SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PENJASKES KELAS 1 SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEMESTER 2


Nama Sekolah
:   SD
Mata Pelajaran
: PENJASKES
Kelas/Semester
:   1 [ satu ] / 2 [ dua ]           
Pertemuan ke
:   1 [ satu ] dan 2 [ dua ]
Alokasi Waktu
:   4 x 35 menit


Standar Kompetensi:
 6.  Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di B  dalamnya  
Kompetensi Dasar:
6.1  Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi

I.    Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar jalan, lari dan lompat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Jalan, lari dan lompat
III.      Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek


IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B. Kegiatan Inti:
Pertemuan I dan II
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
F Siswa dapat melakukan gerak dasar jalan, lari dan lompat
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerti konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
F Melakukan hadap kiri, hadap kanan dan balik kanan
F Melakukan gerakan jalan cepat
F Melakukan jalan sambil jongkok
F Melakukan lari cepat dengan control yang baik
F Melakukan lari dengan berbelok belok dalam bentuk lomba
F Melakukan gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
F Melakukan lompat kelinci dalam bentuk lomba
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang di lakukan

V. Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat permainan
·         Lapangan
·         Tiang hinggap
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur
VI. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Mengerti konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
·         Melakukan gerakan jalan cepat
·         Melakukan jalan sambil jongkok
·         Melakukan lari cepat dengan control yang baik
·         Melakukan lari dengan berbelok belok
·         Melakukan gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
·         Melakukan lompat kelinci
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·         Jelaskanlah konsep arah : kanan,kiri, depan dan belakang
·         Praktekkanlah gerakan jalan cepat
·         Praktekkanlah jalan sambil jongkok
·         Praktekkanlah lari cepat dengan control yang baik
·         Praktekkanlah lari dengan berbelok belok
·         Praktekkanlah gerakan melompat dan meloncat di tempat dan berpindah arah
·         Praktekkanlah lompat kelinci

FORMAT KRITERIA PENILAIAN       
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   1 [ satu ] / 2 [ dua ]           
Pertemuan ke
:   3 [ tiga ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi:
 6.  Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya   
Kompetensi Dasar:
6.2  Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab

I.   Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar mengayun dan menekuk
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Gerak dasar memutar, mengayun dan menekuk
III.        Metode Pembelajaran:
·         Ceramah
·         Demonstrasi
·         Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
  • Siswa dibariskan menjadi empat barisan
  • Mengecek kehadiran siswa
  • Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
  • Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
  • Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  •  
B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 3
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerak dasar aktifitas jasmani
F Siswa dapat melakukan gerak dasar mengayun dan menekuk
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan menekuk lutut sambil berjalan
F  Melakukan menarik lutut ke belakang, dan ke  depan
F  Melakukan gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
F  Melakukan menarik lutut ke samping
F  Melakukan gerakan memutar badan dengan variasi melompat
F  Melakukan gerakan memutar  pinggang dengan simpai
F Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah ke depan , belakang dan samping
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan yang di lakukan
V.        Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat permainan
·         Lapangan
·         Tiang hinggap
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur

VI.  Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan gerakan menekuk lutut sambil berjalan
·         Melakukan gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
·         Melakukan gerakan memutar badan dengan variasi melompat
·         Melakukan gerakan memutar  pinggang dengan simpai
·         Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkanlah gerakan menekuk lutut sambil berjalan
·         Praktekkanlah gerakan melompat ke depan dengan menekuk lutut
·         Praktekkanlah gerakan memutar badan dengan variasi melompat
·         Praktekkanlah gerakan memutar  pinggang dengan simpai
·         Praktekkanlah gerakan mengayun lengan ke berbagai arah

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:   1 [ satu ] / 2 [ dua ]           
Pertemuan ke
:   4 [ empat ] dan 5 [ lima ]
Alokasi Waktu
:   4 x 35 menit


Standar Kompetensi:
 6.  Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya   
Kompetensi Dasar:
6.3  Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana , dan kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab

I.       Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar permainan bola tangan
·         Siswa dapat bermain bola tangan
·         Siswa dapat mengetahui peraturan permainan bola tangan

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Permainan bola tangan
III.        Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek


IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 4 & 5
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerak dasar permainan bola tangan
F Siswa dapat bermain bola tangan
F Siswa dapat mengetahui peraturan permainan bola tangan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan menangkap bola melambung berpasangan
F Melakukan gerakan menangkap bola menyusur tanah berpasangan
F Melakukan gerakan menangkap bola mendatar berpasangan atau berkelompok
F Melakukan gerakan menangkap bola yang di pantulkan
F Bermain bola tangan dengan peraturan yang dimodifikasi
F Melakukan kerjasama dengan kelompok
F  Menjungjung tinggi sportifitas antar pemain Melakukan gerakan memutar  pinggang dengan simpai
F Melakukan gerakan mengayun lengan ke berbagai arah ke depan , belakang dan samping
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dasar dalam permainan bola tangan

V.        Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat permainan bola tangan
·         Lapangan
·         Gawang
·         Bola tangan
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur

VI.  Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan gerakan menangkap bola melambung
·         Melakukan gerakan menangkap bola menyusur tanah
·         Melakukan gerakan menangkap bola mendatar
·         Melakukan gerakan menangkap bola yang di pantulkan
·         Bermain bola tangan dengan peraturan yang dimodifikasi
·         Melakukan kerjasama dengan kelompok
·         Menjungjung tinggi sportifitas antar pemain
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkanlah gerakan menangkap bola melambung
·         Praktekkanlah gerakan menangkap bola menyusur tanah
·         Praktekkanlah gerakan menangkap bola mendatar
·         Praktekkanlah gerakan menangkap bola yang di pantulkan
·         Praktekkanlah Bermain bola tangan dengan peraturan yang dimodifikasi
·         Praktekkanlah kerjasama dengan kelompok
·         Bagaimana car menjungjung tinggi sportifitas antar pemain

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.








Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PENJASKES KELAS 1 SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top