SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PAI KELAS 1 SD SEMESTER 1 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEMESTER 1


                                                             Nama Sekolah                         :          
                                                                    Mata Pelajaran                 :           PAI
                                                                Kelas / Semester                  :           I / 1
                                                                        Standar Kompetensi    :           1.         Menghafal surah                      pendek pilihan dalam Alquran
                                                       Kompetensi Dasar                        :           1.1        Melafalkan QS Al Fatihah dengan lancar
Alokasi Waktu              :   3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran** :
1.         Siswa dapat melafalkan surah Al fatihah dengan lancar dan  benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran    :
1.         Materi tentang melafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan  benar



Metode Pembelajaran :
1.         Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan  Individu

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
F Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi
Motivasi :
F memberikan informasi tentang tujuan mempelajari ketentuan-ketentuan bahan ajar surah Al Fatihah  dan isi kandungannya serta keistimewaannya (melalui Fitur Mutiara Islam dan Sepenggal kisah)
2.         Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru secara hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , serta Tanggung jawab ( responsibility ), .
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran secara Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna secara Tanggung jawab ( responsibility ), memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar secara Tanggung jawab ( responsibility dan Jujur ( fairnes ).
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Fatihah secara kelompok dan individu
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Alat / Sumber Belajar:
1.         Tulisan lafal surah Al Fatihah pada karton
2.         Alquran (Juz Amma)
3.         Buku Pendidikan Agama Islam
4.         Buku-buku lain yang relevan
5.         Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6.         Pengalaman guru
7.         Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Ø  Melafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar

Tes Lisan
Hafalkan
1.         Hafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar !
2.         Apabila ada huruf bertanda baca fathah diikuti oleh ya’ mati dibaca apa?
3.         Sebutkan surat  al-Fatihah tiap ayat!
4.         Setiap membaca satu huruf al-Quran mendapat pahala satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipatkan .…
a. 10 kebaikan                b. 20 kebaikan             c. 30 kebaikan
5.         ar-rahmān artinya adalah ?

Format Kriteria Penilaian      
  1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

  1. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1
3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.








Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                :   _______________________
Mata Pelajaran          :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester       :    I / 1
Standar Kompetensi :    1.       Menghafal surah pendek pilihan dalam Alquran
Kompetensi Dasar        :    1.2 Menghafalkan QS Al Fatihah dengan lancar
Alokasi Waktu                :    3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran**  :
1.       Siswa dapat menghafalkan surah Al fatihah dengan lancar dan benar
2.       Siswa dapat mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran :   
1.       Materi tentang menghafal dan mengamalkan surah Al Fatihah

Metode Pembelajaran    :
1.       Siswa menghafalkan surah Al Fatihah secara berkelompok dan individu serta mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Motivasi : Mengulang bacaan lafal surah Al Fatihah
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafalkan surah Al Fatihah secara kelompok dan individu mengikuti
F Siswa mendemonstrasikan hafalannya di depan kelas
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru mendengarkan siswa mengulang-ulang hafalan surah Al Fatihah
F Siswa mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lafal surah Al Fatihah pada karton
2.    Alquran (Juz Amma)
3.    Buku Pendidikan Agama Islam
4.    Buku-buku lain yang relevan
5.    Kaset dan CD Alquran atau peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6.    Pengalaman guru
7.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Ø Menghafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar
Ø Mengamalkan surah Al Fatihah secara rutin
Tes Lisan

Tes Lisan
Hafalan

Hafalan
  1. Hafalan Surah Al Fatihah  ?

2.       Demonstrasikan hafalan surah Amalkan Surah Al Fatihah secara rutin!
3.       Tuliskan Bahasa Arab Surat Al-Fatihan ?


Format Kriteria Penilaian      
  1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

  1. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.

Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah               :   _______________________
Mata Pelajaran               :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            :    I / 1
Standar Kompetensi :    2.       Mengenal Rukun Iman
Kompetensi Dasar   :    2.1     Menunjukkan kekuasaan Allah SWT melalui
                                                ciptaan-Nya
Alokasi Waktu                :    3 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran**  :   
1.       Siswa dapat menunjukkan adanya dan siapa Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya
2.       Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah

Materi Pembelajaran :   
1.       Materi tentang kekuasaan Allah SWT.

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Metode Pembelajaran    :   
1.         Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitar
2.         Siswa berlatih membuat contoh-contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
F Apersepsi : Memberikan cerita singkat tentang orang-orang yang teguh keimanannya (melalui Sepenggal Kisah di halaman 16 ditambah dengan kisah lainnya)
F Mengajukan beberapa pertanyaan tentang siapa Allah
F Memberi pendahuluan menggunakan fitur mutiara Islami
F Motivasi : menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berdiskusi secara berkelompok tentang siapa Allah, siapa Malaikat
F Apa nama kitab suci umat Islam, siapa nama rasul terakhir, apa hari kiamat dan apa Qada dan Qadar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

Alat / Sumber Belajar:
1.    Teks lagu mengenai Rukun Iman serta kaset lagu-lagu Islami tentang rukun Iman
2.    Teks Rukun Iman di karton atau papan tulis
3.    Potongan karton yang dituliskan padanya setiap Rukun Iman untuk diurutkan
4.    Buku Pendidikan Agama Islam
5.    Buku-buku lain yang relevan
6.    Alquran (juz Amma)
7.    Kaset atau CD Alquran
8.    Pengalaman guru
9.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
Ø  Menunjukkan adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitar
Ø  Menunjukkan contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah

Tes tulis



Tes tulis

Pilihan ganda


Jawaban singkat
1.         Manusia wajib …. Karunia Allah SWT
a)       mengingat
b)       menerima
c)       mensyukuri
2.   Kita harus menolong orang yang ….?
3.   Sebutkan contoh perilaku yang baik terhadap ciptaan Allah ?
4.   Sebutkan adanya Allah melalui ciptaan-Nya dan alam sekitar ?


Format Kriteria Penilaian      
  1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

  1. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................
 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PAI KELAS 1 SD SEMESTER 1 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top