SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

                                                                          Nama Sekolah        
                                                                          Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
                                                                          Kelas/Semester       : VIII/2
                                                                          Pertemuan Ke-       : 1
                                                                         Alokasi Waktu        : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 9.  Memahami isi berita dari radio/televisi
Kompetensi Dasar : 9.1.Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana,
kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan/
atau ditonton melalui radio/televisi

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
• menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan
bagaimana) yang didengar dan/atau ditonton melalui radio/televisi;

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
II. Materi Ajar
Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasinya

III. Metode Pembelajaran
– Contoh – Latihan
– Tanya jawab – Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
§ Apersepsi :
F  Bertanya jawab tentang tema ”Teknologi” dan hal-hal yang harus  diperhatikan serta teknik mendengarkan berita dari radio/televisi
F  Bertanya jawab tentang topik berita yang disukai siswa
§ Memotivasi :
F  • menemukan pokok-pokok berita
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik dapat menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan/atau ditonton melalui radio/televisi.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi  Peserta didik Mendengarkan pembacaan teks berita
F  Bertanya jawab tentang pokok-pokok berita yang didengar
F  Mendengarkan teks berita pada latihan
F  Mengidentifikasi kata-kata kunci
F  Mengidentifikasi pokok-pokok berita berdasarkan kata-kata kunci
F  Menjawab pertanyaan tentang isi teks
F  Membuat pertanyaan lain tentang isi teks
F  Mengubah sajian berita tersebut menjadi sajian berita live report
F  Menyampaikan kembali isi berita secara lisan
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Memberikan penguatan materi yang baru dibelajarkan
F  Menyimpulkan cara menemukan pokok-pokok berita dan mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton melalui radio/televisi

V. Sumber/Bahan/Alat
§ Berita dari radio/televisi/rekaman yang diperdengarkan
§ Teks berita dari majalah/surat kabar yang dibacakan
§ Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

VI. Penilaian
§ Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·   Mampu menemukan pernyataan-pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan pokok-pokok berita
·   Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar

Tes lisan



Tes tulis


Uraian



Uraian


§ Kemukakan secara lisan pokok-pokok berita yang terdapat di dalam berita yang  kamu dengarkan!
§ Tuliskan pokok-pokok berita de­ngan singkat!







Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
Aspek Penilaian
Bobot
Nilai
1
Menemukan pokok-pokok berita
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat (2)
c. Tidak tepat (1)
5

2
Mengemukakan kembali berita
a. Baik (3)
b. Kurang baik (2)
c. Tidak baik (1)
5

3
Menjawab pertanyaan tentang isi berita
a. Semua benar (3)
b. Sebagian besar benar (2)
c. Sebagian besar salah (1)
5


Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45

Nilai akhir :     Skor yang diperoleh      
                          X   100  
                                    Skor maksimak


                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,



Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Januari 2012
Guru Mata Pelajaran,



Dra. ENUNG SUKMAWATI
NIP. 196611302008012002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       : VIII/2
Alokasi Waktu        : 4 x 40 menit ( 2x  pertemuan )
Standar Kompetensi : 9.   Memahami isi berita dari radio/televisi
Kompetensi Dasar : 9.2. Mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton
 melalui radio/televisi

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- Pertemuan Pertama:
o  Mendengarkan rekaman berita dari radio/TV
o  Menganalisis  pokok-pokok berita yang didengar
o  Mendiskusikan penulisan berita dengan urutan pokok-pokok berita yang bervariasi
- Pertemuan Kedua :
o  Menulis satu teks berita
o   Menyunting teks berita tulisan sendiri atau teman

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
II. Materi Ajar
Cara mengemukakan kembali berita dan implementasinya

III. Metode Pembelajaran
– Contoh – Diskusi
– Tanya jawab – Penugasan
– Latihan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
Pertemuan Pertama :
§ Apersepsi :
F  Bertanya jawab tentang tema ”Ekonomi”
F  Membuka kembali ingatan siswa tentang kegiatan mendengarkan berita
§ Memotivasi :
F  Menyampaikan kembali isi berita tersebut
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik dapat Mendengarkan pembacaan teks berita ”Dana Nasabah Bank Global Hari Ini Dicairkan” yang akan dibacakan oleh salah satu teman
F  Tiap anak membuat dua pertanyaan pada kertas, kemudian dikocok
F  Siswa mengambil dua gulungan kertas tersebut, dan menjawab pertanyaannya

