SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/2
Standar Kompetensi   : 9.  Memahami isi pidato / ceramah / khotbah
Kompetensi Dasar      : 9.1. Menyimpulkan pesan pidato/ ceramah/ khotbah
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.   Materi  Pembelajaran
      a. Penyimpulan pidato/ceramah/khotbah.

3.   Metode Pembelajaran
      a. Pemodelan
      b. Inkuiri

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
    1. Peserta didik mendengarkan rekaman sebuah pidato/ceramah/khotbah.
Memotivasi :
    1. Peserta didik menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah.

      b. Kegiatan Inti   
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik menuliskan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah.
F  Peserta didik menuliskan pesan dalam pidato/ceramah/khotbah.
F  Peserta didik menuliskan pesan dalam pidato/ceramah/khotbah.dalam bentuk kalimat
F  Peserta didik menyunting cerpen yang sudah ditulis.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

5.   Sumber Belajar
      a. Kaset / VCD pidato/ceramah/khotbah.
      b. Teks pidato/ceramah/khotbah.
      c. Buku p[elajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

6.   Penilaian
·     Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Mampu menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah
·  Mampu menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah


Tes  tulis
Uraian
·  Tulislah hal-hal pokok dari pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan!
·  Simpulkanlah pesan pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan  ke dalam beberapa kalimat!

      1. Tuliskan hal-hal pokok dari pidato/ceramah/khotbah. Yang kamu dengar !
          Pedoman penskoran :
Soal
Skor
Peserta didik menuliskan hal-hal pokok dari pidato secara lengkap
2
Peserta didik menuliskan hal-hal pokok dri pidato kurang lengkap
1
Peserta didik tidak menuliskan apa-apa
0

2. Simpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat !
Soal
Skor
Peserta didik menuliskan pesan pidato dengan kalimat yang sesuai
2
Peserta didik menuliskan pesan pidato dengan kalimat yang kurang sesuai
1
Peserta didik menuliskan pesan pidato dengan kalimat yang tidak sesuai
0

      Perhitungan nilai akhir
Nilai akhir :     Skor yang diperoleh       X   100  
                                    Skor maksimak

Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,



Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Januari  2012
Guru Mata Pelajaran,



RENA CITRA C., S.Pd.
NIP. -





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/2
Standar Kompetensi   : 9.  Memahami isi pidato / ceramah / khotbah
Kompetensi Dasar      : 9.2. Memberi komentar tentang isi pidato / ceramah / khotbah
Alokasi waktu             : 2x40 menit

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dpt memberi komentar tentang isi pidato / ceramah / khotbah

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.   Materi  Pembelajaran
      Cara memberi komentar terhadap pidato / ceramah / khotbah dan implementasinya

3.   Metode Pembelajaran
      a. Pemodelan
      b. Inkuiri

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik mendengarkan rekaman sebuah pidato/ceramah/khotbah yang disjikan guru
Memotivasi :
 1. Peserta didik menemukan isi pidato / ceramah / khotbah yang didengar

       b. Kegiatan Inti      
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik mencermati simpulan pidato / ceramah / khotbah yang telah dibuat
F  Peserta didik berdiskusi untuk menentukan isi pidato / ceramah / khotbah
F  Peserta didik memberi komentar tentng isi pidato / ceramah / khotbah dengan alas an yang logis dan  bahasa yang santun
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

5.   Sumber Belajar
      a. Kaset / VCD pidato/ceramah/khotbah.
      b. Buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Mampu menentukan isi pidato/ceramah/khotbah
·  Mempu memberi komentar  dengan alasan logis dan bahasa yang santun tentang isi pidato/ceramah/khotbah

Observasi
Lembar observasi
·  Penentuan isi pidiato/ceramah/khotbah: tepat/kurang tepat/tidak tepat
·  Komentar terhadap isi pidato        alasan: logis/kurang logis/tidak logis  bahasa: santun/kurang santun/tidak santun

      1. Identifikasikan pokok-pokok isi pidato yang telah diperdengrkan !
          Pedoman penskoran :
        
Soal
Skor
Peserta didik mengidentifikasi secara lengkap
3
Peserta didik mengidentifikasi kurang lengkap
2
Peserta didik tidak mengidentifikasi tidak tepat
0

      2. Berilah komentar terhadap isi pidato yang telah anda dengar !
        
Soal
Skor
Peserta didik memberi komentar isi pidato dengan logis
3
Peserta didik memberi komentar isi pidto dengan kurang logis
2
Peserta didik memberi komentar isi pidato dengan tidak logis
0

      3. Berilah komentar terhadap isi pidato yang telah anda dengar dengan bahasa yang santun !
        
Soal
Skor
Peserta didik memberi komentar isi pidato dengan bahasa yang santun
3
Peserta didik memberi  komentar isi pidato dengan bhas yang kurang sntun
2
Peserta didik memberi komentar isi pidato dengan bahasa yang tidak santun
0

      Perhitungan nilai akhir
Nilai akhir :     Skor yang diperoleh       X   100  
                                    Skor maksimak


Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,



Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Januari  2012
Guru Mata Pelajaran,



RENA CITRA C., S.Pd.
NIP. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             : SMPN 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/2
Standar Kompetensi   :10.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informnasi dalam pidato dan   diskusi
Kompetensi Dasar      :10.1 Berpidato/ceramah/khotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas.
Alokasi waktu             : 4 x40 menit ( 2 pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
  -  Pertemuan Pertama:
o   Peserta didik Berdiskusi untuk menyusun garis besar kerangka pidato/ceramah/khotbah dengan topik lain
  - Pertemuan Kedua :
o   Peserta didik dapat Berpidato /berceramah/berkhotbah

