SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP IPA KELAS IX SMP SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


                                                     Sekolah              : .............................
                                        Kelas / Semester            : IX (Sembilan) / Semester II
                                                     Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
                                                    Alokasi waktu    :  3 X 40’ ( 2x pertemuan )

Standar Kompetensi
    4.    Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
4.1.  Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian magnet.
2.      Menyebutkan macam-macam magnet.
3.      Membedakan bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
4.      Menyebutkan contoh bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
5.      Mengamati arah gerak magnet batang.
6.      Membedakan magnet alam dan magnet buatan.
7.      Menjelaskan cara membuat magnet buatan.
8.      Menjelaskan sebab-sebab hilangnya sifat kemagnetan suatu bahan.
9.      Menjelaskan pengertian medan magnet.
10.  Menjelaskan pengertian garis gaya magnet.
11.  Mengamati gaya antar-kutub magnet dan medan magnet.
12.  Menjelaskan medan magnet bumi.
13.  Membedakan sudut deklinasi dan sudut inklinasi.
14.  Menjelaskan pengertian kuat medan magnet.
15.  Menyebutkan faktor yang mempengaruhi besarnya medan magnet.
16.  Mencari hubungan antara arah arus, medan magnet, dan kuat arus listrik.
17.  Menjelaskan cara menentukan arah medan magnet.
18.  Mengamati arah medan magnet di sekitar kawat lurus berarus listrik.
19.  Mengamati medan magnet kumparan berarus.

v  Karakter siswa yang diharapkan :           Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
         Kemagnetan

C. Metode Pembelajaran
1.  Model   :   -   Direct Instruction (DI)
                                         -   Cooperative Learning

                2.  Metode :  
                           -   Diskusi kelompok    
                           -   Ceramah
                            -   Eksperimen
                            -   Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
            a. Kegiatan Pendahuluan
1.                                          Motivasi dan Apersepsi:
·      Apakah aluminium tergolong bahan feromagnetik atau paramagnetik?
·      Apakah kita dapat membuat magnet?
1.      Prasyarat pengetahuan:
·      Apakah yang dimaksud dengan bahan paramagnetik?
·      Bagaimana cara membuat magnet?
·         Pra eksperimen:
·      Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan pengertian magnet.
F  Menyebutkan macam-macam magnet.
F  Membedakan bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
F  Menyebutkan contoh bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
F  Mengamati arah gerak magnet batang.
F  Membedakan magnet alam dan magnet buatan.
F  Menjelaskan cara membuat magnet buatan.
F  Menjelaskan sebab-sebab hilangnya sifat kemagnetan suatu bahan.
F  Menjelaskan pengertian medan magnet.
F  Menjelaskan pengertian garis gaya magnet.
F  Mengamati gaya antar-kutub magnet dan medan magnet.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian magnet.
F  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan macam-macam magnet.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh bahan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah magnet batang, sebuah statif, dan seutas benang.
F  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati arah gerak magnet batang
F  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan magnet alam dan magnet buatan.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan cara membuat magnet dan hal-hal yang dapat menghilangkan sifat kemagnetan suatu bahan.
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian medan magnet dan garis gaya magnet.
F  Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengamati gaya antar-kutub magnet batang dan medan magnet
F  Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan dua buah magnet batang, sebuah statif, seutas benang, selembar kertas HVS, dan sejumput serbuk besi.
F  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.


