SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 SENI BUDAYA SMA TEMA SENI RUPA KELAS 10 SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP_

Sekolah                   : SMA …………………………….
Matapelajaran          : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Semester        : X/satu       
Materi Pokok           : Bahan, media, jenis, simbol, nilai estetika dan teknik dalam
                               proses berkarya seni rupa dua dimensi
Alokasi Waktu          : 4 x 4 JP

A.   Kompetensi Inti (KI)
1. KI 1 : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2. KI 2  : Menghayati dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif  dan proaktif,  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. KI 3  :Memahami,  menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. KI 4  : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
1.     KD. 1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.     KD. 2.1  Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
      KD. 2.3  Menunjukkan sikap responsif dan pro- aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya

3.    KD. 3.1. Memahami bahan, media dan teknik dalam proses berkarya seni rupa
KD. 3.2. Menerapkan jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa
Indikator:
·         Menjelaskan macam karya seni rupa dua dimensi.
·         Menjelaskan proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi.
·         Menjelaskan konsep seni rupa dua dimensi yang sedang berkembang
·         Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa dua dimensi.
·         Menjelaskan jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa.
·         Membandingkan   karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai : bahan, media, jenis,  simbol, teknik dan estetika
·         Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·         Mempertanggung jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya seni rupa dua dimensi

4.    KD. 4.1. Membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan melihat model

Indikator:
·         Bereksperimen dengan beragam media dan teknik dalam membuat  karya seni rupa dua dimensi.
·         Membuat karya seni rupa dua dimensi.


C.   Tujuan Pembelajaran
Melalui proses melihat, mengamati, menanyakan dan berdiskusi siswa dapat:
·      Menjelaskan macam karya seni rupa dua dimensi.
·      Menjelaskan proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi.
·      Menjelaskan konsep seni rupa dua dimensi yang sedang berkembang
·      Menjelaskan langkah-langkah membuat karya seni rupa dua dimensi
·      Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
Melalui proses mengumpulkan informasi, bereksperimen, membandingkan karya dan menghubungkan data  siswa dapat:
·      Menjelaskan jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa.
·      Membandingkan   karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai : bahan, media, jenis,  simbol, teknik dan estetika
·      Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·      Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
Melalui proses pembuatan karya seni rupa dan laporan pertanggungjawaban karya siswa dapat:
·      Mempertanggung jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya seni rupa dua dimensi
·      Bereksperimen dengan beragam media dan teknik dalam membuat  karya seni rupa dua dimensi.
·      Membuat karya seni rupa dua dimensi.
·      Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya  


D.   Materi Pembelajaran
Fakta
·         Karya lukisan
·         Karya reklame
·         Karya Ilustrasi
·         Karya grafis
·         Karya batik
·         dll.

Konsep
Definisi karya seni rupa dua dimensi, adalah karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar, tidak memiliki volume dan ruang. Contoh : seni lukis, seni reklame, seni grafis, batik, tenun dan lain-lain.

Prinsip
·         Jenis dan simbol karya seni rupa dua dimensi.
Jenis karya seni rupa dua dimensi:
Karya seni rupa murni dua dimensi adalah karya seni rupa dua dimensi yang dibuat untuk kepentingan ekspresi (ungkapan batin) seniman tanpa memiliki nilai kegunaan.
Karya seni rupa terapan dua dimensi adalah karya seni rupa dua dimensi yang bertitik tolak dari unsur-unsur objektif. Unsur objektif karya seni rupa terapan dua dimensi adalah unsur guna, ekonomi, produksi, promosi, dan kebutuhan masyarakat.
Simbol karya seni rupa dua dimensi:
Merupakan perlambang/makna dari bentuk/corak karya seni rupa dua dimens
No.
Jenis Karya (nama)
Bentuk/Corak Hiasan
Makna/Simbul
1.
Lukisan
Abstrak (nonfiguratif)
Kedamaian
2.
Ilustrasi
Visual realistis, sesuai dengan kenyataan di alam nyata (figuratif)
Menjelaskan sebuah deskripsi tulisan
3.
Kerajinan batik
Geometris (non figuratif)
Melambangkan keteraturan hidup

