RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA …………………………..
Mata
Pelajaran : Seni Budaya (Seni
Tari)
Kelas/Semester : X/Satu
Materi
Pokok : Ragam
gerak dasar tari berdasarkan konsep, teknik, dan
prosedur
Alokasi
Waktu : 4 x 4 JP
A.
Kompetensi Inti
1. KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. KI 2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, (gotong
royong, kerjasama, toleran,
damai),
santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. KI 3 :Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
keingintahuannya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. KI 4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasardan Indikator
1. KD.
1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya
seni tari sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2. KD.
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin
melalui aktivitas berkesenian
KD. 2.2 Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai
dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
KD. 2.3 Menunjukkan sikap responsif dan pro- aktif, peduli
terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya
3. KD. 3.1 Memahami
konsep, teknik dan prosedur dalam menirukan ragam gerak dasar tari
Indikator:
·
Menjelaskan
pengertian ragam gerak dasar tari.
·
Menjelaskan
teknik, konsep dan prosedur ragam gerak dasar tari
·
Menjelaskan
musik iringan dasar gerak tari
·
Mengidentifikasi gerak dasar tari
dilingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan teknik,
konsep, dan prosedur
·
Mengidentifikasi bentuk penyajian gerak
dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·
Mengidentifikasi musik iringan gerak
dasar tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
·
Melaporkan
secara tertulis mengenai sinopsis gerak dasar tari
4. KD. 4.1 Menirukan ragam gerak dasar tari sesuai
dengan hitungan/ketukan
Indikator:
·
Menyampaikan
contoh gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan
prosedur sesuai iringan
·
Merangkai berbagai gerak dasar tari
sesuai dengan teknik, konsep, dan
prosedur sesuai iringan.
·
Menampilkan rangkaian gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep,
dan prosedur sesuai iringan
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses membaca, mendengarkan, mengamati,
menanyakan dan berdiskusi siswa dapat:
·
Menjelaskan
pengertian ragam gerak dasar tari.
·
Menjelaskan
teknik, konsep dan prosedur ragam gerak dasar tari
·
Menjelaskan
musik iringan dasar gerak tari
· Menunjukkan sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
Melalui proses mencari contoh, merangkai, membandingkan,
dan berdiskusi tentang gerak dasar tari siswa dapat:
·
Mengidentifikasi gerak dasar tari
dilingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan teknik,
konsep, dan prosedur
·
Mengidentifikasi bentuk penyajian gerak
dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·
Mengidentifikasi musik iringan gerak
dasar tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
·
Melaporkan
secara tertulis mengenai sinopsis gerak dasar tari
· Menunjukkan sikap santun,
jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
Melalui proses penampilan rangkaian gerak dasar tari dan
pembuatan sinopsis gerak dasar tari siswa dapat:
·
Menyampaikan
contoh gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan
prosedur sesuai iringan
·
Merangkai berbagai gerak dasar tari
sesuai dengan teknik, konsep, dan
prosedur sesuai iringan.
·
Menunjukkan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai
karya seni dan pembuatnya
D. Materi Pembelajaran
Fakta
·
Karya
tari tradisonal
·
Karya
tari tradisional klasik
·
Karya
tari tradisional kerakyatan
·
Karya
tari Nusantara
·
Karya
tari kreasi
·
Karya
tari kontemporer
Konsep
·
Definisi
seni tari adalah seni mengekspresikan nilai batin melalui kerak yang indah dari
tubuh/fisik dan mimik. Iringan musik secara auditif mendukung kesan visul yang
ada
·
Gerak dasar tari merupakan substansi baku dalam
tari. Bagian fisik manusia yang dapatmenyalurkan ekspresi batin dalam bentuk
gerak antara lain: jari-jari tangan, pergelangan tangan, siku-siku tangan,
bahu, leher, kepala, mulut lutut, mata, pinggul dan lain-lain.
