SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP EKONOMI KELAS X SMA DAN MA SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas I Semester        :  X / Dua
Pertemuan ke             : 1
Alokasi Waktu             :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi : 4.      Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
Kompetensi Dasar :  4.1.   Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro
Indikator
o      Mendeskripsikan pengertian Ekonomi Mikro dan Makro
o      Mendeskripsikan perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro
o      Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal usaha industri kecil) dan ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional dll)

I.       Tujuan
Siswa dapat :
o      mendeskripsikan perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro
o      Mendeskripsikan pembagian ilmu ekonomi
o      Mendeskripsikan analisa ekonomi mikro dan makro

II.      Materi  Pembelajaran  :          
Ekonomi Mikro dan Makro
o      Pengertian Ekonomi mikro dan Ekonomi makro
o      Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro
o      Contoh kegiatan ekonomi makro dan mikro

III.     Metode Pembelajaran :          
1,      Ceramah bervariasi
2.      Pemberian tugas
3.      Diskusi

IV.     Langkah-Langkah Pembelajaran


Kegiatan Pembelajaran

Alokasi
Waktu
A.      Kegiatan awal:
a.      Apersepsi
b.      Motivasi
c.      Potensi diri
d.      Pre tes

10
B.     Kegiatan Inti :
·                Mendeskripsikan pengertian Ekonomi Mikro dan Makro melalui  kajian  referensi.
·                Mendiskusikan Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro di kelas
·                Menunjukan contoh dimasyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam diskusi.
·                Menyimpulkan hasil diskusi tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro


70
C.     Kegiatan Akhir :
a.      Menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Post tes


10

V.      Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a.      Alat / Bahan          :    Peta Konsep


b.      Sumber Belajar     :    Ekonomi SMA Jilid 1, MT. Ritonga, Yoga Firdaus.  PT. Phibeta Jakarta 2007  dan LKS Gita

VI.     Penilaian          
1.      Prosedur   :
a.   Penilaian proses belajar mengajar
b.   Penilaian hasil belajar

2.      Alat Penilaian (Soal terlampir)





         Mengetahui                                                                                            Guru Mata Pelajaran
         Kepala Madrasah






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas I Semester        :  X / Dua
Pertemuan ke             : 2
Alokasi Waktu             :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi            : 4.       Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
Kompetensi Dasar : 4.2.    Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
Indikator
o      Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi (kemiskinan,pemerataan pendapatan).
o      Memecahkan Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi

I.          Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
o      Mendeskripsikan tiga masalah makroekonomi utama dalam jangka pendek dan jangka panjang
o      Mendeskripsikan masalah yang dihadapi pemerintah negara berkembang
o      Mendeskripsikan masalah ekonomi yang dihadapi negara maju

II.        Materi  Pembelajaran  :          
Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi
o      Kemiskinan
o      Pemerataan pendapatan

III.       Metode Pembelajaran :          
1,      Ceramah bervariasi
2.      Pemberian tugas
3.            Diskusi

IV.      Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi
Waktu
A.      Kegiatan awal:
a.      Apersepsi
b.      Motivasi
c.      Potensi diri
d.      Pre tes

10
B.     Kegiatan Inti :
o      Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui observasi lingkungan siswa. (kemiskinan,pemerataan pendapatan).
o      Memecahkan Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi dalam diskusi kelompok.
o      Mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok melalui presentasi


70

C.     Kegiatan Akhir :
a.      Menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Post tes
c.      Lembar Kerja Siswa


10

V.      Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a.      Alat / Bahan          :    Peta Konsep

b.      Sumber Belajar     :    Ekonomi SMA Jilid 1, MT. Ritonga, Yoga Firdaus.  PT. Phibeta Jakarta 2007  dan LKS Gita

VI.     Penilaian          
1.      Prosedur   :
a.   Penilaian proses belajar mengajar
b.   Penilaian hasil belajar

2.      Alat Penilaian (Soal terlampir)



              
         Mengetahui                                                                                            Guru Mata Pelajaran
         Kepala Madrasah





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas I Semester        :  X / Dua
Pertemuan ke             : 3
Alokasi Waktu             :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi :5.     Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)
Kompetensi Dasar    :5.1.     Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN
Indikator
o      Mendeskripsikan konsep PDB, PNB, PNN, PI, Pendapatan Disposibel (disposible income)
o      Menghitung  Pendapatan Per Kapita.

