SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 PENJASORKES SMA KELAS 10 SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                   : SMA …
Mata Pelajaran         : Penjasorkes
Kelas/Semester        : X/Satu       
Peminatan              : MIA/IIS/IBB
Materi Pokok           : Permainan Bola Besar ( Sepak Bola)
Alokasi Waktu          : 2 x 3 JP (6 X 45 menit)

Kompetensi Inti
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3 :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu
      permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.

4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik.
Indikator
·         Menjelaskan tahapan teknik mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.
·         Menemukan variasi dan kombinasi teknik mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.
·         Menganalisa kelebihan dan kelemahan variasi dan kombinasi teknik mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.
·         Melakukan latihan teknik dasar gerakan mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.
·         Melakukan variasi dan kombinasi teknik mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.
·         Melakukan permainan sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi.


Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat:
·         Menjelaskan tahapan teknik mengoper, mengontrol, menggiring dan  menembak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.
·         Menemukan variasi dan kombinasi teknik mengoper, mengontrol, menggiring dan  menembak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh yang baik dan benar pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.
·         Menganalisa kelebihan dan kelemahan variasi dan kombinasi teknik mengoper, mengontrol, menggiring dan  menembak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh yang baik dan benar  pada waktu melakukan latihan teknik tersebut

Melalui proses mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan  siswa dapat:
·         Menemukan dan mendapatkan pengalaman gerak tahapan teknik mengoper, mengontrol, menggiring dan  menembak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki serta sikap tubuh yang baik dan benar pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.
·         Menemukan pengalaman gerak dari latihan variasi dan kombinasi teknik mengoper, mengontrol, menggiring dan  menembak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh baik dan benar pada waktu melakukan latihan variasi dan kemobinasi teknik teknik tersebut.
·         Menganalisa kelebihan dan kelemahan variasi dan kombinasi teknik mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan teknik tersebut

Materi Pembelajaran
·         Fakta
1. Sejarah perkembangan sepakbola dunia dan di Indonesia
2. Pertandingan sepak bola baik langsung atau melalui media elektronik
3. Melihat Latihan teknik pada klub sepak bola atau melalui media elektronik

·         Konsep
1.  Teknik mengoper
2.  Teknik mengontrol
3.  Teknik menggiring
4.   Posisi badan
5.  Teknik menembak bola ke gawang



·         Prinsip
1. Mengoper bola jarak pendek dengan menggunakan kaki bagian dalam
2. Menghentikan/mengontrol bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki,     kaki bagian luar dan telapak kaki.
3. Menggiring bola dengan menggunakan ujung kaki
4. Menempatkan posisi badan yang baik dan benar.
5. Menembak bola ke gawang dengan menggunakan kaki bagian dalam.


·         Prosedur
1. Sikap awal
2. Perkenaan kaki dengan bola
3. Sikap akhir atau gerakan lanjutan
4. Sikap tubuh
5. Bermain sepak bola dengan peraturan yang sederhana/dimodifikasi

Metode Pembelajaran
·         Demonstrasi dan Eksperimen
·         Latihan teknik perorangan dan berpasangan/berkelompok
·         Penugasan

Alat/Media/Bahan
·         Alat              : Bola, peluit, lapangan, stopwatch, bendera, corong
·     Bahan ajar     : Buku pegangan Penjasorkes jilid 1,video pembelajaran teknik /permainan sepak bola, youtube dan lainnya.

Langkah Kegiatan/Skenario Pembelajaran
·         Setelah mereview hasil pencapaian kompetensi (KD) sebelumnya, siswa melakukan latihan teknik dasar sepak bola yaitu : mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.

·         Selanjutnya melalui diskusi, mendefinisikan konsep teknik dasar mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.

·         Memecahkan masalah teknik dasar mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh pada waktu melakukan latihan teknik tersebut.

·         Melalui praktik siswa dapat menentukan variasi latihan teknik mengoper, mengontrol, menggiring dan  menembak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh yang baik dan benar  pada waktu melakukan latihan teknik tersebut. Bekerjasama, berkomunikasi dan bekerja dengan teliti, jujur dan penuh tanggungjawab.



Pertemuan pertama
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·           Menyampaikan kompetensi (KD) yang akan diajarkan
·           Menyampaikan tujuan pembelajaran
·           Meminta beberapa orang peserta didik mengemukakan
       pengalaman setelah melihat/melakukan latihan teknik dasar
       sepak bola dari berbagai sumber.
·           Mengaitkan apa dikemukakan peserta didik dengan materi yang akan dipelajari
·           Melakukan pemanasan.
·           Guru Membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok

15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Siswa menyimak peragaan teknik dasar sepak bola yang dilakukan oleh peserta didik lain/
·         Guru menilai keterampilan siswa mengamati

Menanya
·           Siwa mengajukan pertanyaan berdasarkan pengamatan mereka.
·           Siwa mengajukan pertanyaan mengenai teknik dasar sepak bola yang belum dipahami.
·           Guru memberi kesempatan bagi peserta didik lain yang ingin menanggapi atau menjawab pertanyaan siswa..

Mencoba
·           Peserta didik membentuk  kelompok dengan jumlah yang sama banyak. Guru mengatur formasi barisan peserta didik.
·        Peserta didik dalam kelompok diminta melakukan latihan teknik dasar sepak bola  dengan baik dan benar
·           Guru menilai keaktifan  dan kerjasama kelompok peserta didik 
      dalam melakukan latihan teknik dasar sepak bola.

Mengasosiasi
·           Disajikan peragaan teknik dari peserta didik yang teknik
      dasar sepak bolanya baik dan benar atau menyajikan
      beberapa gambar dan video klip berisi latihan teknik dasar 
      sepak bola.

