SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PAI KELAS 2 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEMESTER 2

  
                                                                           NAMA SEKOLAH     :   SD
                                                                   Mata Pelajaran           :      PAI
                                                                Kelas / Semester           :      II / 2
                                                                       Standar Kompetensi     :           6.                     Membaca dan menulis huruf Alquran
Kompetensi Dasar    :    6.1     Membaca huruf Hijaiah bersambung
Alokasi Waktu            :   6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran**    :           
1.       Siswa dapat mengenal huruf Hijaiah bersambung
2.       Siswa dapat membaca huruf Hijaiah bersambung
3.       Siswa dapat memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :        
1.       Huruf hijaiah bersambung .

Metode Pembelajaran  :   
1.       Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang huruf Hijaiah bersambung
2.       Siswa berlatih membaca huruf Hijaiah bersambung
3.       Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang bentuk perubahan huruf Hijaiah

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Siswa menyebutkan kembali huruf Hijaiah yang telah mereka hafal
F Guru mengenalkan bahan ajaran kepada siswa mengenai huruf Hijaiah bersambung
2.    Kegiatan Inti         
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang huruf Hijaiah bersambung dan bentuk-bentuknya
F Siswa mengenal tentang huruf Hijaiah bersambung
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membaca huruf Hijaiah bersambung secara klasikal dan kelompok mengikuti bacaan guru
F Siswa memahami tentang bentuk perubahan huruf Hijaiah
F Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan bahan ajar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa diminta menulis bentuk-bentuk perubahan huruf Hijaiah di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2.    Tulisan lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3.    Buku tajwid
4.    Buku Pendidikan Agama Islam.
5.    Alquran
6.    Kaset dan CD Alquran
7.    Pengalaman guru
8.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø   Mengenal huruf Hijaiah Bersambung


Ø   Membaca huruf Hijaiah bersambung

Ø   Memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar

Tes tulis



Tes lisan


Tes tulis
Pilihan ganda



Pelafalan


Jawaban singkat
Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat
1.        يُنْصَرُ    terdiri dari ?
a. ي ن ر
b. ي ن ص
c. À Ç à è

2.        Lafalkan huruf-huruf Hijaiah bersambung berikut!
3.        عَمِلُ, mim pada kata tersebut berharakat …
4.        Setiap membaca satu huruf al-Quran mendapat pahala satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipatkan .…
a. 10 kebaikan              
b. 20 kebaikan                
c. 30 kebaikan
5.        ضَ رَ بَ huruf sambungnya .…
a.  بَرَضَ                              
b.  ضَرَبَ                                   
 c.  رَبَضَ
6.        ( ____ ) tanda mad di samping disebut .…
7.        لَه jika ditulis huruf latin .…
8.        Saja jika ditulis huruf al-Quran .…
9.        Tulislah tanda mad fathah berdiri!
10.     Bagaimana cara menulis sambung kalimat رَجَ عَ?
11.     اَمِّه tulislah ke dalam huruf latin kata di samping!
12.     Hadis Nabi yang artinya :                                “Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah (al-Quran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dilipatgandakan sepuluh kebajikan. Saya tidak mengatakan المّ itu satu huruf, akan tetap[i alif itu satu huruf, lam satu huruf dan mim …………” (al Hadis)


Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


NAMA SEKOLAH        :   ...............................
Mata Pelajaran                  :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester               :    II / 2
Standar Kompetensi    :    6.         Membaca dan menulis huruf Alquran
Kompetensi Dasar         :       6.2               Menulis huruf Hijaiah bersambng
Alokasi Waktu                   :    3 ´ 35  menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran**    :           
1.       Siswa dapat memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung
2.       Siswa dapat mempraktikkan menulis huruf Hijaiah bersambung

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :         Huruf hijaiah bersambung .

Metode Pembelajaran  :    1.          Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya
                                                            tentang cara menulis huruf hijaiah bersambung
                                      2.         Siswa berlatih menulis huruf Hijaiah bersambung

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Cerita singkat dari pengetahuan siswa tentang bahan ajar yang lalu
F Memperkenalkan bahan ajar kepada siswa tentang cara menulis huruf Hijaiah bersambung
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa memahami tentang cara menulis huruf Hijaiah
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mempraktikkan menulis huruf Hijaiah
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2.    Tulisan lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3.    Buku tajwid
4.    Buku Pendidikan Agama Islam
5.    Alquran (Juz Amma)
6.    Kaset dan CD Alquran
7.    Pengalaman guru
8.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung



Tes tulis





Jawaban singkat
Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat



1.     Bagaimana bentuk tengah huruf ح س ل ?
2.     اُمِّه jika ditulis huruf latin menjadi .…
a. ummihī                                 
b. umihī                        c. ummihi
3.     Tanda panjang dengan fathah berdiri ( ___ ) dibaca .…
a. ū                               b. ī                                    
c. ā
4.     ( ___ ) tanda panjang di samping disebut .…
a. tanda mad fattah                   
b. tanda mad kasrah     
c. tanda mad dammah
5.     Tanda panjang (mad) fathah berdiri dibaca a sama dengan .…
6.     مَجَلَ jika ditulis abjad atau dipisah .…
7.     اَمِّه tulislah ke dalam huruf latin kata di samping!
8.     Tulislah menurut abjad سَمِعَ !
9.     Sebutkan tanda baca panjang (mad) yang kamu ketahui!
10.  Sambukan Huruf Ini ....... :       ظَ   هـَ   رَ
11.  Sambukan Huruf Ini........ :       ضَ   عِ   يْ   فٌ

12.  Sambukan Huruf Ini.......... :       أَ   خَ   ذَ   تْ   كُ   مْ
13.  Sambukan Huruf Ini...... :      لُ   بَ   دًا


Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1
3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




(_______________________)
NIP / NIK : ...........................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PAI KELAS 2 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top