SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP TEMATIK KELAS 1 SD TEMA KEGEMARAN SEMESTER 1 BERKARAKTER



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 SEMESTER 1

                                                                   Nama Sekolah     :  ......SD..........................
                                                                   Tema                    :  Kegemaran
                                                                  Kelas/Semester    :  I / 1
                                                                  Alokasi Waktu     :

Standar Kompetensi :
1. IPS              :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling 
                           menghormati   dalam kemajemukan keluarga.        
2. IPA              :  Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan                           
                                 perubahan   bentuk benda
3. PKN            :  Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang..
5. Bahasa Indonesia :
·         Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·         Berbicara :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·         Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·         Menulis :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan  : Mengapresiasi karya seni tari
                                                            Mengekpresikan diri melalui karya seni tari.

Kompetensi Dasar  :
            1. IPS  :
·         Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan  keluarga.

2. IPA :
·         Mengenal benda yang dapat  diubah bentuknya.
·         Mengidentifikasikan kegunaan benda di lingkungan sekitar.

3.  PKN :
·         Melaksanakan tata tertib di  rumah dan di sekolah

4.  Matematika :
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu
·         Mengelompokkan berbagai  bangun ruang sederhana ( balok, prisma, tabung, bola  dan kerucut )

6.      Bahasa Indonesia :
·         Membedakan bunyi bahasa.
·         Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
·         Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
·         Membaca nyaring suku kata   dan kata dengan lafal yan tepat.
·         Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan  intonasi yang tepat.
·         Menjiplak berbagai bentuk    gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·         Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·         Mencontoh huruf , kata, atau  kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
·         Melengkapi kalimat yang    belum selesai berdasarkan  gambar

7.      Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan 
                        tinggi rendah.

I. Tujuan Pembelajaran**  :
·         Siswa dapat mengidentifikasi hidup rukundantidak rukun.
·         Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
·         Siswa dapat merawat tanaman dan hewan peliharaan.
·         Siswa dapat menjelaskan bentuk, ukuran,rasa., bau, permukaan benda suatu objek.
·         Siswa dapat menjelaskan contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
·         Siswa dapat menjelaskan  manfaat mematuhi tata tertib dan akibat tidak mematuhinya.
·         Siswa dapat mengukur panjang dengan satuan tidak baku
·         Siswa dapat membandingkan dan menunjukkan perbedaan hasil ukur benda dengan satuan tak baku.
·         Siswa dapat melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
·         Siswa dapat mendeskripsikan benda-benda disekitar ( alat bermain )
·         Siswa dapat membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·         Siswa dapat membaca dengan tempat jeda pendek dan jeda panjang.
·         Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf dan gambar.
·         Siswa dapat menyalin huruf, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·         Siswa dapat melengkapi kalimat yang belum selesai.
·         Siswa dapat membuat kalimat berdasarkan gambar.
·         Siswa dapat menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
·         Siswa dapat menyebutkan jenis iringan tarian dengan alat musik perkusi.
·         Siswa dapat memilih unsur gerak tarian sesuai dengan iringan.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Peristiwa masa kecil
·         Hidup rukun dalam perbedaan.
·         Oprasi hitung bilangan.
·         Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar
·         Pelafalan bunyi bahasa
·         Kalimat sapaan
·         Membaca kata dan kalimat.
·         Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
·         Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
·         Gambar barang budaya/ alami.

