SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP TEMATIK KELAS 1 SD TEMA LINGKUNGAN SEMESTER 2 BERKARAKTER



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
SEMESTER 2
 

                                                     Nama Sekolah     :  .......SD..........................
                                                     Tema                    :  Lingkungan
                                                    Kelas/Semester    :  I / 2
                                                    Alokasi Waktu     : 3 minggu

Standar Kompetensi :
1.  PKn                                 :     Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di  sekolah.
2.  IPS                                  :     Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3.  IPA/ Sains                       :     Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya  dalam kehidupan sehari-hari.
4.  Matematika                     :     Melakukan penjumlahan dan pengurangan   bilangan sampai dengan dua angka dalam
                                                   pemecahan masalah.
5.  Bahasa Indonesia       :
     R Berbicara                    :   Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi  secara
                                                  lisan dengan gambar,  percakapan  sederhana
                                             dan dongeng.
      R Membaca                   :     Memahami  teks pendek dengan membaca lancar   dan
                                                    membaca puisi anak.
     R Menulis                       :     Menulis permulaan dengan huruf tegak  bersambung 
                                                   melalui dikte dan menyalin.
6.   Seni Budaya dan Kerajinan:Mengapresiasi karya seni musik.     
                                                              
Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·         Mendeskripsikan letak rumah
2. IPA :
·         Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
3.  PKn :
·         Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
4.  Matematika :
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
5.      Bahasa Indonesia :
      Mendengarkan
·         Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
·         Menyebutkan isi   dongeng.
Berbicara
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·         Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Menampilkan pola irama dan melodi sederhana
·         Memeragakan dinamik sederhana
·         Mengekspresikan diri melalui vocal alat musik, atau sumber bunyi sederhana.  .

I.    Tujuan Pembelajaran**  :
                        Siswa dapat  :
·         Menggambar denah rumah sendiri
·         Menjelaskan denah rumah sendiri.
·         Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik
·         Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menyebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat.
·         Membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga.
·         Menjelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di sekolah.
·         Melaksanakan piket sesuai dengan jadw
·         Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
·         Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan  10.
·         Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
·         Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan
·         Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan
·         Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·         Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·         Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·         Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·         Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·         Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·         Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·         Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·          Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Menunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
·         Menunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
·         Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando
·         Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya.
·         Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan.
·         Mendengarkan kakawihan yang dinyanyikan guru
·         Mengikuti kakawihan yang dicontohkan guru.
·         Menyanyikan kakawihan secara klasikal maupun individual.
·         Menyanyikan kakawihan di hadapan siswa lain.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Tata tertib
·         Denah rumah
·         Energi listrik dan kegunaanya.
·         Oprasi  hitung bilangan.
·         Deskripsi benda.
·         Dongeng.
·         Bermain peran
·         Membaca nyaring.
·         Menyalin kalimat
·         Mel;engkapi kalimat.
·         Kesesuaian gerak dan iringan lagu.
·         Lagu anak dan lagu wajib..

