SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PENJASKES KELAS 2 SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEMESTER 2

Nama Sekolah
:   SD
Mata Pelajaran
:   PENJASKES
Kelas/Semester
:  2 [ dua ] / 2 [ dua ] 
Pertemuan ke
:   1 [ satu ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 Menit


Standar Kompetensi:
 6. Mempraktikkan gerak dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:
 6.1 Mempraktikkan latihan dasar   untuk meningkatkan kekuatan otot dada, otot punggung, dengan mengikuti aturan
I.  Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar kebugaran jasmani
·         Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani.
·         Siswa dapat melatih gerakan peregangan dan pelemasan

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Latihan kekuatan otot dada dan punggung
III.       Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan I
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerak dasar kebugaran jasmani
F Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani.
F Siswa dapat melatih gerakan peregangan dan pelemasan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan saling mendorong bahu berpasangan
F Melakukan gerakan menarik dan merentangkan tangan dengan irama hitungan
F Melakukan gerakan push up dengan control yang baik
F Melakukan gerakan menggendong teman berpasangan
F Melakukan gerakan back up dengan control yang baik
F   Melakukan gerakan mendorong dengan benda/alat
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan  yang di lakukan

V.  Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat
·         Lapangan
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur line/tali
VI. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan gerakan saling mendorong bahu berpasangan
·         Melakukan gerakan menarik dan merentangkan tangan
·         Melakukan gerakan push up dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan menggendong teman berpasangan
·         Melakukan gerakan back up dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan mendorong dengan benda/alat.
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal tulisan
·         Peragakan gerakan saling mendorong bahu berpasangan
·         Peragakan gerakan menarik dan merentangkan tangan
·         Peragakan gerakan push up dengan control yang baik
·         Peragakan gerakan menggendong teman berpasangan
·         Peragakan gerakan back up dengan control yang baik
·         Peragakan gerakan mendorong dengan benda/alat.

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  2 [ dua ] / 2 [ dua ] 
Pertemuan ke
:   2 [ dua ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 Menit


Standar Kompetensi:
 6. Mempraktikkan gerak dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:
 6.2 Mempraktikkan latihan dasar untuk melatih kelentukan persendian anggota badan bagian atas dengan mengikuti aturan

I.     Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerak dasar kebugaran jasmani
·         Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani.
·         Siswa dapat melatih gerakan peregangan dan pelemasan serta kelentukan
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Latihan kelentukan
III. Metode Pembelajaran:
·         Ceramah
·         Demonstrasi
·         Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B. Kegiatan Inti:
Pertemuan 2
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerak dasar kebugaran jasmani
F Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani.
F Siswa dapat melatih gerakan peregangan dan pelemasan serta kelentukan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan merenggut- renggutkan leher ke depan dan ke belakang
F Melakukan gerakan merenggut renggutkan leher ke samping kiri dan kanan
F Melakukan gerakan  memalingkan kepala ke kiri dan ke kanan  dengan control yang baik
F Melakukan gerakan memutarkan kepala  dengan control yang baik
F Melakukan variasi gerakan peregangan lengan dengan control yang baik
F Melakukan gerakan memutarkan bahu dengan control yang baik
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan  yang di lakukan
V.       Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat
·         Lapangan
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur line/tali




VI. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·      Melakukan gerakan merenggut- renggutkan leher ke depan dan ke belakang dengan hitungan
·      Melakukan gerakan merenggut renggutkan leher ke samping kiri dan kanan
·      Melakukan gerakan  memalingkan kepala ke kiri dan ke kanan  dengan control yang baik
·      Melakukan gerakan memutarkan kepala  dengan control yang baik
·      Melakukan variasi gerakan peregangan lengan dengan control yang baik
·      Melakukan gerakan memutarkan bahu dengan control yang baik
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal tulisan
·         Peragakan gerakan merenggut- renggutkan leher ke depan dan ke belakang dengan hitungan
·         Peragakan gerakan merenggut renggutkan leher ke samping kiri dan kanan
·         Peragakan gerakan  memalingkan kepala ke kiri dan ke kanan  dengan control yang baik
·         Peragakan gerakan memutarkan kepala  dengan control yang baik
·         Peragakan variasi gerakan peregangan lengan dengan control yang baik
·         Peragakan gerakan memutarkan bahu dengan control yang baik

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  2 [ dua ] / 2 [ dua ] 
Pertemuan ke
:   3 [ tiga ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 Menit


Standar Kompetensi:
 7. Mempraktikkan senam ketangkasan sederhana dan  nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:
 7.1 Mempraktikkan dua bentuk senam ketangkasan: melompat dan berputar 90 derajat saat di udara, melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan faktor keselamatan
I.     Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerak senam ketangkasan
·         Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani.
·         Siswa dapat melatih gerakan peregangan dan pelemasan serta kelentukan
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Senanm ketangkasan
III. Metode Pembelajaran:
·         Ceramah
·         Demonstrasi
·         Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi/ Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B.Kegiatan Inti:
Pertemuan 3
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerak dasar kebugaran jasmani
F Siswa dapat meningkatkan aktifitas kesegaran jasmani.
F Siswa dapat melatih gerakan peregangan dan pelemasan serta kelentukan
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan Lompat lompat di tempat dengan  hitungan dan control yang baik
F Melakukan gerakan lompat di tempat dengan berputar di udara
F Melakukan gerakan lompat di tempat dengan berputar di udara [ hitungan satu sampai tiga di tempat hitugan empat berputar ]
F Melakukan gerakan melompati rintangan ke depan dengan control yang baik
F   Melakukan gerakan melompat sambil berputar dengan rintangan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan  yang di lakukan
V.       Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat
·         Lapangan
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur line/tali




VI. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·           Melakukan gerakan Lompat lompat di tempat dengan control yang baik
·           Melakukan gerakan lompat di tempat dengan berputar di udara
·           Melakukan gerakan melompati rintangan ke depan dengan control yang baik
·           Melakukan gerakan melompat sambil berputar dengan rintangan
Non Tes


Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal tulisan
·           Peragakan gerakan Lompat lompat di tempat dengan control yang baik
·           Peragakan gerakan lompat di tempat dengan berputar di udara
·           Peragakan gerakan melompati rintangan ke depan dengan control yang baik
·           Peragakan gerakan melompat sambil berputar dengan rintangan

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1
 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.









Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :

 

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PENJASKES KELAS 2 SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top