SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH KURIKULUM 2013 KELAS 4 SD TEMA INDAHNYA NEGERIKU/ KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SD
Kelas/ Semester           : IV/ 2 (Dua)
Tema/ Subtema           : Indahnya Negeriku/ Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan (PB 3)
Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (6 x 35 Menit)

1.  Kompetensi Inti (KI)
1.  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

2.  Kompetensi Dasar dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1.    Menerima,  menjalankan,  dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1.    Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
3.7.    Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal.
4.2.    Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen.
Indikator:
3.7.1. Menjelaskan langkah-langkah operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal.   
4.2.1. Menyelesaikan soal tentang operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal.

PPKn
Kompetensi Dasar:
1.1.    Menghargai kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
1.2.    Menghargai kebersamaan dalam kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
2.2.    Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
2.3.    Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2.    Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.2.    Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
Indikator:
3.2.1. Menjelaskan kewajiban sebagai warga sehubungan dengan pemanfaatan tumbuhan.
4.2.1. Menjelaskan contoh tindakan untuk melestarikan tumbuhan.
SBDP
Kompetensi Dasar:
1.1.    Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugrah Tuhan.
2.1.    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
2.3.    Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni.
2.4.    Menunjukkan perilaku sikap mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
3.4.    Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif.
4.1.    Menggambar berdasarkan tema
Indikator:
3.4.1. Mengetahui alur cara menggambar pemandangan alam
4.1.1. Menggambar pemandangan alam menggunakan pensil.

C. Tujuan Pembelajaran
1.     Setelah menggali teks dan mendengar penjelasan guru tentang alur cara menggambar pemandangan alam, siswa mampu menjelaskan langkah-langkah menggambar alam secara runtut.
2.     Dengan melakukan pengamatan, siswa mampu menggambar pemandangan alam menggunakan pensil dengan teknik yang benar.
3.     Diberikan contoh, siswa mampu menjelaskan langkah-langkah operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal dengan percaya diri.
4.     Berdasarkan informasi dari tabel, siswa mampu menghitung keliling kertas dalam berbagai ukuran dengan benar.
5.     Berdasarkan teks, siswa mampu menjelaskan tentang kewajiban sebagai warga terhadap lingkungan.
6.     Setelah menggali informasi dari teks, siswa mampu menemukan contoh-contoh kewajiban sebagai warga terhadap lingkungan.

D. Materi Pembelajaran
1.      Menggambar keindahan alam
2.      Menggali manfaat sumber daya alam (pinus)
3.      Mengaplikasikan konsep desimal

E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode             :  Ceramah, tanya jawab, penugasan,  dan diskusi
Pendekatan       : Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).

F. Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.  Media    : Gambar lukisan pemandangan,
2.  Alat        : Pita, penggaris, kertas, pensil
3.  Sumber:
Afriki dkk. 2013. Buku Siswa Tema 6 “Indahnya Negeriku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Afriki dkk. 2013. Buku Guru Tema 6 “Indahnya Negeriku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Dan lingkungan sekitar sekolah

G.        Langkah-Langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1.    Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.    Guru mengajak siswa berdoa bersama
3.    Guru menanyakan kehadiran siswa.
4.    Guru melakukan appersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
5.    Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
6.    Siswa mendengarkan penjelasan dari guru  kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
10 menit
Inti
1.   Siswa mengamati gambar dan membaca teks yang ada di buku siswa (mengamati)
2.   Siswa mengamati lingkungan di sekitar sekolah (mengamati)
3.   Siswa bertanya bagaimana cara menggambar pemandangan alam dengan baik. (menanya)
4.   Siswa berkunjung ke luar kelas secara berkelompok. Setiap kelompok akan menyebar ke tempat yang telah ditentukan guru (mengkomunikasikan)
5.   Siswa mencermati langkah-langkah cara menggambar alam yang terdapat dalam buku siswa halaman 16 (mengumpulkan informasi)
6.   Siswa mengamati keindahan alam di sekitar mereka sambil membuat sketsa dan catatan penting tentang objek yang akan digambar. (mengamati, eksperimen)
7.   Berdasarkan beberapa sketsa yang mereka buat, siswa memilih salah satu sketsa yang mereka sukai. (menalar)
8.   Siswa membuat laporan deskriptif sebelum melanjutkan menggambar sketsa  tersebut secara rinci (mengkomunikasikan)
9.   Siswa menuangkan imajinasi mereka ke dalam sketsa agar gambar sketsa lebih menarik (menalar, mengkomunikasikan)
10.         Siswa menyimak penjelasan guru tentang melukis pemandangan alam (mengumpulkan informasi)
11.         Siswa menganalisis tabel tentang ukuran kertas. (menganalisis)
12.         Siswa menyimak dan mengamati cara menyelesaikan soal (mengamati, dan mengumpulkan informasi)
13.         Siswa menyelesaikan soal yang terdapat pada buku siswa.(eksperimen, menganalisis)
14.         Siswa membuat soal sendiri (menanya, menganalisis, mengkomunikasikan)
15.         Secara berpasangan siswa bertukar soal yang mereka buat dan menjawab soal yang diberikan oleh temannya. (menalar, mengkomunikasikan)
16.         Siswa membaca teks tentang manfaat pohon pinus (mengumpulkan informasi)
17.         Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (menganalisis, mengkomunikasikan)
190 menit
Penutup
1.    Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
2.    Siswa bersama guru menyimpulkan pelajaran yang didapat hari ini.
3.    Siswa berdoa bersama.
4.    Guru mengakhiri pelajaran dengan memberikan nasehat dan mengucapkan salam.
10 menit
H. Penilaian
     1.    Teknik Penilaian:
            a. Unjuk kerja : menggambar (SBDP)
            b. Pengetahuan : soal cerita (Matematika)
            c. Penugasan (PPKn)

