SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

                                                                              Nama Sekolah         :
                                                                               Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
                                                                              Kelas/Semester       : VIII/2
                                                                              Pertemuan Ke-       : 1
                                                                             Alokasi Waktu        : 2 x 40 menit
                                                                          Standar Kompetensi : 9.  Memahami isi berita dari  radio/televisi
                                                                             Kompetensi Dasar : 9.1.Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana,
kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan/
atau ditonton melalui radio/televisi

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
• menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan
bagaimana) yang didengar dan/atau ditonton melalui radio/televisi;

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
II. Materi Ajar
Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasinya

III. Metode Pembelajaran
– Contoh – Latihan
– Tanya jawab – Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
§ Apersepsi :
F  Bertanya jawab tentang tema ”Teknologi” dan hal-hal yang harus  diperhatikan serta teknik mendengarkan berita dari radio/televisi
F  Bertanya jawab tentang topik berita yang disukai siswa
§ Memotivasi :
F  • menemukan pokok-pokok berita
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik dapat menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan/atau ditonton melalui radio/televisi.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi  Peserta didik Mendengarkan pembacaan teks berita
F  Bertanya jawab tentang pokok-pokok berita yang didengar
F  Mendengarkan teks berita pada latihan
F  Mengidentifikasi kata-kata kunci
F  Mengidentifikasi pokok-pokok berita berdasarkan kata-kata kunci
F  Menjawab pertanyaan tentang isi teks
F  Membuat pertanyaan lain tentang isi teks
F  Mengubah sajian berita tersebut menjadi sajian berita live report
F  Menyampaikan kembali isi berita secara lisan
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Memberikan penguatan materi yang baru dibelajarkan
F  Menyimpulkan cara menemukan pokok-pokok berita dan mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton melalui radio/televisi

V. Sumber/Bahan/Alat
§ Berita dari radio/televisi/rekaman yang diperdengarkan
§ Teks berita dari majalah/surat kabar yang dibacakan
§ Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

VI. Penilaian
§ Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·   Mampu menemukan pernyataan-pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan pokok-pokok berita
·   Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar

Tes lisan



Tes tulis


Uraian



Uraian


§ Kemukakan secara lisan pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang  kamu dengarkan!
§ Tuliskan pokok-pokok berita de­ngan singkat!







Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
Aspek Penilaian
Bobot
Nilai
1
Menemukan pokok-pokok berita
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat (2)
c. Tidak tepat (1)
5

2
Mengemukakan kembali berita
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c. Tidak baik (1)
5

3
Menjawab pertanyaan tentang isi berita
a. Semua benar (3)
b. Sebagian besar benar (2)
c. Sebagian besar salah (1)
5


Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45

Nilai akhir :     Skor yang diperoleh      
                          X   100  
                                    Skor maksimak


                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Singajaya,   Januari 2012
Guru Mata Pelajaran,






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       : VIII/2
Alokasi Waktu        : 4 x 40 menit ( 2x  pertemuan )
Standar Kompetensi : 9.   Memahami isi berita dari radio/televisi
Kompetensi Dasar : 9.2. Mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton
 melalui radio/televisi

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- Pertemuan Pertama:
o  Mendengarkan rekaman berita dari radio/TV
o  Menganalisis  pokok-pokok berita yang didengar
o  Mendiskusikan penulisan berita dengan urutan pokok-pokok berita yang bervariasi
- Pertemuan Kedua :
o  Menulis satu teks berita
o   Menyunting teks berita tulisan sendiri atau teman

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
II. Materi Ajar
Cara mengemukakan kembali berita dan implementasinya

III. Metode Pembelajaran
– Contoh – Diskusi
– Tanya jawab – Penugasan
– Latihan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Pertemuan Pertama :
§ Apersepsi :
F  Bertanya jawab tentang tema ”Ekonomi”
F  Membuka kembali ingatan siswa tentang kegiatan mendengarkan berita
§ Memotivasi :
F  Menyampaikan kembali isi berita tersebut
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik dapat Mendengarkan pembacaan teks berita ”Dana Nasabah Bank Global Hari Ini Dicairkan” yang akan dibacakan oleh salah satu teman
F  Tiap anak membuat dua pertanyaan pada kertas, kemudian dikocok
F  Siswa mengambil dua gulungan kertas tersebut, dan menjawab pertanyaannya

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

A. Kegiatan Awal
Pertemuan Kedua :
§  Apersepsi :
F  Bertanya jawab tentang tema ”Lingkungan”
F  Membuka kembali ingatan siswa tentang kegiatan mendengarkan berita
dan cara menemukan pokok-pokok berita
§  Memotivasi :
F  cara Mengemu­kakan kem­ba­li berita yang dide­ngar/ditonton melalui radio/   televisi.
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik dapat  membacakan teks berita ”Tanaman Guttapercha Terancam Punah” dengan memerhatikan intonasi, artikulasi, dan ekspresi
F  Menyampaikan kembali isi berita tersebut

