SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP IPS KELAS VIII SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                                                            Nama Sekolah          : ............................
                                                                           Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
                                                                           Kelas / Semester       : VIII / 2
                                                                     Standar Kompetensi : 5.   Memahami usaha persiapan kemerdekaan
                                                                Kompetensi Dasar    : 5.1.Menjelaskan Proses persiapan kemerdekaan Indonesia
Alokasi Waktu          : 10 X 40 menit (5 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
- Menjelaskan alasan jepang membentuk BPUPKI
- Mendiskripssikan secara kronologis mengenai sidang BPUPKI dan proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan
- Mengidentifikasi dibentuknya PPKI dan peranannyadalam proses persiapan kemerdekaan
Indonesia

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Proses persiapan kemerdekaan Indonesia
Ü  Terbentuknya BPUPKI
Ü  Sidang BPUPKI dan Perumusan Dasar Negara
Ü  Pembentukan PPKI

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2-3
Materi :
- Terbentuknya BPUPKI
- Sidang BPUPKI dan Perumusan Dasar Negara

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Setelah terdesak dalam Perang Asia Pasifik, Jepang mulai bersikap baik dan mencoba
memenuhi janjinya, yaitu memberi kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Melalui
lembaga bentukan Jepang (BPUPKI dan PPKI), bangsa Indonesia mempersiapkan
segala sesuatu yang diperlukan untuk berdirinya sebuah negara.

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menelaah dengan buku sumber tentang Sidang BPUPKI
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  Guru memandu siswa untuk mengkaji buku sumber atau referensi untuk membahas alasan Jepang membentuk BPUPKI
F  Tanya jawab mengenai proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan



Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

Pertemuan 4-5
Materi : - Pembentukan PPKI
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Memberi motivasi kepada siswa agar siap untuk mengikuti pembelajaran
- Apersepsi dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Apa kepanjangan dari PPKI ?
- Apa kaitan antara BPUPKI dengan PPKI

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengkaji dengan referensi tentang pembentukan PPKI dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  Tanyajawab mengenai kapan BPUPKI dibubarkan
F  Tanyajawab mengenai latarbelakang di bentuknya PPKI
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu
_ Foto –foto dan gambar
_ Atlas Sejarah
_ Musium
_ Monumen

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Melacak perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
Ü  Menyusun kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia

Ü  Mendeskripsikan secara kronologis proses penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah

Ü  Menjelaskan proses terbentuknya negara dan pemerintah Republik Indonesia beserta kelengkapanya dengan sidang PPKI

Ü  Menganalis  dukungan  spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan pemerintah Republik Indonesia





Tes tulis







Uji petik kerja dan
tes unjuk kerja


Penugasan





T es tulis




Penugasan
Tes pilihan ganda






Tes simulasi





Tugas proyek




Tes Uraian




Tugas proyek
Ü  Perbedaan pendapat antara golongan tua dan muda tentang kemerdekaan ialah....
a.teks proklamasi
b. waktu pelaksanaan
c. tempat pelaksanaan
d. pembaca teks proklamasi 

Ü  Buatlah naskah sosiodrama kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia dan simulasikan

Ü  Kumpulkan gambar-gambar proses penyebaran berita proklamasi dengan referensi dan sumber lain yang relefan serta berikan tanggapan

Ü  Jelaskan bahwa sidang PPKI tanggal 18,19 dan 22 agustus 1945 berarti telah terbentuk negara dan pemerintah Republik Indonesia

Ü  Kumpulkan gambar dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai daerah terhadap pembentukan negara dan pemerintah Republik Indonesia dengan referensi, foto, gambar, atau sumber lain yang relefan dan berikan tanggapanmu

                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : ............................
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 2
Standar Kompetensi : 5.   Memahami usaha persiapan kemerdekaan
Kompetensi Dasar    : 5.2 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar
     proklamasi dan proses terbentuknya negara
     kesatuan Republik Indonesia
Alokasi Waktu          : 6 X 40 menit (3 x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Ü  Menyusun secara kronologis peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
Ü  Membandingkan dan menguraikan perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia
Ü  Mendeskripsikan proses penyebaran berita tentang proklamasi kemerdekaan Indonesia dan sikap rakyat diberbagai daerah
Ü  Menjelaskan proses terbentuknya negara dan pemerintah RI beserta kelengkapannya
Ü  Menjelaskan pembentukan lembaga-lembaga pemerintahan di berbagai daerah

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Ajar
Proklamasi kemerdekaan dan proses terbentuknya negara RI
Ü  Peristiwa-peristiwa sekitar prokalamasi kemerdekaan
Ü  Terbentuknya negara dan kelengkapannya

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2
Materi : Peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan
Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia hanya dapat dicapai dengan perjuangan
seluruh bangsa indonesia. Dan tidak terpisahkan adanya pertolongan dari Tuhan YME.