III.  Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV.  Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
      Minggu ke 1
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru dan peragaan, siswa menjelaskan cara merawat tanaman dan hewan peliharaan.
F Menjelaskan perlunya merawat tanaman dan hewan peliharaan.
F Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa mengenal  pengukuran dengan satuan tak baku.
F Menjelaskan manfaat dari mematuhi peraturan di rumah.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan kewajiban kita dalam merawat tanaman dan hewan peliharaan.
F Menyebutkan manfaat  merawat tanaman dan hewan peliharaan.
F Melalui penjelasan guru dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, siswa menyebutkan beberapa contoh tata tertib/ peraturan yang dibuat oleh orang tua  di rumah.
F Menyebutkan beberapa contoh peraturan yang dilaksanakan di sekolah.
F Mengukur  panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku  jengkal.
F Mencatat hasil pengukuran tiap benda dengan cermat sebagai bahan laporan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru dan pengamatan, siswa dapat melakukan penyampaian pesan dan menerima pesan yang disampaikan guru.
F Menyimak pesan yang disampaikan guru agar tidak salah dalam pelaksanaanya.
F Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
F Melalui penjelasan guru , siswa menceritakan pengalaman tentang hidup rukun.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya
F Mencatat ciri-ciri dari hidup rukun dan tidak rukun.
F Mengukur panjang dan lebar benda dengan satuan tak baku telapak kaki.
F Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan pengamatan pada gambar atau model yang memeragakan macam-macam permainan yang biasa dilakukan anak-anak.
F Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
F Menjelaskan cara permainan dilakukan.
F Bercerita berdasarkan gambar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
F Mengelompokkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
F Mengukur benda / tempat dengan satuan tak baku langkah kaki.
F Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kumpulan kalimat yang membentuk wacana pendek di papan tulis.
F Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengukur benda dengan satuan tak baku  hasta.
F Mencatat hasil pengukuran dengan cermat sebagai bahan laporan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mencatatnya dengan cermat sebagai bahan laporan.
F Memperhatikan bentuk  huruf yang akan dipelajari.( w,c,s )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan pengukuran benda/ tempat  dengan menggunakan satuan tak baku depa.
F Menjiplak berbagai bentuk  huruf, terutama huruf yang sedang dipelajari.
F Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    
      Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan alat musik perkusi.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan alat musik perkusi yang dapat mengiringi tarian.
F Menyebutkan jenis iringan tarian  dengan menggunakan alat musik perkusi
F Meeragakan gerakantarian yang diiringi alat musik perkusi ( rebana, gendang )
F Menjiplak berbagai bentuk  gambar dan bentuk huruf.
F Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu  ke 2
      Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan benda di sekeliling , siswa menemukan fakta tentang sifat benda, bentuk benda ada yang bulat, persegi, beratuiran dan tidak beraturan, ukuran benda berbeda ada yang kecil dan besar
F Menjelaskan manfaat mematuhi peraturan di sekolah
F Menjelaskan akibat dari tidak mematuhi peraturan/ tata tertib di rumah maupun di sekolah.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan hasil pengamatan dengan mengelompokkan macam-macam benda berdasarkan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau dan permukaan benda.
F Melaporkan hasil diskusi.
F Menyebutkan contoh lain dari tata tertib  ( tata tertib di jalan raya)
F Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dan telapak kaki )
F Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan telapak kaki.
F Mencatat hasil perbandingan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
F Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
F Melalui pengalaman siswa menyebutkan contoh dari hidup rukun dan tidak rukun.
F Mendiskusikan sikap yang baik agar terjaga kerukunan.
F Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan depa )
F Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan depa.
F Mencatat hasil perbandingan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
F Menyalin/ menulis dengan posisi duduk yang benar dan memegang alat tulis dengan baik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan langkah  )
F Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan langkah
F Mencatat hasil perbandingan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar yang diperlihatkan guru atau gambar yang ada di buku atau gamabr yang ada di dalam majalah.
F Menceritakan isi cerita di balik gambar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
F Mengukur satu benda dengan dua cara ( jengkal dengan hasta)
F Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan jengkal dan hasta.
F Mencatat hasil perbandingan
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengukur satu benda dengan dua cara ( hasta dengan depa )
F Membandingkan hasil pengukuran panjang yang menggunakan hastal dan depa.
F Mencatat hasil perbandingan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun perbandingan dari hasil pengukuran dari tiap jenis satuan tak baku.
F Menemukan fakta cara mana yang lebih mudah dan sering digunakan.
F Membuat kesimpulan tentang pengukuran dengan menggunakan satuan tak baku.
F Memperhatikan gambar yang diambil dari majalah anak-anak
F Menceritakan secara sederhana cerita dalam gambar.
F Membuat kalimat berdasarkan gambar
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    
      Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membacakan puisi yang ditulis di papan tulis.
F Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui latihan dan memeragakan siswa dapat memilih gerakan yang sesuai dengan iringan musik.
F Menirukan puisi yang diucapkan guru dengan intonasi dan lafal yang baik.
F Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

Alat Peraga  :
F tambang, tali, pita, lidi,
F Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.

VI.       Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.      IPS :
·         Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
·         Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan

2.      IPA :
·         Merawat tanaman atau hewan peliharaan
·         Menceritakan alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan
·         Menjelaskan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek

3.      PKN :
·         Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
·         Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib.
·         Menjelaskan akibat tidak patuh pada tata tertib

4.      Matematika :
·         Mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku.
·         Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan  tak baku.
·         Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama.

5.      Bahasa Indonesia :
·         Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
·         Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
·         Menjelaskan cara permainan dilakukan.
·         Bercerita berdasarkan gambar
·         Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
·         Menjiplak berbagai bentuk  gambar dan bentuk huruf.
·         Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·         Menylin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·         Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
·         Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar.
·         Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.

6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Menyebutkan jenis iringan tarian  dengan menggunakan alat musik perkusi
·         Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan


Tes lisan Tes tertulis


Uraian
isian
1.      IPS :
·         Jelaskanlah hidup rukun dan tidak rukun.
·         Jelaskanlah akibat tidak menjaga kerukunan

2.      IPA :
·         Bagaimana cara merawat tanaman atau hewan peliharaan
·         Ceritakanlah alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan
·         Jelaskanlah bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek

3.      PKN :
·         Sebutkanlah beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
·         Jelaskanlah manfaat mematuhi tata tertib.
·         Jelaskanlah akibat tidak patuh pada tata tertib

4.      Matematika :
·         Bagaimana cara mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku.
·         Tunjukkanlah perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan  tak baku.
·         Bagaimana cara mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama.

5.      Bahasa Indonesia :
·         Laksanakanlah perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
·         Tunjukkanlah  benda/ alat permainan yang digemari.
·         Jelaskanlah cara permainan dilakukan.
·         Bercerita berdasarkan gambar
·         Bacakanlah  teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·         Bacakanlah  dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
·         Bagaimana cara menjiplak berbagai bentuk  gambar dan bentuk huruf.
·         Bagaimana cara Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·         Bagaimana cara Menylin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·         Bagaimana cara Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
·         Bagaimana cara Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
·         Buatkanlah kalimat berdasarkan gambar.
·         Tuliskanlah puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Sebutkanlah jenis iringan tarian  dengan menggunakan alat musik perkusi
·         Pilihkanlah unsur gerak tari yang sesuai iringan

·         LKS
·         Lmbar observasi.

I. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1





 3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
7.
8.
9.
10.









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas I



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP TEMATIK KELAS 1 SD TEMA KEGEMARAN SEMESTER 1 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top