SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII SMP SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


                                                        SMP/MTS                   : ..........................
                                                        Kelas/Semester           : VIII (Delapan) / 2
                                                      Standar Kompetensi     : 7. Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar       : 7.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
Jenis teks                     : Transactional / Interpersonal
Tema                           : Traveling and Holidays
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       Melengkapi dialog berdasarkan rekaman
b.      Memilih jawaban berdasarkan rekaman
c.       Menjawab pertanyaan berdasarkan rekaman dalam percakapan
d.      Melengkapi informasi berdasarkan rekaman wawancara

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 88, 100, 101, 115)
·         Rekaman dan script dialog
·         Daftar pertanyaan dan pilihan jawaban
·         Gambar  dan tabel informasi yang rumpang
·         peta
b.      Developing Oral Skills (halaman 97 dan 100)
·         Rekaman dialog dan pilihan jawaban
·         Rekaman wawancara dan daftar informasi yang rumpang

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
a.       Kegiatan Pendahuluan
b.   Kegiatan Inti
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab tentang gambar yang terdapat dalam buku
·         Menjawab pertanyaan dari guru, misal: Who sits behind you?, Who sits next to you?
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendengarkan dialog
F  Melengkapi dialog berdasarkan rekaman
F  Bertanya jawab dengan siswa lain untuk memeriksa jawaban
F  Mendengarkan rekaman percakapan
F  Memilih jawaban berdasarkan rekaman
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Berdiskusi dengan seluruh kelas tentang jawaban yang tepat sesuai dengan bacaan
F  Menjawab pertanyaan berdasarkan rekaman dalam percakapan
F  Mendengarkan rekaman wawancara seorang jurnalis
F  Melengkapi informasi berdasarkan rekaman wawancara
F  Bertanya jawab dengan siswa lain untuk memeriksa jawaban yang  tepat
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan .
b.      CD / kaset
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.      Merespon ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
2.      Merespon ungkapan meminta,memberi, menolak barang
3.      Merespon ungkapan meminta, memberi, mengingkari informasi
4.      Merespon ungkapan meminta,memberi, menolak pendapat
5.      Merespon ungkapan meminta,menerima, menolak tawaran

Tes tertulis




Tes lisan



Tes tulis

1. Isian singkat




2. Jawaban 
    singkat


3. Pilihan 
    ganda

1.Listen to the
   expression and 
   write your 
   response to it.

2.Listen to the
  expression and
  give your
  response to it.

3.Listen to the dialogue and choose the right answer.

a.       Instrumen:
Listen to the dialogue and fill in the blanks (listening script on listening on page 88)
1.      What time must the students be at the station?
2.      How do we get to Windsor Castle?
3.      How long does it take to get there?
4.      If we walk along the street and take the second on the right, what road will we find?
5.      What time does the train leave?

b.      Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3
2. Jumlah skor maksimal  x 3 = 15     
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
c.       Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0




Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTS                   : ..........................
Kelas/Semester                        : VIII (Delapan) / 1
Standar Kompetensi     : 7     Memahami   makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar       : 7.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, dan  mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
Jenis teks                     : Transactional / Interpersonal
Tema                           : Places and buildings
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       Melengkapi formulir pemesanan hotel
b.      Memilih jawaban berdasarkan rekaman dialog
c.       Mencocokkan karakter-karakter dengan alat transportasi dan jadwal kedatangan
d.      Mengidentifikasi gambar dengan informasi yang terdapat dalam rekaman
e.       Menentukan kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi ∫ dan t∫

