SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP TEMATIK KELAS 2 SD TEMA KESEHATAN SEMESTER 1 BERKARAKTER



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
semester 1
 

                                                                                              Nama Sekolah     : SD
                                                                                               Tema                    :  Kesehatan  
                                                                                              Kelas/Semester    :  II / 1
                                                                                              Alokasi Waktu     : 3 minggu

Standar Kompetensi :
1. PKn                                   
  • Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS                                     
·         Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA                                                
·       Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika                       
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia :
Mendengarkan                 
·         Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                         
·         Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                         
·         Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                             
·          Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya  Keterampilan 
  • Seni Musik                   :   Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
  • Keterampilan              :  Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan.

Kompetensi Dasar  :
1.   PKn
·         Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·         Melaksanakan pemeliharaan lingkunganalam.
2.   IPS
  • Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.

.3.   IPA
·         Mengidentifikasi  makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.

.4.   Matematika
·         Menggunakan alat ukur panjang tidak baku, dan baku ( cm, m) yang sering digunakan.

5.      Bahasa Indonesia
  • Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
  • Mendeskripsikan isi puisi
·         Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
·         Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·         Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·         Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.

6.   Seni Budaya Keterampilan.
  • Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
  • Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau  tanpa iringan sederhana.
·         Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam.
  • Menyiapkan bahan alam untuk pembuat cat

I.    Tujuan Pembelajaran****:
            Siswa dapat  :
·         Menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia.
·         Menjelaskan akibat dari tidak merawat lingkungan.
·         Melaksanakan perawatan tumbuhan di halaman sekolah.
·         Menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah.
·         Menyebutlkan nama hewan yang merugikan manusia.
·         Menyebutlkan nama hewan yang merugikan hewan lain.
·         Menyebutlkan nama hewan yang merugikan tumbuhan
·         Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan  manusia
·         Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi tumbuhan .
·         Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi hewan lain.
·         Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia.
·         Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan.
·         Membandingkan panjang dua benda dengan menuliskan istilah panjang dari, lebih  pendek dari, sama panjang dengan .
·         Membandingkan tinggi dua buah benda dengan istilah lebih tinggi dari, lebih pendek dari, sama tinggi dengan.
·         Mengukur panjang benda dengan menggunakan ukuran tidak baku atau jengkal.
·         Mengenal satuan baku meter dan sentimeter.
·         Menggunakan alat ukur ( mistar)
·         Mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan baku. ( m, cm )
·         Mengguankan alat ukur meteran dengan skala cm.
·         Menaksir panjang benda dengan menggunakan satuan yang sesuai.
·         Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·          Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·         Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·         Mendeklamasikan puisi
·         Menjelaskan isi puisi
·         Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·         Membaca teks dengan bersuara.
·         Mengajukan pertanyaan bacaan,
·         Menceritakan kembali isi bacaan.
·         Meringkas isi bacaan.
·         Membaca puisi
·         menceritakan isi puisi..
·         Menyususn kata menjadi kalimat.
·         Memperbaiki penulisan kalimat.
·         Melakukan tepuk berfariasi
·         Memainkan alat musik sederhana.
·         Memainkan alat musik sederhana
·         Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang beanr.
·         Menyanyikan lagu yang sesuai dengan tanda dinamik.
·         Menyanyikan lagu anak-anak dengan iringan alat musik ritmis.
·         Memilih bahan alam yang dapat dibuat cat warna.
·         Menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan alam.
·         Mengelompokkan bahan alam yang baik dengan yang kurang baik.
·         Mengelompokkan bahan alam yang sesuai dengan  warna yang dihasilkan

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Hidup gotong royong.
·         Dokumen pribadi dan keluarga
·         Peristiwa penting.
·         Manfaat dokumen.
·         Bagian utama tumbuhan dan hewan
·         Sifat benda
·         Perubahan wujud benda
·         Alat ukur panjang tidak baku dan baku.
·         Mendengarkan teks pendek.
·         Puisi
·         Membaca bersuara
·         Melengkapi kalimat.
·         Menulis pengalaman
·         Menulis kalimat dengan huruf indah
·         Seni musik
·         Menyanyikan lagu
·         Pembuatan cat.