·         Nilai estetika pada karya seni rupa dua dimensi
Kemampuan dalam mempersepsi, memahami, menanggapi, merefleksi, menganalisis, dan mengevaluasi karya seni rupa dua dimensi
·         Media dan teknik karya seni rupa dua dimensi
Alat dan media memiliki banyak variasi dan macamnya. Alat dan media dapat berupa pensil dengan bahan grafit, pensil warna, bolpoin, krayon, dan lain-lain. Setiap alat dan media tersebut memiliki karakter yang berbeda
·         Teknik dalam karya seni rupa dapat dimulai dengan cara yang sangat sederhana dan mudah dilakukan. Buatlah sketsa terlebih dahulu agar karya seni rupa memiliki komposisi, proporsi, dan keseimbangan yang baik.

Prosedur:
·         Langkah-langkah membuat  karya seni rupa dua dimensi. Contoh: lukisan cat minyak diatas kanvas (lukisan yang menggunakan media cat yang berupa tepung atau pasta yang dilarutkan/dicampur dengan minyak (lijn oil)). Prosedur penggunaan media yang untuk melukis (kanvas, triplek, kertas dan sebagainya). Prosedur penggunaan alat yang digunakan (kuas atau pisau palet).

E.    Metode Pembelajaran
·         Eksperimen
·         Diskusi
·         Presentasi
·         Penugasan






F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.   Media
LCD projector, Video karya seni rupa
gambar karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak dan internet,
Buku gambar A3, pencil, penghapus,
Pewarna,
bahan untuk pembuatan karya seni rupa dua dimensi.
2.    Alat/Bahan
Alat dan bahan untuk pembuatan karya seni rupa dua dimensi sesuai dengan pilihan siswa
3.    Sumber Belajar
Buku Paket Seni Budaya Kelas X, 
Buku-buku lain yang relevan, Informasi melalui media cetak dan internet,
Hasil karya seni rupa, serta sumber lain yang relevan.

G.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Setelah merefleksi pengalaman siswa tentang karya-karya seni rupa yang pernah mereka lihat, siswa saling bertanya secara lesan tentang macam-macam karya seni rupa yang pernah mereka lihat. Selanjutnya siswa melihat karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb.), dan  internet, kemudian siwa saling bertanya tentang hasil pengamatan karya seni rupa dua dimensi. Siswa dibagi dalam 6 (enam) kelompok dan diminta untuk mengumpulkan informasi  tentang jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa, kemudian mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian. Selama proses pembelajaran dilakukan pembimbingan dan penilaian aktifitas siswa.

Setelah merefleksi pengalaman siswa tentang proses pembuatan karya seni rupa yang pernah mereka buat atau lihat, siswa saling bertanya tentang bahan dan alat, serta media dan teknik dalam  membuat karya seni rupa. Kemudian siswa mengamati proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi melalui media audio visual, dilanjutkan dengan tanya jawab tentang langkah-langkah membuat karya seni rupa dua dimensi. Siswa secara individu diminta untuk bereksperimen dengan beragam media dan teknik dalam membuat  karya seni rupa dua dimensi, selanjutnya siswa saling berdiskusi tentang bahan, media, jenis, simbol, teknik dan estetika karya seni rupa dua dimensi yang sudah mereka buat. Selama proses pembelajaran dilakukan pembimbingan dan penilaian aktifitas siswa.

Setelah mereviu tentang proses dan langkah-langkah pembuatan karya seni rupa dua dimensi, siswa saling menanya tentang kesesuaian bahan dan alat yang telah mereka bawa dengan hasil sketsa dan rancangan yang telah mereka buat. Masing-masing siswa menuangkan hasil karya sketsa dan rancangan yang telah mereka buat pada bahan karya seni rupa yang telah mereka bawa. Selama proses pembelajaran dilakukan penilaian keterampilan menggunakan alat dan bahan serta ide/gagasan dalam berkarya.

