SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 SMK JURUSAN BISNIS MANAJEMEN KELAS 10 SEMESTER 1



Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran 
(RPP)

 

Nama Sekolah                     : SMK  (BISNIS-MANAJEMEN)
Mata Pelajaran                    : Matematika
Kelas/Semester                  : X / 2
Standar Kompetensi         :  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat
Kompetensi  Dasar            : Mendeskripsikan perbedaan konsep relasi dan fungsi
§ Konsep relasi dan fungsi dibedakan dengan jelas
§ Jenis-jenis fungsi diuraikan dan ditunjukkan contohnya
 
Indikator                               :



 

Pertemuan ke                      : 1
Alokasi Waktu                     : 4 X 45  menit



Siswa  dapat:
§ Membedakan pengertian relasi dan fungsi
§ Menentukan daerah asal (domain)
§ Menentukan daerah kawan (kodomain)
§ Menentukan daerah hasil (range)
§ Membedakan jenis-jenis fungsi (injektif, surjektif, bijektif)
 
 
I.  Tujuan                               :







§  Relasi  dan  Fungsi
 
II.   Materi Pokok                 :

·         Penugasan
·         Diskusi
·         Ceramah
·         Presentasi
 
III. Metode Pembelajaran  :




IV Langkah-Langkah Pembelajan
A.   Kegiatan Awal
-      Apersepsi, penjelasan keterkaitan  tentang kegunaan fungsi baik untuk bidang kejuruan maupun dalam kehidupan sehari-hari.
-      Penjelasan lingkup materi yang dipelajari
-      Pembagian kelompok
B.     Kegiatan Inti
-      Diskusi kelompok
-      Ringkasan materi minimal oleh masing masing kelompok
-      Pembuatan contoh–contoh soal oleh kelompok
-      Presentasi oleh masing-masing kelompok
-      Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
-      Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
-      Contoh-contoh soal untuk didiskusikan sebagai pemadalaman materi disampaikan  oleh guru.
-      Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:  

MATERI PEMELAJARAN

§ Membedakan pengertian relasi dan fungsi
§ Menentukan daerah asal (domain), daerah kawan (kodomain), dan daerah hasil (range)
§ Menguraikan jenis-jenis fungsi (injektif, surjektif, bijektif)

C.   Kegiatan Akhir
-  Guru membimbing siswa untuk bersama-sama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.
-  Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur
-   

V. Alat/Bahan Sumber Belajar
    1.  Alat/Bahan                   : - Alat  tulis
- Alat peraga
    2. Sumber Belajar            : Buku-buku pelajaran matematika SMK, Kumpulan modul bahan ajar SMK dan buku-buku lain yang relevan serta bahan/sumber dari media internet

VI. Penilaian
1.    Penilaian  proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa
2.    Penilaian afektif/sikap/non-instruksional
3.    Tes formatif  tertulis  bentuk pilihan  ganda atau essay
Soal:

NO  Soal
Uraian  Soal
Kunci Jawaban












Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran 
(RPP)
 

Mata Pelajaran                    : Matematika
Kelas/Semester                  : X / 2
Standar Kompetensi         :  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat
Kompetensi  Dasar            : 2.  Menerapkan konsep fungsi linier
§ Fungsi linier digambar grafiknya
§ Fungsi linier ditentukan persamaannya jika diketahui koordinat titik atau gradien atau grafiknya.
§ Fungsi invers ditentukan dari suatu fungsi linier

 
Indikator                               :




 

Pertemuan ke                      : 2 dan 3
Alokasi Waktu                     : 8 X 45  menit


Siswa  dapat:
§ Membahas contoh fungsi linier
§ Membuat grafik fungsi linier.
§ Menentukan persamaan grafik fungsi leinear yang melalui dua titik, melalui satu titik dan gradien tertentu, dan jika diketahui grafiknya.
§ Menemukan syarat hubungan dua grafik fungsi linier saling sejajar dan saling tegak lurus
§ Menentukan invers fungsi linier dan grafiknya
 