III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
Minggu ke 1
      Pertemuan pertama  :  3  x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memperlihatkan dua buah benda  dengan panjang yang  berbeda.
F Siswa memperhatikan dan mengamati benda tersebut.
F Guru memberikan pertanyaan yang mengarah pada materi serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba mengukur benda tersebut dengan menggunakan alat ukur.
F Siswa menggambarkan dua buah benda di papan tulis dengan ukuran panjang yang berbeda. ( beberapa siswa secar bergantian )
F Guru membacakan teks pendek ( pesan )  yang bertema kesehatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   2  x 35 menit  ( Matematika,IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang  materi yang telah disampaikan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menugaskan kepada siswa untuk mengerjakan soal latihan yang berhubungan dengan ” Membandingkan dua buah benda yang mempunyia panjang berbeda ” dengan menuliskan kata lebih panjang dari, lebih pendek dari , sama panjang dengan .
F Siswa mengerjakan latihan soal, guru menilai hasil kerja siswa.
F Guru menceritakan sebuah peristiwa, siswa mendengarkan dan menyimak isi cerita yang dibacakan guru.
F Siswa mengidentifikasi peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan  dari cerita yang dibacakan guru.
F Memberi tanggapan dari cerita yang dibacakan guru.
F Siswa menjawab pertanyaan bacaan secara tertulis, guru memberikan penilaian.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3  x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan tanggapan dari apa yang telah dilakukan siswa sebagai penguatan dan motivasi.
F Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang  materi yang telah disampaikan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk melanjutkan pekerjaan berikutnya mengerjakan sosl-soaldengan mencari benda –benda yang sejenis dan sama panjang dari gambar yang tersedia.
F Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru.
F Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa .
F Guru memberikan pendapat tentang hasil pekerjaan siswa dalam penguasaan materi tersebut sebagai penguatan dan motivasi.
F Guru menugaskan siswa untuk membacakan teks penek tentang percakapan ” Pengonbatan Gratis ”.
F Siswa membacakan teks percakapan tersebut secara bergiliran dengan memperhatikan intonasi dan tanda baca.
F Siswa menjawab pertanyaan guru.
F Guru memberikan pertanyaan dari materi yang telah disampaikan.
F Guru menginformasikan materi yang akan disampaikan yaitu melengkapi kalimat.
F Siswa mengerjakan soal yang dberikan gueu, guru memberikan penilaian.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke empat  3 x 35 menit ( B.Indonesia ,PKn ,  IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menginformasikan materi yang akan disampaikan .
F Siswa membacakan percakapan tersebut di depan kelas.
F Guru menjelaskan tentang lingkungan alam.
F Siswa mengklasifikasikan hewan yang menguntungkan atau merugikan.
F Siswa mengidentifikasi lingkungan alam.
F Guru mengulas materi dengan tujuan memberikan penguatan dan motivasi.
F Guru bercerita yang ada hubungannya dengan materi.
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengerjakan tugas yaitu melengkapi  percakapan dengan mengguanakn kalimat tanya.
F Guru mengadakan penilaian.
F Melakukan tanya jawab antara guru dan siswa.
F Siswa menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia.
F Siswa menyimpulkan materi tentang lingkungan alam
F Guru memberikan PR atau tugas porto folio.
F Siswa mnyebutkan nama-nama hewan di sekitar.
F Siswa menyebutkan hewan yang merugikan manusia.
F Guru mneugaskan siswa mencatat nama-nama hewan yang merugikan bagi manusia dari media cetak lainnya , kemudian menklipingkannya.
F Guru memberikan penilaian hasil pekerjaan siswa.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima   3  x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyimak isi bacaan tersebut kemudian menanggapinya.
F Guru menginformasikan materi yang akan disampaikan .
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk membacakan sebuah bacaan dengan intonasi yang benar secara bergiliran.
F Siswa menjawab pertanyaan bacaan kemudian menceritakan kembali dengan mengguanakan bahasa sendiri.
F Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa dan memberikan PR berupa menyusun kalimat acak.
F Siswa membuat karangan pendek tentang peristiwa yang dialaminya di rumah terutama peristiwa yang menyenangkan.
F Siswa membacakan hasil karangannya didepan kelas.
F Guru memberikan penilaian.
F Guru menugaskan  siswa untuk melanjutkan mengerjakanlatihan soal berikutnya setelah menjelaskan materi.
F Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru tentang membandingkan benda lebih tinggi, lebih pendej,dan sama tinggi.
F Guru memberikan penilaian dan memberikan PR.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke lima   3  x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk bermain peran dengan teks telah disediakan.
F Guru menugaskan siswa membentuk kelompok untuk bermain peran di depan kelas
F Siswa menuliskan nama tokoh dan karakter dari naskah tersebut.
F Guru memberikan penilaian.