Prinsip
Gerak
imitatif
Adalah
gerakan tari yang dilakukan sebagai hasil dari eksplorasi gerak yang ada dalam
alam ini selain gerak manusia. Misalnya gerakan hewan tertentu, tumbuhan, atau
benda lain yang memiliki ciri gerakan tertentu.
Gerak
imajinatif
Adalah
gerak rekayasa manusia dalam bentuk suatu tarian. Terdiri dari gerak maknawi
dan gerak murni.
Gerak
maknawi
Adalah
gerak tari yang mengandung arti atau mempunyai maksud tertentu. Gerak tersebut
biasanya memiliki ciri khas yang mudah dimengerti oleh penonton. Misalnya gerak
menolak, melamun, mengiyakan, dan sebagainya.
Gerak
murni
Adalah
gerak yang tidak mengandung arti, namun masih mengandung unsur keindahan gerak.
Gerak ini dibuat semata-mata agar suatu tarian tampak indah.
Wirama
tandak
Dalah
wirama yang ajeg (tetap) dan murni dengan ketukan dan aksen yang berulang-ulang
dan teratur.
Wirama
bebas
Adalah
wirama yang tidak selalu memiliki ketukan dengan aksen yang berulang-ulang dan
teratur.
Prosedur
Langkah-langkah
membuat ragam gerak dasar tari.
Contoh
gerak dasar tari klasik Sulawesi:
Gerak leher/kepala
Memalingkan kepala ke kiri atau ke kanan dengan posisi
mata memandang ke bawah sejauh 2 meter dari tubuh. Tidak ada pandangan menatap
atau melirik. Tidak ada ekspresi wajah.
Gerak lengan/tangan
Posisi lengan
·
Lengan membuka kira-kira 25 derajad dari badan. Siku
kurang lebih sejajar pinggang
·
Lengan diangkat sejajar bahu, tegak lurus dengan badan
·
Putaran jari dilakukan setinggi pinggang atau bahu
Jari tangan
·
Posisi dasar tangan yaitu mepat jari (telunjuk, tengah,
manis, dan kelingking) berhimpit lurus dan ibu jari membuka menjauhi jari yang
lain. Ibu jari hampir tegak lurus terhadap telapak tangan. Jika diputar, yang
berputar hanya pergelangan tangan.
·
Kingking lipa yaitu cara memegang sarung dengan dijepit
antara jari telunjuk dan jari tengan.
Memegang kipas
·
Kipas dipegang dengan tangan kanan. Beberapa posisi kipas
adalah sebagai berikut
·
Sekitar satu sampai dua jengkal di depan dada, jari-jari
menghadap keatas
·
Sekitar satu sampai dua jengkal di depa dada, jari-jari
menghadap ke kiri badan
·
Di depan perut/ setinggi pinggang, jari-jari menghadap ke
atas
·
Setinggi bahu denga posisi tidur/ mendatar, jari-jari
menghadap kedepan
·
Bila duduk, tangan yang memegang kipas terletak diatas
paha kanan, jari-jari menghadap keatas
·
Bila kipas dalam keadaan tertutup, dijepit di antara ibu
jari dan keempat jari
Memutar kipas
Kipas di putar dengan memutar pergelangan tangan. Diawali
dan diakhiri dengan jari-jari kipas menghadap ke atas
Membalik kipas
Kipas dibalikkan tanpa memutar pergelangan tangan, hanya
menggunakan jari-jari tangan. Diawali dan diakhiri dengan jari-jari kipas
menghadap keatas.
Membalik kipas
Kipas dibalikkan tanpa memutar pergelangan tangan, hanya
menggunakan jari-jari tangan. Diawali dan diakhiri dengan jari-jari kipas
menghadap ke atas.
Gerak tubuh
Tidak ada gerakan tubuh yang khusus. Namun secara umun
bisa dibagi menjadi tiga macam gerakan
·
Posisi tubuh berdiri biasa
·
Ammellu: liukan perlahan. Merupakan gerakan tubuh yang
paling menonjol.
·
Kondo: mengeper, bisa bertumpu pada kaki kanan atau kaki
kiri saja.