III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
Minggu ke 1
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan terhadap  model, siswa dapat menunjukkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak menggunakan energi listrik.
F  Mengelompokkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak mengguankan energi listrik.
F Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak  menggunakan energi listrik.
F Mengerjakan Lembar kerja siswa secara kelompok.
F Melalui tanya jawab siswa menyebutkan tugas-tugas setiap anggota keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan pengamatan siswa membandingkan tugas anggota keluarga ( ayah, ibu dan anak.)
F Mengisi daftar tugas yang selalu dilaksanakan di rumah.
F Menyimak soal mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersusun pendek  yang ditulis di papan tulis 
F Melalui penjelasan guru siswa mengurang bilangan 2  angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
F Menegrjakan dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Menceri hasil pengurangan dengan cermat.
F Membahas salah satu contoh soal untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati benda yang ditunjukkan guru.
F Menyimak deskripsi yang disampaikan guru tentang benda tersebut.
F Dengan bimbingan guru murid dapat mendeskripsikan benda .
F Siswa mencari benda lain dan menyampaikan deskripsinya dengan bahasa sendiri.
F Melalui Contoh gambar denah ruangan ( rumah ) siswa termotivasi untuk membuat denah rumah sederhana.
F Dengan bimbingan guru siswa membuat denah rumah yang sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memajang hasil karya denah rumah.
F Menyimak soal mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersusun pendek  yang ditulis di papan tulis 
F Melalui penjelasan guru siswa mengurang bilangan 2  angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
F Menegrjakan dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Menceri hasil pengurangan dengan cermat.
F Membahas salah satu contoh soal untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak uraian deskripsi sebuah benda.
F Dengan uraian deskripsi guru, siswa dapat menyebutkan nama benda berdasarkan ciri-cirinya.
F Siswa menguraikan deskripsi benda dan siswa lain menyebutkan nama bendanya.
F Menyimak soal mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersusun pendek  yang ditulis di papan tulis 
F Melalui penjelasan guru siswa mengurang bilangan 2  angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menegrjakan dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Menceri hasil pengurangan dengan cermat.
F Membahas salah satu contoh soal untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa.
F Secara bergiliran siswa mengerjakan di papan tulis.
F Melalui pengamatan terhadap  model, siswa dapat menunjukkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak menggunakan energi listrik.
F  Mengelompokkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak mengguankan energi listrik.
F Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak  menggunakan energi listrik.
F Mengerjakan Lembar kerja siswa secara kelompok.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.  ( B. Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak dongeng yang bertemakan lingkungan.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan tokoh dalam dongeng.
F Mengelompokkan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
F Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng yang disukai.
F Mengerjakan soal  pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10 di papan tulis.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10.
F Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali  tokoh dan jalan ceritanya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal  pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara individu mengerjakan soal 10 nomer pada buku latihan masing-masing.
F Melakukan tanya jawab tentang isi cerita dalam dongeng.
F Menceritakan isi  dongeng dengan bahasa sendiri.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, B.
      Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui Contoh gambar denah ruangan ( rumah ) siswa termotivasi untuk membuat denah rumah sederhana.
F Dengan bimbingan guru siswa membuat denah rumah yang sederhana.
F Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali  tokoh dan jalan ceritanya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan yang sesuai dengan tepukan
F Memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
F Setelah mendengarkan dongeng siswa menyebutkan tokoh dan sifat dari tokoh dongeng
F Memajang hasil karya denah rumah
F Melakukan tanya jawab tentang isi cerita dalam dongeng.
F Menceritakan isi  dongeng dengan bahasa sendiri.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 2
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Memberi tanda bila kewajiban itu sudah dilaksanakan dengan baik.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10.
F Melalui penjelasan dan pengamatan siswa menyebutkan emergi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan  bukan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan kegunaan dari energi matahari, energi listrik, dan energi panas.
F Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara berkelompok.
F Melaporkan hasil diskusi sedrhana di depan kelas.
F Melalui cerita, guru memberikan motivasi kepada siswa agar menceritakan tugas yang pernah dilaksanakan sebagai murid.
F Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan beberapa contoh kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang murid.
F Menuliskan kewajiban-kewajiban seorang murid di SD Assalaam Bandung.
F Mengerjakan soal  pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Mengerjakan soal  pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan  kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan  kelipatan 10 di papan tulis.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberi tanda bila kewajiban itu sudah dilaksanakan dengan baik.
F Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali  tokoh dan jalan ceritanya.
F Dengan bimbingan guru, siswa secara bergiliran menjelaskan  denah rumah yang telah selesai dibuat.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan  bukan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan tanya jawab tentang isi cerita dalam dongeng.
F Menceritakan isi  dongeng dengan bahasa sendiri.
F Melakukan tanya jawab tentang denah rumah.
F Memberikan tanggapan positif untuk siswa yang menjelaskan denah hasil karyanya di depan kelas.
F Mengerjakan soal  pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan  kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan  kelipatan 10 di papan tulis.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan  memperhatikan       teks percakapan sederhana.