Setelah mereviu tentang pembuatan tulisan/laporan karya seni rupa dua dimensi, siswa saling mengamati kesesuaian antara isi tulisan/ laporan dengan hasil karya seni rupa yang telah mereka buat. Kemudian siswa di bagi dalam kelompok sesuai dengan jenis karya seni rupa yang telah mereka buat, masing-masing siswa dalam kelompoknya mempresentasikan tulisan/laporan karya seni rupa yang telah mereka buat. Masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian. Selama proses pembelajaran dilakukan penilaian pengetahuan dan sikap siswa dalam kerja kelompok dan presentasi serta membimbing  diskusi mereka.

1. Pertemuan Kesatu:
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal
·      Merefleksi pengalaman siswa tentang karya-karya seni rupa yang pernah mereka lihat.
·      Menjelaskan kaitannya dengan pengalaman mereka terhadap kompetensi dasar yang akan dipelajari.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Bertanya secara lesan tentang macam-macam karya seni rupa yang pernah mereka lihat.
·      Siswa mencari tahu dan saling menanyakan 
tentang karya seni rupa.

15 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
·         Siswa memperhatikan presentasi guru tentang definisi, konsep dan macam-macam karya seni rupa dua dimensi.
·         Siswa mencari karya seni rupa dua dimensi melalui media  cetak  (buku, majalah, brosur, dsb.), dan  internet.
·         Guru mengamati dan menilai aktifitas siswa.
Menanyakan
·         Siwa saling bertanya tentang hasil pengamatan karya seni rupa dua dimensi
·         Siswa saling bertanya tentang konsep seni rupa dua dimensi  yang ada dan berkembang.
Mengeksplorasi
·         Siswa dibagi dalam 4 (empat) kelompok.
·         Siswa dalam kelompok diminta untuk mengumpulkan informasi  tentang bahan, media, jenis, simbol, teknik dan estetika dalam konsep seni rupa.
·         Masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian.
·         Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan presentasi serta membimbing  diskusi mereka.
Mengasosiasi
·         Masing-masing kelompok berdiskusi tentang bahan, media, jenis, simbol, teknik dan estetika karya seni rupa dua dimensi.
·         Guru membimbing dan menilai aktifitas siswa dalam berdiskusi.
Mengomunikasikan
·         Siswa dalam kelompok menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian
·         Guru mengamati, menilai serta membimbing aktivitas siswa dalam berdiskusi.

60 menit
Penutup

·         Guru bersama siswa menyimpulkan karakteristik karya seni rupa dua dimensi
·         Guru bersama siswa menyimpulkan konsep seni rupa dua dimensi yang ada dan berkembang
·         Guru bersama siswa menyimpulkan jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa
·         Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari proses pembuatan karya seni rupa serta mengidentifikasi bahan dan alat yang dibutuhkan
·         Guru menugaskan kepada siswa untuk membawa buku gambar A3, pencil, penghapus, dan penggaris untuk pertemuan berikutnya.

15 menit

Pertemuan Kedua:
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal

·      Merefleksi pengalaman siswa tentang proses pembuatan karya seni rupa yang pernah mereka buat atau lihat.
·      Menjelaskan kaitannya dengan pengalaman mereka terhadap kompetensi dasar yang akan dipelajari.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
·      Bertanya secara lesan tentang bahan dan alat dalam  membuat karya seni rupa.
·      Bertanya secara lesan tentang media dan teknik dalam  membuat karya seni rupa.
·      Siswa mencari tahu dan saling menanyakan 
tentang proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi.

15 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
·         Siswa mengamati proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi melalui media audio visual
·         Guru mengamati dan menilai aktifitas siswa.
Menanyakan
·         Siwa saling bertanya tentang langkah-langkah membuat karya seni rupa dua dimensi
·         Guru mengamati, membimbing dan menilai aktifitas siswa.
Mengeksplorasi
·         Siswa secara individu diminta untuk bereksperimen dengan beragam media dan teknik dalam membuat  karya seni rupa dua dimensi.
·         Masing-masing siswa diminta untuk membuat sketsa dan rancangan karya seni rupa dua dimensi pada kertas gambar A3.
·         Guru menilai proses dan sikap siswa dalam berkarya seni rupa serta memberikan bimbingan.
Mengasosiasi
·         Siswa membandingkan   karya sendiri dengan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya, mengenai: bahan, media, jenis, simbol, teknik dan estetika yang terkandung di dalamnya
·         Pada kelompoknya masing-masing, siswa saling berdiskusi tentang bahan, media, jenis, simbol, teknik dan estetika karya seni rupa dua dimensi yang sudah mereka buat.
·         Guru membimbing dan menilai aktifitas siswa dalam berdiskusi.
Mengomunikasikan
·         Masing-masing siswa dalam kelompoknya menyampaikan hasil sketsa dan rancangan karya seni rupa dua dimensi dan data-data informasi yang diperoleh
·         Guru mengamati, menilai serta membimbing aktifitas siswa dalam berdiskusi.

