SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS VII SMP SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                : ..........................
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 7.    Mendengarkan
                                          Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan llingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur  : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       memahami ungkapan-ungkapan  meminta & memberi jasa
b.      memahami penjelasan meminta & memberi barang
c.       memahami pertanyaan tentang meminta & memberi fakta

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice
·         Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan:
expression and respond
expression and match it with the suitable response
b.      Grammar Practice
Contoh:
A :  Pass me the  pencil,   please!
B :  Sure. Here you  Are.
A :  Give me a piece  of paper, please!
B :  Sure, Here You  are.

A :  Did you come  here yesterday?
B :  I did.
3.      Metode Pembelajaran: Three phase technique

4.      Langkah-Langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai ungkapan-ungkapan  meminta & memberi jasa.
Motivasi :
·         menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan dan memahami ungkapan-ungkapan  meminta & memberi jasa
F  Mendengarkan dan memahami meminta & memberi barang
F  Mendengarkan dan melengkapi kebangsaan orang-orang dalam gambar
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber Belajar
A.     Buku teks yang relevan :
B.     Kaset/CD  
C.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
D.     Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon ungkapan-ungkapan :
1.Meminta &  
   memberi jasa

2. Meminta &   
       memberi  
       barang

    3.Meminta &
       memberi
       fakta




Tes lisan


a.Tes tulis



b.Unjuk kerja



Tes lisan


Merespon ungkapan


Matching


T / F


Merespon tindakan
Memberi jawaban singkat


 1. Listen to the expression and
     respond to it

2.  Listen to the expression and
     match it with the suitable  
     response

3.  Listen to the dialoque and
     decide whether it is TRUE or
     FALSE.
4. Pass me the pencil, please.
5. Give short answer

A.     Instrumen:
Ø  Listen to the expression and respond to it
Ø  Listen to the expression and match it with the suitable response
Pass me the pencil, please.

B.     Pedoman Penilaian
Nilai maksimal masing-masing elemen= 25
Nilai maksimal = 100
Nilai perolehan =

C.     Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0


Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  .....................................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                : ..........................
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 7.    Mendengarkan
                                          Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan llingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak turur : meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit


1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  memahami ungkapan-ungkapan  meminta & memberi pendapat
Ø  memahami pernyataan suka dan tidak suka
Ø  memahami permintaan klarifikasi secara interpersonal

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.      Materi Pembelajaran
Respond to  the following expression orally.
 A: What do you think?
 B: .Not ........
 A: What do you like to drink?
 B: ...................

Listen to the expression and choose the best option
 A: Are you sure?
 B: .............
 a. Ok         b.  Fine
 c. Alright    d. I am

3.      Metode Pembelajaran: Three phase technique



4.      Langkah-Langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai ungkapan-ungkapan  meminta dan memberi pendapat dan menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal
Motivasi :
·         menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan dan merespon introduction tentang topik materi yang akan disampaikan
F  Mendengarkan dan merespon penjelasan kosakata dan tatabahasa tentang topik materi yang akan dipelajari
F  mendengarkan percakapan transaksional dan interpersonal tentang topik materi yang dipelajari
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan :.
§  Kaset/CD  .
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan


6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Merespon ungkapan-ungkapan :
1. Meminta dan    memberi
   pendapat
2.Menyatakan     suka dan tidak    suka
3.Meminta klarifikasi
4. Merespon  secara  
     interpersonal

Tes lisan    



Tes Lisan


Tes tulis




Tes tulis
Merespon ungkapan


Merespon ungkapan

 pilihan ganda



jwbn singkat

 Respond to  the following 
    expressions orally.
1.     A: What do you think?
        B: .Not ........
2.  A: What do you like to 
          drink?
      B: ...................
3.  A: Are you sure?
     B: ..................
         a. Ok         b.  Fine
         c. Alright    d. I am

4. A: I’m happy
    B: Are you?
    A:…….

A.     Instrumen:
Respond to  the following expression orally.
 A: What do you think?
 B: .Not ........

Listen to the expression and choose the best option
 A: Are you sure?
 B: .............
 a. Ok         b.  Fine
 c. Alright    d. I am

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0




Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  .....................................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................
 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                : ..........................
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi      : 8.   Mendengarkan
                                             Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit


Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  memahami teks fungsional pendek mengenai
o   Instruksi
o   Daftar barang belanjaan
o   Ucapan selamat
o   Pengumuman
o   Menentukan fungsi komunikatif teks yang didengar.
o   Menentu kan ciri kebahasaan dari masing-masing teks fungsional yang didengar

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty )
Materi Pembelajaran
·         Teks fungsional pendek berupa :
Instruksi
Daftar barang
Ucapan Selamat
Pengumuman
  • Kosakata terkait tema dan jenis teks

  • Ciri kebahasaan teks fungsional :
instruksi
daftar barang
ucapan selamat
pengumuman

Metode Pembelajaran: Three phase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai interaksi dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Brain storming tentang kosakata terkait materi
F  Membahas kosakata dan tata bahasa terkait materi tentang : noun, noun phrase, adjective, verb, adverb.
F  Mendengarkan teks fungsional  yang mengunakan gambit-gambit attention please, thanks, excuse me, sorry.
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan :
§  Kaset/CD  
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan



Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.Merespon makna
    dalam teks fung-
    sional pendek :
- Instruksi
- Daftar barang
   belanjaan
- Ucapan 
   selamat
- Pngumuman
 2. Menentukan
    Fungsi komuni-
    katif teks yang
    didengar.