PERTEMUAN KEDUA
             a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
·      Bagaiamana cara menentukan sudut inklinasi?
·      Bagaimana hubungan antara kuat medan magnet dan kuat arus listrik?
·       Prasyarat pengetahuan:
·      Apakah yang dimaksud dengan inklinasi?
·      Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya medan magnet?
·         Pra eksperimen:
·      Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengamati arah medan magnet di sekitar kawat lurus berarus listrik dan mengamati medan magnet kumparan berarus
F  Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan kawat lurus panjang 20 cm, sebuah kompas kecil, selembar karton seukuran kuarto, sebuah baterai 9 V, sebuah saklar, kabel penghantar secukupnya, sebuah magnet batang, kawat tembaga sepanjang 20 cm, dan serbuk besi secukupnya.
F  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan medan magnet bumi.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan sudut deklinasi dan sudut inklinasi.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan cara menentukan sudut deklinasi dan sudut inklinasi.
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kuat medan magnet.
F  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor yang mempengaruhi besarnya medan magnet.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah kompas, kawat lurus sepanjang 20 cm, hambatan geser, sebuah ammeter, sebuah baterai 9 V, kabel penghantar secukupnya, sebuah saklar, dan dua buah penumpu.
F  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mencari hubungan antara arah arus, medan magnet, dan kuat arus listrik
F  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan arah medan magnet.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Terpadu
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Lingkungan
 d. Alat dan bahan praktikum


F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menunjukkan sifat kutub magnet
·   Mendemonstrasikan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan
·    Memaparkan teori kemagnetan bumi
·    Menjelaskan sifat  medan magnet secara kualitatif di sekitar kawat bermuatan arus listrik

·   Tes unjuk kerja

·   Tes unjuk kerja

·   Tes tertulis

·   Tes tertulis
·   Tes identifikasi
·   Uji petik kerja produk
·   Uraian

·   Uraian
·   Tunjukkan bagian-bagian magnet pada magnet batang!
·   Lakukanlah cara untuk membuat magnet jika disediakan besi lunak dan magnet batang
·   Jelaskan tentang teori kemagnetan bumi!
·   Jelaskan arah arus listrik dan arah medan magnet disekitar kawat berarus listrik!




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :.............................

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :.............................


 
  


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah              : .............................
Kelas / Semester            : IX (Sembilan) / Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu    :  3 X 40’ ( 2X Pertemuan )


Standar Kompetensi
   4.   Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
4.2.  Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
·         Menjelaskan pengertian elektromagnet.
·         Menyebutkan faktor mempengaruhi kekuatan medan magnet yang dihasilkan elektromagnet.
·         Menjelaskan aplikasi elektromagnet dalam beberapa produk teknologi.
·         Menjelaskan pengertian gaya Lorentz.
·         Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz.
·         Menentukan besar dan arah gaya Lorentz.
·         Menjelaskan aplikasi gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
         Kemagnetan

C. Metode Pembelajaran
1.  Model    :   -   Direct Instruction (DI)
                                -   Cooperative Learning
               2.  Metode  :   -   Diskusi kelompok     
                           -   Ceramah
                            -   Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
            a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
·      Mengapa medan magnet dapat timbul pada magnet yang dialiri arus listrik?
1.      Prasyarat pengetahuan:
·      Apakah yang dimaksud dengan elektromagnet?
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Menjelaskan pengertian medan listrik.
F  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor mempengaruhi kekuatan medan magnet yang dihasilkan elektromagnet.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

PERTEMUAN KEDUA
   a. Kegiatan Pendahuluan
-       Motivasi dan Apersepsi:
·       Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz?
·       Prasyarat pengetahuan:
·       Apakah yang dimaksud dengan gaya Lorentz?

   b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan pengertian gaya Lorentz.
F  Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya Lorentz.
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya Lorentz.
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara menentukan arah gaya Lorentz.
F  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan gaya Lorentz pada kawat yang berarus yang disampaikan oleh guru.
F  Guru memberikan beberapa soal menentukan gaya Lorentz pada kawat yang berarus untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan aplikasi gaya Lorentz.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan aplikasi gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari.
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Terpadu
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk teknologi
·    Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari
·   Menyadari pentingnya pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
·   Tes tertulis

·   Penugasan



·   Pemberian angkat
·   Uraian

·   Tugas rumah


·   Angket
·    Jelaskan cara kerja sebuah bel listrik.
·    Datalah alat-alat listrik yang ada dirumahmu dan kelompokkan yang prinsip kerjanya menggunakan gaya Lorenzt!
·    Angket model skala Likert




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :.............................

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :.............................


