SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP MATEMATIKA SMA DAN MA KELAS 10 SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Madrasah         :      
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester         :        X (Sepuluh)/Genap

Standar Kompetensi   :  4.   Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.

Kompetensi Dasar      :  4.1. Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkaran atau negasinya.

Indikator                     :  1.   Menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, serta menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.
                                       2.   Menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.

Alokasi Waktu            :  2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran

         a.   Peserta didik dapat menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, serta menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan.  
         b.   Peserta didik dapat menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.

B.      Materi Ajar
        
         a.   Pernyataan  dan nilai kebenarannya.
         b.   Kalimat terbuka dan himpunan penyelesaiannya.
         c.   Ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan dan nilai kebenarannya.

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab
        
D.     Langkah - langkah Kegiatan
        
         Pertemuan Pertama

         Pendahuluan
         Apersepsi   :  -
         Motivasi     :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan, serta dapat menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.

         Kegiatan Inti
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh- contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai penjelasan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka, cara menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan, ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Genap Jilid 1B, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal.3-4 mengenai pernyataan dan kalimat terbuka, dan hal. 4-6 mengenai ingkaran atau negasi suatu pernyataan).
         b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan penjelasan arti dan contoh dari pernyataan dan kalimat terbuka,cara menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan, ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya.          
         c.   Peserta didik mengerjakan soal mengenai pengidentifikasian kalimat yang merupakan pernyataan dan kalimat terbuka, serta penentuan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan beserta nilai kebenarannya, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 5.
d.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 5.
e.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 5-6.
f.    Peserta didik memberikan uraian singkat seputar materi pernyataan, kalimat terbuka, serta ingkaran atau negasi suatu pernyataan        beserta nilai kebenerannya pada kuis yang dilakukan.
Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka, serta ingkaran atau negasi suatu pernyataan beserta nilai kebenerannya.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka, serta ingkaran atau negasi suatu pernyataan beserta nilai kebenerannya dalam buku paket pada hal. 5-6 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
E.      Alat dan Sumber Belajar

         Sumber: 
         -     Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Genap Jilid 1B, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 2-6.        
         -     Buku referensi lain.

         Alat:
         -     Laptop
         -     LCD
         -     OHP

               F.      Penilaian     
              
                        Teknik                   : tes lisan, kuis.
                        Bentuk Instrumen : tanya jawab, uraian singkat.
         Contoh Instrumen : 
         1.   Sebutkan beberapa contoh kalimat terbuka dan kalimat pernyataan.
         2.   Tentukan ingkaran atau negasi dari pernyataan:
               a.      p:  3 + 4  =7
                    ~p:
                     b.            p:  Semua bilangan prima adalah bilangan ganjil.
                                    ~p:  ....................................

                                                                                                                ….............2012
            Mengetahui,                                                                                     
            Kepala Madrasah,                                                       Guru Mata Pelajaran,







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Madrasah         :       
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester         :        X (Sepuluh)/Genap


Kompetensi Dasar      :        4.2.         Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.


Indikator                  :  1.      Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.
                                    2.      Menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.
                                    3.      Menentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.
                                    4.      Menentukan nilai kebenaran dan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor.


Alokasi Waktu         :  10 jam pelajaran (5 pertemuan).


A.     Tujuan Pembelajaran

         a.   Peserta didik dapat menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.
         b.   Peserta didik dapat menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.
         c.   Peserta didik dapat menentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.
         d.   Peserta didik dapat menentukan nilai kebenaran dan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor.


B.      Materi Ajar
        
         a.   Nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi.
         b.   Ingkaran (negasi) dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi.
         c.   Konvers, invers, kontraposisi.
         d.   Nilai kebenaran  dari pernyataan berkuantor dan ingkarannya.


C.     Metode Pembelajaran


         Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
        

D.     Langkah - langkah Kegiatan


         Pertemuan Pertama
        

         Pendahuluan
         Apersepsi   :  -  Mengingat kembali tentang pengertian pernyataan dan nilai kebenarannya.
                              -  Membahas PR.
            Motivasi     :  Banyak pernyataan sehari - hari yang mempunyai keterkaitan dengan pernyataan majemuk.


         Kegiatan Inti
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan cara menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Genap Jilid 1B, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 6-22 mengenai nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk, yang terdiri dari hal. 6-11 mengenai nilai kebenaran pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, hal. 11-16 mengenai nilai kebenaran pernyataan majemuk berbentuk disjungsi, hal. 16-17 mengenai nilai kebenaran pernyataan majemuk berbentuk implikasi, dan hal. 21-22 mengenai nilai kebenaran pernyataan majemuk berbentuk biimplikasi).    
b.   Peserta didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang.
c.   Dalam kelompok, masing - masing peserta didik berdiskusi mengenai:
               1.   Pengidentifikasian pernyataan sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan pernyataan majemuk.
               2.   Pengidentifikasian kakteristik pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.
               3.   Perumusan nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi dengan tabel kebenaran.
               4.   Penentuan nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.
d.   Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.
f.    Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 7 mengenai cara menentukan pernyataan majemuk, hal. 9-10 mengenai cara menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, hal. 13-14 mengenai cara menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk berbentuk konjungsi dan disjungsi berdasarkan tabel kebenaran, hal. 17 mengenai cara menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk berbentuk implikasi, dan hal. 21-22 mengenai cara menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk berbentuk biimplikasi.
g.   Setiap kelompok mengerjakan soal-soal mengenai penentuan nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi dan disjungsi dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. 9, 10, dan 15 sebagai tugas kelompok berupa uraian singkat, kemudian membahas jawaban soal-soal tersebut dengan guru.
h.   Setiap kelompok mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal. 10-11 dan 15-16 sebagai tugas kelompok.