Gerak kaki
·
Berjalan biasa
·
Berjalan menumpu
·
Akkaleo
·
Duduk bersimpuh, tegak maupun miring.
E. Metode
Pembelajaran
·
Eksplorasi
·
Diskusi
·
Presentasi
·
Penugasan
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
LCD
Projector
Tape
recorder
Video
karya seni tari tradisional, klasik, kreasi, dan kontemporer
2.
Alat/Bahan
Busana
tari,
Alat rias,
Peralatan
iringan tari,
Peralatan
panggung
3.
Buku
Sumber
Buku
Paket Seni Budaya Kelas X,
Buku-buku
lain yang relevan,
Informasi
melalui media cetak dan internet,
Video
karya seni tari, serta sumber lain yang relevan.
G. Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Setelah merefleksi pengalaman siswa tentang karya-karya
seni tari yang pernah mereka lihat, siswa saling bertanya secara lesan tentang
macam-macam karya seni tari yang pernah mereka lihat. Selanjutnya siswa membaca dari berbagai sumber belajar tentang ragam gerak dasar tari
berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur serta melihat tayangan
video tentang berbagai karya seni tari. Siwa saling bertanya tentang ragam gerak dasar tari
berdasarkan teknik, konsep, prosedur dan berbagai macam musik
iringan ragam gerak dasar tari. Siswa dibagi dalam
6 (enam) kelompok dan diminta untuk mengumpulkan informasi tentang contoh
gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan, kemudian
mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian. Selama proses
pembelajaran dilakukan pembimbingan dan penilaian aktifitas siswa.
Setelah merefleksi pengalaman siswa tentang proses
penampilan karya seni tari, siswa saling bertanya secara lesan tentang bahan
dan alat serta teknik, konsep, dan prosedur dalam penampilan karya seni tari. Kemudian siswa mengamati
proses pertunjukan karya seni tari melalui media audio visual, dilanjutkan
dengan tanya jawab tentang langkah-langkah penampilan karya seni tari. Siswa
secara individu diminta untuk merangkai berbagai
gerak dasar tari sesuai dengan teknik,
konsep, dan prosedur sesuai dengan minatnya. Kemudian siswa membandingkan karya sendiri dengan data-data
yang diperoleh dengan kegiatan berkarya, mengenai: teknik, konsep, dan
prosedur serta iringan yang terkandung di dalamnya. Pada kelompoknya
masing-masing siswa saling berdiskusi tentang rangkaian gerak dasar tari berdasarkan
teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan. Selama proses pembelajaran
dilakukan pembimbingan dan penilaian aktifitas siswa.
Setelah
mereviu tentang gerak dasar
tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan, siswa saling menanya tentang
kesesuaian bahan dan alat yang telah mereka bawa dengan hasil rancangan gerak
dasar tari yang telah mereka buat. Siswa saling menanya tentang ide/gagasan dan
konsep yang akan mereka buat. Masing-masing siswa menampilkan
rangkaian gerak dasar tari berdasarkan
teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan dengan menggunakan bahan dan alat yang sudah
dibawa. Selama proses pembelajaran dilakukan penilaian keterampilan menggunakan
alat dan bahan serta ide/gagasan dalam berkarya.
Setelah
mereviu tentang pembuatansinopsis gerak dasar tari sesuai dengan
tari yang diperagakan secara sederhana, siswa
saling mengamati kesesuaian antara isi sinopsis dengan hasil karya seni tari
yang telah mereka buat. Kemudian siswa di bagi dalam kelompok sesuai dengan
jenis karya seni tari yang telah mereka buat. Masing-masing siswa dalam
kelompoknya mempresentasikan sinopsis karya seni tari yang telah mereka buat.
Selama proses pembelajaran dilakukan penilaian pengetahuan dan sikap siswa
dalam kerja kelompok dan presentasi serta membimbing diskusi mereka.
Pertemuan Kesatu:
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan/ Kegiatan Awal
· Merefleksi pengalaman siswa tentang karya-karya seni tari yang
pernah mereka lihat.