 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah              : .............................
Kelas / Semester            : IX (Sembilan) / Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu    :  4 X 40’ ( 2X Pertemuan )


Standar Kompetensi
4.   Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
             4.3  Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja                     beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian induksi elektromagnet.
2.      Menjelaskan pengertian arus listrik induksi.
3.      Mengamati timbulnya arus listrik oleh magnet.
4.      Membedakan arus listrik searah (DC) dan arus listrik bolak-balik (AC).
5.      Menjelaskan pengertian arus riak.
6.      Menjelaskan manfaat arus riak dalam kehidupan sehari-hari.
7.      Menjelaskan pengertian Gaya Gerak Listrik (GGL) induksi.
8.      Membedakan kumparan primer dan kumparan sekunder.
9.      Membedakan arus primer dan arus sekunder.
10.  Memahami GGL induksi dua kumparan.
11.  Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya GGL induksi.
12.  Menyebutkan penerapan GGL induksi dalam kehidupan sehari-hari.
13.  Membedakan prinsip kerja generator listrik DC dan generator listrik AC.
14.  Menjelaskan fungsi transformator.
15.  Memahami prinsip kerja trafo.
16.  Menyebutkan syarat trafo ideal.
17.  Membedakan trafo step-up dan trafo step-down.
18.  Menjelaskan pengertian efisiensi trafo.
19.  Menjelaskan kegunaan trafo dalam kehidupan sehari-hari.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
         Induksi Elektromagnetik

C. Metode Pembelajaran
1.  Model    :   -   Direct Instruction (DI)
                                         -   Cooperative Learning
               2.  Metode  : 
                           -   Diskusi kelompok    
                           -   Ceramah
                            -   Observasi
                            -   Eksperimen

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
   a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
·      Apakah listrik dapat menghasilkan magnet?
·      Apakah perbedaan generator DC dan generator AC?
·         Prasyarat pengetahuan:
·      Apakah yang dimaksud dengan induksi elektromagnet?
·      Apakah yang dimaksud dengan generator?
·         Pra eksperimen:
-      Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Menjelaskan pengertian medan listrik.
F  Menjelaskan pengertian induksi elektromagnet.
F  Menjelaskan pengertian arus listrik induksi.
F  Mengamati timbulnya arus listrik oleh magnet.
F  Membedakan arus listrik searah (DC) dan arus listrik bolak-balik (AC).
F  Menjelaskan pengertian arus riak.
F  Menjelaskan manfaat arus riak dalam kehidupan sehari-hari.
F  Menjelaskan pengertian Gaya Gerak Listrik (GGL) induksi.
F  Membedakan kumparan primer dan kumparan sekunder.
F  Membedakan arus primer dan arus sekunder.
F  Memahami GGL induksi dua kumparan.
F  Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya GGL induksi.
F  Menyebutkan penerapan GGL induksi dalam kehidupan sehari-hari.
F  Membedakan prinsip kerja generator listrik DC dan generator listrik AC.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian induksi elektromagnet.
F  Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian arus listrik induksi.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil dua buah magnet batang yang berbeda ukurannya, sebuah galvanometer, dan dua buah kumparan kawat.
F  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati timbulnya arus listrik oleh magnet (Kegiatan 11.1 h.35).
F  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan arus listrik searah (DC) dan arus listrik bolak-balik (AC).
F  Peserta didik memperhatikan pengertian dan manfaat arus riak dalam kehidupan sehari-hari yang disampaikan oleh guru.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian Gaya Gerak Listrik (GGL) induksi.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan kumparan primer dan kumparan sekunder.
F  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan arus primer dan arus sekunder.
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen memahami GGL induksi dua kumparan (Kegiatan 11.3 h.38-39)
F  Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan dua buah kumparan, sebuah galvanometer, sebuah inti besi, sebuah baterai 9 V, sebuah saklar, dan kabel penghubung secukupnya.
F  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya GGL induksi.
F  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan penerapan GGL induksi dalam kehidupan sehari-hari.
F  Peserta didik memperhatikan perbedaan prinsip kerja generator listrik DC dan generator listrik AC yang disampaikan oleh guru.
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

