SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP TEMATIK KELAS 2 SD TEMA HIBURAN SEMESTER 1 BERKARAKTER



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
  SEMESTER 1

                                                                               Nama Sekolah     :  SD
                                                                               Tema                    :  Hiburan 
                                                                              Kelas/Semester    :  II / 1
                                                                             Alokasi Waktu     : 3 minggu

Standar Kompetensi :
1. PKn                                   
  • Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS                                     
·         Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA                                                
·       Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika                       
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                 
·         Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                          
·         Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                          
·         Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                            
·          Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya  Keterampilan 
  • Seni Musik                  :  Mengapresiasi karya seni musik
                                             Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
  • Seni Tari                      :  Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa.

Kompetensi Dasar  :
1.   PKn
·         Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
  • Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam

2.   IPS
  • Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
·         Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
.3.   IPA
·         Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·         Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
·         Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan kegunaanya melalui pengamatan.

.4.   Matematika
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500.

5.      Bahasa Indonesia
  • Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·         Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·         Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·         Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·         Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.

6.   Seni Budaya Keterampilan.
  • Mengidentifikasi unsure musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilan benda bukan alat musik
  • Menggerakkan tubuh secara spontan, mengikuti bunyi perangsang gerak.

I.    Tujuan Pembelajaran****:
            Siswa dapat  :
·         Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
·         Melaksanakan piket di kelas.
·         Menjelaskan  cara merawat tumbuhan dengan baik.
·         Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah.
·         Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga.
·         Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah.
·         Mengidentifikasi  buah yang berbiji banyak.
·         Mengidentifikasi  buah yang berbiji sedikit.
·         Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.
·         Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
·         Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas.
·         Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·         Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·         Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan.
·         Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan.
·         Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan.
·         Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan penjumlahan bilangan
·         Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.
·         Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.
·         Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan pengurangan  bilangan.
·         Menyelesaikan soal hitung campuran .
·         Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.
·         Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
·         Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
·         Menyimak cerita bacaan pendek.
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·         Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·         Menceritakan kegiatan
·         Memberi tanggapan pada kegiatan
·         Menyusun gambar
·         Menceritakan gambar yang telah urut.
·         Menjawab pertanyaan
·         Menceritakan peristiwa.
·         Membaca teks dengan bersuara
·         Mengajukan pertanyaan bacaan.
·         Menceritakan kembali isi bacaan.
·         Meringkas isi bacaan.
·         Menyusun kalimat menjadi cerita.
·         Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·         Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·         Menulis pengalaman sendiri
·         Menyusun kata menjadi kalimat
·         Membuat kalimat.
·         Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·         Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik
·         Menentukan sumber bunyi .
·         Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.
·         Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·         Mendefinisikan nada.
·         Mendefinisikan irama.
·         Membedakan nada dan irama.]
·         Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
·         Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Hidup gotong royong.
·         Dokumen pribadi dan keluarga
·         Peristiwa penting.
·         Manfaat dokumen.
·         Bagian utama tumbuhan dan hewan
·         Sifat benda
·         Perubahan wujud benda
·         Oprasi bilangan
·         Nilai tempat.
·         Mengurutkan bilangan.
·         Mendengarkan teks pendek.
·         Percakapan
·         Melengkapi kalimat.
·         Menulis pengalaman
·         Menulis kalimat dengan huruf indah
·         Unsur musik 
·         Gerakan tari sesuai iringan.
·         Kawih.
·         Maca wacana kakawihan.