· Menjelaskan kaitannya dengan pengalaman mereka terhadap kompetensi
dasar yang akan dipelajari.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Bertanya secara lesan tentang macam-macam karya seni tari yang
pernah mereka lihat.
· Siswa mencari tahu dan saling menanyakan
tentang karya seni tari.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa membaca dari berbagai sumber belajar tentang ragam gerak dasar
tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur
·
Siswa
melihat tayangan video tentang berbagai karya seni tari
·
Guru
mengamati dan menilai aktifitas siswa.
Menanyakan
·
Siwa
saling bertanya tentang ragam gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan
prosedur
·
Siswa
saling bertanya tentang berbagai macam musik iringan
ragam gerak dasar tari.
Mengeksplorasi
·
Siswa
dibagi dalam 6 (enam) kelompok.
·
Siswa
dalam kelompok diminta untuk mengumpulkan informasi tentang contoh
gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan.
·
Masing-masing
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka secara
bergantian.
·
Guru
menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan presentasi serta membimbing diskusi mereka.
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan gerak dasar
tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan
teknik, konsep, dan prosedur
·
Siswa membandingkan bentuk penyajian
gerak dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain
·
Siswa membandingkan musik iringan
gerak dasar tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain
·
Masing-masing
kelompok berdiskusi tentang gerak dasar tari, bentuk penyajian tari dan musik
iringan tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur
·
Guru
membimbing dan menilai aktifitas siswa dalam berdiskusi.
Mengomunikasikan
·
Siswa
dalam kelompok menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang
diperoleh
·
Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian
·
Guru
mengamati, menilai serta membimbing aktifitas siswa dalam berdiskusi.
|
60 menit
|
Penutup :
·
Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian ragam gerak
dasar tari
·
Guru bersama siswa menyimpulkan teknik, konsep, dan
prosedur ragam gerak dasar tari
·
Guru bersama siswa menyimpulkan musik iringan dasar
gerak tari
·
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari
proses penampilan karya seni tari serta mengidentifikasi bahan dan alat yang
dibutuhkan
·
Guru menugaskan kepada siswa membawa bahan dan alat
yang dibutuhkan dalam merangkai berbagai gerak dasar tari untuk pertemuan
berikutnya
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua:
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan/Kegiatan Awal
· Merefleksi pengalaman siswa tentang proses penampilan karya seni
tari.
· Menjelaskan kaitannya dengan pengalaman mereka terhadap kompetensi
dasar yang akan dipelajari.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
· Bertanya secara lesan tentang bahan dan alat dalam penampilan karya seni tari.
· Bertanya secara lesan tentang teknik, konsep, dan prosedur
dalam penampilan karya seni tari.
· Siswa mencari tahu dan saling menanyakan
tentang proses penampilan
karya seni tari.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa
mengamati proses pertunjukan karya seni tari melalui media audio visual
·
Guru
mengamati dan menilai aktifitas siswa.
Menanyakan
·
Siwa
saling bertanya tentang langkah-langkah penampilan karya seni tari
·
Guru
mengamati, membimbing dan menilai aktifitas siswa.
Mengeksplorasi
·
Siswa
secara individu diminta untuk menentukan salah satu contoh gerak
dasar tari sesuai dengan minatnya.
·
Masing-masing
siswa diminta untuk merangkai berbagai gerak dasar tari sesuai
dengan teknik, konsep, dan prosedur
sesuai dengan minatnya
·
Guru
menilai proses dan sikap siswa dalam merangkai karya seni tari serta
memberikan bimbingan.
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan karya sendiri dengan
data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya, mengenai: teknik, konsep,
dan prosedur serta iringan yang terkandung di dalamnya
·
Pada
kelompoknya masing-masing siswa saling berdiskusi tentang gerak dasar tari
berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan.
·
Pada
kelompoknya masing-masing siswa saling berdiskusi tentang berbagai macam musik iringan gerak dasar tari.