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

A. Kegiatan Awal
Pertemuan Kedua :
§  Apersepsi :
F  Bertanya jawab tentang tema ”Lingkungan”
F  Membuka kembali ingatan siswa tentang kegiatan mendengarkan berita
dan cara menemukan pokok-pokok berita
§  Memotivasi :
F  cara Mengemu­kakan kem­ba­li berita yang dide­ngar/ditonton melalui radio/   televisi.
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik dapat  membacakan teks berita ”Tanaman Guttapercha Terancam Punah” dengan memerhatikan intonasi, artikulasi, dan ekspresi
F  Menyampaikan kembali isi berita tersebut

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Menyimpulkan cara Mengemu­kakan kem­ba­li berita yang dide­ngar/ditonton melalui radio/   televisi.
V. Sumber/Bahan/Alat
Berita dari radio/televisi/rekaman yang diperdengarkan
Teks berita dari majalah/surat kabar yang dibacakan
Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

VI. Penilaian
§ Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·   Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
·   Mampu merangkai pokok-pokok berita  secara bervasiasi  menjadi teks berita
·   Mampu menyunting berita yang ditulis

Tes tulis


Tes praktik/
kinerja


Uraian


Uji petik kerja


§ Tulis pokok-pokok berita dengan singkat!
§ Tulislah teks berita dengan cara merangkai  secara bervariasi pokok-pokok berita!
§ Suntinglah teks beritamu dan berita temanmu!

Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
Aspek Penilaian
Bobot
Nilai
1
1. Keberanian mengungkapkan kembali isi berita
a. Berani (3)
b. Kurang berani (2)
c. Tidak berani (1)
5

2
2. Menjawab pertanyaan tentang teks
a. Semua benar (3)
b. Sebagian besar benar (2)
c. Sebagian besar salah (1)
5

3
3. Menggunakan penghubung yang
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat (2)
c. Tidak tepat (1)
5

Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45
Nilai akhir :     Skor yang diperoleh      
                          X   100  
                                    Skor maksimak


                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,



Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Januari 2012
Guru Mata Pelajaran,



Dra. ENUNG SUKMAWATI
NIP. 196611302008012002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester         : VIII/2
Alokasi Waktu          : 4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi  : 10.   Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui
        k egiatan diskusi dan protokoler
Kompetensi Dasar    : 10.1.Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan
           Pend apat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
• menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam
   diskusi disertai dengan bukti atau alasan;
• membuat notula rapat setelah diskusi atau rapat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
II. Materi Ajar
 Sanggahan dalam diskusi

III. Metode Pembelajaran
– Contoh – Diskusi
– Tanya jawab – Simulasi
– Latihan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan kedua :
A. Kegiatan Awal
   Apersepsi :
• Bertanya jawab tentang pengalaman siswa dalam diskusi
• Bertanya jawab hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyanggah
   pendapat dan menolak usulan orang lain
   Memotivasi :
• Membuat notula rapat yang memuat catatan tentang pendapat-pendapat
   yang disampaikan oleh peserta diskusi
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  memfasilitasi peserta didik dapat Memerhatikan dan membaca ilustrasi ketika sedang rapat OSIS
F  Bertanya jawab dengan siswa tentang cara memutuskan sebuah persoalan dalam rapat atau diskusi

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.    

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Menyimpulkan cara menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan  penolakan pendapat disertai dengan bukti atau alasan, dan membuat notula rapat setelah diskusi atau rapat

V. Sumber/Bahan/Alat
§ Naskah diskusi, contoh notula, dan alat-alat diskusi/rapat yang diperlukan
§ Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

VI. Penilaian
§ Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·   Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
·   Mampu merangkai pokok-pokok berita  secara bervasiasi  menjadi teks berita
·   Mampu menyunting berita yang ditulis

Tes tulis


Tes praktik/kinerja


Uraian


Uji petik kerja


§ Tulis pokok-pokok berita dengan singkat!
§ Tulislah teks berita dengan cara merangkai  secara bervariasi pokok-pokok berita!
§ Suntinglah teks beritamu dan berita temanmu!

Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
Aspek Penilaian
Bobot
Nilai
1
1. Kemampuan menyampaikan persetujuan, sanggahan,
     dan penolakan pendapat
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat (2)
c. Tidak tepat (1)
5

2
2. Keberanian memimpin rapat atau diskusi
a. Berani (3)
b. Kurang berani (2)
c. Tidak berani (1)
5

3
3. Membuat notula rapat atau diskusi
a. Benar (3)
b. Kurang benar (2)
c. Tidak benar (1)
5


Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45

Nilai akhir :     Skor yang diperoleh       
                          X   100  
                                    Skor maksimak


                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,



Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Januari 2012
Guru Mata Pelajaran,



Dra. ENUNG SUKMAWATI
NIP. 196611302008012002

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMP NEGERI 1 SINGAJAYA
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester         : VIII/2
Alokasi Waktu          : 6 x 40 menit  ( 3 x Pertemuan )
Standar Kompetensi : 10.    Mengemukakan pikiran, perasaan, dan informasi melalui
kegiatan diskusi dan protokoler
Kompetensi Dasar    : 10.2. Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar,
serta santun

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
• membuat susunan acara untuk berbagai keperluan;
• membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
II. Materi Ajar
Susunan acara

III. Metode Pembelajaran
– Contoh – Diskusi
– Tanya jawab – Simulasi
– Latihan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama, kedua dan ketiga :
A. Kegiatan Awal
    Apersepsi :
• Bertanya jawab tentang pengalaman siswa dalam membawakan acara resmi.
   Memotivasi :
• Menjelaskan hal-hal yang perlu dilakukan pembawa acara pada saat  membawakan acara
B. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F  Bertanya jawab hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan dalam membuat susunan acara dan membawakannya untuk berbagai keperluan
F  memfasilitasi peserta didik dapat Membaca dan memerhatikan ilustrasi Sihasale dalam membawakan susunan acara pembukaan koperasi sekolah
F  memfasilitasi peserta didik dapat Memerhatikan ilustrasi cara Sihasale membuka acara tersebut

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Memberikan penguatan materi yang baru dibelajarkan
F  Menyimpulkan cara menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat  disertai bukti atau alasan, dan membuat notula rapat setelah diskusi atau rapat

V. Sumber/Bahan/Alat
Teks susunan acara dan alat-alat yang diperlukan
Buku pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

VI. Penilaian
§ Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·   Mampu menentukan mekanisme diskusi
·   Mampu menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi dengan etika yang baik dan argumentatif

Tes tulis



Observasi
Uraian



Lembar observasi
§ Tulislah  beberapa mekanisme diskusi berdasarkan model diskusi!
Observasi
§ Penyampaian diskusi sesuai mekanisme disktida usi: Sangat sesuai, sesuai, kurang sesuai, tidak sesuai
§ Ketepatan pengganaan kalimat sanggahan: sangat tepat, tepat, kurang tepat, tidak tepat, dst.





Bentuk tes: lisan dan tertulis
No
Aspek Penilaian
Bobot
Nilai
1
1. Membuat susunan acara
a. Semua benar (3)
b. Sebagian besar benar (2)
c. Sebagian besar salah (1)
5

2
2. Membawakan acara dengan bahasa yang
baik dan benar, serta santun
a. Berani (3)
b. Kurang berani (2)
c. Tidak berani (1)
5

3
3. Menggunakan penghubung yang
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat (2)
c. Tidak tepat (1)
5


Keterangan
Skor maksimum 3 (3 × 5) = 45

Nilai akhir :     Skor yang diperoleh      
                          X   100  
                                    Skor maksimak


                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Singajaya,



Drs. RUSMANA, M.Pd.
NIP. 19590515 197912 1003

Singajaya,   Januari 2012
Guru Mata Pelajaran,



Dra. ENUNG SUKMAWATI
NIP. 196611302008012002

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top