F Guru memberiakn pertanyaan materi yang telah diberikan untuk mengetahui sejauh mana materi sudah dikuasai oleh siswa.
F Guru menjelaskan materi berikutnya yaitu tentang hewan yang merugikan bagi hewan lain dan tumbuhan lain.
F Siswa mendengarkan, menyimak, dan menaggapi penjelasan guru.
F Siswa menyebutkan nama hewan yang merugikan hewan lain.
F Siswa menyebutkan nama hewan yang merugikan tumbuhan .
F Siswa menyebutkan contoh hewan yang merugikan hewan lain dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari.
F Siswa mencatat penjelasan guru dan teman-teman yang mereka dapatkan dari media cetak  atau pengalaman sendiri dalam kehidupan sehari-hari.
F Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa.

F Guru membagi beberapa kelompok siswa
F Guru memberikan contoh tepuk tangan yang berbeda dari tiap kelompok sehingga membentuk sebuah musik tepuk tangan bervariasi.
F Siswa melakukan tepuk tepuk bervariasi atas petunjuk guru.
F Siswa memainkan alat musik ritmis sederhana yang ada di sekitar dengan cara yang benar setelah merasakan indahnya tepuk bervariasi.
F Siswa mendemontrasikan memainkan alat musik ritmis dengan cara yangb benar di depan kelas.
F Guru memberikan penilaian dan menugaskan untuk membuat group musik sederhana dengan menggunakan alat musik ritmis.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 2

    Pertemuan pertama  3  x 35 menit  ( Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menjelaskan materi tentang mengukur panjang benda dengan mengguankan ukuran tidak baku atau jengkal, depa, langkah.
F Siswa ditugaskan untuk mengukur panjang benda di sekitar dengan menggunakan jengkal, depa, atau langkah.
F Siswa mengerjakan soal yang diberikan guru.
F Guru memberikan penilaian , evaluasi, atas hasil pekerjaan siswa kemudian memberikan PR.

F Guru menjelaskan materi tentang hewan yang menguntungkan manusia.
F Siswa mendengarkan dan menyimak serta menanggapi penjelasan guru.
F Guru dan siswa bertanya jawab.
F Siswa menyebutkan nama-nama hewan yang menguntungkan bagi manusia kemudian mencatatnya dari berbagai sumber.
F Guru memberikan penilaian dan PR.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   3  x 35 menit  ( IPA, B. Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan kemudian menjelaskan materi berikutnya tentang hewan yang menguntungkan manusia.
F Siswa menyebutkan nama – nama hewan yang menguntungkan bagi manusia berdasarkan pengamatan.
F Siswa menuliskan kegunaan /manfaat hewan bagi manusia.
F Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru.
F Siswa mengisi lembar pengamatan.
F Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa.

F Guru membacakan sebuah puisi .
F Siswa menyimak puisi yang dibacakan guru
F Siswa menjawab pertanyaan tentang isi puisi tersebut.
F Siswa menjelaskan isi puisi yang dibacakan guru dengan mengguanakan bahasa sendiri.
F Guru mengulas materi yang telah disampaikan dan hasil kerja siswa sebagai motivasi dan penguatan.
F Guru menilai dan mengevaluasi hasil kerja siswa kemudian memberikan PR ( membuat Puisi sendiri).

