SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 IPA KELAS 7 SMP SEMESTER 1



Contoh
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan
:
SekolahMenegah Pertama
MataPelajaran
:
IPA
Kelas/Semester
:
SemesterI
Topik
:
Perubahan Benda-benda diSekitarKita
Sub Topik
:
Bagaimana Cara MemisahkanCampuran
AlokasiWaktu
:
6X40menit(3kalitatapmuka)


A.  KOMPETENSIDASAR
1.1Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;  cermat; tekun;  hati-hati;  bertanggung   jawab;  terbuka;  kritis;  kreatif;  inovatif   dan   peduli lingkungan)dalamaktivitassehari-hari
1.2Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasimelaksanakan percobaan danmelaporkan hasil percobaan
2.3Menunjukkan perilakubijaksana dan bertanggungjawab dalamaktivitassehari-hari
3.5Memahamikarakteristikzat,sertaperubahan fisikadankimiapadazat yangdapat dimanfaatkanuntukkehidupan sehari-hari
4.6Melakukan pemisahancampuran berdasarkan sifatfisika dankimiazat

B.  INDIKATOR

1.  Mengidentifikasi perangkatalatpercobaan pemisahan campuran dengan metode filtrasi, evaporasi,kristalisasi,sublimasi,destilasi,dan kromatografi
2.  Menjelaskan      prinsip       pemisahan campuran pada setiap metode        berdasarkan data percobaan
3.  Terampilmelakukan        pemisahan campurandengan  metodemetode filtrasi,evaporasi, kristalisasi,sublimasi,destilasi,dan kromatografi
4.  Mengidentifikasi contohpemanfaatanpemisahan campuran dalamkehidupan sehari-hari
5.  Menjelaskan prosespenjernihan air dengan metode pemisahan campuran
6.  Memisahkan bahan-bahan yang masih dapatdigunakan menggunakan metodepemisahan campuran
7.  Memilikirasaingintahu,teliti,danpedulilingkunganmelaluidiskusi,kerjakelompok,dan
melakukan praktikum pemisahan campuran
8.  Menunjukkan ketekunan,tanggung jawab,saling menghargai dalamkegiatan belajardan bekerja baiksecara individu maupun berkelompok
9.  Menjagakehidupandalamekosistemdaribahankimiaberbahaya  denganmelakukan
pemisahan limbah sebelummembuang kelingkungan.
10.Membuatalatpenjernihanair  darialatsederhanamenggunakan  metode   pemisahan campuran


C.  TUJUANPEMBELAJARAN
1.  MelaluikajianLKS,siswadapatmengidentifikasialat-alatuntuk   percobaanpemisahan campurandenganmetode  filtrasi,evaporasi,kristalisasi,sublimasi,   destilasi,dekantasi dan kromatografi
2.  Mengembangkanketerampilan  memisahkancampuran  melaluipraktikumpemisahan
campurandengan     metodefiltrasi,evaporasi,kristalisasi,sublimasi, destilasi,dekantasi dan kromatografi
3.  Siswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip          dan metode pemisahan campuran metode
filtrasi,evaporasi,kristalisasi,sublimasi,  destilasi,dekantasidankromatografi  melalui diskusi data hasil percobaan
4.  Siswadapatmenjelaskan pemanfaatan metode pemisahancampuran dalamkehidupan sehari-harimelalui diskusikelompok
5.   Siswa dapat merancang dan membuat alat penjernihan air mengunakan metode pemisahan campuran
6.  Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab, saling
menghargai pendapat melalui kegiatan praktikumdan diskusi kelompok
7.  Siswadapat menerapkanprinsip-prinsippemisahancampuranuntuk menjagalingkungan dalamkehidupan sehari-hari setelahmengikuti pembelajaran