F Melalui penjelasan dan pengamatan siswa menyebutkan emergi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan  bukan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
F Melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
F Melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
F Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
F Memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
F Mengerjakan soal  pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan  kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan  kelipatan 10 di papan tulis.
F Menyebutkan kegunaan dari energi matahari, energi listrik, dan energi panas.
F Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara berkelompok.
F Melaporkan hasil diskusi sedrhana di depan kelas.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.  ( B. Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan pembagian peran untuk tiap kelompok.
F Mendengarkan sebuah dongeng yang dibacakan guru.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan  bukan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal  pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan  kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan  kelipatan 10 di papan tulis.
F Menyebutkan nama tokoh-tokoh yang berperan dalam dongeng tersebut.
F Bermain peran dengan percaya diri sesuai dengan tokoh yang dibawakannya.
F Menampilkan cerita dongeng dengan peran masing-masing.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan teks pendek ( wacana pendek) yang ditulis di papan tulis.
F Menyimak penjelasan guru tentang cara membaca dan melafalkan wacana tersebut.
F Membaca teks pendek dengan intonasi yang baik dengan bimbingan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan 10 soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa.
F Melakukan tanya jawab tentang isi dari teks pendek tersebut
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  4 x 35 menit (SBK, B Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando.
F Menyanyikna lagu sesuai dengan dinamik.
F Membaca sebuah teks dengan memperhatikan tanda jeda panjang dan jeda pendek dengan benar.
F Membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
F Melalui penjelasan guru siswa mengetahui tempat jeda.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Secara berkelompok, individu, dan kalsikal menyanyikan lagu dengan baik.
F Memperhatikan tek/wacana yang telah disediakan.
F Memperagakan tanda jeda panjang dan pendek
F Dengan bimbingan guru, siswa secara bergiliran menjelaskan  denah rumah yang telah selesai dibuat.
F Melakukan tanya jawab tentang denah rumah.
F Memberikan tanggapan positif untuk siswa yang menjelaskan denah hasil karyanya di depan kelas.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 3
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak soal cerita sedrhana  yang disampaikanguru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi siswa menyebutkan tenaga alternatif sebagai pengganti tenaga listrik.
F Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok.
F Melakukan tanya jawab.
F Sebagai bukti siswa mempunyai kewajiban di sekolah, siswa melaksanakan tugas piket.
F Melakukan pembagian tugas tiap kelompok piket sesuai dengan jadwal piket nya.
F Melakukan piket dengan kerjasama yang baik.
F Menunjuk salah satu siswa dari tiap kelompok piket untuk dijadikan pemimpinnya.
F Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan 10 soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca teks penggalan cerita tersebut dengan suara nyaring
F Membaca penggalan cerita  dengan memperhatikan intonasi dan pelafalan dengan benar.
F Membaca penggalan cerita secara  klasikal, kelompok, maupun individual
F Dengan bimbingan guru, siswa secara bergiliran menjelaskan  denah rumah yang telah selesai dibuat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperhatikan teks penggalam cerita yang telah tersedia.
F Melakukan tanya jawab tentang denah rumah.
F Memberikan tanggapan positif untuk siswa yang menjelaskan denah hasil karyanya di depan kelas.
F Menyimak soal cerita sederhana  yang disampaikan guru.
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan 10 soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca wacana  dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang tepat.
F Membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
F Melalui penjelasan guru siswa mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya ( sesuai tema )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperhatikan tek/wacana yang telah disediakan.
F Mencari arti kata-kata tertentu dengan menggunakan bahasa sendiri.
F Menyimak soal cerita sedrhana  yang disampaikanguru.
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa.
F Melalui diskusi siswa menyebutkan tenaga alternatif sebagai pengganti tenaga listrik.
F Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok.
F Melakukan tanya jawab.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  3 x 35 menit.  ( B. Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan dengan cara tatap tulis dari kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
F Melalui bimbingan guru, siswa berlatih menulis tegak bersambung  yang benar dengan memperhatikan  huruf kapital yang tepat.
F Memperhatikan beberapa kalimat yang disediakan guru pada  papan tulis
F Menuliskan seluruh kalimat dari papan tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berlatih dengan bimbingan guru menulis huruf  lepas dengan bentuk huruf yang benar.
F Menyimak soal cerita sedrhana  yang disampaikanguru.
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, B.Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Melalui bimbingan guru, siswa berlatih menulis tegak bersambung  yang benar dengan memperhatikan  huruf kapital yang tepat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan  soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa.
F Menuliskan dengan cara tatap tulis dari kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
F Memperhatikan beberapa kalimat yang disediakan guru pada  papan tulis
F Menuliskan seluruh kalimat dari papan tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
F Berlatih dengan bimbingan guru menulis huruf  lepas dengan bentuk huruf yang benar.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  4 x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, B.
      Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan.
F Membaca tulisan sendiri dari kalimat-kalimat yang telah didiktekan
F Dengan bimbingan guru, siswa secara bergiliran menjelaskan  denah rumah yang telah selesai dibuat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
F Menyimak  kalimat yang didiktekan guru
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung
F Melakukan tanya jawab tentang denah rumah.
F Memberikan tanggapan positif untuk siswa yang menjelaskan denah hasil karyanya di depan kelas.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

