SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP MATEMATIKA KELAS VIII SMP SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                                                            Nama Sekolah          :     .............................
                                                                           Mata Pelajaran          :     Matematika
                                                                            Kelas                        :    VIII (Delapan)
                                                                           Semester                   :     2 (Dua)


Standar Kompetensi    :4.    Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar                     :4.1. Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran.
Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran.

A.     Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.      Materi Ajar
         Lingkaran, yaitu mengenai mengenal unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran.

C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
         Pendahuluan         :  -     Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                          -     Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
         Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 2, mengenai mengenal unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran).        
F  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema.
F  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai pemasangan nama unsur-unsur atau bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema terhadap gambar ilustrasinya, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F  Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran.
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.      
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E.      Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 2.
-        Buku referensi lain.
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP

               F.      Penilaian Hasil Belajar .          
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, talibusur, juring dan tembereng.

Tes lisan
Daftar pertanyaan
             

                  
Disebut apakah ruas garis ?


        
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….

        

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                             Nama Sekolah          :     .............................
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VIII (Delapan)
                                             Semester                   :     2 (Dua)


Standar Kompetensi   : 4.   Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar                     : 4.2.Menghitung keliling dan luas lingkaran.
Alokasi Waktu            : 10 jam pelajaran (5 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
-      Pertemuan Pertama, Kedua, Ketiga, keempat, dan kelima.
         a.   Peserta didik dapat menemukan nilai Phi.
         b.   Peserta didik dapat menentukan rumus keliling dan luas lingkaran.
         c.   Peserta didik dapat menghitung keliling dan luas lingkaran.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.      Materi Ajar.     
         a.   Menentukan nilai Phi  ().
         b.   Menentukan keliling lingkaran.
         c.   Menentukan luas lingkaran.

C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
Ø   Pertemuan Pertama, Kedua, Ketiga, keempat, dan kelima    
         Pendahuluan         :  -     Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                          -     Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
         Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menemukan nilai Phi (), menentukan rumus keliling dan luas lingkaran, serta menghitung keliling dan luas lingkaran (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 2, mengenai menemukan nilai Phi (),mengenai menentukan keliling lingkaran, dan mengenai menentukan luas lingkaran), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.        
F  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menemukan nilai Phi (), menentukan rumus keliling dan luas lingkaran, serta menghitung keliling dan luas lingkaran.
F  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara menentukan keliling lingkaran, dan mengenai cara mencari luas lingkaran.
F  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penentuan keliling lingkaran, jari-jari, diameter jika salah satu nilai dari jari-jari, keliling, dan diameter lingkaran diketahui, dan mengenai penentuan luas lingkaran.
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai penentuan rumus keliling lingkaran dan penemuan nilai Phi (),mengenai penentuan luas lingkaran, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai nilai Phi (),mengenai penentuan keliling lingkaran, dan mengenai penentuan luas lingkaran, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal  dalam buku paket.
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.


E.      Alat dan Sumber Belajar
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 2.
-        Buku referensi lain.
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP

               F.      Penilaian Hasil Belajar .          
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menemukan nilai phi
·   Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran
·   Menghitung keliling dan luas lingkaran.

Unjuk kerja
Tes lisan
Tes tertulis
Tes uji petik kerja
Daftar Pertanyaan
Uraian
·   Ukurlah keliling (K) sebuah benda berbentuk lingkaran dan juga diameternya (d).
 Berapakah nilai
·   Sebutkan rumus keliling lingkaran yang berjari-jari p.
·   Sebutkan rumus luas lingkaran yang berjari-jari q.
·   Hitunglah luas lingkaran jika ukuran jari-jarinya 14 cm.

              
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
  






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                             Nama Sekolah          :     .............................
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VIII (Delapan)
                                             Semester                   :     2 (Dua)


Standar Kompetensi   : 4.    Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar                     : 4.3. Memahami relasi dan fungsi.
Alokasi Waktu            : 12 jam pelajaran (6 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
-      Pertemuan Pertama, Kedua dan Ketiga .
         a.   Peserta didik dapat mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama. 
         b.   Peserta didik dapat menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
-      Pertemuan keempat, kelima dan keenam .
         a.   Peserta didik dapat menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng.
         b.   Peserta didik dapat menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )


B.      Materi Ajar.     
               a.      Mengenal sudut pusat dan sudut keliling.
         b.   Mengenal hubungan antara busur, juring, dan sudut pusat.

C.     Metode Pembelajaran.
         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
Ø   Pertemuan Pertama, Kedua dan           ketiga.
         Pendahuluan         :  -     Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                          -     Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
         Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama, dan cara menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 2, mengenai mengenal sudut pusat dan sudut keliling), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.        
F  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama, dan cara menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
F  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara menentukan besar sudut keliling.
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
F  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penentuan besar sudut pusat dan sudut keliling.  
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penentuan besar sudut pusat dan sudut keliling, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal  dalam buku paket.
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Ø   Pertemuan keempat. Kelima  dan keenam      
         Pendahuluan         :  -     Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                          -     Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
         Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng, dan menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 2, mengenai mengenal hubungan antara busur, juring, dan sudut pusat), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.        
F  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng, dan menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.
F  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara menentukan keliling dan luas lingkaran, serta panjang busur, luas juring dan temberengnya.
F  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penentuan panjang busur, luas juring, dan besar sudut lingkaran.
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal  dalam buku paket.
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penentuan jari-jari lingkaran jika diketahui besar sudut pusat dan panjang busur lingkaran, luas juring dan tembereng, dan penggunaan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
     