I.       Tujuan Pembelajaran
o      Menjelaskan definisi dan cara perhitungan pendapatan nasional berdasarkan pendekatan yang ada

II.      Materi  Pembelajaran  :          
Pendapatan Nasional
o      Pengertian Pendapatan nasional
o      konsep PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, dan DI
o      Cara penghitungan pendapatan nasional

III.     Metode Pembelajaran :          
1,      Ceramah bervariasi
2.      Pemberian tugas

IV.     Langkah-Langkah Pembelajaran


Kegiatan Pembelajaran

Alokasi
Waktu
A.      Kegiatan awal:
a.      Apersepsi
b.      Motivasi
c.      Potensi diri
d.      Pre tes


10
B.     Kegiatan Inti :
o      Merumuskan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, Pendapatan Disposibel (DI), melalui pengkajian referensi
o      Memberikan contoh Menghitung Pendapatan perkapita berdasarkan data BPS
o      Membagi kelompok untuk membahas Perhitungan Pendapatan Perkapita berdasarkan data negara maju dan negara berkembang
o      Guru menyimpulkan konsep dasar Perhitungan Pendapatan Perkapita


70

C.     Kegiatan Akhir :
a.      Menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Post tes


10

V.      Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a.      Alat / Bahan          :    Peta Konsep

b.      Sumber Belajar     :    Ekonomi SMA Jilid 1, MT. Ritonga, Yoga Firdaus.  PT. Phibeta Jakarta 2007  dan LKS Gita

VI.     Penilaian          
1.      Prosedur   :
a.   Penilaian proses belajar mengajar
b.   Penilaian hasil belajar

2.      Alat Penilaian (Soal terlampir)



                
         Mengetahui                                                                                            Guru Mata Pelajaran
         Kepala Madrasah





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas I Semester        :  X / Dua
Pertemuan ke             : 4
Alokasi Waktu             :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi :5.     Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)
Kompetensi Dasar : 5.2.       Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional
Indikator
o      Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional
o      Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran
o      Membedakan metode perhitungan pendapatan  nasional  dengan pendekatan  pendapatan, produksi dan pengeluaran.

I.       Tujuan Pembelajaran
o      Menjelaskan hubungan PDB, pendapatan nasional, personal income, dan Disposable income

II.      Materi  Pembelajaran  :          
Perhitungan pendapatan nasional
o      Manfaat perhitungan Pendapatan Nasional
o      Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran

III.     Metode Pembelajaran :          
1,      Ceramah bervariasi
2.      Pemberian tugas
3.            Diskusi

IV.     Langkah-Langkah Pembelajaran


Kegiatan Pembelajaran

Alokasi
Waktu

A.      Kegiatan awal:
a.      Apersepsi
b.      Motivasi
c.      Potensi diri
d.      Pre tes


10

B.     Kegiatan Inti :
o      Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional dengan mengkaji sumber referensi di kelas
o      Menunjukan perbedaan  metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan produksi , pendapatan, dan pengeluaran melalui pengkajian referensi.
o      Membagi 5 kelompok  untuk melakukan diskusi tentang Perhitungan Pendapatan Nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan dan pengeluaran


70

C.     Kegiatan Akhir :
a.      Menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Post tes
c.      ………………………………………….


10

V.      Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a.      Alat / Bahan          :    Peta Konsep

b.      Sumber Belajar     :    Ekonomi SMA Jilid 1, MT. Ritonga, Yoga Firdaus.  PT. Phibeta Jakarta 2007  dan LKS Gita

VI.     Penilaian          
1.      Prosedur   :
a.   Penilaian proses belajar mengajar
b.   Penilaian hasil belajar

2.      Alat Penilaian (Soal terlampir)


           
         Mengetahui                                                                                            Guru Mata Pelajaran
         Kepala Madrasah





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas I Semester        :  X / Dua
Pertemuan ke             : 5
Alokasi Waktu             :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi :5.     Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)
Kompetensi Dasar :  5.3.   Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain
Indikator
o      Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita  Indonesia dengan negara lain.

I.       Tujuan Pembelajaran
o      Menjelaskan hubungan pendapatan nasional, pendapatan perkapita, dan distribusi pendapatan
o      Menjelaskan hubungan pendapatan nasional, pendapatan perkapita, dan distribusi pendapatan

II.      Materi  Pembelajaran  :          
PDB dan pendapatan perkapita
o      Membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain

III.     Metode Pembelajaran :          
1,      Pemberian Tugas
2.      Diskusi
3.      Tanya Jawab

IV.     Langkah-Langkah Pembelajaran


Kegiatan Pembelajaran

Alokasi
Waktu
A.      Kegiatan awal:
a.      Apersepsi
b.      Motivasi
c.      Potensi diri
d.      Pre tes

10
B.     Kegiatan Inti :
o      Mengkaji referensi secara kelompok untuk membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain.
o      Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kasjian referensi

70
C.     Kegiatan Akhir :
a.      Menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Post tes

10



V.      Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a.      Alat / Bahan          :    Peta Konsep

b.      Sumber Belajar     :    Ekonomi SMA Jilid 1, MT. Ritonga, Yoga Firdaus.  PT. Phibeta Jakarta 2007  dan LKS Gita

VI.     Penilaian          
1.      Prosedur   :
a.   Penilaian proses belajar mengajar
b.   Penilaian hasil belajar

2.      Alat Penilaian (Soal terlampir)



              
         Mengetahui                                                                                            Guru Mata Pelajaran
         Kepala MadrasaH

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP EKONOMI KELAS X SMA DAN MA SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top