PERTEMUAN KEDUA
  a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
·      Alat apakah yang paling berperan untuk mengubah tegangan listrik?
·      Bagaimana cara menghitung efesiensi trafo?
1.    Prasyarat pengetahuan:
·      Apakah yang dimaksud dengan transformator?
·      Apakah yang dimaksud dengan efesiensi trafo?
·         Pra eksperimen:
-      Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Menjelaskan fungsi transformator.
F  Memahami prinsip kerja trafo.
F  Menyebutkan syarat trafo ideal.
F  Membedakan trafo step-up dan trafo step-down.
F  Menjelaskan pengertian efisiensi trafo.
F  Menjelaskan kegunaan trafo dalam kehidupan sehari-hari.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian transformator.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil dua buah trafo kecil (500 mA) yang masing-masing berupa trafo step-up dan trafo step-down, sebuah pembangkit sinyal, sebuah sumber arus listrik DC (misalnya baterai, aki, atau catu daya), dan sebuah osiloskop.
F  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen memahami prinsip kerja trafo
F  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai prinsip kerja trafo.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan syarat trafo ideal.
F  Peserta didik memperhatikan perbedaan trafo step-up dan trafo step-down yang disampaikan oleh guru.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian efisiensi trafo.
F  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan efisiensi trafo yang disampaikan oleh guru.
F  Guru memberikan beberapa soal menentukan efisiensi trafo untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan aplikasi trafo dalam kehidupan sehari-hari.
F  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Terpadu
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Lingkungan
 d. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·    Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan
·    Menjelaskan prinsip kerja dinamo/generator secara sederhana
·    Menjelaskan secara kualitatif prinsip sederhana cara kerja transformator
·    Menunjukkan hubungan antara pergeseran garis medan magnetik  dan terjadinya gaya gerak listrik induksi  melalui percobaan

·   Tes tertulis

·   Tes tertulis

·   Tes tertulis


·   Tes unjuk kerja


·   Uraian

·   Uraian

·   Uraian


·   Uji petik kerja


·          Jelaskan arah garis gaya di dalam medan magnet!
·          Jelaskan prinsip kerja generator arus searah!
·          Jelaskan cara kerja transformator (transformator step-up dan trafo step-down)!
·          Lakukan percobaan untuk menunjukkan hubungan antara pergeseran garis medan magnetik  dan terjadinya gaya gerak listrik induksi 
·         Faktor berikut dapat memperbesar ggl induksi yang dihasilkan generator atau                 dinamo, kecuali ....
a. mempercepat putaran
b. menggunakan kumparan dengan lilitan kawat yang lebih banyak
c. menggunakan magnet yang lebih kuat
d. menggunakan kawat lilitan yang berukuran penampang lebih besar
·         Mengapa trafo berdaya rendah menggunakan lilitan kawat berpenampang kecil sedangkan trafo berdaya tinggi menggunakan lilitan kawat berpenampang besar?
·         Mengapa trafo yang berarus listrik rendah memiliki jumlah kawat yang lebih banyak daripada trafo yang berarus listrik tinggi?
·         Buatlah artikel tentang pemanfaatan transformator pada peralatan elektronika




Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :.............................

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :.............................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah              : .............................
Kelas / Semester            : IX (Sembilan) / Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu    :  4 X 40’ ( 2x pertemuan )


Standar Kompetensi
             5.    Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.

Kompetensi Dasar
             5.1    Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian tata surya.
2.      Menyebutkan anggota tata surya.
3.      Menjelaskan pengertian planet.
4.      Menyebutkan planet dalam tata surya.
5.      Membedakan perihelium dan aphelium.
6.      Membedakan rotasi dan revolusi planet.
7.      Menjelaskan pengelompokan planet.
8.      Menjelaskan perbandingan antar planet ditinjau dari garis tengah, massa, kala rotasi, kala revolusi, dan jarak ke matahari.
9.      Menjelaskan pengertian satelit.
10.  Menyebutkan satelit-satelit besar dalam tata surya.
11.  Menjelaskan pengertian asteroid.
12.  Menyebutkan contoh asteroid dalam tata surya.
13.  Menjelaskan pengertian komet.
14.  Menjelaskan karakteristik komet.
15.  Membedakan meteor dan meteorit.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
         Anggota Tata Surya