·           Masing-masing kelompok berdiskusi mengurutkan tahapan
      teknik yang benar dari masing masing teknik dasar sepak
      bola dan memberikan alasan/argumen.
·         Guru menilai kemampuan peserta didik mengolah informasi dalam mengurutkan tahapan teknik sepak bola.



Mengomunikasikan
·         Secara bergilir setiap kelompok diberi kesempatan memperagakan latihan teknik dasar yang benar.
·         Kelompok lain dapat memberi tanggapan dan pertanyaan
·         Guru memberi penilaian atas hasil kerja kelompok dan  kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan.

105 menit
Penutup
·           Meminta peserta didik menyimpulkan teknik dasar sepak bola yang baik dan benar.
·          Evaluasi
·           Memberikan tugas pengamatan variasi latihan teknik  dasar sepak bola dan permainan sepak bola  melalui media baca , video atau internet.
·           Mengingatkan materi pertemuan berikutnya tentang latihan variasi teknik dasar sepak bola dan bermain sepak bola.

15 menit

Pertemuan Kedua
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
·      Merefleksi kembali pelajaran pertemuan sebelumnya
·      Membahas tugas pengamatan yang telah dikerjakan di rumah
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Mengaitkan materi yang telah dipelajari dengan materi yang
    akan dipelajari yaitu variasi latihan teknik dasar sepak bola.
·     Membagi peserta didik ke dalam kelompok .
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
·      Dua orang siswa dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca tentang latihan variasi  teknik  dasar sepak bola  melalui media baca , video atau intternet.

Mencoba
·     Kelompok diminta untuk mencoba  mempraktekkan latihan varasi teknik dasar sepakbola..
·     Guru menilai kreatifitas dan kerjasama latihan variasi teknik dasar sepakbola masing-masing kelompok.

Mengasosiasi
·     Setiap kelompok mencoba variasi latihan kelompok lain.
·     Kelompok dibagi dua sama banyak dan mempraktikkan variasi latihan tenik dasar melalui permainan sepakbola dengan aturan yang sederhana.
·     Guru menilai kerjasama antar kelompok, menilai keterampilan mengolah dan menalar

Mengomunikasikan
·     Perwakilan kelompok memaparkan hasil latihan variasi teknik dasar sepak bola
·     Guru menilai keterampilan menyaji dan berkomunikasi
105 menit
Penutup
·     Bersama siswa menyimpulkan kegiatan bermain sepak bola dan cara variasi teknik dasar yang baik dan benar.
·         Memberikan evaluasi
15 menit


Penilaian
1.    Mekanisme dan prosedur
Penilaian dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok, kinerja latihan teknik, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui tes praktik, presentasi dan fortofolio.
2.    Aspek dan Instrumen penilaian
Instrumen observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen kinerja fortofolio  menggunakan lembar makalah dengan fokus utama pada kedalaman materi dan kelengkapan teknik latihan dasar serta variasi latihannya.
Instrumen tes menggunakan tes praktik dan tes lisan serta tes tertulis

3.    Contoh Instrumen (Terlampir)

Sumber/Referensi
Buku Pegangan Kurikulum 2013 Penjasorkes Jilid 1
Buku Teknik bermain sepakbola/ Penunjang Aktivitas siswa
 http://pendidikanjasmani13.blogspot.com
http://psb-psma.go.org
http://www.youtube.com/watch?v=FJsMPnZoMl4
http://www.youtube.com/watch?v=f6XTk_C9PIQ



 


Jakarta,  Agustus 2013

Mengetahui Kepala SMA ....                             Guru Mata Pelajaran Penjasorekes




..................................                                              ..................................
NIP.                                                              NIP.

Catatan Kepala Sekolah

Lampiran
a.    Lembar Observasi dan kinerja presentasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA FORTOFOLIO
Mata Pelajaran    : Penjasorkes
Kelas/Program    : X/MIA/IIS/IBB
Kompetensi        : KD 3.1 dan 4.1
No
Nama Siswa
Observasi
Kinerja Presentasi
Jml
Skor
NilaI
Akt
tgjwb
Kerjsm
Prnsrt
Visual
Isi
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1.     
Abdus Shamad
4
4
3
4
3
3
21

2.     









3.     









4.     









5.     









6.     









7.     









8.     









9.     









10.  









11.  









12.  









13.  









14.  









15.  









16.  









17.  









18.  









19.  









20.  









21.  




















Keterangan pengisian skor :
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup
1.  Kurang

Keterangan :
Akt               : Aktifitas
Tgjwb           : Tanggungjawab
Kerjsm                    : Kerjasama
Prnsrt           : Peran serta


a.    Pretes/postes
Pretes/Postes Pertama
A.   Berilah tanda ceklist pada kolom Benar atau Salah
No
Pernyataan
Benar
Salah
1.     
Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengoper ( passing ), dan menembak kearah gawang ( shootig at the goal ).


2.     
Menendang dengan kaki bagian dalam bertujuan untuk mengoper jarak pendek


3.     
Menendang dengan kaki bagian luar bertujuan untuk mengoper jarak jauh


4.     
Pada umumnya menendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting.


5.     
Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola.


6.     
Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang ke gawang lawan.



Contoh penugasan fortofolio.
·      Buatlah Fortofolio teknik dasar mengoper, mengontrol, menembak, menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar dan punggung kaki serta sikap tubuh yang benar dengan struktur seperti berikut. Gunakan laptop/komputer untuk mendapatkan materi teknik dasar sepakbola. Kirim laporan melalui email guru.

Struktur Fortofolio adalah sebagai berikut
a.    Judul
b.    Tujuan
c.    Landasan teori
d.    Teknik dasar sepakbola (sertakan dengan gambar atau foto)
e.    Kesimpulan
f.     Referensi

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 PENJASORKES SMA KELAS 10 SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top