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Menyimpulkan cara Mengemu­kakan kem­ba­li berita yang dide­ngar/ditonton melalui radio/   televisi.
V. Sumber/Bahan/Alat
Berita dari radio/televisi/rekaman yang diperdengarkan
Teks berita dari majalah/surat kabar yang dibacakan
Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

VI. Penilaian
§ Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·   Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
·   Mampu merangkai pokok-pokok berita  secara bervasiasi  menjadi teks berita
·   Mampu menyunting berita yang ditulis

Tes tulis


Tes praktik/
kinerja


Uraian


Uji petik kerja


§ Tulis pokok-pokok berita dengan singkat!
§ Tulislah teks berita dengan cara merangkai  secara bervariasi pokok-pokok berita!
§ Suntinglah teks beritamu dan berita temanmu!

Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
Aspek Penilaian
Bobot
Nilai
1
1. Keberanian mengungkapkan kembali isi berita
a. Berani (3)
b. Kurang berani (2)
c. Tidak berani (1)
5

2
2. Menjawab pertanyaan tentang teks
a. Semua benar (3)
b. Sebagian besar benar (2)
c. Sebagian besar salah (1)
5

3
3. Menggunakan penghubung yang
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat (2)
c. Tidak tepat (1)
5

Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45
Nilai akhir :     Skor yang diperoleh      
                          X   100  
                                    Skor maksimak


                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Singajaya,   Januari 2012
Guru Mata Pelajaran,



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester         : VIII/2
Alokasi Waktu          : 4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi  : 10.   Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui
        k egiatan diskusi dan protokoler
Kompetensi Dasar    : 10.1.Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan
           Pend apat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
• menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam
   diskusi disertai dengan bukti atau alasan;
• membuat notula rapat setelah diskusi atau rapat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
II. Materi Ajar
 Sanggahan dalam diskusi

III. Metode Pembelajaran
– Contoh – Diskusi
– Tanya jawab – Simulasi
– Latihan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan kedua :
A. Kegiatan Awal
   Apersepsi :
• Bertanya jawab tentang pengalaman siswa dalam diskusi
• Bertanya jawab hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyanggah
   pendapat dan menolak usulan orang lain
   Memotivasi :
• Membuat notula rapat yang memuat catatan tentang pendapat-pendapat
   yang disampaikan oleh peserta diskusi
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik dapat Memerhatikan dan membaca ilustrasi ketika sedang rapat OSIS
F  Bertanya jawab dengan siswa tentang cara memutuskan sebuah persoalan dalam rapat atau diskusi

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Menyimpulkan cara menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan  penolakan pendapat disertai dengan bukti atau alasan, dan membuat notula rapat setelah diskusi atau rapat

V. Sumber/Bahan/Alat
§ Naskah diskusi, contoh notula, dan alat-alat diskusi/rapat yang diperlukan
§ Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

VI. Penilaian
§ Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·   Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
·   Mampu merangkai pokok-pokok berita  secara bervasiasi  menjadi teks berita
·   Mampu menyunting berita yang ditulis

Tes tulis


Tes praktik/kinerja


Uraian


Uji petik kerja


§ Tulis pokok-pokok berita dengan singkat!
§ Tulislah teks berita dengan cara merangkai  secara bervariasi pokok-pokok berita!
§ Suntinglah teks beritamu dan berita temanmu!

Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
Aspek Penilaian
Bobot
Nilai
1
1. Kemampuan menyampaikan persetujuan, sanggahan,
     dan penolakan pendapat
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat (2)
c. Tidak tepat (1)
5

2
2. Keberanian memimpin rapat atau diskusi
a. Berani (3)
b. Kurang berani (2)
c. Tidak berani (1)
5

3
3. Membuat notula rapat atau diskusi
a. Benar (3)
b. Kurang benar (2)
c. Tidak benar (1)
5


Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45

Nilai akhir :     Skor yang diperoleh       
                          X   100  
                                    Skor maksimak


                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Singajaya,   Januari 2012
Guru Mata Pelajaran,





 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester         : VIII/2
Alokasi Waktu          : 6 x 40 menit  ( 3 x Pertemuan )
Standar Kompetensi : 10.    Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui
kegiatan diskusi dan protokoler
Kompetensi Dasar    : 10.2. Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar,
serta santun

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
• membuat susunan acara untuk berbagai keperluan;
• membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
II. Materi Ajar
Susunan acara

III. Metode Pembelajaran
– Contoh – Diskusi
– Tanya jawab – Simulasi
– Latihan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama, kedua dan ketiga :
A. Kegiatan Awal
    Apersepsi :
• Bertanya jawab tentang pengalaman siswa dalam membawakan acara resmi.
   Memotivasi :
• Menjelaskan hal-hal yang perlu dilakukan pembawa acara pada saat  membawakan acara
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  Bertanya jawab hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan dalam membuat susunan acara dan membawakannya untuk berbagai keperluan
F  memfasilitasi peserta didik dapat Membaca dan memerhatikan ilustrasi Sihasale dalam membawakan susunan acara pembukaan koperasi sekolah
F  memfasilitasi peserta didik dapat Memerhatikan ilustrasi cara Sihasale membuka acara tersebut