D.  MATERI
1.  MetodePemisahan Campuran
Metodepemisahan merupakansuatucara yangdigunakanuntukmemisahkanatau memurnikansuatusenyawaataukelompoksenyawayangmempunyaisusunankimia yangberkaitandarisuatu bahan,baikdalamskalalaboratoriummaupunskala industri. Metodepemisahanbertujuanuntukmendapatkanzatmurniataubeberapazatmurni darisuatu campuran,sering disebutsebagaipemurnian dan jugauntuk mengetahui keberadaan suatu zatdalamsuatusampel (analisis laboratorium).
2.     Beberapa dasar pemisahan campuran antara lain adalah ukuran partikel,titikdidih,
kelarutan,dan  pengendapan
3.  Jenis-jenismetodepemisahan campuran a.          Filtrasi
Filtrasiataupenyaringanmerupakanmetodepemisahanuntukmemisahkanzatpadat dari cairannya denganmenggunakan alatberpori(penyaring)

b.  Sublimasi
Sublimasimerupakanmetodepemisahancampuranyangterdiridarisuatuzatyang memilikisifatdapatmenyublim  dengan zatyangtidakdapatmenyublim
c.     Kristalisasi
Kristalisasimerupakanmetodepemisahanuntukmemperolehzatpadatyangterlarut dalamsuatu larutan
d.  Destilasi
Destilasimerupakanmetodepemisahanyangprinsipnyadidasarkanpadaperbedaan


titikdidihzatcairyangadadalamcampuransehinggadapatdipisahkanpadasaat salah satu zatcairmenguap lebih dahulu.
e.  Evaporasi
Evaporasi merupakan metode pemisahan campuran           dengan cara menguapkan pelarutpada campuran
f.     Kromatografi
Kromatografi merupakan metodepemisahancampuranyangdidasarkan pada perbedaankecepatanmerambatantarapartikel-partikel yangbercampurdalamsuatu mediumdiamketika dialirisuatu mediumyang bergerak
g.    Dekantasi
Dekantasimerupakanmetodepemisahancampuranzatcairdanzatpadatdengan cara mengendapkan endapan kemudian menuangkancairan


E.  PENDEKATAN/STRATEGI/METODEPEMBELAJARAN

1.
Pendekatan
:  Scientific
2.
Metode
:  Diskusi danEksperimen
3.
Model
: DiscoveryLearning

F.    MEDIA,ALAT,DANSUMBERPEMBELAJARAN

1.      Media

Charta,Komputer,LCD

2.      Alatdan Bahan

No.
Jenis
Jumlah
1.
Alatdan bahan  praktikumFiltrasi
2set
2.
Alatdan bahan praktikumsublimasi
1set
3.
Alatdan bahan praktikum dekantasi
2set
5
Alatdan bahan praktikumevaporasi
1set
4.
Alatdan bahan praktikumkromatografi
1set
5.
Alatdan bahan praktikum destilasi
1set
6
Alatdan bahan praktikumkristalisasi
1set

Nama dan alatpraktikumsesuai denganyang tertulisdalamLKS



3.      Sumber Belajar

a)  BukuIPA SMPkelasVII,Puskurbuk2013 b)LKSmetode pemisahan campuran
c)Artikelmetodepemisahancampuran


G.  KegiatanPembelajaran
Pertemuan Pertama(2JP)


Kegiatan
Langkah-langkah
ModelDiscovery
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Menciptakan
Situasi(Stimulasi)
Pemusatanperhatian:

-   Guru memperlihatkanberbagaicampuran   misalnya  air campur pasirdanaircampur tepung   dan  larutangaram kemudian     gurumengajukanpertanyaanseperti:

      Diantaracampuraninimana daricampurantersebut yang      merupakan       campuran      homogen       dan heterogen?
      Bagaimanacaramemisahkankomponen-komponen didalamcampurantersebut?
-   Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari
metodepemisahancampuran
10  menit
KegiatanInti
Pembahasan Tugas               dan Identifikasi Masalah




Observasi


Pengumpulan data

Pengolahan data dananalisis



Verifikasi



Generalisasi
-     Menyampaikaninformasi  tentang kegiatan   yang akan
dilakukan  yaitu           eksperimen  pemisahan  campuran dengan  metode                 filtrasi,   dekantasi,       evavorasi, kristalisasi
-     Membagisiswamenjadi10kelompok
-     Diskusi kelompok untuk            mengkaji LKS       pemisahan campuran  dengan  metode                     filtrasi,  dekantasi, evaporasi,kristalisasi danmengidentifikasi konsepyang harusdiperolehmelaluipercobaan
-     Melakukan  percobaan  pemisahan  campuran  metode filtrasi,dekantasi, evaporasi, dankristalisasi
-      Siswamengamatipercobaandanmencatatdata pengamatanpadakolomyangtersediapadaLKS
-      Mengolahdanmenganalisisdatadarisetiappercobaan untukmenjawabpertanyaan-pertanyaanpadaLKS
-     Presentasihasilpercobaan
-     Diskusiprinsip-prinsippemisahancampuranberdasarkan hasildatahasilpercobaan
-     Membuat  kesimpulan           tentang  prinsip-prinsip  dan metodepemisahancampuran
50menit
Penutup