60 menit
Penutup

·         Guru bersama siswa menyimpulkan proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi
·         Guru bersama siswa menyimpulkan langkah-langkah membuat karya seni rupa dua dimensi
·         Guru bersama siswa menyimpulkan jenis, simbol dan nilai estetis dalam pembuatan karya seni rupa dua dimensi
·         Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari berbagai macam karya seni rupa dua dimensi serta mengidentifikasi bahan dan alat yang dibutuhkan
·         Guru menugaskan kepada siswa untuk menentukan salah satu karya seni rupa dua dimensi yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya
·         Guru menugaskan kepada siswa membawa bahan dan alat dalam pembuatan karya seni rupa dua dimensi yang mereka pilih untuk pertemuan berikutnya.

15 menit

Pertemuan Ketiga:
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal

·      Merefleksi hasil pembelajaran pada pertemuan sebelumnya tentang proses dan langkah-langkah pembuatan karya seni rupa dua dimensi
·      Menagih bahan dan alat yang diperlukan dalam berkarya seni rupa dua dimensi sesuai pilihannya
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Menanyakan tentang macam-macam karya seni rupa dua dimensi serta bahan dan alat yang dibutuhkan.
10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
·         Siswa saling mengamati tentang kesesuaian bahan dan alat yang telah mereka bawa dengan hasil sketsa dan rancangan yang telah mereka buat.
·         Guru mengamati dan menilai aktifitas siswa.
Menanya
·         Siswa saling menanya tentang kesesuaian bahan dan alat yang telah mereka bawa dengan hasil sketsa dan rancangan yang telah mereka buat.
·         Siswa saling menanya tentang ide/gagasan dan konsep yang akan mereka buat.
·         Guru mengamati, membimbing dan menilai aktifitas siswa.
Mengkomunikasikan
·         Masing-masing siswa menuangkan hasil karya sketsa dan rancangan yang telah mereka buat pada bahan karya seni rupa yang telah mereka bawa.
·         Masing-masing siswa menggunakan alat sesuai prosedur yang benar.
·         Guru menilai keterampilan menggunakan alat dan bahan sesuai prosedur yang benar
·         Guru menilai ide/gagasan dalam berkarya serta memberi bimbingan.

70 menit
Penutup

·         Bersama siswa menyimpulkan media dan teknik serta ide/gagasan dalam berkarya seni rupa.
·         Memberikan tugas untuk membuat tulisan/laporan mengenahi karya seni rupa dua dimensi yang telah mereka buat.

10 menit

Pertemuan Keempat:
Rincian Kegiatan
Waktu
Pendahuluan/Kegiatan Awal

·      Merefleksi hasil pembelajaran pada pertemuan sebelumnya tentang pembuatan karya seni rupa dua dimensi sesuai dengan pilihannya
·      Menagih tulisan/laporan tentang karya seni rupa dua dimensi yang telah mereka buat
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Menanyakan tentang ide/gagasan dalam berkarya seni rupa dua dimensi serta nilai estetikanya.