 
I.  Tujuan                               :









§ Fungsi Linier dan grafiknya
§ Invers fungsi linier
 
II.   Materi Pokok                 :


·         Penugasan
·         Diskusi
·         Ceramah
·         Presentasi
 
III. Metode Pembelajaran  :




IV Langkah-Langkah Pembelajan
A.   Kegiatan Awal
-      Apersepsi, penjelasan keterkaitan  tentang kegunaan fungsi baik untuk bidang kejuruan maupun dalam kehidupan sehari-hari.
-      Penjelasan lingkup materi yang dipelajari
-      Pembagian kelompok

B.     Kegiatan Inti
-      Diskusi kelompok
-      Ringkasan materi minimal oleh masing masing kelompok
-      Pembuatan contoh–contoh soal oleh kelompok
-      Presentasi oleh masing-masing kelompok
-      Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
-      Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
-      Contoh-contoh soal untuk didiskusikan sebagai pemadalaman materi disampaikan  oleh guru.
-      Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:  

MATERI PEMELAJARAN

§  Membahas contoh fungsi linier
§  Membuat grafik fungsi linier.
§  Menentukan persamaan grafik fungsi leinear yang melalui dua titik, melalui satu titik dan gradien tertentu, dan jika diketahui grafiknya.
§  Menemukan syarat hubungan dua grafik fungsi linier saling sejajar dan saling tegak lurus
§  Menentukan invers fungsi linier dan grafiknya

C.   Kegiatan Akhir
-  Guru membimbing siswa untuk bersama-sama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.
-  Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur

V. Alat/Bahan Sumber Belajar
    1.  Alat/Bahan                   : - Alat  tulis
- Alat peraga
    2. Sumber Belajar            : Buku-buku pelajaran matematika SMK, Kumpulan modul bahan ajar SMK dan buku-buku lain yang relevan serta bahan/sumber dari media internet

VI. Penilaian
1.      Penilaian  proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa
2.      Penilaian afektif/sikap/non-instruksional
3.      Tes formatif  tertulis  bentuk pilihan  ganda atau essay
Soal:

NO  Soal
Uraian  Soal
Kunci Jawaban








Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran 
(RPP)

 

Mata Pelajaran                    : Matematika
Kelas/Semester                  : X / 2
Standar Kompetensi         :  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat
Kompetensi  Dasar            : 3. Menggambar fungsi kuadrat

§ Fungsi kuadrat digambar grafiknya.
§ Fungsi kuadrat ditentukan persamaannya
 
Indikator                               :


Pertemuan ke                      : 4
Alokasi Waktu                     : 4 X 45  menit








Siswa  dapat:
§ Membahas contoh fungsi kuadrat dan grafiknya.
§ Menentukan titik potong grafik fungsi dengan sumbu koordinat, sumbu simetri dan nilai ekstrim suatu fungsi
§ Menggambar grafik fungsi kuadrat
 
 


I.  Tujuan                               :







§  Fungsi kuadrat dan grafiknya
 
II.   Materi Pokok                 :

·         Penugasan
·         Diskusi
·         Ceramah
·         Presentasi
 
III. Metode Pembelajaran  :




IV Langkah-Langkah Pembelajan
A.   Kegiatan Awal
-      Apersepsi, penjelasan keterkaitan  tentang kegunaan fungsi baik untuk bidang kejuruan maupun dalam kehidupan sehari-hari.
-      Penjelasan lingkup materi yang dipelajari
-      Pembagian kelompok
B.     Kegiatan Inti
-      Diskusi kelompok
-      Ringkasan materi minimal oleh masing masing kelompok
-      Pembuatan contoh–contoh soal oleh kelompok
-      Presentasi oleh masing-masing kelompok
-      Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
-      Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
-      Contoh-contoh soal untuk didiskusikan sebagai pemadalaman materi disampaikan  oleh guru.
-      Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:  