     2.    Instrumen Penilaian
Rubrik Penilaian SBDP
Kriteria
Bagus 
Cukup (3)
Berlatih lagi (2)
Tema
Seluruh gambar dan grafik sesuai tema tentang keindahan alam (4)
Sebagian besar gambar dan grafik sesuai dengan tema tentang keindahan alam (3)
Sebagian besar gambar dan grafik tidak sesuai dengan tema tentang keindahan alam (2)
Keterampilan dasar
Gambar menunjukkan perhatian terhadap detail dan variasi teknik menggambar
(4)
Gambar memiliki banyak bagian yang baik namun masih perlu diperhalus lagi. Hanya beberapa teknik menggambar yang digunakan (3)
Gambar kurang detail. Usaha kurang optimal dalam menyelesaikan pekerjaan dan kelihatan seperti belum selesai. Tadak ada variasi dalam teknik menggambar (2)
Layout
Penataan sketsa sangat baik dan semua aspek digambar dengan sempurna (4)
Sebagian besar sketsa ditata dengan baik. Namun beberapa aspek masih perlu diperhalus. (3)
Sketsa tidak tertata dengan baik dan tidak proporsional  (2)
Usaha
Proyek selesai tepat waktu dan menunjukkan usaha melebihi yang diharapkan (4)
Bekerja keras dan menyelesaikan proyek, namun masih memerlukan usaha lebih baik lagi(3)
Mengerjakan proyek yang mudah dengan usaha yang minimal sehingga proyek tidak selesai (2)
Nama siswa































































































Catatan: centang (P) pada bagian yang memnuhi kriteria
Penilaian :     total nilai  x 10
                                   skor maks
Rubrik Penskoran Matematika
Nama Siswa
Jawaban Benar dan lengkap dengan cara menyelesaikan soal (4)
Jawaban Benar & tidak lengkap
(3)
Jawaban Salah tapi lengkap dengan cara menyelesaikan soal
(2)
Jawaban Salah dan tidak lengkap
(1)























































































































































Catatan: centang (P) pada bagian yang memnuhi kriteria
Penilaian :     total nilai  x 10
                                   skor maks













Daftar Periksa PPKn
Nama Siswa
Siswa mampu menuliskan 5 informasi penting yang mereka temukan dalam teks
Siswa mampu menuliskan hubungan antara aktivitas dan kebutuhan manusia sehari-hari dengan sumber daya alam (pohon pinus)
Siswa mampu menuliskan akibat yang timbul jika suatu masa pohon pinus menjadi langka
Siswa mampu menuliskan kewajiban sebagai warga terhadap kelestarian sumber daya alam (pohon pinus)
Siswa mampu menuliskan contoh tindakan untuk melestarikan pohon pinus





















































































































































































Catatan: centang (P) pada bagian yang memnuhi kriteria










       Lembar Penilaian Sikap : Kreatif, Cermat dan Peduli
Minggu ke-……. Bulan …………2013                                                     Subtema ………….
No
Nama Peserta Didik
Perubahan Tingkah Laku
Jumlah










Kreatif
Cermat
Peduli









BT
T
M
BT
T
C
BT
T
M



1
2
3
1
2
3
1
2
3

1.











2.











3.











4











5











6











7











8











9











10











11











12











13











14











15











16











17











18











19











20











21











22











23











24











25











26











27











28











29











30











31











32











33











34























            Keterangan :
            BT : Belum Terlihat          T   : Terlihat           M : Menonjol
            Berilah dengan tanda centang (ΓΌ) pada kolom yang sesuai.



Refleksi:
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Pengayaan:
Siswa dapat memperkaya pengetahuan mereka tentang pelukis Indonesia dan hasil karyanya, dengan bertanya kepada orang dewasa yang ada di sekitar mereka, atau melalui buku perpustakaan, atau situs internet.

Remedial:
Siswa yang belum tuntas dalam memahami tentang operasi penjumlahan dan pengurangan desimal (menjawab dengan benar 50% atau kurang dari soal yang diberikan) akan mengikuti kegiatan remedial selama 30 menit setelah jam sekolah. Pengenalan konsep dapat diberikan dengan menggunakan benda konkret.



,        Januari 2014



Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas IV



                                                                                     
  NIP.                                                                              NIP. 

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH KURIKULUM 2013 KELAS 4 SD TEMA INDAHNYA NEGERIKU/ KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top