SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP TEMATIK KELAS 2 SD TEMA LINGKUNGAN BERKARAKTER SEMESTER 1



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
semester 1
 

                                                                                Nama Sekolah     :  SD
                                                                                 Tema                    :  Lingkungan
                                                                                Kelas/Semester    :  II / 1
                                                                                Alokasi Waktu     : 2 minggu

Standar Kompetensi :
1. PKn                                    
  • Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS                                     
·         Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA                                                
·       Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika                        
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                 
·         Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                          
·         Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                          
·         Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                            
·          Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya  Keterampilan 
  • Seni Musik                  :   Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
  • Seni Tari                      :  Mengekspresikan diri melalui  karya seni tari .

Kompetensi Dasar  :
1.   PKn
·         Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
·         Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
2.   IPS
  • Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.

.3.   IPA
·         Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
4.   Matematika
·         Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam

5.  Bahasa Indonesia
  • Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
  • Menceritakan kegiatan sehari-hari
·         Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·         Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·         Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.

6.   Seni Budaya Keterampilan.
  • Mengungkapkan perasaan yang  dialami melalui perubahan tempo pada lagu dengan gerakan.
  • Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
  • Menangpai gerak alam semester dalam bentuk gerak tari

I.    Tujuan Pembelajaran****:
            Siswa dapat  :
·         Menyebutkan  contoh hidup rukun di rumah.
·         Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah..
·         Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah
·         Mengeidentifikasi lingkungan alam
·         Mengidentifikasi lingkungan buatan
·         Menceritakan lingkunganalam sekitar.
·         Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi barang keluarga.
·         Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga
·         Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
·         Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya
·         Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat.
·         Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah
·         Membaca jam digital
·         Membuat gambar jam  dan
       menentukan letak jarum jam
·         Mengatur letak jarum jam
·         Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam
·         Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.
·         Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.
·         Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·         Mendengarkan lagu.
·         Menyanyikan lagu
·         Menceritakan gambar berseri.
·         Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
·         Menjawab teka-teki tentang  tumbuhan dan binatang.
·         Membaca teks dengan bersuara.
·         Meringkas isi bacaan.
·         Menyusun kalimat menjadi cerita.
·         Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·         Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·         Menggunakan huruf capital.
·         Membedakan bunyi alam dan bautan.
·         Menyebutkan sumber bunyi alam.
·         Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan
·         Menjelaskan dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )


II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Hidup gotong royong.
·         Dokumen pribadi dan keluarga
·         Peristiwa penting.
·         Manfaat dokumen.
·         Bagian utama tumbuhan dan hewan
·         Sifat benda
·         Perubahan wujud benda
·         Alat ukur waktu
·         Mendengarkan teks pendek.
·         Percakapan
·         Melengkapi kalimat.
·         Menulis pengalaman
·         Menulis kalimat dengan huruf indah
·         Gerakan meniru alam


III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :
Minggu ke 1
      Pertemuan pertama  :  3  x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang waktu diharapakan siswa dapat membaca dan menunjukkan waktu tepat dan setengah
F Guru membacakan pesan pendek diharapkan siswa dapat menceritakan kembali isi cerita tersebut dengan  kalaimat sendiri
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   2  x 35 menit  ( Matematika,IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membuat gambar jam dan menentukan letak jarum jam.
F Dengan penjelasan guru tentang pentingnya memelihara dokumen diri dan keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3  x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca jam digital dengan benar.
F Mendengarkan dan menyanyikan lagu, menyusun kalimat berdasarkan gambar dengan kalimat sederhana.
F Mendemontrasikan atau memperagakan percakapan dengan kalimat ajakan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( B. Indonesia, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang ciri-ciri binatng di harapkan siswa depat menjawab teka-teki tumbuhan dan binatang.
F Melalui penjelasan guru tentang hidup rukun siswa dapat menyebutkan contoh hidup rukun  kemudian mendiskusikannya dengan teman  sehingga dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
      Pertemuan ke lima  4  x 35 menit ( B.Indonesia, IPS, IPA,  Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca teks dengan bersuara kemudian menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita  teks tersebut.
F Dengan penjelasan guru diharapkan siswa dapat memberikan contoh dokumen diri dan keluarga seperti  raport, akte kelahiran, surat nikah.
F Guru menjelaskan bagian-bagian utama tumbuhan dan hewan..
F Membuat gambar jam serta menulis tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  5 x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menulis tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam .
F Menceritakan dan meringkas isi bacaan.
F Melalui percobaan dan pengamatan siswa dapat menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
F Melalui penjelasan guru tentang bunyi alam dan buatan diharapkan siswa dapat membedakan bunyi alam dan buatan serta menyebutkan seumber bunyi.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 2
    Pertemuan pertama  3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menggunakan jam dalam kegiatan sehari-hari.
F Menyusun kalimat menjadi cerita yang runtut ditulis dalam bentuk tulisan yang indah.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   2  x 35 menit  (Matematika, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman dan pengamatan siswa dapat membaca waktu yang ditunjukkan oleh alam.
F Melalui penjelasan guru tentang manfaat dan cara memelihara dokumen , merawat  serta menjaga koleksi diharapkan siswa dapat mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke tiga    3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman dan pengamatan siswa dapat membaca waktu yang dtunjukkan oleh alam .
F Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda baca titik, dan bentuk huruf yang indah.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