III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.  Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
·         Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·         Mengumpulkan tugas/ PR


B. Kegiatan inti   :
Minggu ke 1
      Pertemuan pertama  :  3  x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan hitung bilangan.
F Dengan penjelasan guru tentang permainan bisik pesan, siswa dapat mendenganrkan teks pendek yang dibisikkan oleh teman.
F Menyampaikan pesan yang didengar pada orang lain.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   2  x 35 menit  ( Matematika,IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan hitung bilangan.
F Melalui pengamatan yang ditugaskan guru yang berhubungan dengan koleksi, siswa dapat menyebutkan barang-barang koleksi yang dimiliki keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Peretemuan ke tiga  3  x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan hitung bilangan.
F Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan guru sehingga siswa dapat menceritakan kembali isi teks yang dibacakan guru dengan lisan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( B. Indonesia, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan dan cerita yang disampaikan guru, siswa mampu menceritakan kegiatan dan memberikan tanggapan secara lisan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjawab pertanyaan pada cerita yang disampaikan teman.
F Melalui penjelasan guru, pengamatan dan diskusi sehingga siswa mampu membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke lima  4  x 35 menit ( B.Indonesia, IPS, IPA,  Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui demontrasi , cerita dan penjelasan guru yang berhubungan dengan cerita bergambar sehingga siswa mampu menyusun gambar dan menceritakan gambar yang berurutan dengan kalimat yang sedrhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan pengamatan langsung yang ditugaskan guru, siswa mampu menjelaskan cara merawat dan menjaga koleksi barang keluarga.
F Melalui pengamatan dan eksperimen sederhana sehingga siswa mampu mengidentifikasi buah yang berbiji banyak.
F Dengan penjelasan guru  tentang pengerjaan hitung bilangan, siswa mampu mengubah kalimat pengurangan ke dalam bentuk penjumlahan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke enam  5 x 35 menit  (Matematika, I. Indonesia, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang penjumlahan sehingga siswa mampu menghitung penjumlahan pada bilangan tanpa teknik menyimpan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan, cerita dan demontrasi siswa mampu menceritakan gambar dengan urut dan kalimat sederhana.
F Melalui peragaan yang didemontrasikan guru tentang musik, siswa mampu menentukan sumber bunyi.
F Mampu membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.
F Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang didengarkan..
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 2
    Pertemuan pertama  3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang penjumlahan siswa mampu menghitung penjumlahan dengan satu kali teknik menyimpan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan mendengarkan cerita guru,  siswa dapat menjawab pertanyaan dan menceritakan peristiwa kepada teman.
F Dengan penjelasan gurudan memberi contoh hariring, sehingga siswa mampu menyanyikan kakawihan secara  individu maupun klasikal.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

      Pertemuan ke dua   2  x 35 menit  (Matematika, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan yang ditugaskan guru yang berhubungan dengan koleksi keluarga, siswa mampu menyebutkan jenis koleksi keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan penjelasan dan mendemontrasikan tentang penjumlahan melalui soal cerita , siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke tiga a   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui peragaan / contoh dari guru sehingga siswa mampu membacakan teks dengan bersuara lantang dan benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pemberian  contoh dan penjelasan guru yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan siswa dapat menyelesaikan sosl cerita yang berhubungan dengan penjumlahan dengan satu kali teknik menyimpan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

