SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 KELAS 4 SD TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    :  SDN
Kelas / Semester        :  4 /1
                       Tema                       :  Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)
Sub Tema                  :   Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke       :  1
Alokasi waktu          :  1 Hari


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR SBdP
3.2      Mengenal gambar alam benda, dan kolase
4.2      Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan

IPA
     3.1       Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dantumbuhan dan fungsinya
 4.1      Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan    tumbuhan serta fungsinya

Matematika
 3.1      Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkret/gambar
 3.13    Memahami pecahan senilai dan operasi hitung pecahan menggunakan benda            kongkret/gambar
 4.13    Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua      buah pecahan lainnya dengan berbagi kemungkinan jawaban



C.    INDIKATOR SbdP
      Menciptakan karya seni kolase menggunakan bahan alam dan barang bekas

IPA
Menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya setelah mengamati gambar

Matematika
Menentukan pecahan setelah mengamati gambar dan melengkapi tabel Membedakan pecahan   senilai dan tidak senilai setelah melakukan eksplorasi dengan gambar pecahan dan diskusi kelas

D.    TUJUAN
Setelah mengamati gambar dan melengkapi tabel, siswa mampu menentukan nilai pecahan dengan benar.
Setelah melakukan eksplorasi dengan gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menentukan pecahan yang senilai dengan pecahan yang ditentukan.
Setelah mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya dengan benar.
Dengan menggunakan bahan alam dan barang bekas, siswa mampu membuat karya seni kolase dengan teknik yang benar.

E.     MATERI
Magnet batang, batang), Uang logam, Peniti, Potongan kain, Paku payung, Potongan kertas,   Karet penghapus, Cermin, Pensil.
Teks tentang gaya magnet kaitannya dengan hidup sehari-hari.
Percobaan untuk membuktikan benda magnetis dan nonmagnetis.
Sifat bahan dari benda-benda yang tertarik magnet dan tidak tertarik magnet.

F.     PENDEKATAN & METODE

Pendekatan            : Scientific
Strategi                  : Cooperative Learning
Teknik                   : Example Non Example
Metode                  : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah









G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Guru menyiapkan fisik dan psikhis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak siswa menyanyikan lagu/yel-yel/tepuk dinamika dengan materi yang relevan dengan pembelajaran hari ini.  Menginformasikan Tema/Sub Tema yang akan dibelajarkan. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Selain melihat alat peraga lainnya, siswa dapat menonton video yang terkait pembelajaran hari ini, mendatangkan narasumber, membaca buku dari perpustakaan sekolah, perpustakaan online/e-book.
    10
    menit

Kegiatan
Inti




























Siswa mengamati gambar, membaca teks, dan menjawab pertanyaan, dan kemudian mendiskusikan jawaban dalam kelompok.
Siswa dipandu menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa untuk memahami konsep pecahan, khususnya pecahan yang merupakan bagian dari sekelompok benda.
Konsep
Pecahan dapat digunakan untuk menyebutkan bagian dari suatu sekelompok benda.
Contoh:
1. Ada 12 hewan dalam suatu kelompok.
2. Sebanyak 4 dari hewan tersebut adalah burung.

Jumlah burung dalam kelompok dibagi Jumlah seluruh hewan
Pertanyaan : Berapa bagian burung terhadap seluruh hewan?
Jawaban :

dari hewan dalam kelompok adalah burung.
Setelah memahami pecahan yang merupakan bagian dari suatu kelompok benda, siswa diajak bereksplorasi dengan pecahan yang merupakan bagian dari suatu benda utuh.
Siswa memperkirakan pecahan sederhana dengan cara menggambarkan di gambar pohon yang terdapat pada buku siswa. Kemudian, siswa diminta menceritakan.
Guru memandu siswa memahami pecahan sebagai bagian benda utuh melalui eksplorasi dengan media
Siswa menemukan pecahan senilai dalam bentuk peta pikiran untuk pecahan
dan
Siswa mengamati bagian tubuh merpati yang terdapat di buku siswa dan melengkapi tabel yang telah disediakan. Kegiatan ini merupakan pengenalan awal untuk bagianbagian tubuh hewan dan diharapkan dapat membantu siswa dalam melaksanakan
observasi tentang hewan di lingkungan rumah mereka.
KOLASE
Kolase dan seni rupa
Manfaat kolase dan kebersihan lingkungan
    150
    menit
Kegiatan
Penutup
Siswa menuliskan perenungan mereka di buku siswa.
Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku dengan bijak.
Tugas: Siswa mengobservasi hewan yang ada di sekitar lingkungan rumah dengan pendampingan orang tua dan mengisi tabel yang terdapat pada buku siswa. Hasilnya dilaporkan kepada
guru dan didiskusikan dengan teman satu kelompok.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan doa penutup.
Pengayaan
Siswa menemukan 4 pecahan senilai untuk 2
Remedial
Siswa yang belum tuntas dalam memahami konsep pecahan senilai (mengerjakan dengan benar 50% atau kurang soal yang diberikan) akan mengikuti program remedial. Guru dapat membantu siswa dengan menggunakan benda konkret. Remedial dilaksanakan selama 30 menit setelah jam sekolah.
    15
    menit


H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 4.
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
           Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan   Rumahku. Daun kering atau bahan lain dari alam dan bulu ayam/burung/bebek.

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………

,2013
Guru/Wali Kelas 4A,




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 KELAS 4 SD TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP "

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top