MATERI PEMELAJARAN

§  Membahas contoh fungsi kuadrat dan grafiknya.
§  Menentukan titik potong grafik fungsi dengan sumbu koordinat, sumbu simetri dan nilai ekstrim suatu fungsi
§  Menggambar grafik fungsi kuadrat

C.   Kegiatan Akhir
-  Guru membimbing siswa untuk bersama-sama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.
-  Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur


V. Alat/Bahan Sumber Belajar
    1.  Alat/Bahan                   : - Alat  tulis
- Alat peraga
    2. Sumber Belajar            : Buku-buku pelajaran matematika SMK, Kumpulan modul bahan ajar SMK dan buku-buku lain yang relevan serta bahan/sumber dari media internet

VI. Penilaian
1.      Penilaian  proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa
2.      Penilaian afektif/sikap/non-instruksional
3.      Tes formatif  tertulis  bentuk pilihan  ganda atau essay
Soal:

NO  Soal
Uraian  Soal
Kunci Jawaban















Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran 
(RPP)
 

Mata Pelajaran                    : Matematika
Kelas/Semester                  : X / 2
Standar Kompetensi         :  Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat
Kompetensi  Dasar            : 4.   Menerapkan konsep fungsi kuadrat

§ Fungsi kuadrat digambar grafiknya melalui titik ekstrim dan titik potong pada sumbu koordinat
§ Fungsi kuadrat diterapkan untuk menentukan nilai ekstrim
 
Indikator                               :



 

Pertemuan ke                      : 5  dan 6
Alokasi Waktu                     : 8 X 45  menit



Siswa  dapat:
§ Menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur-unsur lainnya
§ Menentukan nilai ekstrim suatu fungsi kuadrat
§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
 
 
I.  Tujuan                               :








§  Nilai Ekstrim fungsi kuadrat
 
II.   Materi Pokok                 :

·         Penugasan
·         Diskusi
·         Ceramah
·         Presentasi
 
III. Metode Pembelajaran  :




IV Langkah-Langkah Pembelajan
A.   Kegiatan Awal
-      Apersepsi, penjelasan keterkaitan  tentang kegunaan fungsi baik untuk bidang kejuruan maupun dalam kehidupan sehari-hari.
-      Penjelasan lingkup materi yang dipelajari
-      Pembagian kelompok
B.     Kegiatan Inti
-      Diskusi kelompok
-      Ringkasan materi minimal oleh masing masing kelompok
-      Pembuatan contoh–contoh soal oleh kelompok
-      Presentasi oleh masing-masing kelompok
-      Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila diperlukan
-      Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah konsep.
-      Contoh-contoh soal untuk didiskusikan sebagai pemadalaman materi disampaikan  oleh guru.
-      Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:  

MATERI PEMELAJARAN

§ Menentukan persamaan fungsi kuadrat jika diketahui grafik atau unsur-unsur lainnya
§ Menentukan nilai ekstrim suatu fungsi kuadrat
§ Menyelesaikan masalah program keahlian yang berkaitan dengan fungsi kuadrat

C.   Kegiatan Akhir
-  Guru membimbing siswa untuk bersama-sama menyimpulkan intisari pelajaran yang dibahas.
-  Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur


V. Alat/Bahan Sumber Belajar
    1.  Alat/Bahan                   : - Alat  tulis
- Alat peraga
    2. Sumber Belajar            : Buku-buku pelajaran matematika SMK, Kumpulan modul bahan ajar SMK dan buku-buku lain yang relevan serta bahan/sumber dari media internet

VI. Penilaian
1.      Penilaian  proses dari hasil perkembangan pemahaman dan pekerjaan siswa
2.      Penilaian afektif/sikap/non-instruksional
3.      Tes formatif  tertulis  bentuk pilihan  ganda atau essay
Soal:

NO  Soal
Uraian  Soal
Kunci Jawaban









Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 SMK JURUSAN BISNIS MANAJEMEN KELAS 10 SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top