F Guru menjelaskan mengukur  suatu panjang benda dengan satuan baku.
F Siswa dibimbing guru cara mengukur suatu panjang benda dengan menggunakan alat ukur  (mistar).
F Siswa mengerjakann soal-soal yang ditugaskan guru mengukur panjang benda di sekitar kelas dengan menggunakan mistar.
F Guru memberikan penilaian dan PR.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke tiga    3  x 35 menit  (Matematika ).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menjelaskan menghitung panjang benda dengan menggunakan satuan baku ( m, cm )
F Siswa menyimak , menanggapi dan bertanya jawab.
F Siswa membuktikan dengan menghitung nya mengguanakan satuan baku dari m ke cm atas bimbingan guru.
F Guru memeriksa dan menilai hasil pekerjaan siswa
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


     Pertemuan ke empat   3  x 35 menit  (B. Indonesia, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menugaskan untuk membuat puisi dengan tema yang ditentukan.
F Setelah membuat puisi siswa membacakannya di depan kelas secara bergiliran.
F Guru menilai hasil karya sastra siswa dan menilai penampilan siswa.
F Guru memberikan tanggapan tentang hasil karya siswa sebagai penguatan.
F Guru menjelaskan tentang perawatan lingkungan dan akibat yang ditimbulkan jika tidak dirawat .
F Siswa mendengar, menyimak, dan menanggapi penjelasan guru.
F Bertanya jawab.
F Siswa menyebutkan cara perawatan lingkungan yang benar.
F Siswa menuliskan akibat yang ditimbulkan jika tidak dirawat.
F Guru memberikan penguatan dengan mengadakan post test, dilanjutkan pemberian tugas, PR.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

     Pertemuan ke lima    3  x 35 menit  (  IPS, IPA,  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menjelaskan keuntungan hewan yang menguntungkan bagi tumbuhan dan hewan lain.
F Siswa mendengar, menyimak, dan menanggapi penjelasan guru.
F Pembentukan kelompok diskusi, untuk melakukan diskusi.
F Menanggapi hasil diskusi, guru memberikan penilaian.

F Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan tentang peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah.
F Guru menugaskan siswa untuk bercerita apa yang dialami mulai dari rumah sampai ke sekolah secara lisan di depan kelas.
F Siswa menanggapi cerita teman.
F Guru mengulas cerita yang disampaikan siswa sebagai motivasi dan penguatan.
F Guru memberikan penilaian.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


Pertemuan ke enam   4  x 35 menit ( B. Indonesia, SBK ) .
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menjelaskan materi yang akan disampaiakan .
F Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru yaitu menyususn kalimat menjadi cerita.
F Siswa menyalin cerita tersebut dengan tulisan tegak bersambung.
F Siswa membuat karangan berdasarkan urutan gambar.
F Guru mengevaluasi pekerjaan siswa, memberikan penilaian.

F Guru menginformasikan  materi yang akan disampaiakan .
F Siswa menugaskan siswa untuk menyanyikan sebuah lagu anak-anak yang sesuai dengan tanda dinamik.
F Guru memberikan penilaian
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 3

Pertemuan pertama    3  x 35 menit ( Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Guru menjelaskan cara mengukur benda dengan menggunakan satuan baku cm, m.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengadakan pengukuran panjang benda di sekitar dengan menggunakan satuan baku cm, m.
F Guru membimbing siswa cara pengukuran yang benar .
F Guru mrnilai pekerjaan siswa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke dua    3  x 35 menit ( IPS, B. Indonesia, Matematika  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan dengan memberikan beberapa pertanyaan yang mengacu pada materi.
F Guru membacakan sebuah puisi sebagai penggugah motivasi apresiasi seni.
F Guru menjelaskan cara mengukur benda dengan menggunakan satuan baku cm, m.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengerjakan tugas yang diberiakn guru yaitu membuat karangan tentang peristiwa yang dialami terutama yang tidak menyenangkan.
F Guru menilai hasil pekerjaan siswa.