·
Guru
membimbing dan menilai aktifitas siswa dalam berdiskusi.
Mengomunikasikan
·
Masing-masing
siswa dalam kelompoknya menyampaikan hasil rangkaian gerak dasar tari dan
data-data informasi yang diperoleh
·
Guru
mengamati, menilai serta membimbing aktifitas siswa dalam berdiskusi.
|
60 menit
|
Penutup
·
Guru bersama siswa menyimpulkan proses penampilan karya
seni tari
·
Guru bersama siswa menyimpulkan langkah-langkah
menampilan karya seni tari
·
Guru bersama siswa menyimpulkan teknik, konsep, dan prosedur
serta iringan dalam penampilan karya seni tari
·
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari
berbagai macam pertunjukan karya seni tari serta mengidentifikasi teknik, konsep, dan prosedur
serta iringannya
·
Guru menugaskan kepada siswa untuk menentukan salah
satu karya seni tari yang sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya
·
Guru menugaskan kepada siswa untuk membawa busana tari,
alat rias tari dan peralatan iringan tari.
|
15 menit
|
Pertemuan Ketiga:
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan/Kegiatan Awal
·
Merefleksi
hasil pembelajaran pada pertemuan sebelumnya tentang gerak dasar tari
berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan
·
Menagih
bahan dan alat yang diperlukan dalam penampilan karya seni tari sesuai
pilihannya
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Menanyakan
tentang macam-macam karya seni tari serta bahan dan alat yang dibutuhkan.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa
saling mengamati tentang kesesuaian bahan dan alat yang telah mereka bawa
dengan hasil sketsa dan rancangan yang telah mereka buat.
·
Guru
mengamati dan menilai aktifitas siswa.
Menanya
·
Siswa
saling menanya tentang kesesuaian bahan dan alat yang telah mereka bawa
dengan hasil rancangan gerak dasar tari yang telah mereka buat.
·
Siswa
saling menanya tentang ide/gagasan dan konsep yang akan mereka buat.
·
Guru
mengamati, membimbing dan menilai aktifitas siswa.
Mengkomunikasikan
·
Masing-masing
siswa menampilkan rangkaian gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan
prosedur sesuai iringan.
·
Masing-masing
siswa menggunakan bahan dan alat sesuai prosedur yang benar.
·
Guru
menilai keterampilan siswa dalam menampilkna rangkaian gerak dasar tari.
·
Guru
menilai ide/gagasan dalam berkarya serta memberi bimbingan.
|
70 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan serta
ide/gagasan dalam berkarya seni tari.
·
Memberikan tugas untuk membuat sinopsis gerak dasar tari sesuai dengan tari yang diperagakan
secara sederhana.
|
10 menit
|
Pertemuan Keempat:
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan/Kegiatan
Awal
·
Merefleksi
hasil pembelajaran pada pertemuan sebelumnya tentang penampilan rangkaian gerak dasar
tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan
·
Menagih
sinopsis gerak dasar tari sesuai dengan tari yang
diperagakan secara sederhana
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
·
Menanyakan
tentang sinopsis dalam berkarya seni
tari serta nilai estetikanya.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa
saling mengamati kesesuaian antara isi sinopsis dengan hasil karya seni tari
yang telah mereka buat.
·
Guru
mengamati dan menilai aktifitas siswa.
Menanya
·
Siswa
saling menanya tentang kesesuaian antara isi sinopsis dengan hasil karya seni
tari yang telah mereka buat.
·
Guru
mengamati, membimbing dan menilai aktifitas siswa.
Mengkomunikasikan
·
Siswa
di bagi dalam kelompok sesuai dengan jenis karya seni tari yang telah mereka
buat
·
Masing-masing
siswa dalam kelompoknya mempresentasikan sinopsis karya seni tari yang telah
mereka buat.
·
Masing-masing
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka secara
bergantian.
·
Guru
menilai pengetahuan dan sikap siswa dalam kerja kelompok dan presentasi serta
membimbing diskusi mereka.
|
70 menit
|
Penutup
·
Bersama siswa menyimpulkan tentang sinopsis dalam
berkarya seni tari.