     Pertemuan ke empat   2  x 35 menit  (B. Indonesia, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan mendengarkan teks yang dibacakan guru, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diajukan kemudian  menceritakan  dan meringkas isi bacaan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, pengamatan dan diskusi siswa mampu membuat daftar kegiatan pembagian tugas di sekolah , kemudian melaksankananya pada piket di kelas.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
     Pertemuan ke lima    4  x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, IPA,  Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru  tentang cara melengkapi kalimat sehingga siswa  mampu menyusun kalimat menjadi cerita yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan  langsung  yang ditugaskan guru sehingga siswa mampu menyebutkan koleksi barang keluarga dan cara merawatnya
F Malalui pengamatan dan eksperimen sederhana siswa mampun membuat daftar data  tentang buah yang berbiji banyak dan berbiji sedikit .
F Dengan penjelasan dan pemberian contoh dari guru, siswa mampu menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 Pertemuan ke enam   5  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pemberian contoh dan penjelasan guru, yang berhubungan dengan pengurangan, siswa mampu menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam dengan cara bersusun pendek.
F Dengan penjelasan guru yang berhubungan dengan karangan pendek, siswa mampu menuliskan karangan pendek dengan membubuhi tanda titik.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa dapat mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.
F Melalui pengamatan  yang berhubungan dengan seni musik siswa mampu mendefinisikan nada, mendefinisikan irama, membedakan nada dan irama.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu ke 3
     Pertemuan pertama    3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan guru dan pemberian contoh yang berhubungan dengan pengurangan siswa mampu menghitung pengurangan dengan teknik satu kali meminjam.
F Melalui contoh guru, tentang cara melengkapi kalimat siswa mampu menuliskan kalimat dengan bentuk huruf yang indah.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke dua   2  x 35 menit  (Matematika, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan guru  dan pemberian contoh, tentang pengurangan , siswa mampu menghitung pengurangan dengan teknik satu kali meminjam dengan bersusun panjang.
F Melalui pengalaman siswa yang pernah dialami, siswa mampu menceritakan pengalaman peristiwa yang menyenangkan di rumah secara kronologis.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

     Pertemuan ke tiga   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia )   
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan peragaan dan penjelasan guru tentang pengurangan , siswa mampu menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan.
F Melalui contoh dan penjelasan guru tentang penulisan cerita sederhana sehingga siswa mampu menuliskan pengalaman sendiri  dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

     Pertemuan ke empat   2  x 35 menit  (B.Indonesia, PKn)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan penjelasan guru tentang penulisan kalimat, siswa mampu menyusun kata menjadi kalimat dengan benar.
F Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf sambung.
F Melalui penjelasan guru, pengamatan dan melakukan langsung, sehingga siswa mampu menjelaskan cara merawat tumbuhan dan hewan  peliharaan di rumah.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

     Pertemuan ke lima   4 x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan penjelasan guru tentang penulisan kalimat yang benar, siswa mampu melihat kalimat dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain.
F Melalui pengalamn yang dialami , siswa menceritakan perististiwa yang menyenangkan di sekolah.
F Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa mampu mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
F Dengan pemberian contoh dan penjelasan guru tentang penjelasan dan pengurangan, siswa mampu menghitung/ menyelesaikan soal hitung campuran.


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

     Pertemuan ke enam   5 x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru tentang  penulisan kalimat sedehana  yang didiktekan guru, siswa mampu menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperjhatikan huruf kapital dan tanda titik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui peragaan dan penjelasan guru tentang penjumlahan dan pengurangan , siswa dapat menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.
F Melalui penjelasan guru dan diskusi  sederhana , siswa mampu menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan sekitar kelas.
F Dengan peragaan dan contoh dari guru tentang gerakan tari spontan , siswa dapat memperagakan gerakan tari yang sesuai antara gerakan dan iringan.
F Siswa memperagakan gerakan berpindah tempat , melenggang, melangkah, dan melompat.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
  • Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Sains SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD , Penerbit Buku relevanPratama
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.



·         Alat Peraga  :
F Kartu bilangan
F Contoh benda cair, benda padat.
F Gambar  tanaman dan binatang
F Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.

VI.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.  PKn :
·         Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
·         Melaksanakan piket di kelas.
·         Menjelaskan  cara merawat tumbuhan dengan baik.
·         Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah.

2.   IPS :
·         Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga.
·         Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah.

3.   IPA  :
·         Mengidentifikasi  buah yang berbiji banyak.
·         Mengidentifikasi  buah yang berbiji sedikit.
·         Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.
·         Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
·         Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas.
4.    Matematika  :
·         Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·         Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·         Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan.
·         Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan.
·         Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan.
·         Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan penjumlahan bilangan
·         Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.
·         Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.
·         Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan pengurangan  bilangan.
·         Menyelesaikan soal hitung campuran .
·         Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.