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 131)
·         Rekaman dialog
·         Daftar pertanyaan dan pilihan jawaban
b.      Developing Oral Skills(halaman 121, 140, 150)
·         Rekaman percakapan telepon dan script formulir pemesanan
·         Rekaman dialog, daftar pertanyaan dan pilihan jawaban
·         Rekaman percakapan trivia game Nigel dan Simon
c.       Pronunciation (halaman 152)
·                     Rekaman dan script kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi ∫ dan t∫
3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab tentang bagaimana menjawab telepon dalam bahasa Inggris
·         Menulis alat-alat transportasi dengan mendengarkan keterangan dari guru
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendengarkan percakapan telepon
F  Melengkapi formulir pemesanan hotel
F  Memeriksa jawaban bersama seluruh kelas
F  Mendengarkan rekaman percakapan orang-orang yang akan berlibur
F  Mencocokkan jawaban berdasarkan informasi dalam rekaman tersebut
F  Tanya jawab dengan siswa lain untuk memeriksa jawaban yang tepat
F  Mencocokkan karakter-karakter dengan alat transportasi dan jadwal kedatangan
F  Mendengarkan percakapan Alison tentang rencana perjalanannya
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memilih jawaban yang tepat berdasarkan keterangan dalam percakapan
F  Mengidentifikasi gambar dengan informasi yang terdapat dalam rekaman
F  Mendengarkan pelafalan kata-kata dengan  bunyi ∫ dan t∫
F  Menggarisbawahi kata kata dengan pelafalan bunyi ∫ dan t∫
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan ..
b.      CD / kaset.
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.      Merespon ungkapan meminta,memberi persetujuan

2.      Merespon ungkapan pernyataan
3.      Merespon ungkapan memberi perhatian terhadap pembicara
4.      Mengawali, memperpanjang an menutup percakapan
5.      Merespon ungkapan mengawali, memperpanjang dan menutup percakapan telepon

Tes lisan



Tes lisan



Tes tulis

Merespon ungkapan

Merespon ungkapan

Melengkapi percakapan

Pilihan ganda

Pilihan ganda

Listen to the expressions and give your response to them.

Listen to the dialogue and complete the text

Listen to the dialogue and choose the best answer

Listen to the dialogue and choose the best answer


a.       Instrumen:
Listen to the recording (listening on page 142) and answer the questions
1.                  Why does Simon look a bit sad?
2.      How does he compare Fred and Jim Tilden?
3.      How does Julia compare Fred and Jim Tilden?
4.      What happened to Fred exactly?
5.      How do they get to the hospital?                                                                                
b.      Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3
2. Jumlah skor maksimal  x 3 = 15     
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =


c.       Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0



Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................
.          

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTS                   : ..........................
Kelas/Semester                        : VIII (Delapan) / 2
Standar Kompetensi     : 8.    Memahami   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar       : 8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Jenis teks                     : teks lisan fungsional
Tema                           : Traveling and Holiday
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 2 x 40 menit

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a.       Melengkapi teks dengan memilih jawaban berdasarkan rekaman
b.      Mengikuti rute pada peta berdasarkan informasi
c.       Mengidentifikasi penekanan pada pengucapan must dan can
d.      Melengkapi tabel berdasarkan rekaman
e.       Mengidentifikasi pelafalan –th
f.       Mengidentifikasi pelafalan pada huruf a

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 113)
·        Rekaman dan tabel informasi
·        Gambar dan peta
b. Developing skills (halaman 96, 97)
·        Rekaman dan script teks petunjuk peta
·        Gambar dan peta yan berkaitan dengan teks
·        Daftar pertanyaan
c. Pronunciation (halaman 98, 110, 122)
·         Rekaman dan script kalimat yang mendapat penekanan dalam pengucapan must dan can
·         Rekaman dan script kata-kata yang memuat pelafalan th
·         Rekaman dan script kata-kata yang memuat pelafalan huruf a
3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique


4.      Langkah-langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab tentang gambar-gambar
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa

B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendengarkan informasi tentang tujuan liburan orang-orang yang tertera dalam tabel
F  Melengkapi tabel berdasarkan rekaman
F  Mengulangi pengucapan kata-kata tersebut sesuai dengan pelafalannya
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Berdiskusi dengan seluruh kelas tentang jawaban yang tepat
F  Melengkapi teks dengan memilih jawaban berdasarkan rekaman
F  Mengikuti rute pada peta berdasarkan informasi dalam peta
F  Mengelompokkan kata-kata sesuai dengan pelafalannya
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan..
b.      CD / kaset.
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.    Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek
    - Notices
    - Iklan
2.    Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks fungsional pendek

Tes tulis

Melengkapi rumpang




Benar / Salah
Listen to the dialogue and complete the following text.