     Pertemuan ke empat   2  x 35 menit  (B. Indonesia, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menulis pengalam  sendiri dengan menggunakn huruf tegak bersambung.
F Menyususn kata menjadi kalimat .
                  Contoh :  membaca – ayah – koran – sedang .
                                  Ayah  sedang membaca koran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi kelompok diharapkan siswa dapat mengidentifikasin lingkungan alam dan buatan serta menceritakan lingkungan sekitar.
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
     Pertemuan ke lima    4  x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, IPA,  Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru untuk mengelompokkan tumbuhan berdasarkan bunganya.
F Menjelaskan tentang lama waktu kegiatan dalam salah satuan jam.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat kalimat dengan menggunakan huruf kapital , dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain.
F Mendiskusikan cara memelihara koleksi barang keluarga dan dokumen.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 Pertemuan ke enam   5  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang lama waktu kegiatan dalam satuan jam ( 1 jam = 60 menit , 1 menit = 60 detik )
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung , memperhatikan huruf kapital dan tanda titik.
F Gerakan tari meniru alam seperti pmemperagakan proses kembangnya tanaman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan bagian-bagian utama tumbuhan berdasarkan bunganya.
F Siswa dapat memperagakan gerak tari sesuai dengan tingkat kesulitannya.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Sains SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD , Penerbit Buku relevanPratama
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.

·         Alat Peraga  :
F Kartu bilangan
F Contoh benda cair, benda padat.
F Gambar  tanaman dan binatang
F Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.  PKn :
·         Menyebutkan  contoh hidup rukun di rumah.
·         Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah..
·         Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah
·         Mengeidentifikasi lingkungan alam
·         Mengidentifikasi lingkungan buatan
·         Menceritakan lingkunganalam sekitar.

2.   IPS :
·         Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi barang keluarga.
·         Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga

3.   IPA  :
·         Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
·         Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya

4.    Matematika  :
·         Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat.
·         Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah
·         Membaca jam digital
·         Membuat gambar jam  dan
       menentukan letak jarum jam
·         Mengatur letak jarum jam
·         Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam
·         Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.
·         Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.

5.   Bahasa Indonesia  :
·         Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·         Mendengarkan lagu.
·         Menyanyikan lagu
·         Menceritakan gambar berseri.
·         Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
·         Menjawab teka-teki tentang  tumbuhan dan binatang.
·         Membaca teks dengan bersuara.
·         Meringkas isi bacaan.
·         Menyusun kalimat menjadi cerita.
·         Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·         Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·         Menggunakan huruf capital.

6.  Seni Budaya dan Keterampilan  :
·         Membedakan bunyi alam dan bautan.
·         Menyebutkan sumber bunyi alam.
·         Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan
·         Menjelaskan dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman.


Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
 1.  PKn :
·         Sebutkanlah  contoh hidup rukun di rumah.
·         Sebutkanlah  contoh hidup rukun di sekolah..
·         Sebutkanlah  contoh saling berbagi di rumah
·         Jelaskanlah lingkungan alam
·         Jelaskanlah lingkungan buatan
·         Ceritakanlah lingkunganalam sekitar.

2.   IPS :
·         Jelaskanlah pentingnya memlihara koleksi barang keluarga.
·         Ceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga

3.   IPA  :
·         Tunjukkan bagian utama pada tumbuhan
·         Keglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya

4.    Matematika  :
·         Bacakanlah jam yang menunjukkan waktu tepat.
·         Bacakanlah jam yang menunjukkan waktu setengah
·         Bacakanlah jam digital
·         Membuat gambar jam  dan menentukan letak jarum jam
·         Tuliskanlah tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam
·         Gunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
·         Tunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.
·         Jelaskanlah lama waktu kegiatan dalam satuan jam.

5.   Bahasa Indonesia  :
·         Jawablah pesan teks pendek yang dibacakan guru
·         Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·         Nyanyikan lagu
·         Ceritakan gambar berseri.
·         Jelaskanlah cirri-ciri tumbuhan dan binatang
·         Jawablah teka-teki tentang  tumbuhan dan binatang.
·         Bacakanlah teks dengan bersuara.
·         Ringkaslah isi bacaan.
·         Menyusun kalimat menjadi cerita.
·         Tuliskanlah kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·         Salinlah kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·         Gunakan huruf capital.

6.  Seni Budaya dan Keterampilan  :
·         Bedakan bunyi alam dan bautan.
·         Sebutkan sumber bunyi alam.
·         Kelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan
·         Jelaskanlah dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman.

·   LKS
·   Lmbar observasi.





Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota    :
  1. ................................
  2. ...............................
  3. ...............................
  4. ...............................
  5. ...............................

Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No
Peatalatan menggunakan listrik
Peralatan tidak menggunakan listrik
1


2


3


4


5



Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda
R
 Pakaian

Celana

Handuk

TV

Kasur

Topi

Lemari es

Komputer

Tas


v Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


            2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

            3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.



Mengetahui
Kepala Sekolah





NIP/NIK : -
PPAI Kec.






NIP.
, ………………2011        
Guru Tematik Kelas II





NIP/NIK : -
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "CONTOH RPP TEMATIK KELAS 2 SD TEMA LINGKUNGAN BERKARAKTER SEMESTER 1"

Mantap gan artikelnya :) jangan lupa Visitkembali :) (y) http://exclusive-lanz.blogspot.com/

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top