3. Menentu kan ciri
    kebahasaan dari
    masing-masing
    teks fungsional
    yang didengar

Tes lisan

 Tes tulis

Unjuk kerja

Test Lisan

Tes Tulis
Jwbn singkat

-Pilihan  ganda

-melengkapi
 Melakukan perintah
Jawaban Singkat

Uraian singkat
Listen to the text and answer the questions.

Listen to the text and choose the best option.

Listen to the text and complete the sentences.

Listen to the instruction and do it !

What is the purpose of the text

Listen and write all the verbs stated in the text

Listen and write all the verbs stated in the text


§  Instrumen:
1.      Listen to the text and answer the questions.
2.      Listen to the text and choose the best option.
3.      Listen to the text and complete the sentences.
4.      Listen to the instruction and do it !

§  Pedoman Penilaian
Ø  Untuk tiap jawaban benar skor 2,5
Ø  Jumlah skor maksimal 4 x 2,5  = 10
Ø  Nilai maksimal = 10
Nilai Siswa =

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0

Mengetahui:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          
Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  .....................................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama sekolah                : ..........................
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            :  VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 8.    Mendengarkan
                                             Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar       : 8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  memahami teks teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat Instruksi diskriptif & procedur

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran
·         Teks monolog berbentuk:
DeskriptIf
prosedur
Kosakata terkait tema / jenis teks
Ciri kebahasaan teks deskriptif dan procedur.
Langkah retorika teks deskriptif / prosedur

Metode Pembelajaran: Three phase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai interaksi dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa


B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan dan merespon tentang berbagai hal terkait tema / jenis teks yang dibahas.
F  Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang muncul dalam teks deskriptif / prosedur
F  Mendengarkan model monolog teks deskriptif/prosedur
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Menjawab pertanyaan secara lisan tentang isi teks deskriptif/prosedur
F  Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar.
F  Mengidentifikasi kata kerja dari teks yang didengar.
F  Mendengarkan teks deskriptif / prosedur lainnya.
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan
§  Kaset/CD
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan

Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·  Merespon informasi dalam teks lisan monolog  berbentuk :
- Diskriptif
- Procedur

·   Menentukan ciri kebahasaan teks yang didengar.

·   Menentukan fungsi komunikatif teks yang didengar.

 Tes lisan


 Tes tulis


 Tes tulis

 Pertanyaan lisan

 Pilihan ganda


Pilihan ganda
 Listen and answer the following questions

 Listen to the text and choose the best answer by crossing a,b,c or d

Listen to the text and choose the best answer by crossing a,b,c or d


§  Instrumen:
§  Listen and answer the following questions
§  Listen to the text and choose the best answer by crossing a,b,c or d
Listen and make a draft of retelling descriptive/procedure text

§  Pedoman Penilaian
Ø  Untuk tiap jawaban benar skor 5
Ø  Jumlah skor maksimal 5 x 2 = 10
Ø  Nilai maksimal = 10
Nilai Siswa =

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0




Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  .....................................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah                : ..........................
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                        : VII (Tujuh) / 2
Standar Kompetensi     : 9.    Berbicara
                                             Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat      
Kompetensi Dasar       : 9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal ( bersosialisasi ) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar  dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta memberi fakta
Aspek/Skill                  : Berbicara
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2 X Pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
Ø  memahami teks percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi Pembelajaran
Contoh:
A : Pass me the  pencil please!
B : Sure. here you are.

A : Give me the paper Please!
B : Sure, here it is.

Metode Pembelajaran: Three phase technique

Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama Dan Kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab mengenai percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Motivasi :
·         menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, adjective, adverb, noun phrase
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Menirukan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam percakapan sesuai materi
F  Berlatih dengan teman mengunakan ungkapan-ungkapan yang ada dalam percakapan sesuai materi
F  Bermain peran menggunakan ungkapan yang telah dipelajari
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar
§  Buku teks yang relevan
§  Kaset/CD
§  Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
§  Gambar-gambar yang relevan

Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
* Bertanya dan menjawab berbagai informasi :
    1.Meminta dan
       memberi jasa

    2.Meminta dan
       memberi barang

    3.Meminta dan
        memberi fakta


Unjuk kerja


Tes Lisan






Unjuk kerja

Bermain peran


Merespon ungkapan





Bermain peran

1. Perform the dialogue with 
    your friend in the front of the    class!

2. Listen to the expression and
    respond to it , example :
    a. Pass me the salt, please.
    b. Give me the paper,
        please.
    c. Did you come late?

3. Create a dialoque based on       the role cards and performit.


§  Instrumen:
Perform the dialogue with your friend in the front of the class!

Listen to the expression and respond to it , example :
1.      Pass me the salt, please.
2.      Give me the paper, please.

Create a dialoque based on the role cards and perform it.

§  Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar
Jawaban kurang tepat
Jawaban salah
2
1
0


Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  .....................................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,



( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................
 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS VII SMP SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top