Saturday, January 4, 2014

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 KELAS 1 SD TEMA DIRIKU SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013

Satuan Pendidikan     :  SDN
Kelas / Semester         :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.

Bahasa Indonesia
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

PJOK
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam     berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.

SBdP
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil   pengamatan di lingkungan sekitar.

C.    INDIKATOR

PPKn
Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah.

Bahasa Indonesia
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap.
Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan.
Menyebutkan nama temannya.


PJOK
Melakukan gerakan melempar.
Melakukan gerakan menangkap.

SBdP
Memberi hiasan pada kartu nama.

D.    TUJUAN
1. Setelah mengikuti permainan lembar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama panggilan secara benar.
2. Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
3. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.

E.     MATERI
Buku siswa hal. 1
teks dan nama-nama teman Udin
Permainan memperkenalkan diri,
Lirik lagu “Siapa Namamu”

F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan.
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Teman Baru
1.   Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.
2.   Guru meminta siswa membuka buku siswa hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama teman Udin.
3.   Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa hal. 2.
4.   Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).
5.   Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak.... nama panjang.... biasa dipanggil Ibu/Bapak....  kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
6. Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
      Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
7.   Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
8.   Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru menggunakan lagu yang ada di buku siswa.

      Lirik lagu “Siapa Namamu”
      Ciptaan A.T. Mahmud
      1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
      Sia pa kah na ma mu
      5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
      Na ma ku ............. (sebutkan nama anak)

9.   Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
10. Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.

Menghias Kartu Nama
1.   Guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
2.   Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masingmasing.
3.   Guru membagikan potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.
4. Guru menunjukkan kartu namanya sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh.
5.   Siswa diminta untuk menghias dan atau mewarnai kartu nama mereka masingmasing.
6.   Siswa diminta menggunakan kartu namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Aku dan Teman Baru.
                 Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
 Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing- masing siswa.
Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan.
Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama.

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 2013

Satuan Pendidikan      :  SDN
Kelas / Semester          :  1 /1
                       Tema                       :  Kegemaranku (Tema 2)
Sub Tema                 :  Gemar Berolahraga (Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke        :  1
Alokasi waktu           :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
  3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBdP
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil   pengamatan di lingkungan sekitar

C.    INDIKATOR
     Bahasa indonesia
     Menjelaskan bermacam-macam kegiatan olahraga dengan bantuan gambar
     Membaca teks deskriptif tentang kegiatan olahraga
     Menyusun huruf menjadi nama-nama kegiatan olahraga
     Menulis nama-nama kegiatan olahraga.

     SBdP
     Menggambar ekspresi berdasarkan hasil pengamatan lembar kerja di dalam buku
     Siswa

D.    TUJUAN
Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
Tujuan Pembelajaran:
Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan macam-macam olahraga dengan
benar.
Siswa mampu membaca nyaring nama-nama olahraga dengan benar.
Siswa mampu menyusun huruf menjadi namanama olahraga dengan tepat.
     Setelah menyusun huruf siswa mampu menulis nama-nama olahraga dengan benar.
    
     Mengenal Alat Olahraga
     Tujuan Pembelajaran:
     Dengan memasangkan gambar siswa mampu mengidentifikasi alat-alat olahraga dengan
     benar.
      Setelah mampu mengidentifikasi alat olahraga, siswa mampu menggambar salah satu alat
     olahraga yang disukainya dengan rapi.
Dengan menggunakan gambar, siswa mampu menentukan pola gambar tertentu dengan     tepat.
     Siswa mampu melengkapi pola gambar dengan tepat.

E.     MATERI
Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
     Mengenal Alat Olahraga

F.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
      Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga

1. Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku siswa.
2. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan isi gambar.
3. Contoh pertanyaan yang dapat diajukan:
−− Olahraga apa yang kamu lihat pada gambar?
−− Apa yang kamu ketahui tentang olahraga tersebut?
−− Berapa banyak anak yang bermain bulu tangkis pada gambar?
−− Berapa banyak anak yang bermain sepak bola pada gambar?
−− Berapa jumlah anak seluruhnya pada gambar?
−− Olahraga mana yang merupakan olahraga tim?
−− Sikap apakah yang penting ditunjukkan dalam melakukan olahraga tim?
−− Olahraga apa yang paling kamu sukai?
−− Olahraga apa yang baru kamu ketahui?
4. Siswa membaca nyaring nama-nama cabang olahraga dengan bimbingan guru.
5. Siswa menyusun huruf menjadi nama-nama cabang olahraga yang dipelajari.
6. Siswa menulis nama-nama cabang olahraga yang dipelajari.
7. Untuk mengonfirmasi pengetahuan siswa, guru meminta siswa untuk menuliskan olahraga yang sudah diketahui dan baru diketahui.

Mengenal Alat Olahraga
1. Siswa berdiskusi tentang cabang-cabang olahraga yang mereka ketahui dengan arahan guru.
2. Siswa mendengarkan pertanyaan-pertanyaan guru sebagai berikut:
−− Jika kamu ingin bermain sepak bola, alat apa yang kamu butuhkan?
−− Jika kamu ingin bermain bulutangkis, alat apa yang kamu butuhkan?
−− Jika kamu ingin bermain kasti, alat apa yang kamu butuhkan?
−− dan seterusnya.
3. Siswa diminta untuk menyebutkan alat-alat yang dipergunakan untuk berolahraga.
4. Siswa diminta menunjukkan pasangan gambar yang saling berhubungan di buku siswa dengan menarik garis. Misalnya, gambar bola dengan gambar lapangan bola dan gambar pelampung dengan kolam renang.
5. Kemudian, siswa memilih pasangan gambar yang disukai untuk dijadikan tema dalam menggambar.
6. Siswa menggambar dan mewarnai sesuai tema.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Gemar Berolahraga.
·         Pensil/pensil warna/krayon/spidol
I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.


Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit
RPP LENGKAP

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2011 Wira Junior Blog - Designed by Mukund | ToS | Privacy Policy | Sitemap

About Us | Contact Us | Write For Us