SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP KELAS 1 SD TEMA KELUARGAKU PERTEMUAN 2 SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD
Kelas/Semester            : I/I (ganjil)
Tema/Sub tema/Pbljrn  : 4.Keluargaku / 1.Anggota Keluargaku / 2
Waktu                          : 1 hari
A.   Kompetensi Inti
1.      Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia : 3.3. Mengenal teks terima
kasih tentang kasih

sayang dengan bantuan

guru atau teman dalam

bahasa Indonesia

lisan dan tulis dengan

kosakata bahasa daerah

untuk membantu

pemahaman

PPKn : 4.3. Mengamati dan

menceritakan

kebersamaan dalam

keberagaman di rumah

dan sekolah

SBDP : 4.1. Menggambar ekspresi

dengan mengolah

garis, warna dan

bentuk berdasarkan

hasil pengamatan di

lingkungan sekitar

4.5. Menyanyikan lagu

anak-anak dan

memperagakan tepuk

birama dengan gerak



C. Indikator

B.Indonesia : • Mempraktikkan cara

berterima kasih

PPKn : Memberikan contoh

kebersamaan dalam

keluarga

SBDP: • Membuat garis

lengkung dan garis

datar melalui sebuah

gambar anggota

keluarga

• Bernyanyi sesuai irama

D. Tujuan Pembelajaran

1. Bernyanyi untuk Mengenal Kegiatan
Anggota Keluarga
Tujuan pembelajaran:
• Dengan mendengarkan contoh dari guru,
siswa dapat menyanyikan lagu “Ruri
Abangku” dengan benar.
• Dengan mengamati contoh dari guru ,siswa
dapat mempraktikkan cara berterima kasih.
• Setelah bermain peran siswa dapat
memberikan contoh kebersamaan dalam
keluarga.

2. Mengenal Bentuk Garis Datar dan
Lengkung melalui Gambar keluarga
Tujuan pembelajaran:
• Siswa dapat menggambar garis datar dan
lengkung dengan cara menebalkan gambar
sketsa keluarga.

E. Materi Ajar
Bernyanyi “Ruri adalah Abangku”
Mengenal bentuk garis datar dan lengkung

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU

Kegiatan Pembuka

·    Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
·    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari


Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan 1:
1. Siswa memperhatikan lagu “Ruri Abangku”
dan berlatih bernyanyi bersama-sama (teks
lagu terlampir di buku siswa) lagu diulang
sampai sebagian anak mengerti.
2. Minta siswa untuk membentuk kelompok.
3. Setiap kelompok diberi kesempatan untuk
bernyanyi secara bergiliran lagu yang telah
diperkenalkan dengan diiringi tepuk birama.
4. Siswa dan guru membahas teks sederhana
yang terdapat pada buku siswa.
5. Siswa diminta menceritakan kebiasaan
yang dilakukan anggota keluarga mereka di
rumah.
6. Siswa mendengarkan cerita tentang sebuah
keluarga yang saling membantu dan saling
menyayangi.
7. Siswa diminta mendiskusikan sikap-sikap
yang harus dikembangkan bersama keluarga
di rumah, yaitu berterima kasih melalui
kegiatan bermain peran yang ada di buku
siswa.
8. Siswa memperhatikan penjelasan guru
bahwa setiap anggota keluarga memiliki
kebiasaan dan rutinitas yang berbeda-beda, misalkan ayah pergi bekerja/
membaca buku, ibu menjahit baju/mendampingi Udin yang sedang menggambar,
dan kakak berangkat ke sekolah/kakak sedang belajar.
9. Guru menyiapkan satu karton besar bertuliskan anggota keluarga dan
kegiatannya.
10. Guru menunjukkan gambar-gambar berbagai pekerjaan atau kegiatan anggota
keluarga.
11. Guru menunjukkan gambar keluarga pada seluruh siswa dan bertanya, “Apakah
anggota keluarga kalian di rumah melakukan hal yang sama?”
12. Siswa diminta tunjuk tangan jika ingin menjawab dan boleh menjawab jika
sudah dipersilakan oleh guru.
13. Tunjuk satu orang siswa, minta siswa memasangkan kartu anggota keluarga dan
kegiatannya, kemudian menempelkan kartu di karton yang sudah disediakan.
14. Lakukan sampai seluruh siswa memperoleh kesempatan untuk menjawab dan
kartu habis.
Langkah-langkah kegiatan 2
1. Guru memulai dengan mengatakan bahwa
Tuhan Maha Indah dengan menciptakan
bermacam-macam warna.
2. Guru membahas berbagai jenis warna yang
sudah diketahui siswa dan menambahkan
warna-warna sekunder.
3. Guru juga membahas dan menjelaskan
penggunaan garis lengkung dan garis datar
pada sebuah gambar.
4. Minta siswa untuk menebalkan gambar keluarga pada buku siswa dengan
memperhatikan penggunaan warna dan bentuk garis lalu menceritakannya di
depan kelas.
5. Siswa memperhatikan penjelasan guru bahwa memiliki keluarga merupakan
anugerah yang harus disyukuri sebagai bentuk rasa terima kasih kita pada
Tuhan YME yang telah menciptakan keluarga untuk kita.

Kegiatan Penutup
-  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.
-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
-  Guru melakukan  penilaian

Kegiatan Bersama Orang tua:

Orang tua membimbing siswa untuk mencampur warna menggunakan pewarna alami,
seperti kunyit dan daun pandan.


H.    Media Dan Alat Pembelajaran
Buku siswa, Diri Sendiri dan Lingkungan
• Kartu bergambar dan bertuliskan anggota
keluarga dan kegiatan sehari-hari.
• Buku cerita anak tentang keluarga.
• Karton besar ukuran 100 cm x 100 cm.

I.       Penilaian = Penilaian Proses



            Mengetahui :                                                                                     ,2013
            Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

Ingin RPP Kurikulum 2013 lainnya silahkan klik informasi RPP Kurikulum 2013
 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP KELAS 1 SD TEMA KELUARGAKU PERTEMUAN 2 SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top