-     Siswadangurumereviewhasilkegiatanpembelajaran
-     Gurumemberikanpenghargaan(misalnyapujianatau bentuk    penghargaan     lain     yang    relevan)     kepada kelompokyangberkinerjabaik
-     Siswa  menjawab  kuis  tentang  prinsip  pemisahan campuran
-     Pemberiantugasuntukmempelajaripemanfaatan
20




pemisahancampurandalamkehidupansehari-haridan tugasbacapemisahancampurandengancaradestilasi, sublimasidankromatografi



Pertemuan Kedua (2JP)


Kegiatan
Langkah-langkah
ModelDiscovery
DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Menciptakan
Situasi(Stimulasi)
Pemusatanperhatian:

- Gurumemperlihatkan larutancuka25%,alkohol70%dan airteh.

-Gurumengajukanpertanyaan:

      Bagaimanacaramemisahkankomponen-komponen didalamcampurantersebut?
-   Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari
metodepemisahancampuranyangakandicoba.
10  menit
KegiatanInti
Pembahasan Tugas               dan Identifikasi Masalah









Observasi


Pengumpulan data
Pengolahan data dananalisis

Verifikasi



Generalisasi
-     Menyampaikaninformasi  tentang kegiatan   yang akan dilakukan  yaitu           eksperimen  pemisahan  campuran denganmetodedestilasi,sublimasi,dankromatografi
-     Membagisiswamenjadi10kelompok
-     Diskusi kelompok untuk           mengkaji LKS        pemisahan campuran denganmetodedestilasi,sublimasi, dan kromatografi
-     Siswa  mengidentifikasi konsep  yang  harus  diperoleh melaluipercobaan
-     Melakukanpercobaanpemisahancampuranmetode destilasi,sublimasi,dankromatografi
-     Siswamengamatipercobaandanmencatatdata pengamatanpadakolomyangtersediapadaLKS
-      Mengolahdanmenganalisisdatadarisetiappercobaan
untukmenjawabpertanyaan-pertanyaanpadaLKS
-     Presentasihasilpercobaan
-     Diskusiprinsip-prinsippemisahancampuranberdasarkan hasildatahasilpercobaan
-     Membuat  kesimpulan           tentang  prinsip-prinsip  dan metodepemisahancampuran
50menit
Penutup

-     Siswadangurumereviewhasilkegiatanpembelajaran
-     Gurumemberikanpenghargaan(misalnyapujianatau bentuk    penghargaan     lain     yang    relevan)     kepada kelompokyangberkinerjabaik
-     Siswa  menjawab  kuis  tentang  prinsip  pemisahan campuran
20menit




-     Pemberiantugasuntukmempelajaripemanfaatan
pemisahancampurandalamkehidupansehari-hari



Pertemuan Ketiga (2JP)


Kegiatan

DeskripsiKegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
-     Pemusatanperhatian:Memperlihatkangambarberbagaicampuran
yang  dapat  dipisahkan  dengan  metode  pemisahan  yang  telah dipelajari (misalnyasampah dan air kotor)
-     Apersepsi:Memberikanpertanyaan tentangprinsip-prinsippemisahan
campuran?
-     Motivasi:kalaudirumahmuairpompanyakotor,menurutmumetode pemisahan campuran apayang dapatdilakukan
-     Guru memberikan       informasi tujuan dan manfaat           mempelajari
penerapan metodepemisahan campuran
10 menit
Kegiatan Inti
-     Mencari informasi       dan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi
pemanfaatanmetode pemisahancampuran dalamkehidupansehari- hari
-     Penyamaan persepsi      tentang    pemanfaatan metode      pemisahan
campurandalamkehidupan sehari-hari
-     Diskusi    penerapan    prinsip-prinsip    pemisahan    campuran    dalam kehidupan sehari-hari
-     Mencariinformasicaramembuatalatpemurnianairsederhana dari
bukuatauinternetuntukmembuattugasproyek                merancangdan membuatalatpenjernihan air.
60 menit
Penutup
-     Mereview hasilkegiatanpembelajaran
-     Pemberian penghargaankepada kelompokyang berkinerja baik
-     Siswamenjawab kuis tentang prinsip pemisahan campuran
-     Pemberian tugas kelompok untuk membuat alat penjernihan air secara sederhana
30 menit