10 menit
Kegiatan Inti

Mengamati
·         Siswa saling mengamati kesesuaian antara isi tulisan/ laporan dengan hasil karya seni rupa yang telah mereka buat.
·         Guru mengamati dan menilai aktifitas siswa.
Menanya
·         Siswa saling menanya tentang kesesuaian antara isi tulisan/ laporan dengan hasil karya seni rupa yang telah mereka buat.
·         Guru mengamati, membimbing dan menilai aktifitas siswa.
Mengkomunikasikan
·         Siswa di bagi dalam kelompok sesuai dengan jenis karya seni rupa yang telah mereka buat
·         Masing-masing siswa dalam kelompoknya mempresentasikan tulisan/laporan karya seni rupa yang telah mereka buat.
·         Masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian.
·         Guru menilai pengetahuan dan sikap siswa dalam kerja kelompok dan presentasi serta membimbing  diskusi mereka.

70 menit
Penutup

·         Bersama siswa menyimpulkan tentang tulisan/laporan dalam berkarya seni rupa.
·         Memberikan tugas untuk mempelajari karya seni rupa tiga dimensi untuk pertemuan berikutnya.

10 menit

H.   Penilaian
1.   Jenis/teknis penilaian
Penilaian dilakukan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok dan kerja individu, presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui sketsa/ rancangan karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa dua dimensi (sesuai pilihannya).

2.   Bentuk Instrumen dan Instrumen
Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan kinerja presentasi dengan fokus penilaian pada: komunikasi, sistematikan penyajian, wawasan, keberanian, antusias dan penampilan.
Instrumen penilaian praktek dengan menggunakan rubrik penilaian praktek dengan fokus utama pada kesesuaian bentuk, penggunaan teknik sesuai prosedur, kecermatan dan ketepatan, penggunaan peralatan, komposisi dan nilai estetika.
Instrumen observasi penilaian sikap kerja kelompok menggunakan lembar pengamatan dalam hal sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin.
Instrumen observasi penilaian sikap kerja individu menggunakan lembar pengamatan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya.
Instrumen observasi penilaian sikap kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai karya seni dan pembuatnya.
Contoh instrument terlampir.

3.   Pedoman penskoran
Pedoman penskoran terlampir.

I.     Sumber/Referensi
·         Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas X SMA
·         Informasi melalui internet
·         Informasi melalui media cetak
·         Pameran karya seni rupa
·         Website : www.psb-psma.org


                                                          Jakarta,      Juli  2013
Mengetahui Kepala SMA ....                           Guru Mata Pelajaran Seni Budaya




..................................                          .........................................
NIP.                                                             NIP.



a.    Lembar Kinerja Presentasi

PENILAIAN KINERJA PRESENTASI

Matapelajaran   : Seni Budaya (Seni Rupa)
Materi               : Bahan, media, jenis, simbol, nilai estetika dan teknik dalam
                               proses berkarya seni rupa dua dimensi.
Alokasi Waktu   : 2 x 45 menit

Nama      :
NIS          :
Kelas       :


No
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
1
Komunikasi



2
Sistematika penyampaian



3
Wawasan



4
Keberanian



5
Antusias



6
Penampilan








Rubrik:
Aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
Komunikasi
Tidak ada komunikasi
Komunikasi sedang
Komunikasi Lancar dan baik
Sistematika penyampaian
Penyampain tidak sistematis
Sistematika penyampaian sedang
Sistematika penyampaian baik
Wawasan
Wawasan kurang
Wawasan sedang
Wawasan luas
Keberanian
Tidak ada keberanian
Keberanian sedang
Keberanian baik
Antusias
Tidak antusias
Antusias sedang
Antusias dalam kegiatan
Penampilan
Penampilan kurang
Penampilan sedang
Penampilan baik



b.   Lembar Penilaian Proyek

INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK


Matapelajaran     : Seni Budaya (Seni Rupa)
Nama Proyek      : Laporan Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi
Alokasi Waktu     : 2 x 45 menit
Guru Pembimbing         :

Nama       :
NIS          :
Kelas       :

No
ASPEK
SKOR (1-5)
1
2
3
4
5
1
PERENCANAAN:
a.   Latar belakang
b.   Rumusan masalah
c.    Tujuan penulisan





2
PELAKSANAAN
a.   Ketepatan pemilihan gambar
b.   Orisinalitas laporan
c. Mendeskripsikan jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa dua dimensi
d.   Mendeskripsikan tentang bahan dan alat, serta media dan teknik dalam  membuat karya seni rupa dua dimensi
e.   Struktur/logika penulisan disusun dengan jelas sesuai metode yang dipakai
f.     Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
g.    Daftar pustaka yang dapat dipertanggungjawabkan (Ilmiah)