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan peristiwa sekitar kemerdekaan Indonesia.
F  Guru menjelaskan tentanng berita kekalahan Jepang dalam perang Asia Pasifik
F  menjelaskan peristiwa rengasdengklok dan kronologis pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik
F  Memberikan tugas induvidual agar siswa dapat mengidentifikasi cara mengisi kemerdekaan

Pertemuan 3.
Materi : - Terbentuknya negara dan kelengkapannya
Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Kapan Indonesia dikatakan terlepas dari belenggu penjajahan?
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Unsur terbentuknya suatu negara adalah adanya wilayah, adanya warga negara/rakyat
dan pemerintahan yang berdaulat

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi mengenai terbentuknya negara dan kelengkapannya
F  Tanyajawab pengesahan UUD serta pengangkatan Presiden dan wakil presiden
F  Menjelaskan pembentukan kementrian dan pembagian daerah
F  Menjelaskan kronologis pembentukan komite nasional Indonesia
F  Membaca referensi yang berkaitan dengan pembentukan BKR dan badan ketentaraan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu
_ Foto –foto dan gambar
_ Atlas Sejarah
_ Musium
_ Monumen

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menjelaskan alasan jepang membentuk BPUPKI

Ü  Mendiskripssikan secara kronologis proses penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan

Ü  Mendeskripsikan dibentuknya PPKI dan peranannyadalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia
Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis
Tes Uraian


Tes Uraian



Tes Uraian
Ü  Jelaskan alasan Jepang membentuk BPUPKI

Ü  Jelaskan peyusunan dasar dan konstitusi untuk negara Indonesia yang akan didirikan

Ü  Jelaskan alasan dibentuknya PPKI Dan peran yang sudah dilakukan

                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah             : ............................
Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester          : VIII / 2
Standar Kompetensi     : 6.   Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar       : 6.1 mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial
Alokasi Waktu             : 6 X 40 menit (3x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Ü  Memahami arti hubungan sosial
Ü  Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü  Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial disosiatif

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Ajar
Bentuk-bentuk hubungan sosial
Ü  c. bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü  c. Bentuk hubungan sosial disosiatif

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2-3
Materi :
Ü  Bentuk-bentuk hubungan sosial
Ü  bentuk hubungan sosial asosiatif
Ü  Bentuk hubungan sosial disosiatif

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
• Apakah kalian pernah marah kepada adik atau kakakmu dan kalian saling diam tak
   bertegur sapa?
• .Apa yang kalian rasakan?
Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru memandu kelas untuk membentuk kelompok.
F  Tiap-tiap kelompok terdiri dari 5 orang dan mendiskusikan tentang:
Ø  bentuk hubungan sosial asosiatif
Ø  kerja sama
Ø  akomodasi
Ø  asimilasi
Ø  bentuk hubungan sosial disosiatif
Ø  persaingan
Ø  kontroversi
Ø  konflik

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.


Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
_ Gambar-gambar yang sesuai materi.
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial.

Ü  Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.

Ü  Mengidentifikasi dampak-dampak hubungan sosial.

Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis
Tes Uraian


Tes Uraian



Tes Uraian
Ü  Sebutkan bentuk-bentuk hubungan sosial!

Ü  Sebutkan faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.

Ü  Jelaskan dampak-dampak terjadinya hubungan sosial!

                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : ............................
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 2
Standar Kompetensi : 6.    Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar    : 6.2. Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat
Alokasi Waktu          : 6 X 40 menit (3x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
• Mendeskripsikan peran pranata keluarga dalam pembentukan kepribadian.
• Mengidentifikasi fungsi pranata sosial.
• Mengidentifikasi ciri-ciri pranata sosial
• Mengidentifikasi klasifikasi pranata sosial
• Menjelaskan pranata keluarga
• Menidentifikasi pranata ekonomi
• Menjelaskan pranata pendidikan
• Menjelaskan pranata politik

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Ajar
Pranata Sosial
Ü  Pengertian dan definisi pranata sosial
Ü  Fungsi pranata sosial
Ü  Ciri-ciri pranata sosial
Ü  Klasifikasi pranata sosial
Ü  Pranata keluarga
Ü  Pranata ekonomi
Ü  Pranata pendidikan
Ü  Pranata politik

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1 dan 2
Materi :
Pranata Sosial
Ü  Pengertian dan definisi pranata sosial
Ü  Fungsi pranata sosial
Ü  Ciri-ciri pranata sosial
Ü  Klasifikasi pranata sosial
Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Setiap hari kalian memperhatika orang tua bekerja. Untuk apa mereka bekerja?
Tentu untuk memenuhi kebutuhan
Berarti mereka melakukan interaksi dengan orang lain maupun dengan lingkungan.