H.  PENILAIAN
1. Metode dan Bentuk Instrumen

Metode
Bentuk Instrumen
    Sikap
     Lembar Pengamatan Sikapdan Rubrik
    TesUnjukKerja
     Tespenilaiankinerjametodefiltrasi
    TesTertulis
     TesUraiandan Pilihan Ganda HOT


2. Contoh Instrumen

a.      LembarPengamatan Sikap

1.     Pengamatan Perilaku Ilmiah

No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Ketelitian       dan        kehati-hatian       dalam
melakukan percobaan




3
Ketekunan    dan     tanggungjawab     dalam
belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok




4
Keterampilan  berkomunikasi  pada  saat
Belajar






Rubrik Penilaian Perilaku

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan
rasa ingin tahu
3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,antusias,aktif
dalam dalamkegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu,namun tidakterlalu antusias, dan baru terlibataktif dalamkegiatan kelompokketika disuruh
1: tidakmenunjukkan antusiasdalampengamatan,sulit terlibataktif dalamkegiatan kelompokwalaupun telah didorong untukterlibat
2.
Ketelitian dan
hati-hati
3.  mengamati hasilpercobaan sesuai prosedur,hati-hatidalam
melakukan percobaan
3.  mengamati hasilpercobaan sesuai prosedur,kuranghati- hati dalam melakukan percobaan
1.    mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,kurang hati- hati dalam melakukan percobaan
3
Ketekunan dan
tanggungjawab dalambelajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3: tekun dalammenyelesaikan tugasdengan hasil terbaik yang
bisa dilakukan,berupaya tepatwaktu.
2: berupaya tepatwaktu dalammenyelesaikan tugas,namun belummenunjukkan upayaterbaiknya
1: tidakberupayasungguh-sungguh dalammenyelesaikan tugas,dan tugasnyatidakselesai
4
Berkomunikasi
4.  aktif dalamtanya jawab,dapatmengemukaan gagasan
atau ide,menghargai pendapatsiswalain
3.  aktif dalamtanya jawab,tidakikutmengemukaan gagasan atau ide,menghargai pendapatsiswalain
1.  aktif dalamtanya jawab, tidakikutmengemukaangagasan atau ide, kurangmenghargai pendapatsiswa lain




b.     LembarPengamatan Keterampilan Praktikum

Peniaian keterampilan  metode pemisahan dengan filtrasi


No
Keterampilan
yangdinilai

Skor

Rubrik
1
Cara melipat
kertassaring
3
-     Lipatan awalsimetris,
-     Ukuran disesuaikan dengan  corong,
-      Lipatan kedua ada ada perbedaan ukuran
-     Ujung lipatan disobeksedikit
2
Ada tiga aspekyang benar
1
Ada dua aspekyang benar
2
Cara
menyimpan kertassaring pada corong
3
-     Tinggi kertassaring pasdengan corong
-     Rapatdengan corong
-     Dibasahi air dahulu
2
Ada dua aspekyang benar
1
Ada satu aspek yang benar
2
Cara
menuangkan campuran pada corong
3
-     Campuran yangakan disaring dalamkeadaan homogen
-     Campuran dialirkan perlahan melewati batang pengaduk
-     Posisi batang pengaduktegak diatasbatang corong
-     Campuran tidak melimpahdari corong
2
Ada 3aspekyang benar
1
Ada 2aspekyang benar


I.     Instrumen  soal  Pengetahuan

SoalUraian

1.  Perhatikan gambaralatpemiahan campuran berikut.


a.    Metodepemisahan campuran apa yangmenggunakan perangkatpada gambar?
b.  Jelaskan prinsip pemisahancampuran denganmetodetersebut!
c.    Sebutkan namamasing-masing alatpada perangkattersebut!
d.  Jelaskanmetodepemisahan campuan dengan perangkatalattersebut!