5.   Bahasa Indonesia  :
·         Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
·         Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
·         Menyimak cerita bacaan pendek.
·         Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·         Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·         Menceritakan kegiatan
·         Memberi tanggapan pada kegiatan
·         Menyusun gambar
·         Menceritakan gambar yang telah urut.
·         Menjawab pertanyaan
·         Menceritakan peristiwa.
·         Membaca teks dengan bersuara
·         Mengajukan pertanyaan bacaan.
·         Menceritakan kembali isi bacaan.
·         Meringkas isi bacaan.
·         Menyusun kalimat menjadi cerita.
·         Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·         Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·         Menulis pengalaman sendiri
·         Menyusun kata menjadi kalimat
·         Membuat kalimat.
·         Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·         Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik

6    Seni Budaya dan Keterampilan  :
·         Menentukan sumber bunyi .
·         Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.
·         Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·         Mendefinisikan nada.
·         Mendefinisikan irama.
·         Membedakan nada dan irama.]
·         Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
·         Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.


Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
 1.  PKn :
·         Buatkanlah daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
·         Laksanakanlah piket di kelas.
·         Jelaskanlah  cara merawat tumbuhan dengan baik.
·         Jelaskanlah  cara merawat hewan peliharaan di rumah.

 2.   IPS :
·         Sebutkan jenis koleksi barang keluarga.
·         Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah.

 3.   IPA  :
·         Jelaskanlah  buah yang berbiji banyak.
·         Jelaskanlah  buah yang berbiji sedikit.
·         Kelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.
·         Kelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
·         Sebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas.
 4.    Matematika  :
·         Bacakanlah symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·         Gunakanlah symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·         Gubahkanlah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan.
·         Jumlahkanlah bilangan tanpa teknik menyimpan.
·         Jumlahkanlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan.
·         Selesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan penjumlahan bilangan
·         Gurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.
·         Gurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.
·         Selesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan pengurangan  bilangan.
·         Selesaikan soal hitung campuran .
·         Selesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.

 5.   Bahasa Indonesia  :
·         Dengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
·         Sempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
·         Simakanlah cerita bacaan pendek.
·         Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·         Jawabkanlah pertanyaan bacaan secara lisan.
·         Ceritakan kegiatan
·         Berikanlah tanggapan pada kegiatan
·         Susunkanlah gambar
·         Menceritakan gambar yang telah urut.
·         Ceritakan peristiwa.
·         Bacakanlah teks dengan bersuara
·         Gajukan pertanyaan bacaan.
·         Ceritakan kembali isi bacaan.
·         Ringkaskanlah isi bacaan.
·         susunkanlah kalimat menjadi cerita.
·         Tuliskanlah karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·         Tuliskanlah kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·         Tuliskanlah pengalaman sendiri
·         Susunkanlah kata menjadi kalimat
·         Buatkanlah kalimat.
·         Salinkanlah kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·         Tuliskanlah kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik

 6  Seni Budaya dan Keterampilan  :
·         Tentukan sumber bunyi .
·         Bedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.
·         Tunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·         Jelaskanlah nada.
·         Jelaskanlah irama.
·         Membedakan nada dan irama.]
·         Tunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
·         Tunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.

·   LKS
·   Lmbar observasi.




Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota    :
  1. ................................
  2. ...............................
  3. ...............................
  4. ...............................
  5. ...............................

Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No
Peatalatan menggunakan listrik
Peralatan tidak menggunakan listrik
1


2


3


4


5


6


7


8


9


10



Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !

Nama Benda
R
 Pakaian

Celana

Handuk

TV

Kasur

Topi

Lemari es

Komputer

Tas















v Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

            2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

            3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
           
Mengetahui
Kepala Sekolah




PPAI Kec.




NIP
,…………2011
Guru Tematik kls 2




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP TEMATIK KELAS 2 SD TEMA HIBURAN SEMESTER 1 BERKARAKTER"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top