C. Metode Pembelajaran
1.  Model    :   -   Direct Instruction (DI)
                                -   Cooperative Learning
   2.  Metode  :   -   Diskusi kelompok     
                          -   Ceramah
                           -   Observasi             
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
             a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
·      Benda manakah yang menjadi pusat tata surya? Bumi atau matahari?
·      Apakah pluto termasuk sebuah planet?
1.      Prasyarat pengetahuan:
·      Apakah yang dimaksud dengan tata surya?
·      Apakah yang dimaksud dengan planet?

b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Menjelaskan pengertian tata surya.
F  Menyebutkan anggota tata surya.
F  Menjelaskan pengertian planet.
F  Menyebutkan planet dalam tata surya.
F  Membedakan perihelium dan aphelium.
F  Membedakan rotasi dan revolusi planet.
F  Menjelaskan pengelompokan planet.
F  Menjelaskan perbandingan antar planet ditinjau dari garis tengah, massa, kala rotasi, kala revolusi, dan jarak ke matahari.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian tata surya.
F  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan anggota tata surya.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian planet.
F  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan planet dalam tata surya.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan garis edar planet (orbit).
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan perihelium dan aphelium.
F  Peserta didik memperhatikan perbedaan rotasi dan revolusi planet yang disampaikan oleh guru.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengelompokan planet.
F  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbandingan antar planet ditinjau dari garis tengah, massa, kala rotasi, kala revolusi, dan jarak ke matahari.
F  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

PERTEMUAN KEDUA
            a. Kegiatan Pendahuluan
·       Motivasi dan Apersepsi:
·      Dapatkah kita mengamati meteor secara langsung?
·      Mengapa ekor komet selalu menjauhi matahari?
·       Prasyarat pengetahuan:
·      Apakah yang dimaksud dengan meteor?
·      Apakah yang dimaksud dengan komet?

b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  Menjelaskan pengertian satelit.
F  Menyebutkan satelit-satelit besar dalam tata surya.
F  Menjelaskan pengertian asteroid.
F  Menyebutkan contoh asteroid dalam tata surya.
F  Menjelaskan pengertian komet.
F  Menjelaskan karakteristik komet.
F  Membedakan meteor dan meteorit.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok,
F  masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang    berbeda kemampuannya.
F  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan karakteristik anggota tata surya.
F  Guru membagi tugas kelompok:
-      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik satelit.
·       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik asteroid.
·       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik komet.
-      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan karakteristik meteroid.
F  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
F  Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
F  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
F  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai reproduksi aseksual pada hewan.
F  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
                       
E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Terpadu
  b. Buku referensi yang relevan
 c. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mendeskripsikan  peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari
·   Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.
·    Mendeskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya
·   Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau massa, jari-jari, jarak rata-rata ke matahari, dan sebagainya dengan  menggunakan tabel
·   Tes tertulis












·   Tes tertulis




·   Tes unjuk kerja


·   Tes tertulis

·   PG












·   Uraian




·   Uji simulasi


·   Uraian






·   Pergerakan bulan mengelilingi matahari menurut arah ....
a. berlawanan dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari
b.        sesuai dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari
c. tidak ada hubungannya dengan dengan pergerakan bumi mengelilingi matahari
d.        berlawanan dengan pergerakan matahari mengelilingi bumi
·   Kemukakan apa pengertian  gaya gravitasi!
·   Tunjukkan arah orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya yang tersedia!
·   Gunakan tabel yang tersedia untuk menunjukkan perbandingan antar planet ditinjau massa, jari-jari, dan jarak rata-rata ke matahari! 
·   Mengapa planet-planet dapat beredar mengelilingi matahari?
·   Buatlah artikel yang memuat deskripsi karakteristik sebuah planet.
·   Posisi planet pada orbit yang jaraknya paling jauh ke matahari dinamakan ....
                          


Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK :.............................

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :.............................

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP IPA KELAS IX SMP SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top