SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PENJASKES KELAS 3 SD SEMESTER 1 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEMESTER 1

Nama Sekolah
:   ...........SD..................
Mata Pelajaran
: PENJASKES
Kelas/Semester
:  3 ( tiga )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   I ( Satu )
Alokasi Waktu
:   2 x 35 Menit


Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 11  Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama

I.  Tujuan Pembelajaran**:
F Siswa dapat melakukan pola gerak lokomotor
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
F Pola gerak lokomotor  dalam bentuk permainan
III. Metode Pembelajaran:
F Ceramah
F Demonstrasi
F Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi dan Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  1. Kegiatan Inti:
Pertemuan I
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan pola gerak lokomotor
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan berjalan di tempat dengan aba-aba hitungan
F Membuat kelompok menjadi beberapa kelomppk
F Melakukan gerakan jalan cepat, lari cepat, dan lari berbelok-belok, lari bolak-balik sambil memindahkan benda  dalam bentuk lomba
F Melakukan gerakan lari ke depan, samping, mundur sesuai isyarat guru
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan
V.  Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 3
·         Diktat permainan bola kecil
·         Lapangan
·         Bola
·         Pluit
·         Kapur line/tali
VI. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan berbagai pola gerak lokomotor dengan tepat
·         Melakukan gerakan berjalan /lariditempat dengan aba aba hitungan
·         Melakukan  gerakan berjalan cepat/  lari cepat berbelok belok
·         Melakukan gerakan berjalan cepat/berlari cepat memindahkan benda bolak balik secara kelompok
·         Melakukan variasi gerakan lari ke depan, belakang, samping
Non Tes

Tes Keterampilan/
Perbuatan
Soal Praktek
·         Peragakan berbagai pola gerak lokomotor dengan tepat
·         Peragakan gerakan berjalan /lariditempat dengan aba aba hitungan
·         Peragakan gerakan berjalan cepat/  lari cepat berbelok belok
·         Peragakan gerakan berjalan cepat/berlari cepat memindahkan benda bolak balik secara kelompok
·         Peragakan variasi gerakan lari ke depan, belakang, samping

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1





LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.










Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  3 ( tiga )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   2 ( dua )
Alokasi Waktu
:   2 x 35 Menit


Standar Kompetensi:
1. Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 
 1. .2.Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana, serta aturan, dan kerja sama
I Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan pola gerak lokomotor
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Pola gerak non  lokomotor  dalam bentuk permainan
A.    Metode Pembelajaran:
·         Ceramah
·         Demonstrasi
·         Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi dan Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B. Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan pola gerak lokomotor
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan  saling dorong berpasangan
F Melakukan gerakan tarik tambang beregu
F Melakukan gerakan kombinasi memutar lengan dan menekuk lutut
F Melakukan gerakan kombinasi gerak mengayunkan lengan dan meliukkan badan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan gerakan
V    Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 3
·         Diktat permainan bola kecil
·         Lapangan
·         Tambang
VI    Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan variasi gerak mendorong dan menarik
·         Melakukan gerakan kombinasi memutar lengan dan menekuk lutut
·         Mengkombinasikan gerak mengayunkan lengan dan meliukkan badan
Non Tes

Tes Keterampilan/
Perbuatan
Soal Praktek
·         Peragakan variasi gerak mendorong dan menarik
·         Peragakan gerakan kombinasi memutar lengan dan menekuk lutut
·         Jelaskanlah gerak mengayunkan lengan dan meliukkan badan

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5








Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................


( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK


( ..................................................... )
       NIP/NIK :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  3 ( tiga )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   3 ( tiga )  dan 4 ( empat )
Alokasi Waktu
:   4  x 35 Menit


Standar Kompetensi:
 1. Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:  
1.3   Mempraktikkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam  permainan sederhana,serta aturan, dan kerja sama

I Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan pola gerak manipulatif
·         Permainan bola besar /sepak bola
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Pola gerak non  lokomotor  dalam bentuk permainan
III     Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
  1. Kegiatan Awal:
Apresepsi dan Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B  Kegiatan Inti:
Pertemuan  3
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan pola gerak manipulatif
F Permainan bola besar /sepak bola
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan  melempar bola ke depan sejauh-jauhnya
F Melakukan gerakan menangkap bola berpasangan
F Melakukan gerakan lempar tangkap bola pada dinding bergantian
F Melakukan gerakan menendang bola berpasangan
Pertemuan 4
F Melakukan gerakan menendang bola ke gawang
F Membagi kelompok,
F Bermain sepak bola dengan peraturan dimodifikasi
F Melakukan kerjasama antar regu
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.        Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V    Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes kls. 3
·         Diktat permainan bola besar
·         Lapangan
·         Bola sepak
·         Gawang
·         Stop Watch
·         Pluit


VI Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan gerakan melempar benda /bola ke depan
·         Melakukan gerakan menangkap bola berpasangan
·         Melakukan gerakan lempar tangkap bola pada dinding dalam tempo yang di tentukan secara bergantian
·         Melakukan gerakan menendang bola berpasangan
·         Merlakukan gerakan menendang bola ke gawang
·         Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
Non Tes

Tes Keterampilan/
Perbuatan
Soal Praktek
·         Peragakan gerakan melempar benda /bola ke depan
·         Peragakan gerakan menangkap bola berpasangan
·         Peragakan gerakan lempar tangkap bola pada dinding dalam tempo yang di tentukan secara bergantian
·         Peragakan gerakan menendang bola berpasangan
·         Peragakan gerakan menendang bola ke gawang
·         Jelaskanlah cara bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :
  
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PENJASKES KELAS 3 SD SEMESTER 1 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top