SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PAI KELAS 2 SD SEMESTER 1 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEMESTER 2


                                                                        Nama Sekolah :   SD
                                                               Kelas / Semester                   :           II / 1
                                                          Mata Pelajaran                   :       PAI
                                                             Standar Kompetensi   :           1.         Menghafal Alquran
                                                  Kompetensi Dasar                 :           1.1        Mengenal huruf  Hijaiah
Alokasi Waktu              :   6 ´ 35 menit (2 ´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran** :
1.       Siswa dapat melafalkan huruf Hijaiah dengan benar
2.       Siswa dapat menunjukkan hafal huruf Hijaiah

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

Materi Pembelajaran    :
1.       Huruf Hijaiah.

Metode Pembelajaran: 
1.       Siswa berlatih melafalkan huruf Hijaiah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
2.       Guru memberikan penjelasan tentang makhraj huruf Hijaiah

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan :
F Apersepsi : menghafalkan huruf Hijaiah
F Motivasi :menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.         Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf Hijaiah secara klasikal
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf Hijaiah secara kelompok
F Siswa menghafalkan huruf Hijaiah secara individu
F Siswa tampil ke depan kelas menghafalkan huruf Hijaiah dengan benar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis huruf-huruf Hijaiah di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1.         Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2.         Buku tajwid
3.         Alquran (juz amma)
4.         Buku pendidikan agam islam.
5.         Buku-buku lain yang relevan
6.         Kaset dan CD Alquran
7.         Pengalaman guru
8.         Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melafalkan huruf hijaiah dengan benar
Ø  Menunjukkan hafal huruf Hijaiah
Tes lisan

Tes lisan
Hafalan

Hafalan
Uraian






  1. Hafalkan huruf hijaiah satu persatu!

  1. Hafalkan huruf-huruf hijaiah satu persatu!
  2. Huruf mim berbentuk seperti ....
a. angka tiga terbalik
            b.mata pancing            c. toge
  1. Huruf yang berbentuk seperti biji mentimun dengan garis tegak di atasnya tanpa titik adalah .....
a. ta                     b. ţa                            c. dad
  1. Qaf dilambangkan .....
a. ف                    b. ق                            c. ك
  1. ك م  adalah ....
a. kaf nun             b. kaf ya’                            c. kaf mim
  1. Sin dan ta’ dilambangkan ....
a. س ن                b. س ج                            c. س ت
  1. Huruf ق dalam huruf latin dilambangkan dengan huruf…
  2. ك Huruf di samping disebut huruf…
  3. Huruf apakah yang bentuknya seperti angka satu?

Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                :   ...............................
Kelas / Semester       :    II/ 1
Mata Pelajaran               :    Pendidikan Agama Islam
Standar Kompetensi      :    1.  Menghafal  Alquran
Kompetensi Dasar         :    1.2Mengenal tanda baca (harakat)
Alokasi Waktu                :    3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran**  :   
1.       Siswa dapat melafalkan huruf Hijaiah berharakat:
a.   fatah
b.   kasrah
c.   damah
d.   tanwin
e.   sukun

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

Materi Pembelajaran    :
1.       Harakat .

Metode Pembelajaran    :
1.       Siswa berlatih melafalkan huruf Hijaiah berharakat secara bersama-sama dan kelompok mengikuti bacaan guru.
2.       Siswa menampilkan kemampuannya melafalkan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara individu di depan kelas

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan :
F Apersepsi : Guru memperkenalkan bahan ajaran mengenai tanda baca (harakat)
F Motivasi : Siswa menyebutkan kembali huruf-huruf Hijaiah secara klasikal
2.    Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara bersama-sama dan kelompok
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperaktikkan pelafalan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara individu di depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas serta dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
F Siswa memahami bacaan intisari

Alat / Sumber Belajar :
1.    Tulisan tanda baca (harakat) di karton atau papan tulis
2.    Tulisan huruf Hijaiah berharakat di karton atau papan tulis
3.    Buku tajwid  
4.    Buku pendidikan Agama Islam
5.    Buku-buku lain yang relevan
7.    Pengalaman guru  
8.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melafalkan huruf Hijaiah beraharakat:
o   Fatah
o   Kasrah
o   Damah
o   Tanwin
o   sukun

Tes lisan




Uraian




1.          Bacalah huruf Hijaiah berharakat berikut! Fatah
a.       Kasrah
b.       Damah
c.       Tanwin
d.       sukun
2.          اَيْنَ Kalimat di samping dibaca….
a. auna                                     b. ina
c. aina
3.          Kaifa jika ditulis huruf al-Quran adalah ….
a. كِيْفَ        b.  كَيْفَ           c.  كُوْفَ
4.          جَوْفَ   Kalimat di samping dibaca…
a. jaufa                         b. jaifa             c. jufa
5.          يَوْمَ Kalimat di samping dibaca…
a. yuma                        b. yaima
c. yauma
6.          Laura jika ditulis huruf al-Quran…
a.  لَوْحَ          b.  لَوْزَ  
c.  لَوْرَ
7.          صَوْفِ Kalimat di samping dibaca…
8.          لَوْحٌ Jika ditulis latin berbunyi…
9.          Rauda jika ditulis huruf al-Quran…
10.       Apabila ada huruf bertanda baca fathah diikuti oleh ya’ mati dibaca apa?
11.       Tulislah ke dalam huruf al-Quran!nauma
12.       Tulislah ke dalam huruf latin!قَوْمَ


Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PAI KELAS 2 SD SEMESTER 1 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top