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2.   Materi  Pembelajaran
      Cara ber pidato / ceramah / khotbah  dan implementasinya

3.   Metode Pembelajaran
      a. Pemodelan
      b. Inkuiri
      c. Demonstrasi

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
Pertemuan pertama :
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik mendengarkan pidato / ceramah / khotbah
Memotivasi :
1. Peserta didik mengamti dan mencermati pidato / ceramah / khotbah

      b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik berdiskusi untuk menyusun garis besar kerangka pidato / ceramah / khotbah dengan topic  lain
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Pertemuan Kedua
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang kegiatan pidto/ceramah/ khotbah
Memotivasi :
Berpidato/berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas!

b. Kegiatan Inti   
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi  Peserta didik berlatih pidato / ceramah / khotbah
F  Peserta didik melaksanakan ber pidato / ceramah / khotbah  dengan artikulasi dan volume suara yang jelas
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

5.   Sumber Belajar
      a. Nara sumber / VCD
      b. Teks pidato / ceramah / khotbah
      c. Buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Mampu menyusun garis besar kerangka pidato/ceramah/khotbah

·  Mampu berpidato/
   berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas

Tes  unjuk kerja
Uji petik kerja
§ Susunlah garis besar kerangka pidato dengan topik tertentu!

§ Berpidatolah  berdasarkan kerangka yang sudah kamu buat dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas!
     
      1. Susunlah garis besar kerangka pidato dengan topic tertentu !
          Pedoman penskoran :
               Soal
Skor
Peserta didik menuliskan garis besar kerangka pidato dengan topic tertentu
3
Peserta didik menuliskan garis besar kerangka pidato tanpa topic
2



      2. Berpidtolah dengan intonasi yang lepas serta artikulasi dan volume suara yng jelas !
          Pedoman penskoran :
        
Soal
Skor
Peserta didik berpidato dengan intonasi yang lepas serta artikulsi dan volume suara yang jelas
3
Peserta didik berpidto dengan intonasi yng lepas serta artikulasi dan volume suara yang kurang jelas
2
Peserta didik berpidato dengan intonasi yng lepas serta artikulasi dan volume suara yang tidak jelas
2


      Perhitungan nilai akhir :


Perolehan nilai

Skor maksimal


N1 + N2
…………………
2

                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,



Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Januari  2012
Guru Mata Pelajaran,



RENA CITRA C., S.Pd.
NIP. -





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah             : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/2
Standar Kompetensi   : 10.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informnasi dalam pidato dan diskusi
Kompetensi Dasar      : 10.2 Menerapkan prinsip-prinsip diskusi
Alokasi waktu             : 4 / 40 menit ( 2 pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
  -  Pertemuan Pertama:
o   Peserta didik Mengamati diskusi yang diperankan oleh narasumber/menonton tayangan diskusi
  - Pertemuan Kedua :
o   Peserta didik dapat Menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
2.   Materi  Pembelajaran
      Penerpan prinsip-prinsip diskusi

3.   Metode Pembelajaran
      a. Pemodelan
      b. Inkuiri
      c. Demonstrasi

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      Pertemuan Pertama :
      a. Kegiatan Awal
 Apersepsi :
1. Peserta didik mendengrkan diskusi yang diperankan oleh narasumber
          2. Peserta didik mengamati diskusi yang diperankan oleh nra sumber.
Memotivasi :
·  Mampu menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi

      b. Kegiatan Inti   
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi  Peserta didik Mengamati diskusi yang diperankan oleh narasumber/menonton tayangan diskusi
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

Pertemuan Kedua
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik praktik berdiskusi secar kelompok membahas tentang pidato lingkungan sekolah
Memotivasi :
1. Guru memberi komentar hasil diskusi Peserta didik membahas tentang pidato lingkungan sekolah

      b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi  Peserta didik dapat Menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

5.   Sumber Belajar
      a. Nara sumber / VCD
      b. Teks pidato
      c. Buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Mampu menyimpulkan mekanisme diskusi
·  Mampu menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi
·  Mampu menerapkan prinsip-prinsip diskusi dalam diskusi kelas

Observasi
Lembar observasi
§ Penyimpulan mekanisme diskusi: tepat/kurang tepat/tidak tepat
§ Penyimpulan prinsip-prinsip diskusi:
Tepat/kurang tepat/tidak tepat
§ Penerapan prinsip-prinsip diksusi:
   saling menghargai: ada/tidak ada


      1. Simpulkan mekanisme diskusi !
          Pedoman penskoran :
        
Soal
Skor
Peserta didik menyimpulkan mekanisme diskusi dengan tepat
3
Peserta didik menyimpulkan mekanisme diskusi kurang tepat
2
Peserta didik menyimpulkan mekanisme diskusi tidak tepat


2. simpulkan prinsip-prinsip diskusi dengn tepat !
        
Soal
Skor
Peserta didik dapat menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi dengan tepat
3
Peserta didik dapat menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi kurang tepat
2
Peserta didik dapat menyimpulkan prinsip-prinsip diskusi tidak tepat
0

      3. Berdiskusilah tentang pidato lingkungan sekolah !
        
Soal
Skor
Peserta didik menerapkan prinsip-prinsip diskusi dengan tepat
3
Peserta didik menerapkan prinsip-prinsip diskusi kurang tepat
2
Peserta didik menerapkan prinsip-prinsip diskusi tidak tepat
0
      Perhitungan nilai akhir :


Perolehan nilai

Skor maksimal

N1 + N2
…………………
2
                                                                                               
Mengetahui,
Kepala  




Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

2012

Guru Mata Pelajaran,



RENA CITRA C., S.Pd.
NIP. -

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top