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Memberikan penguatan materi yang baru dibelajarkan
F  Menyimpulkan cara menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat  disertai bukti atau alasan, dan membuat notula rapat setelah diskusi atau rapat

V. Sumber/Bahan/Alat
Teks susunan acara dan alat-alat yang diperlukan
Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

VI. Penilaian
§ Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·   Mampu menentukan mekanisme diskusi
·   Mampu menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi dengan etika yang baik dan argumentatif

Tes tulis



Observasi
Uraian



Lembar observasi
§ Tulislah  beberapa mekanisme diskusi berdasarkan model diskusi!
Observasi
§ Penyampaian diskusi sesuai mekanisme disktida usi: Sangat sesuai, sesuai, kurang sesuai, tidak sesuai
§ Ketepatan pengganaan kalimat sanggahan: sangat tepat, tepat, kurang tepat, tidak tepat, dst.





Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
Aspek Penilaian
Bobot
Nilai
1
1. Membuat susunan acara
a. Semua benar (3)
b. Sebagian besar benar (2)
c. Sebagian besar salah (1)
5

2
2. Membawakan acara dengan bahasa yang
baik dan benar, serta santun
a. Berani (3)
b. Kurang berani (2)
c. Tidak berani (1)
5

3
3. Menggunakan penghubung yang
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat (2)
c. Tidak tepat (1)
5


Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45

Nilai akhir :     Skor yang diperoleh      
                          X   100  
                                    Skor maksimak


                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,




Singajaya,   Januari 2012
Guru Mata Pelajaran,





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA 
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : VIII / 2
Alokasi Waktu                        : 4 X 40 ( 2 X Pertemuan )
                                   
A. Standar Kompetensi:
11.   Memahami ragam wacana taks dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring

B.   Kompentensi Dasar:
11.1 Menemukann masalah utama dan beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif

C.  Tujuan Pembelajaran:
      Setelah pembelajaran ini berakhir diharapkan
o  Peserta didik terampil menemukan masalah-masalah utama dari beberapa berita yang topiknya sama

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
D.  Materi Pembeljaran
      Membaca ekstensif berita dari surat kabar

E.   Metode Pembelajaran
      1. Ilustrasi
      2. Inkuiri
      3. Tanya jawab
      4. Refleksi

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama, dan kedua :
A. Kegiatan Awal
§ Apersepsi :
F  Tuntuan membaca semakin tinggi semua orang wajib mempunyai minat baca yang tinggi. Guru mjenunjukkan betapa minat baca yang tinggi amat dibutuhkan
§ Memotivasi :
F  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari itu, yaitu berlatih membaca ekstensif untuk mendapatkan garis besar  informasi Jenis membaca  itu sering diterapkan untuk membaca surat kabar dan buku
B. Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  Bertanya jawab hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan dalam membuat susunan acara dan membawakannya untuk berbagai keperluan
F  memfasilitasi Peserta didik  berlatih memperlebar jangkauan mata untuk meningkatkan kecepatan membacanya. Mereka membaca teks apa saja yang biasa diperolehnya

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi Peserta didik berlatih menyapu halaman pada surat kabar yang dibacanya dengan pola gerakan mata ziq zaq atau gerakan vertical  dengan kecepatan tinggi Peserta didik mencatat catatan penting  dari tulisan itu secara lebih sungguh-sungguh. Peserta didik membaca ekstensif dengan cara yang sama. Teks yang bertopik  “ luapan Lumpur di Porong Sidoarjo “
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Memberikan penguatan materi yang baru dibelajarkan
F  Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan mendorong Peserta didik menjadi pembaca yang efektif . Dunia sekarang dipenuhi oleh informasi tertular dari berbagai sumber

G.  Sumber Belajar
      Artikel dari surat kabar yang berkaitan dengan bencana alam luapan Lumpur panas di Porong Sidoarjo Jatim.

H.  Penilaian
·         Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·   Mampu mendata masalah-masalah dari tiap-tiap berita
·   Mampu menentukan masalah utama dari tiap-tiap berita
·   Mampu menyimpulkan kesamaan masalah melalui kegiatan membandingkan beberapa berita

Tes tulis


Tes tulis

Tes tulis
Uraian


Uraian

Uraian
§  Tulislah permasalahan-permasa­lahan yang terdapat pada tiga teks berita!
§  Tulislah masalah utama yang ter­da­pat pada tiga teks berita!
§  Tulislah kesamaan masalah yang terdapat di ketiga berita yang kamu baca!
                                                                                             
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top