·
Memberikan tugas untuk mempelajari simbol, jenis dan
nilai estetika seni tari untuk pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknis penilaian
Penilaian
dilakukan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses
dilakukan melalui observasi kerja kelompok dan kerja individu, presentasi, dan
laporan/sinopsis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui merangkai berbagai gerak dasar tari sesuai dengan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan (sesuai pilihannya).
2.
Bentuk Instrumen dan Instrumen
Instrumen kinerja presentasi menggunakan
lembar pengamatan kinerja presentasi dengan fokus penilaian pada: komunikasi,
sistematikan penyajian, wawasan, keberanian, antusias dan penampilan.
Instrumen
penilaian praktek dengan menggunakan rubrik penilaian praktek dengan fokus
utama pada kesesuaian teknik, konsep, prosedur, penggunaan bahan dan alat,
komposisi dan nilai estetika.
Instrumen
observasi penilaian sikap kerja kelompok menggunakan lembar pengamatan dalam
hal sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin.
Instrumen
observasi penilaian sikap kerja individu menggunakan lembar pengamatan sikap
santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya.
Instrumen
observasi penilaian sikap kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan
sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama,menghargai
karya seni dan pembuatnya.
3.
Pedoman peskoran
Pedoman
penskoran terlampir.
I.
Sumber/Referensi
·
Buku
Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas X SMA
·
Informasi
melalui internet
·
Informasi
melalui media audio visual
·
Video
pertunjukan tari
·
Ensiklopedi
tari Indonesia
·
Website
: www.psb-psma.org
Jakarta, Juli
2013
Mengetahui
Kepala SMA .... Guru
Mata Pelajaran Seni Budaya
.................................. .........................................
NIP. NIP.
Catatan
Kepala Sekolah
LAMPIRAN :
a. Lembar
Kinerja Presentasi
PENILAIAN KINERJA PRESENTASI
Matapelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Materi Pokok :
Ragam gerak dasar tari berdasarkan konsep, teknik,
dan
prosedur Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Nama :
NIS :
Kelas :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Komunikasi
|
|
|
|
2
|
Sistematika penyampaian
|
|
|
|
3
|
Wawasan
|
|
|
|
4
|
Keberanian
|
|
|
|
5
|
Antusias
|
|
|
|
6
|
Penampilan
|
|
|
|
Rubrik:
Aspek yang
dinilai
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Komunikasi
|
Tidak ada komunikasi
|
Komunikasi sedang
|
Komunikasi Lancar dan baik
|
Sistematika penyampaian
|
Penyampain tidak sistematis
|
Sistematika penyampaian sedang
|
Sistematika penyampaian baik
|
Wawasan
|
Wawasan kurang
|
Wawasan sedang
|
Wawasan luas
|
Keberanian
|
Tidak ada keberanian
|
Keberanian sedang
|
Keberanian baik
|
Antusias
|
Tidak antusias
|
Antusias sedang
|
Antusias dalam kegiatan
|
Penampilan
|
Penampilan kurang
|
Penampilan sedang
|
Penampilan baik
|
b.
Lembar Penilaian Proyek
INSTRUMEN
PENILAIAN PROYEK
Matapelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Nama
Proyek : Laporan Gerak Dasar Tari
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
Guru
Pembimbing :
Nama :
NIS :
Kelas :
No
|
ASPEK
|
SKOR (1-5)
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
PERENCANAAN:
a. Latar
belakang
b. Rumusan
masalah
c. Tujuan
penulisan
|
|
|
|
|
|
2
|
PELAKSANAAN
a. Ketepatan
pemilihan gerak dasar tari
b. Orisinalitas
laporan
c. Mendeskripsikan
gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur
d. Mendeskripsikan tentang bahan dan alat, serta media dan teknik
dalam pertunjukan tari
e. Struktur/logika
penulisan disusun dengan jelas sesuai metode yang dipakai
f.
Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
g. Daftar
pustaka yang dapat dipertanggungjawabkan (Ilmiah)
|
|
|
|
|
|
3
|
LAPORAN PROYEK:
a. Kesimpulan
sesuai dengan rumusan masalah
b. Saran
relevan dengan kajian, dan berisi pesan untuk peningkatan kecintaan terhadap
hasil karya seni tari Indonesia
|
|
|
|
|
|
c. Lembar
Penilaian Praktek
FORMAT
PENILAIAN PRAKTEK
Mata
Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Nama
Produk : Gerak Dasar Tari
Alokasi
Waktu : 90 menit
Nama
Peserta didik :
Kelas/Semester : X/1
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
( 1 – 5 )*
|
1
|
Teknik
|
|
2
|
Konsep
|
|
3
|
Prosedur
|
|
4
|
Penggunaan bahan alat
|
|
5
|
Komposisi
|
|
6
|
Nilai Estetis
|
|
|
TOTAL SKOR
|
|
d. Lembar
Observasi Penilaian Sikap Kerja Kelompok
LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN
SIKAP
KERJA KELOMPOK
Mata Pelajaran :
Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/Semester :
X/Satu
Peminatan :
MIPA, IPS, Bahasa
Materi
Pokok : Ragam gerak dasar tari berdasarkan konsep, teknik,
dan
prosedur
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
|||
kerjasama
|
tanggungjawab
|
toleran
|
disiplin
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||||
1.
|
………..
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian skor:
4. Sangat baik
3. Baik
2. Cukup
1. Kurang.
e. Lembar
Observasi Penilaian Sikap Kerja Individu
LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN
SIKAP
KERJA INDIVIDU
Mata Pelajaran :
Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/Semester :
X/Satu
Peminatan :
MIPA, IPS, Bahasa
Materi
Pokok : Ragam gerak dasar tari berdasarkan konsep, teknik,
dan
prosedur
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
||||
santun
|
jujur
|
Cinta damai
|
Menghargai karya sendiri
|
Menghargai karya orang lain
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
||||
7.
|
………..
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian skor:
4. Sangat baik
3. Baik
2. Cukup
1. Kurang.
f. Lembar
Observasi Penilaian Sikap Kinerja Presentasi
LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN
SIKAP
KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran :
Seni Budaya (Seni Tari)
Kelas/Semester :
X/Satu
Peminatan :
MIPA, IPS, Bahasa
Materi
Pokok : Ragam gerak dasar tari berdasarkan konsep, teknik,
dan
prosedur
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
||||
responsif
|
proaktif
|
Peduli lingkungan
|
Peduli
sesama
|
Menghargai karya seni
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
||||
13.
|
………..
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian skor:
4. Sangat baik
3. Baik
2. Cukup
1. Kurang.
g. Lembar
Observasi Penilaian Sikap Kinerja Presentasi
FORMAT PENILAIAN PORTOFOLIO
Sekolah :
Matapelajaran : Seni Budaya (Seni Tari)
Durasi
Waktu :
Nama
Peserta didik :
Kelas/Semester :
No
|
KI/KD/PI
|
Waktu
|
Kriteria
|
Ket.
|
|||
1
|
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Perencanaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pembuatan
Karya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PI
= Pencapaian Indikator
H. Tes Uraian
SOAL TES URAIAN
1. Jelaskan
pengertian ragam gerak dasar tari ....
2. Jelaskan
teknik, konsep dan prosedur ragam gerak dasar tari ....
3. Jelaskan musik
iringan dasar tari ....
4. Identifikasi
gerak dasar tari dilingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain
berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur ....
5. Identifikasi
bentuk penyajian gerak dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah
lain ....
6. Identifikasi
musik iringan gerak dasar tari dilingkungan tinggal siswa dengan daerah
lain....
Ingin RPP Kurikulum 2013 lainnya silahkan klik informasi RPP KURIKULUM 2013
0 Komentar untuk "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 SENI BUDAYA TEMA SENI TARI KELAS 10 SEMESTER 1"