F Siswa mendengarkan dan menyimak puisi tersebut.
F Siswa membuat puisi .
F Guru memberikan penilaian

F Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan soal latihan
F Siswa mengerjakan soal latihan tentang pengukuran
F Guru memberikan penilaian dan PR.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga   3  x 35 menit (Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan tentang pengukuran dengan menggunakan alat ukur meteran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengerjakan soal latihan dengan menggunakan alat ukur meteran.
F Siswa mengerjakan soal latihan soal menaksir panjang benda dengan mengguanakan satuan yang sesuai.
F Guru memberikan penilaian dan PR.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat    3  x 35 menit (B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan  ( melanjutkan materi sebelumnya )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menugaskan siswa melanjutkan pekerjaan yang belum selesai tentang menyusun kata.
F Siswa mengerjakan soal latihan tentang penyusunan kata menjadi kalimat dengan menggunakan huruf sambung .
F Guru menilai pekerjaan siswa.
F Guru menugaskan siswa membacakan hasil karangan .
F Siswa membacakan hasil karangan secara bergiliran
F Siswa menaggapi hasil karangan teman.
F Guru menilai pekerjaan siswa
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke lima    3  x 35 menit (IPA, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan materi tentang manfaat tumbuhan bagi manusia dan hewan.
F Guru menjelaskan tugas dan materi yang harus dilakukan siswa .
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mendengar, menyimak, dan menanggapi penjelasan guru.
F Tanya jawab.
F Siswa mengidentifikasi jenis tumbuhan yang berguna bagi manusia dan hewan.
F Siswa mngklasifikasi jenis tumbuhan yang berguna bagi manusia /hewan.
F Siswa mengisi tabel yang telah disediakan guru.
F Guru mengulas bagian –bagian penting materi sebagai penguatan dan motivasi.
F Guru memberikan penilaian dan memberikan PR./ porto folio

F Siswa membagi kelompok kerja siswa.
F Siswa melaksanakan tugas dari guru yaitu melakukan perawatan tumbuhan di sekitar sekolah dengan peralatan sederhana.
F Guru mengadakan penilaian team kerja siswa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke enam    4  x 35 menit (B. Indonesia, SBK  )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan yaitu memperbaiki penulisan kalimat.
F Siswa mendengar, menyimak, dan menanggapi penjelasan guru.
F Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan yaitu pembuatan cat warna dari bahan alam.
F Guru menjelaskan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan alam
F Siswa mendengar, menyimak, dan menanggapi penjelasan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru yaitu memperbaiki penulisan kaliamt  ( huruf besar dan tanda baca).
F Guru memberikan penilaian dan memberikan PR
F Siswa melakukan percobaan sesuai petunjuk guru.
F Siswa mengidentifikasi bahan cat dari alam.
F Siswa mengelompokkan bahan alam  yang baik dan kurang baik untuk cat warna.
F Siswa melaporkan hasil percobaan .
F Siswa mengisi lembar kerja siswa yang disediakan guru.
F Guru menilai pekerjaan siswa
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas



V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Sains SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD , Penerbit Buku relevanPratama
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.

·         Alat Peraga  :
F Alat ukur ( meteran, mistar )
F Gambar  tanaman dan binatang
F Foto peristiwa penting, ( menyenangkan, tidak menyenangkan ).
F Bahan cat alami

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.  PKn :
·         Menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia.
·         Menjelaskan akibat dari tidak merawat lingkungan.
·         Melaksanakan perawatan tumbuhan di halaman sekolah.
2.   IPS :
·         Menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah.
3.   IPA  :
·         Menyebutlkan nama hewan yang merugikan manusia.
·         Menyebutlkan nama hewan yang merugikan hewan lain.
·         Menyebutlkan nama hewan yang merugikan tumbuhan
·         Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan  manusia
·         Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi tumbuhan .
·         Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi hewan lain.
·         Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia.
·         Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan.
4.    Matematika  :
·         Membandingkan panjang dua benda dengan menuliskan istilah panjang dari, lebih  pendek dari, sama panjang dengan .
·         Membandingkan tinggi dua buah benda dengan istilah lebih tinggi dari, lebih pendek dari, sama tinggi dengan.
·         Mengukur panjang benda dengan menggunakan ukuran tidak baku atau jengkal.
·         Mengenal satuan baku meter dan sentimeter.
·         Menggunakan alat ukur ( mistar)
·         Mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan baku. ( m, cm )
·         Mengguankan alat ukur meteran dengan skala cm.
·         Menaksir panjang benda dengan menggunakan satuan yang sesuai.
5.   Bahasa Indonesia  :
·         Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·          Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·         Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·         Mendeklamasikan puisi
·         Menjelaskan isi puisi
·         Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·         Membaca teks dengan bersuara.
·         Mengajukan pertanyaan bacaan,
·         Menceritakan kembali isi bacaan.
·         Meringkas isi bacaan.
·         Membaca puisi
·         menceritakan isi puisi..
·         Menyususn kata menjadi kalimat.
·         Memperbaiki penulisan kalimat.
6   Seni Budaya dan Keterampilan  :
·         Melakukan tepuk berfariasi
·         Memainkan alat musik sederhana.
·         Memainkan alat musik sederhana
·         Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang beanr.
·         Menyanyikan lagu yang sesuai dengan tanda dinamik.
·         Menyanyikan lagu anak-anak dengan iringan alat musik ritmis.
·         Memilih bahan alam yang dapat dibuat cat warna.
·         Menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan alam.
·         Mengelompokkan bahan alam yang baik dengan yang kurang baik.
·         Mengelompokkan bahan alam yang sesuai dengan  warna yang dihasilkan


Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
 1.  PKn :
·         Sebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia.
·         Jelaskanlah akibat dari tidak merawat lingkungan.
·         Laksanakan perawatan tumbuhan di halaman sekolah.
2.   IPS :
·         Ceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah.
3.   IPA  :
·         Sebutlkan nama hewan yang merugikan manusia.
·         Sebutlkan nama hewan yang merugikan hewan lain.
·         Sebutlkan nama hewan yang merugikan tumbuhan
·         Sebutlkan nama hewan yang menguntungkan  manusia
·         Sebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi tumbuhan .
·         Sebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi hewan lain.
·         Sebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia.
·         Sebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan.
4.    Matematika  :
·         Bandingkan panjang dua benda dengan menuliskan istilah panjang dari, lebih  pendek dari, sama panjang dengan .
·         Bandingkan tinggi dua buah benda dengan istilah lebih tinggi dari, lebih pendek dari, sama tinggi dengan.
·         Ukurkanlah panjang benda dengan menggunakan ukuran tidak baku atau jengkal.
·         Kenalkanlah satuan baku meter dan sentimeter.
·         Menggunakan alat ukur ( mistar)
·         Ukurkanlah panjang benda dengan menggunakan satuan baku. ( m, cm )
·         Gunankan alat ukur meteran dengan skala cm.
·         Naksirkan panjang benda dengan menggunakan satuan yang sesuai.
5.   Bahasa Indonesia  :
·         Jawabkanlah pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·         Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·         Jawabkanlah  pertanyaan tentang isi puisi
·         Jelaskanlah puisi
·         Jelaskanlah isi puisi
·         Jelaskanlah puisi dengan ekspresi yang tepat.
·         Bacakanlah teks dengan bersuara.
·         Ceritakan kembali isi bacaan.
·         Ringkaskanlah isi bacaan.
·         Ceritakan isi puisi..
·         Sususkanlah kata menjadi kalimat.
6    Seni Budaya dan Keterampilan  :
·         Lakukan tepuk berfariasi
·         Mainkan alat musik sederhana.
·         Mainkan alat musik sederhana
·         Mainkan alat musik ritmis dengan cara yang beanr.
·         Nyanyikan lagu yang sesuai dengan tanda dinamik.
·         Nyanyikan lagu anak-anak dengan iringan alat musik ritmis.
·         Pilihkanlah bahan alam yang dapat dibuat cat warna.
·         Tunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan alam.
·         Kelompokkan bahan alam yang baik dengan yang kurang baik.
·         Kelompokkan bahan alam yang sesuai dengan  warna yang dihasilkan

·   LKS
·   Lmbar observasi.


Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota    :
  1. ................................
  2. ...............................
  3. ...............................
  4. ...............................
  5. ...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No
Peatalatan menggunakan listrik
Peralatan tidak menggunakan listrik
1


2


3


4


5





Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda
R
 Pakaian

Celana

Handuk

TV

Kasur

Topi

Lemari es

Komputer

Tas


v Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

            2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1











            3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Mengetahui
Kepala Sekolah





NIP/NIK : -
PPAI Kec.






NIP.4
, …………2011      
Guru Tematik Kelas II





NIP/NIK -
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP TEMATIK KELAS 2 SD TEMA KESEHATAN SEMESTER 1 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top