E.      Alat dan Sumber Belajar.
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 2.
-        Buku referensi lain.
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP

               F.      Penilaian Hasil Belajar                        
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menjelaskan hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama
·   Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
·   Menentukan panjang busur, luas juring dan luas tembereng.
·   Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
Tes tertulis


Tes lisan

Tes tertulis

Isian singkat

Daftar Pertanyaan

Uraian

·   Jika sudut A adalah sudut pusat dan sudut B adalah sudut keliling, sebutkan hubungan antara sudut A dan sudut B jika kedua sudut itu menghadap busur yang sama.
·   Berapa besar sudut keliling jika menghadap diameter lingkaran?
·   Di dalam lingkaran dengan jari-jari 12 cm, terdapat sudut pusat yang besarnya 900 Hitunglah:
    a. Panjang busur kecil
     b.luas juring  kecil
·   Seorang anak harus minum tablet yang berbentuk lingkaran. Jika anak tersebut harus minum 1/3 tablet itu dan ternyata jari-jari tablet 0,7 cm. Berapakah luas tablet yang diminum?
·   Gambar di bawah ini adalah penampang pipa yang digenangi air. Diameter pipa adalah 14 cm dan panjang permukaan air pada pipa adalah 10 cm. Berapakah tinggi air dari dasar pipa dan luas penampang air itu?
                   10 cm

  

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
  
  




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                 
                                             Nama Sekolah          :     .............................
                                             Mata Pelajaran          :     Matematika
                                             Kelas                        :    VIII (Delapan)
                                             Semester                   :     2 (Dua)


Standar Kompetensi   : 4.    Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar                     : 4.4. Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran.
Alokasi Waktu            : 8 jam pelajaran (4 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
-      Pertemuan Pertama, dan  Kedua.
         a.   Peserta didik dapat menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.
         b.   Peserta didik dapat mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
-      Pertemuan Ketiga, dan  keempat.
         a.   Peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar.
         b.   Peserta didik dapat menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.      Materi Ajar
         Garis Singgung Lingkaran, yaitu mengenai:
         a.            Mengenal garis singgung lingkaran.
         b.   Menemukan sifat-sifat garis singgung lingkaran.
         c.    Menyebutkan syarat kedudukan dua lingkaran.
         d.  Mengenal garis singgung persekutuan dua lingkaran.
         e.   Melukis garis singgung lingkaran.
         f.    Menghitung panjang garis singgung persekutuan.
         g.   Menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubung- kan dua lingkaran.


C.     Metode Pembelajaran
         Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
Ø   Pertemuan Pertama dan Kedua           
         Pendahuluan         :  -     Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                          -     Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
        
Kegiatan Inti:    
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat dan mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 2, mengenai mengenal garis singgung lingkaran, mengenai menemukan sifat-sifat garis singgung lingkaran, mengenai menyebutkan syarat kedudukan dua lingkaran, dan mengenai mengenal garis singgung persekutuan dua lingkaran), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.        
F  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat dan mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
F  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara menentukan panjang garis singgung lingkaran dan besar sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat, dan mengenai cara menentukan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran.
F  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Ø   Pertemuan Ketiga dan Keempat
         Pendahuluan         :        -           Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
                                                -           Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
         Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar, serta menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran (Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 2, mengenai melukis garis singgung lingkaran, mengenai menghitung panjang garis singgung persekutuan, mengenai menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran), kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.        
F  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar, serta menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran.
F  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara menghitung panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, mengenai cara menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran, dan mengenai cara menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran.
F  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Bekerja Aktif“ dalam buku paket mengenai melukis garis singgung lingkaran melalui titik yang terletak pada lingkaran, mengenai melukis garis singgung lingkaran melalui titik yang terletak di luar lingkaran, mengenai melukis garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, dan mengenai melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran.
F  Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai melukis garis singgung lingkaran melalui titik yang terletak pada lingkaran, mengenai melukis garis singgung lingkaran melalui titik yang terletak di luar lingkaran, mengenai melukis garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, mengenai melukis garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran mengenai menghitung panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, mengenai menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran, mengenai menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.   
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai melukis garis singgung lingkaran, mengenai menghitung panjang garis singgung persekutuan, dan mengenai menghitung panjang sabuk lilitan minimal yang menghubungkan dua lingkaran, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
F  Peserta didik mengerjakan beberapa soal  dalam buku paket.
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

E. Alat dan Sumber Belajar.
Sumber :   
-        Buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 2.
-        Buku referensi lain.
Alat :
-                Laptop
-                LCD
-                OHP
               F.      Penilaian Hasil Belajar .                      
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.
·   Menjelaskan garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.
·   Menentukan  panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar
Tes tertulis





Tes tertulis





Tes tertulis
Uraian





Isian singkat




Uraian
·   Perhatikan gambar!
 

               
              
Berapakah besar sudut P?
Jelaskan!
·   Perhatikan gambar!
      




Disebut apakah:a) garis AB?
                          b) garis KL?
·   Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 7cm dan 1cm. Jika jarak antara titik pusatnya 10cm, berapakah panjang garis singgung:
a)  persekutuan dalam
b)  persekutuan luar
                                                                                                           

  
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….



( ......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….

........., ......, ............... 20...
Guru Mapel Matematika.



( ............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP MATEMATIKA KELAS VIII SMP SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top