SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PENJASKES KELAS 2 SD SEMESTER 1 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
 SEMESTER 1

Nama Sekolah
:   ........SD...................................
Mata Pelajaran
:   PENJASKES
Kelas/Semester
:  2( dua )/ I (Satu )   
Pertemuan ke
:   I ( Satu )
Alokasi Waktu
:   2 x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1 Mempraktikkan variasi gerak dasar  melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 1.1 .Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
I.  Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar berjalan
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar berlari
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Pola gerak lokomotor dalam bentuk permainan
III. Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek





IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B. Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerakan dasar berjalan
F Siswa dapat melakukan gerakan dasar berlari
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan jalan di tempat, jalan cepat, melompat ke depan, melompat sambil berputar dan melompat di tempat
F Berjalan atau berlari merubah arah maju, mundur, samping dengan isyarat dalam bentuk lomba
F Mengkombinasikan gerakan jalan, lari dan melompat dengan isyarat
F Melakukan lari sambung berkelompok
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V.   Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 2
·         Pluit
·         Tongkat kecil
VI. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·     Melakukan variasi gerak jalan, lari, lompat ke berbagai arah.
·     Berjalan  dan berlari merubah arah dengan isyarat
·     Mengkombinasikan gerak, jalan, lari dan lompat
·     Berlari dengan alat tongkat berkelompok

Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkan variasi gerak jalan, lari, lompat ke berbagai arah.
·         Jelaskanlah berjalan  dan berlari merubah arah dengan isyarat
·         Jelaskanlah mengkombinasikan gerak, jalan, lari dan lompat
·         Jelaskanlah berlari dengan alat tongkat berkelompok

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  2( dua )/ I (Satu )   
Pertemuan ke
:   2 ( dua )
Alokasi Waktu
:   2 x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1 Mempraktikkan variasi gerak dasar  melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 1.2. Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri
I    Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar memutar
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar mengayun
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar menekuk

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Pola gerak non lokomotor dalam bentuk permainan
A.    Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B    Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerakan dasar memutar
F Siswa dapat melakukan gerakan dasar mengayun
F Siswa dapat melakukan gerakan dasar menekuk
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan jmemutar tangan dengan satu tangan atau dua tangan
F Melakukan gerakan mengayun tangan satuatau dua tangan
F Melakukan gerakan menekuk lutut  ke depan atau ke belakang
F Melakukan gerakan melompat ke depan sambil jongkok dalam bentuk lomba
F Melakukan permainan jongkok-berdiri dengan isyarat
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V.   Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 2
·         Pluit





VI.  Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan variasi gerak memutar tangan dengan satu atau dua tangan badan perorangan atau pasangan
·         Gerakan mengayun satu dan dua lengan
·         Melakukan gerakan menekuk lutut / gerakan kombinasi
·         Melakukan gerakan melompat ke depan sambil jongkok
·         Melakukan gerakan melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan

Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkan variasi gerak memutar tangan dengan satu atau dua tangan badan perorangan atau pasangan
·         Praktekkan gerakan mengayun satu dan dua lengan
·         Praktekkan gerakan menekuk lutut / gerakan kombinasi
·         Praktekkan gerakan melompat ke depan sambil jongkok
·         Praktekkan gerakan melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  2( dua )/ I (Satu )   
Pertemuan ke
:   3 ( tiga )  dan 4 ( empat )
Alokasi Waktu
:   4 x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1 Mempraktikkan variasi gerak dasar  melalui permainan dan aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar: 1. .3. Mempraktikkan gerak dasar  melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami diri sendiri

I    Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan melempar
·         Siswa dapat melakukan menangkap
·         Siswa dapat bermain sepak bola

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Permainan sepak bola
III,  Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B    Kegiatan Inti:
Pertemuan 3 dan 4
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan melempar
F Siswa dapat melakukan menangkap
F Siswa dapat bermain sepak bola
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan melempar bola sejauh-jauhnya
F Melakukan menangkap bola dari beberapa arah
F Melakukan lempar tangkap bola berpasangan
F Menggiring bola perorangan atau berpasangan
F Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
F Melakukan kerjasama antar tim
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan atau dalam permainan
V     Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 2
·         Bola sepak
·         Stop watch
·         Gawang
·         Pluit

VI.  Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan gerakan melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
·         Melakukan gerakan menangkap bola dilakukan perorangan atau kelompok
·         Melakukan gerakan lempar tangkap bola berpasangan.
·         Melakukan gerakan menggiring bola
·         Bermain sepak bola dengan peraturan yang sederhana/dimodifikasi
·         Melakukan kerjasama dengan tim dan menghargai lawan dan kawan

Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek

·         Praktekkan gerakan melempar bola sejauh jauhnya dilakukan secara perorangan atau berpasangan
·         Praktekkan gerakan menangkap bola dilakukan perorangan atau kelompok
·         Praktekkan gerakan lempar tangkap bola berpasangan.
·         Praktekkan gerakan menggiring bola
·         Bagaimana cara bermain sepak bola dengan peraturan yang sederhana/dimodifikasi
·         Praktekkan kerjasama dengan tim dan menghargai lawan dan kawan
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :
 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PENJASKES KELAS 2 SD SEMESTER 1 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top