2.  Sekelompoksiswaakanmenyaring campuran airdengan bubuk merica . Cara apa yang paling efektifuntukmemisahkanair dengan bubukmerica?Sebutkan nama alat-alat yang digunakan dan uraikan secarasistematis caramenyaringnya
3.  Berikan3 contohmetodepemisahan campuranyangdapatdigunakan dalamkehidupan sehari-hari dan namacampurannya
4.  Gambarlah rancangan alat penjernihan air dan jelaskan prosespenjernihan air dengan
5.  Pemisahan campuaran banyakditerapkan dalamkehidupan sehari-hari dan industri. Carilah contohnya dengan mengisitabel berikut

Metode Pemisahan
Pemisahan Campuran
Filtrasi
Dalamkehidupan sehari-hari
Dalamindustri
Destilasi


Kromatografi


Sublimasi


Evavorasi



Rubrik Penilaian Uraian

No
Uraian
Skor
1
Jika semua jawaban terjawab dengan benar
15
2
Jawaban a
Jawaban b
Jawaban c
5
10
15
3
Jika jawaban benardan lengkap
15
4
Jika gambar benar dan baik,penjelasan prosesbenar
20
5
Jika terjawab semua dan benar
20
Total
100



Rubrik Penilaian Uraian

No
Uraian
Skor
1
Jikasemuajawaban terjawabdenganbenar
15
2
Jawabana

Jawabanb

Jawabanc
5

10

15
3
Jikajawabanbenar danlengkap
15
4
Jikagambarbenardanbaik, penjelasanprosesbenar
20
5
Jikaterjawabsemuadanbenar
20
Total
100


b. Rubrik Penilaian ProyekMembuatPenjernihan Air

No.
Aspek
Rubrik
1
Perencanaan:
Persiapan alatdan bahan
10.  Jika alatdan bahan lengkap dan sesuai
dengan gambar rancanganyang dipersiapkan
6.      Jika alatdan bahan lengkap tetapikurang sesuaidengan  gambar rancangan yang dipersiapkan
2.      Jika alatdan bahan kuranglengkap

Rancangan :
§ Gambar Rancangan
§ Alur kerja dan deskripsi
§ Cara penggunaan alat
20.  Jika rancangan terdapatgambar rancangan,
alur kerja dancara penggunaan alat yang sesuai
10.  Jika rancangan terdapatgambar rancangan,
alur kerja dancara penggunaan alat tetapi kurang sesuai
5.      Jika rancangan terdapatgambar rancangan,
alur kerja dancara penggunaan alattetapi tidaklengkap
2
BentukFisikProduk
30.  Jika alatsesuai rancangan,bisa digunakan dan
bentukfisikkuatdankokoh
20.  Jika alatsesuai rancangan ,danbisa digunakan
10.  Jika alatkurangsesuai rancangan tetapi bisa digunakan
InovasiProduk:
20. Alatdibuatdari bahan yang ada lingkungan
rumah,danmenarik
10.  Alatdibuatdari bahan yang ada lingkungan rumah,dandisainkurangmenarik
3
Laporan
§ Kebermanfaatan
Laporan
§ SistematikaLaporan
§ Kesimpulan
20.  Sistematika laporan sesuaidengan kriteria,
isi laporan bermanfaat dan  kesimpulan sesuai
10.  Sistematika laporan sesuaidengan kriteria, isi laporankurang bermanfaat,kesimpulan kurang sesuai
5.      Hanya satu aspekyang terpenuhi



IV.  Pengamatan :

No
Bahan
HasilPengamatan
1
Campuran (garamkotor)
Wujud :……………

Warna : …………..
2
Larutan garam setelah disaring
(filtrat)
Wujud :……………

Warna : …………..
3.
Filtratsetelah dipanaskan
Wujud :……………

Warna : …………..