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Tanya jawab tentang pengertian pranata sosial
F  Membandingkan pengertian pranata sosial dari beberapa ahli
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  Diskusi tetang fungsi pranata sosial.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan bersama-sama
F  Memberikan tugas induvidual agar siswa mengamati salah satu contoh pranata sosial yang ada di daerah tempat tinggalnya!

Pertemuan 2
Materi :
Ü  Pranata keluarga
Ü  Pranata ekonomi
Ü  Pranata pendidikan
Ü  Pranata politik

Pendahuluan
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
- Motivasi, dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
- Siapa saja yang ada dalam keluargamu?
- Apa kewajibanmu sebagai anggota keluarga?
- Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Pranata sosial adalah kumpulan atau sistem norma yang mengatur tindakan manusia
dalam kehidupan sosial

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Membaca referensi yang berkaitan dengan pranata pendidikan
F  Mengkaji buku sumber yang berkaitan dengan pranata politik
F  Membandingkan pengertian pranata sosial dari beberapa ahli
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  Mendiskusikan mengenai pranata keluarga
F  Mendiskusikan mengenai pranata ekonomi

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F  Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas

E. Sumber Belajar
_ Gambar-gambar yang relevan
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu
_ Media masa

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mendeskripsikan peran pranata keluarga dalam pembentukan kepribadian.
Ü  Mengidentifikasi fungsi pranata sosial.

Ü  Mengidentifikasi jenis-jenis pranata sosial.

Tes tulis.


Tes tulis


Penugasan


Tes Uraian


Tes Uraian .


Tugas rumah

Ü  Jelaskan pengertian pranata sosial!

Ü  Sebutkan fungsi pranata sosial!


Ü  Tulislah pranata-pranata yang berlaku dalam keluargamu!

                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : ............................
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : VIII / 2
Standar Kompetensi : 6.   memahami pranata dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar    : 6.3 Mendeskripsikan pengendalian penyimpangan sosial
Alokasi Waktu          : 6 X 40 menit (3x pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Ü  Menjelaskan pengertian pengendalian sosial
Ü  Mengidentifikasi tujuan pengendalian sosial
Ü  Mengidentifikasi jenis pengendalian sosial.
Ü  Menguraikan peran lembaga-lembaga pengendalian sosial

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Ajar
Pengendalian penyimpangan sosial
a. pengertian pengendalian sosial
b. Tujuan pengendalian sosial
c. Jenis-jenis pengendalian sosial
d. Lembaga sosial dalam pengendalian sosial

C. Metode Pengajaran*:
a. Ceramah bervariasi d. Tanya jawab
b. Diskusi e. Simulasi
c. Inquiri f. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1-2-3
Materi :
Pengendalian penyimpangan sosial
Ü  pengertian pengendalian sosial
Ü  Tujuan pengendalian sosial
Ü  Jenis-jenis pengendalian sosial
Ü  Lembaga sosial dalam pengendalian sosial

Pendahuluan :
Ü  Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
Ü  Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
Ü  Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
Pernahkah kalian melihat polisi melakukan razia terhadap pengendara motor dan mobil
untuk memeriksa surat-surat kendaraan atau razia menangkap pengedar dan pemakai
narkoba?

Kegiatan Inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menelaah peran lembaga-lembaga pengendalian sosial
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F  Tanya jawab mengenai pengertian pengendalian sosial
F  Mendiskusikan tujuan pengendalian sosial
F  Menyimpulkan jenis-jenis pengendalian sosial.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik

E. Sumber Belajar
• Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu

F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Mengidentifikasi jenis pengendalian penyimpangan sosial.
Ü  Menguraikan peran lembaga-lembaga pengendalian sosial.
Tes tulis


Tes tulis

Tes Uraian


Tes Uraian
Ü  Berilah contoh pengendalian sosial yang bersifat preventif

Ü  Jelaskan tugas lembaga kepolisian dalam pengendalian sosial!


                                                                                                           
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  IPS,



( …………………………………. )
NIP/NIK : ....................................
 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP IPS KELAS VIII SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top