran
·         Lks
·         Lingkungan sekolah
·         Alat sentripetal

VI. PENILAIAN
·         Kuis
·         Observasi
·         Tugas kelompok




 


Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran 
(RPP)


Mata Pelajaran                    :  Fisika
Kelas / Semester                 :  I / 1 (Ganjil)
Pertemuan Ke –                  :  15 ; 16 ; 17
Alokasi Waktu                     :  6 x 45 menit
Standar Kompetensi         :  Menerapkan Hukum Gerak dan Gaya.
Kompetensi Dasar             :  Menghitung gaya gesek.
Indikator                            :  - Adanya gaya gesekan yang terjadi diantara 
   2 permukaan dibuktikan melalui percobaan
   dengan tingkat kekasaran permukaan yang
   berbeda
                                                    - Percobaan gerak benda pada bidang
   Miring dibawah pengaruh gaya gesekan  
   yang dirancang
                                                   - Besarnya gaya gesek dirumuskan dan
   diterapkan dalam kehidupan sehari hari

I. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat membedakan gaya gesek statis dan gaya gaya gesek kinetis.
  • Siswa dapat menggunakan rumus gesekan statis dan kinetis dalam perhitungan.
  • Siswa dapat menganalis gerak benda dibawah pengaruh gesekan.
  • Siswa dapat mengetahui bahwa gaya gesek ditentukan oleh koefisien gesek bahannya.

II. Materi  Ajar
·         Dinamika gerak gaya gesekan.
·         Teliti menentukan koefisien gesek bahan.
·         Pengertian dan perhitungan gaya gesek statis dan kinetis.
·         Menghitung gaya gesek statis dan dinamis.

III.Metode Pembelajaran  
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Menyelesaikan soal-soal
·         Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

IV.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
·         Siswa membaca dan mempelajari menganalisis gerak benda dibawah pengaruh gaya gesekan.

      B.  Kegiatan Inti
·         Menganlisa berbagai kegiatan gerak benda terhadap benda lain.
·         Mendiskusikan materi gaya gesek kemudian selesaikan permasalahan yang timbul.
·         Mengajukan pertanyaan kepada guru, jika belum jelas.
      C.  Kegiatan Akhir
·         Mengambil kesimpulan dari hasil yang telah didiskusikan.
·         Memberi tugas kelompok
·         Diberi pekerjaan rumah dan dilaporkan.

V. Sumber Belajar/Bahan/Alat
·         Buku pelajaran
·         Lks
·         Lingkungan sekolah
·         Alat bidang miring
·         Bidang datar yang berbeda kekasarannya
·         Benang ,balok,jam henti

VI.  Penilaian
·         Kuis
·         Observasi
·         Tugas kelompok





Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran 
(RPP)


Mata Pelajaran                    :  Fisika
Kelas / Semester                :  I / 1 (Ganjil)
Pertemuan Ke –                  :  18 ; 19 ; 20
Alokasi Waktu                     :  7 x 45 menit
Standar Kompetensi         :  Menerapkan konsep usaha, energi dan daya.
Kompetensi Dasar             :  Menguasai konsep usaha energi dan daya.
Indikator                             : 
·         Konsep usaha sebagai hasil kali gaya dan  perpindahan dibuktikan melalui persamaan   matematis.
·         Usaha yang dilakukan samadengan perubahan energi kinetic pada benda dihitung menggunakan rumus
·         Energi potensil gravitasi dan energi potensial listrik dibandingkan secara kuantitatif

I. Tujuan Pembelajaran       
·         Siswa dapat membedakan pengertian energi kinetik dengan energi potensial.
·         Siswa dapat mengetahui hubungan antara energi kinetik, potensial, dan energi mekanik.
·         Siswa dapat menentukan besar kecilnya energi suatu benda..

II. Materi  Ajar          
·         Pengertian energi kinetik.
·         Pengertian energi potensial.
·         Pengertian energi mekanik.
·         Menghitung besarnya energi mekanik.

III.Metode Pembelajaran  
1.    Diskusi
2.    Tanya jawab
3.    Menyelesaikan soal-soal
4.    Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

IV.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.   Kegiatan Awal
·         Siswa membaca dan mempelajari berbagai bentuk energi dan dapat menggunakan hukum-hukum energi untuk memecahkan soal-soal sederhana.


      B.  Kegiatan Inti
·         Mencari beberapa bentuk energi berikut hukum-hukumnya.
·         Menghitung beberapa persoalan energi.
·         Mendiskusikan permasalahan yang timbul.
·         Membuat beberapa pertanyaan kepada guru karena belum jelas.
      C.  Kegiatan Akhir
·         Membuat laporan kegiatan susuai dengan pembelajaran.
·         Menyimpulkan  hasil diskusi.
·         Memberikan tugas / pekerjaan rumah.

V.  Sumber Belajar/Bahan/Alat
·   LKS.
·   Buku pelajaran
·   Lingkungan sekolah

VI. PENILAIAN
·         Observasi
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok




Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran 
(RPP)


Mata Pelajaran                    :  Fisika
Kelas / Semester                :  I / 1 (Ganjil)
Pertemuan Ke –                  :  21 ; 22
Alokasi Waktu                     :  5 x 45 menit
Standar Kompetensi         :  Menerapkan konsep usaha, energi dan daya.
Kompetensi Dasar             :  Menguasai hukum kekekalan energi
Indikator                             :
·   Hukum kekekalan energi mekanik pada gerak benda dibawah medan gaya konservatif dirumuskan secara matematis
·   Penerapan konservasi energi diuraiakan secara kuantitatif dan kualitatif

I. Tujuan Pembelajaran       
·         Siswa dapat membedakan pengertian usaha dan energi kinetik.
·         Siswa dapat mengetahui hubungan antara usaha dengan energi.
·         Siswa dapat menentukan besar usaha dari suatu benda.

II.Materi  Ajar
·         Pengertian usaha.
·         Hubungan usaha oleh gaya tetap dengan gaya energi kinetik

III.Metode Pembelajaran
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Menyelesaikan soal-soal
·         Pemberian tugas /  pekerjaan rumah

IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
A.   Kegiatan Awal
·         Siswa membaca dan mempelajari hubungan antara usaha dan perubahan energi kinetik.
      B.  Kegiatan Inti
·         Teliti dalam menghitung usaha dan energi kinetik.
·         Pengertian yang menunjukkan kaitan antara usaha dan perubahan energi kinetik.
·         Perhitungan usaha.
      C.  Kegiatan Akhir
·         Mengambil kesimpulan tentang usaha.
·         Penugasan untuk mencari tahu masalah usaha dan perubahan energi kinetik.
·         Memberikan tugas pekerjaan rumah.
Alat / Bahan / Sumber Belajar
·         Buku pelajaran
·         Lks
·         Lingkungan sekolah

VI. PENILAIAN
Tugas individu
Observasi
Tugas kelompok

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 SMA/SMK FISIKA SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top