SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP SBK KELAS 3 SD SEMESTER 1 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SEMESTER 1

Nama Sekolah
: SD
Mata Pelajaran
: SBK
Kelas/Semester
: III (tiga)/I (satu)
Pertemuan Ke
: 1
Alokasi Waktu
: 2 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
1.       Mengapresiasi Karya Seni rupa

Kompetensi Dasar
Menjelaskan symbol dalam karya seni rupa dua dimensi

I.   Tujuan Pembelajaran
·    Siswa dapat mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa
·    Siswa dapat menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
·    Siswa dapat menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
·    Siswa dapat membedakan  simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
a.       Simbol seni rupa dua dimensi

III.   Metode Pembelajaran
  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Praktik
  4. Pemberian Tugas
- Mengerjakan soal uji kompetensi
  1. Tes tertulis
IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5.       Menayangkan film dokumenter karya seni rupa
  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan tentang karya dalam film tersebut di atas
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Menonton dan mengamati karya seni rupa
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

☺ Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru
F Tugas menceritakan kembali simbol-simbol dalam karya senii rupa dua dimensi

V.   Sumber/Alat/Bahan
  • Buku paket SBK
  • Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
  • Standar Isi 2006
  • Model Karya seni rupa dua dimensi
  • Gambar dan foto karya seni rupa




VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.


   Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan diskusi.
c.       Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari tugas.

    
   Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran   
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·        Mengelompokkan berbagai jenis simbul dari ragam hias pada karya seni rupa di lingkungan sekitar.
·        mengelompokkan berbagai jenis perpaduan symbol rupa berdasarkan unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.

Tes tertulis
Unjuk kerja
Jelaskan symbol dalam karya seni rupa dua dimensi
·        menjelaskan makna perpaduan berbagai symbol unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.
·        membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai makna symbol karya seni rupa.
·        menyampaikan secara lesan tentang cerminan perasaannya atas berbagai makna symbol pada karya seni rupa.
Tes tertulis
Unjuk kerja
Jelaskan makna perpaduan berbagai symbol unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.

·        menjelaskan berbagai makna symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi di lingkungan sekitar.
·        membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai jenis simbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.
·        menyampaikan secara lisan tentang perasaannya terhadap berbagai makna symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.
Lesan, praktek.
praktek
Buatkan tulisan tentang perasaannya atas berbagai jenis simbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.

·        Mengelompokkan berbagai jenis simbul dari ragam hias pada karya seni rupa di lingkungan sekitar.
·        mengelompokkan berbagai jenis perpaduan symbol rupa berdasarkan unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.

Tes tertulis
Unjuk kerja
Jelaskan symbol dalam karya seni rupa dua dimensi

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP/NIK :                                                               NIP/NIK :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester
: III (tiga)/ I (satu)
Pertemuan Ke
: 2
Alokasi Waktu
: 2 x 35’

Standar Kompetensi
SENI RUPA
·         Mengapresiasi Karya Seni rupa

Kompetensi Dasar :
menunjukkan sikap apresiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa dua dimensi


I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menceritakansimbol karya seni rupa dua dimensi
  • Siswa dapat menunjukkan keunikan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
b.  Simbol seni rupa dua dimensi

III.   Metode Pembelajaran
1.       Ceramah
2.       Diskusi
3.       Praktik
4.       Pemberian Tugas
- Mengerjakan soal uji kompetensi
5.       Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5.       Menayangkan film dokumenter karya seni rupa
  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Menonton dan mengamati karya seni rupa dua dimensi
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

☺ Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Tugas menceritakan kembali keunikan simbol-simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
F Membawa alat tulis, alat gambat, dan buku gambar

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Model Karya seni rupa dua dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa
·         Buku gambar dan pinsil warna (krayon)

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.

  Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan menggambar.
c.       Produk (hasil kerja) : gambar.

   Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran   
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·        siswa dapat menunjukkan sikap apresiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa dua dimensi.

Lesan, praktek.
praktek
Buatkan tulisan tentang respon pada saat melihat symbol yang ada di sekitar siswa.

·        siswa dapat menyebutkan makna symbol.

lesan
Jawab singkat
Sebutkan makna symbol yang tersedia.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1



&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1
&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP/NIK :                                                               NIP/NIK :





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester
: III (tiga)/ I (satu)
Pertemuan Ke
: 3
Alokasi Waktu
: 2 x 35’

Standar Kompetensi
SENI RUPA
2.       Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa         

Kompetensi Dasar :
2.1.  Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa mampu membuat gambar imajinatif mengenai diri sendiri

II.   Materi Ajar
c.   Gambar imajinatif

III.   Metode Pembelajaran
1. Menggambar
2. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
3. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memberikan contoh-contoh gambar
  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Mengarahkan siswa untuk mewarnai benda tiga dimensi yang sudah dibawa
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

☺ Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Tugas membawa alat tulis, alat gambar, dan buku gambar

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Model Karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa
·         Cat warna/pinsil warna (krayon)

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.


  Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan mewarnai patung.
c.       Produk (hasil kerja) : gambar dua dimensi.

   Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran   
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·        membuat gambar imajinatif mengenai diri sendiri.
·        mewarnai gambar wajahnya sendiri.
Praktek
Praktek
Buatkan gambar imajinatif mengenai diri sendiri.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1



&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP/NIK :                                                               NIP/NIK :
 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP SBK KELAS 3 SD SEMESTER 1 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top