3
LAPORAN PROYEK:
a.   Kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah
b.    Saran relevan dengan kajian, dan berisi pesan untuk peningkatan kecintaan terhadap hasil karya seni rupa Indonesia







c.    Lembar Penilaian Produk

FORMAT PENILAIAN PRODUK

Mata Pelajaran       : Seni Budaya (Seni Rupa)
Nama Produk                   : Karya seni rupa dua dimensi
Alokasi Waktu        : 90 menit
Nama Peserta didik          :
Kelas/Semester      : X/1

No
Aspek Penilaian
Skor ( 1 – 5 )*
1
Kesesuaian bentuk


2
Penggunaan teknik sesuai prosedur


3
Kecermatan dan ketepatan


4
Penggunaan peralatan dengan baik dan benar


5
Komposisi


6
Nilai estetis



TOTAL SKOR













d.   Lembar Observasi Penilaian Sikap Kerja Kelompok

LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP
KERJA KELOMPOK

Mata Pelajaran       : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Peminatan    : X/ MIPA, IPS, Bahasa
Materi Pokok                   : Bahan, media, jenis, simbol, nilai estetika dan teknik dalam
                             proses berkarya seni rupa dua dimensi.

No
Nama Siswa
Observasi
Jml
Skor
NilaI
kerjasama
tanggungjawab
toleran
disiplin
(1)
(2)
(3)
(4)
1.     
………..






2.     







3.     







4.     







5.     







6.     
Dst.







Keterangan pengisian skor:
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  Cukup
1.  Kurang.


e.   Lembar Observasi Penilaian Sikap Kerja Individu

LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP
KERJA INDIVIDU

Mata Pelajaran       : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Peminatan    : X/ MIPA, IPS, Bahasa
Materi Pokok          : Bahan, media, jenis, simbol, nilai estetika dan teknik dalam
                             proses berkarya seni rupa dua dimensi.        

No
Nama Siswa
Observasi
Jml
Skor
NilaI
santun
jujur
Cinta damai
Menghargai karya sendiri
Menghargai karya orang lain
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
7.     
………..







8.     








9.     








10.  








11.  








12.  
Dst.








Keterangan pengisian skor:
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  Cukup
1.  Kurang.

                


f.    Lembar Observasi Penilaian Sikap Kinerja Presentasi

LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN SIKAP
KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran       : Seni Budaya (Seni Rupa)
Kelas/Peminatan    : X/ MIPA, IPS, Bahasa
Materi Pokok                   : Bahan, media, jenis, simbol, nilai estetika dan teknik dalam
                             proses berkarya seni rupa dua dimensi.        

No
Nama Siswa
Observasi
Jml
Skor
NilaI
responsif
proaktif
Peduli lingkungan
Peduli sesama
Menghargai karya seni
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
13.  
………..







14.  








15.  








16.  








17.  








18.  
Dst.








Keterangan pengisian skor:
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  Cukup
1.  Kurang.







 
  g.    Lembar Penilaian Portofolio

FORMAT PENILAIAN PORTOFOLIO

Sekolah                 :
Matapelajaran        : Seni Budaya (Seni Rupa)
Durasi Waktu                   :
Nama Peserta didik          :
Kelas/Semester      :

No
KI/KD/PI
Waktu
Kriteria
Ket.
1
Persiapan






























2
Perencanaan/ Sketsa






























3
Pembuatan Karya







PI = Pencapaian Indikator




   h.   Tes Uraian

SOAL TES URAIAN

1.    Jelaskanlah macam-macam karya seni rupa dua dimensi ....
2.    Jelaskanlah proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi ....
3.    Jelaskanlah konsep seni rupa dua dimensi yang sedang berkembang ....
4.    Jelaskanlah langkah-langkah membuat karya seni rupa dua dimensi ....
5.    Jelaskanlah jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa ....

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 SENI BUDAYA SMA TEMA SENI RUPA KELAS 10 SEMESTER 1"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top