V.     Pertanyaan :

1.      Mengapa garamkotor harusdilarutkan terlebih dahulu?

2.      Apa fungsi dari penguapan?

3.      Apa kesimpulan yang dapatdi ambildari percobaaandi atas?





Kegiatan 2

Dekantasi

I.          Tujuan:  Memisahkan  campuran denganmetodedekantasi

II.        Alatdan Bahan :


Alat
      Sendok
      Batang Pengaduk
      Gelas kimia



III.       Cara Kerja :

Bahan
      Pasir
      Aquades
      Minyak
      Kapur Barus
      Susu


1.  Ambillah satu sendok pasirdan masukkan ke dalamsegelas air.


2.  Adukdanbiarkanbeberapasaat.Lakukanprosesdekantasidenganbantuanbatang pengaduk
3.  Lakukan langkah yang sama untukcampuran air dengan minyak,air dengan kapur barus dan air dengan susu. Catathasil pengamatan!

IV.       Pengamatan :

No
Bahan
HasilPengamatan
1
Campuran pasir dengan air

2
campuran air dengan minyak,

3
air dengan kapur barus

4
air dengan susu.


air dengan kapur barus


V.        Pertanyaan :

1.     Apakah prosesdekantasi dapatmemisahkan zat-zatpenyusun masing-masing campuran dengan baik?
2.     Jeniscampuran apayang dapatdipisahkan dengan cara dekantasi
3.     Apa prinsip dari pemisahancampuran denganmetode dekantasi?


Kristalisasi


I.        Tujuan: Membuatkristaltembaga (II)sulfatatauterusi dari larutannya

II.      Alatdan Bahan :

Alat
      Spatula
      Batang Pengaduk
      Gelas kimia
      Gelasukur
      Kaca arloji

Bahan
      Tembaga(II)sulfat(Terusi)
      Aquades


III.     Cara Kerja :
1.     Siapkan20cm3 aquadesdidalamgelaskimia,  masukkanserbuktembaga(II)sulfat
sedikit-sedikit,adukterus sampai serbuktidak dapatlarutlagi.
2.       Tuangkansedikitlarutankedalamkacaarloji,simpanditempatterbukadan biarkan
beberapa saatsampai terjadi kristal tembaga(II)sulfat
3.     Amati bentukdanwarna kristal yangterjadi!Catat hasil pengamatan!

IV.     Pertanyaan :
1.  Adakahperbedaanantaraserbuktembaga(II)sulfatsebelumkristalisasidengan kristal yang dihasilkan
2.     Jelaskan prinsip pemisahancampuran denganmetodekristalisasi?




Kegiatan 4(Demonstrasi)

PemurnianAlkohol


I.       Tujuan:membuatalcoholmurnidarialkoholyangdijualdiapotikyangmemilikilabel75%
dengan prinsip destilasi
II.     Alatdan Bahan :

Alat
      Termometer
      Sumbatkaret
      Labu destilasi
      Kaki tiga
      Kawatkasa
      Pembakarspirtus
      Kondensor/pendingin
      Gelas kimia
      Labu Erlenmeyer
      Selang

Bahan
      Alkohol 75%
      Aquades


III.  Cara Kerja :
1.  Rangkaikan alatseperti gambar berikut.


2.  Masukkanalkoholdan airdengan perbandingan yang samake dalamlabu destilasi.
3.  Alirkan air kedalampendingin dari lubang yang posisinya lebih rendah.
4.  Panaskan campuran air-alkohol dalam labu destilasi sampai mendidih dan airnya menguap.
5.  Tampung uap air yang sudah mengembun dan mengalir melalui pendingindengangelas kimia.
6.  Amati zatapayang terdapatdalamlabu dan zatapayang terdapatdalamgelas kimia.

IV.  Pengamatan :

No
Bahan
HasilPengamatan
1
Campuran alkoholdan air
Wujud :……………… Warna : …………..
2
Campuran setelah dipanaskan
Wujud :……………
Warna : …………..

V.     Pertanyaan :
1.  Pada suhu berapa alkoholmulaimendidih?
2.  Pada pemisahan ini apamasing-masing wujudzatyang dipisahkan
3.  Apa kesimpulan yang dapatdi ambildari percobaaandi atas?

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 IPA KELAS 7 SMP SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top