Listen to the dialog and decide whether the statements are True or False


a.       Instrumen:
Listen to the recording about how to get to Warwick Castle.
Script:
It just takes about half an hour to get to Warwick Castle from here. Walk along this street and take the first on the left. Go ahead until you find the post office. Turn right and go straight on. You’ll see Warwick Castle on the right. Don’t forget that you mustn’t take photos there.
Rewrite the description of how to get to Warwick Castle and:
b.      Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 2
2. Jumlah skor maksimal 5 x 2 = 10   
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =

c.       Rubrik Penilaian
Uraian
Skor
Jawaban benar dengan kalimat sempurna
Jawaban benar dengan kalimat kurang sempurna
Jawaban salah 
2
1
0








Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP/MTS                   : ..........................
Kelas/Semester                        : VIII (Delapan) / 2
Standar Kompetensi     : 8.    Memahami   makna dalam teks  lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk narrative dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
Kompetensi Dasar       :8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog  pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
Jenis teks                     : monologue (narative/recount)
Tema                           : Places and Buildings
Aspek/Skill                  : Mendengarkan
Alokasi Waktu             : 4 x 40 menit ( 2x pertewmuan )

1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a.       Melengkapi teks monolog berdasarkan rekaman
b.      Menulis nama-nama zodiak berdasarkan pernyataan-pernyataan yang ada
c.       Menulis kembali kalimat-kalimat dalam bentuk komparatif
d.      Menentukan tempat yang terdapat dalam peta sesuai rekaman dalam monolog

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2.      Materi Pembelajaran
a.       Communication Practice (halaman 132)
·         Rekaman monolog dan script teks rumpang
b.      Developing Skills (halaman 139 dan 161)
·         Rekaman dan daftar pernyataan
·         Rekaman ‘a tour guide’s monologue showing some tourist sites around London’
c.       Grammar Practice (halaman 147)
·         Penjelasan bentuk komparatif tidak teratur

3.      Metode Pembelajaran: three-phase technique

4.      Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama, dan dua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
·         Tanya jawab tentang horoskop: Do you believe in horoscope? What is your star sign?
·         Menulis kata-kata yang didengar dari guru, misal: cancer, leo, etc.
Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B.   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Mendengarkan teks monolog dengan mengacu pada peta
F  Melengkapi teks monolog berdasarkan rekaman
F  Berdiskusi dengan seluruh kelas untuk memeriksa jawaban yang tepat
F  Mendengarkan monolog Weekly Horoscope
F  Menulis nama-nama zodiak berdasarkan pernyataan-pernyataan yang ada
F  Tanya jawab dengan siswa lain untuk memeriksa jawaban
F  Mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk komparatif tidak teratur
F  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
F  Membantu menyelesaikan masalah;
F  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

5.      Sumber belajar
a.       Buku teks yang relevan..
b.      CD / kaset.
c.       Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d.      Gambar-gambar yang relevan

6.      Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
1.      Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog narative dan recount.

2.      Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks naratif dan recount
Tes tulis
Pilihan ganda


Melengkapi rumpang
Listen to the text and choose the right answer

Listen to the text and complete the bellow sentences

a.       Instrumen:

Listen to the Weekly Horoscope (listening on page 139) and state whether these following statements are right or wrong.
Section 1 (Aries to Libra)
Right     Wrong
1.      Aries says that this is another intense week
2.      Gemini may be better to follow other’s ideas
3.      Cancer may go abroad
4.      Leo can expect a stable week
5.      Libra says that if you try hard to get what you want,
you will get it

Section 2 (Scorpio to Pisces)
1.      Scorpio says not to believe the person saying impossible
2.      Sagitarius may be successful if they ignore other’s opinion
3.      Capricorn should keep quiet to get more ideas
4.      Pisces can have some interesting exchanges over this week
5.      It is suggested for Pisces not to think too long about the ideas

b.      Pedoman Penilaian\
Setiap jawaban yang sempurna diberi skor 1.
Jumlah skor maksimal keseluruhan     10       
Nilai maksimal = 10
Nilai Siswa =



Mengetahui;
Kepala Sekolah ....................



( ....................................................... )
NIP /NIK :  ..............................
........., ....................20.....
Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS VIII SMP SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top