·         Alat Peraga  :
F Gambar denah rumah .
F gambar benda/ alat rumah tangga yang menggunakan listrik..
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.
F Gambar atau model langsung dari alat rumah tangga yang tidak  menggunakan listrik.
F harmonika.

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.      IPS :
·         Menggambar denah rumah sendiri
·         Menjelaskan denah rumah sendiri.
2.      IPA :
·         Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik
·         Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menyebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat.
3.      PKn :
·         Membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga.
·         Menjelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di sekolah.
·         Melaksanakan piket sesuai dengan jadwal.
4.      Matematika :
·         Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
·         Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan  10.
·         Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
·         Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan
·         Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan
5.      Bahasa Indonesia :
·         Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·         Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·         Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·         Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·         Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·         Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·         Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·         Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Menunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
·         Menunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
·         Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando
·         Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya.
·         Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan.


Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian
1.      IPS :
·         Gambarkanlah denah rumah sendiri
·         Jelaskan denah rumah sendiri.
2.      IPA :
·         Sebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik
·         Sebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
·         Sebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat.
3.      PKn :
·         Bandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga.
·         Jelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di sekolah.
·         Laksanakanlah piket sesuai dengan jadwal.
4.      Matematika :
·         Bagaimana cara mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
·         Bagaimana cara mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan  10.
·         Bagaimana cara mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
·         Selesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan
·         Bagaimana cara memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan
5.      Bahasa Indonesia :
·         Jelaskanlah meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·         Tentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·         Jelaskanlah benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·         Sebutkan tokoh dalam dongeng
·         Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Lakukanlah percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·         Bagaimana cara Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·         Bagaimana cara Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Bagaimana cara Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Bagaimana cara Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Bagaimana cara Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Tunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
·         Tunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
·         Tunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando
·         Nyanyikanlah lagu sesuai dengan tanda dinamiknya.
·         Bagaimana cara mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan.




Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota    : ........................
  1. ................................
  2. ...............................
  3. ...............................
  4. ...............................
  5. ...............................

Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No
Peatalatan menggunakan listrik
Peralatan tidak menggunakan listrik
1


2


3


4


5



Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda
R
 Pakaian

Celana

Handuk

TV

Kasur

Topi

Lemari es

Komputer

Tas


VII. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

 3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.



Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas I



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP TEMATIK KELAS 1 SD TEMA LINGKUNGAN SEMESTER 2 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top