SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PENJASKES KELAS 3 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEMESTER 2

Nama Sekolah
:   SD
Mata Pelajaran
:   PENJASKES
Kelas/Semester
:  3 [ tiga ] / 2 [ dua ] 
Pertemuan ke
:   1 [ satu ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi:
 6.  Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar: 
  6.1.Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri

A.    Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat
·         Siswa dapat melakukan dasar dasar atletik.

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·            Atletik
·           [ jalan, lari dan lompat

III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi dan Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan I
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat
F Siswa dapat melakukan dasar dasar atletik
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan jalan cepat dengan control yang baik
F Melakukan gerakan berjalan sambil jongkok
F Melakukan lari cepat dengan control yang baik
F Melakukan lari memindahkan benda
F Melakukan lari dengan berbelok-belok/rintangan
F Melakukan gerakan lari dengan variasi awalan : awalan duduk, telunjur, membelakangi, lari di tempat
F Melakukan gerakan lompat katak
F Melakukan gerakan kombinasi jalan, lari cepat dan melompat
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 C.       Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan

V.  Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat permainan bola kecil
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur line/tali

VI. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan gerakan jalan cepat dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan berjalan sambil jongkok
·         Melakukan lari cepat dengan control yang baik
·         Melakukan lari memindahkan benda
·         Melakukan lari dengan berbelok-belok/rintangan
·         Melakukan gerakan lari dengan variasi awalan
·         Melakukan gerakan lompat katak
·          Melakukan gerakan kombinasi jalan, lari cepat dan melompat.
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek / format penilaian

·         Peragakan gerakan jalan cepat dengan control yang baik
·         Peragakan gerakan berjalan sambil jongkok
·         Peragakan lari cepat dengan control yang baik
·         Peragakan lari memindahkan benda
·         Peragakan lari dengan berbelok-belok/rintangan
·         Peragakan gerakan lari dengan variasi awalan
·         Peragakan gerakan lompat katak
·         Peragakan gerakan kombinasi jalan, lari cepat dan melompat.
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.










                                         
Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  3 [ tiga ] / 2 [ dua]  
Pertemuan ke
:   2 [ dua ]
Alokasi Waktu
:   2 x 35 menit


Standar Kompetensi:
6.  Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:  
 6.2.Mempraktikkan kombinasi gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan dan meliukkan badan dengan koordinasi gerak yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama dan menghargai lawan atau diri sendiri
I.    Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat melakukan gerakan senam dasar
·         Siswa dapat melakukan gerakan senam dasar dalam bentuk permaianan dan menjungjung tinggi sportivitas.
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Senam Dasar
III       .Metode Pembelajaran:
·         Ceramah
·         Demonstrasi
·         Praktek
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi dan Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari

B.  Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat melakukan gerakan senam dasar
F Siswa dapat melakukan gerakan senam dasar dalam bentuk permaianan dan menjungjung tinggi sportivitas
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan memutar leher, lengan, pinggang dan kaki dengan control yang baik
F Melakukan gerakan keseimbangan dengan menekuk lutut ke depan, ke belakang
F Melakukan gerakan keseimbangan dengan menekuk lutut ke depan, ke dua tangan di rentangkan ke samping
F Melakukan gerakan lompat lompat di tempat sambil jongkok
F Melakukan gerakan meliukkan badan ke samping dank e depan dengan control yang baik
F Melakukan variasi gerakan mengayun lengan dengan control yang baik
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 C.       Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan 

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat senam dasar
·         Lapangan
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur line/tali

VI.  Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan gerakan memutar leher, lengan, pinggang dan kaki dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan keseimbangan dengan menekuk lutut
·         Melakukan gerakan lompat lompat di tempat sambil jongkok
·         Melakukan gerakan meliukkan badan ke samping dank e depan dengan control yang baik
·         Melakukan variasi gerakan mengayun lengan dengan control yang baik
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek / format penilaian

·         Peragakan Melakukan gerakan memutar leher, lengan, pinggang dan kaki dengan control yang baik
·         Peragakan gerakan keseimbangan dengan menekuk lutut
·         Peragakan gerakan lompat lompat di tempat sambil jongkok
·         Peragakan gerakan meliukkan badan ke samping dank e depan dengan control yang baik
·         Peragakan variasi gerakan mengayun lengan dengan control yang baik

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   ...........................................
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  3 [ tiga ] / 2 [ dua]  
Pertemuan ke
:   3 [ tiga ] s. d  5 [ lima ]
Alokasi Waktu
:   6 x 35 menit


Standar Kompetensi:
 6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar:
 6.3  Mempraktikkan kombinasi    gerak dasar memvoli, memantulkan, menendang, dan  mengontrol bola dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, tanggung jawab, menghargai  lawan atau diri sendiri,  dan  bersedia berbagi    tempat dan peralatan dalam bermain

I.    Tujuan Pembelajaran**:
·         Siswa dapat  memahami dasar dasar sepak bola
·         Siswa dapat melakukan gerakan dasar dalam sepak bola
·         Siswa dapat melakukan permainan sepak bola
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
·         Permainan sepak bola
III       .Metode Pembelajaran:
·               Ceramah
·               Demonstrasi
·               Praktek


IV. Langkah-langkah Pembelajaran
:
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi dan Motivasi
F Siswa dibariskan menjadi empat barisan
F Mengecek kehadiran siswa
F Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
B.Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat  memahami dasar dasar sepak bola
F Siswa dapat melakukan gerakan dasar dalam sepak bola
F Siswa dapat melakukan permainan sepak bola
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Pertemuan 3
F Melakukan gerakan dasar menendang bola berpasangan atau kelompok
F dengan control yang baik
F Melakukan gerakan memantulkan bola dengan control yang baik
F Melakukan gerakan mengontrol bola dengan baik
F Melakukan gerakan dasar memvoli bola dengan control yang baik
F Melakukan gerakan kombinasi menendang,memantulkan dan mengontrol bola dengan baik

Pertemuan 4 dan 5
F Menjelaskan peraturan main
F  Melakukan bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
F    Melakukan kerjasama dengan tim dalam permaianan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

     C.   Kegiatan Akhir / Penenangan
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik  dalam sepak bola

V.      Alat dan Sumber Belajar:
·         Buku Penjaskes
·         Diktat permainan
·         Lapangan
·         Bola sepak
·         Gawang
·         Stop watch
·         Pluit
·         Kapur line/tali

VI.   Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
·         Melakukan gerakan dasar menendang bola
·         dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan memantulkan bola dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan mengontrol bola dengan baik
·         Melakukan gerakan dasar memvoli bola dengan control yang baik
·         Melakukan gerakan kombinasi menendang,memantulkan dan mengontrol bola dengan baik
·         Melakukan bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
·         Melakukan kerjasama dengan tim dalam permaianan
Tes Keterampilan
/Perbuatan
Soal Praktek / format penilaian

·         Peragakan gerakan dasar menendang bola dengan control yang baik
·         Peragakan gerakan memantulkan bola dengan control yang baik
·         Peragakan gerakan mengontrol bola dengan baik
·         Peragakan gerakan dasar memvoli bola dengan control yang baik
·         Peragakan gerakan kombinasi menendang,memantulkan dan mengontrol bola dengan baik
·         Peragakan bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi
·         Peragakan kerjasama dengan tim dalam permaianan




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.










Mengetahui,
Kepala SD/MI ....................



( .............................................. )
  NIP/NIK :

…………............, ................. 20..
Guru Mapel PJOK



( ..................................................... )
       NIP/NIK :

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PENJASKES KELAS 3 SD SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top