Penutup
a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai penentuan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.
b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi penentuan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi berdasarkan latihan dalam buku paket pada hal. 10-11 dan 15-16 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.


         Pertemuan Kedua
        

         Pendahuluan
   Apersepsi   :  Mengingat kembali pengertian ingkaran atau negasi suatu pernyataan.
   Motivasi     :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diiharapkan dapat menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.


         Kegiatan Inti
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh - contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Genap Jilid 1B, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 26-30 mengenai ingkaran (negasi) suatu pernyataan majemuk, yang terdiri dari hal. 26-28 mengenai negasi konjungsi dan negasi disjungsi, hal. 28-29 mengenai negasi dari implikasi, dan hal. 29-30 mengenai negasi dari biimplikasi).        
      b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 27-28 mengenai cara menentukan negasi dari konjungsi dan disjungsi, hal. 29 mengenai cara menentukan negasi dari implikasi, dan hal. 29-30 mengenai cara menentukan negasi dari biimplikasi).        
         d.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 30.
e.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 30.
f.    Peserta didik memberikan uraian singkat seputar materi ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi pada kuis yang dilakukan.


         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi ingkaran atau negasi dari suatu pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi dari soal-soal latihan dalam buku paket hal. 30.


         Pertemuan Ketiga
        

         Pendahuluan
   Apersepsi   :  -  Mengingat kembali pengertian pernyataan majemuk berbentuk implikasi.
                        -  Membahas PR.
   Motivasi     :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.


      Kegiatan Inti
a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh- contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari suatu pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Genap Jilid 1B, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 31-33 mengenai konvers, invers, dan kontraposisi).        
         b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai konvers, invers, dan kontraposisi dari suatu pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 31-32 mengenai cara menentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari suatu pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.
d.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 32-33 sebagai tugas individu.


         Penutup                
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi konvers, invers, dan kontraposisi dari suatu pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi konvers, invers, dan kontraposisi dari suatu pernyataan berbentuk implikasi beserta nilai kebenarannya berdasarkan latihan hal. 32-33 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.












         Pertemuan Keempat
        

         Pendahuluan
         Apersepsi   :  Membahas PR
         Motivasi     :  Banyak pernyataan sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan pernyataan berkuantor. Apabila materi ini dikuasai dengan baik, peserta didik diharapkan dapat menentukan nilai kebenaran dan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor.


         Kegiatan Inti
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh- contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan nilai kebenaran dan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Genap Jilid 1B, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 33-35 mengenai pernyataan berkuantor, dan hal. 35-38 mengenai ingkaran (negasi) pernyataan berkuantor).
         b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menentukan nilai kebenaran dan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor.
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 35 mengenai cara menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan berkuantor, dan hal. 36-37 mengenai cara menentukan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor.     
d.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 37-38 sebagai tugas individu.
e.   Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka, ingkaran (negasi) pernyataan, nilai kebenaran pernyataan majemuk dan ingkarannya, konvers, invers, kontraposisi, serta nilai kebenaran  pernyataan berkuantor dan ingkarannya untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
         Penutup
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi sistem persamaan linear dan bentuk aljabar berderajat dua dengan dua variabel
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi pernyataan berkuantor dan ingkaran (negasi) pernyataan berkuantor berdasarkan soal-soal latihan dalam buku paket pada hal. 37-38 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.


         Pertemuan Kelima
        

         Pendahuluan
      Apersepsi   :  Mengingat kembali materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka, ingkaran (negasi)  pernyataan, nilai kebenaran pernyataan majemuk dan ingkarannya, konvers, invers, kontraposisi, serta nilai kebenaran  pernyataan berkuantor dan ingkarannya.
      Motivasi     :  Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi mengenai pernyataan, kalimat terbuka, ingkaran (negasi)  pernyataan, nilai kebenaran pernyataan majemuk dan ingkarannya, konvers, invers, kontraposisi, serta nilai kebenaran  pernyataan berkuantor dan ingkarannya.


Kegiatan Inti 
a.   Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.   Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.   Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d.   Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.


Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang kesetaraan (ekuivalensi) dari dua pernyataan majemuk.


E.      Alat dan Sumber Belajar


         Sumber :
         -     Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Genap Jilid 1B, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 6-17, 21-22, 26-38.        
         -     Buku referensi lain.


         Alat :
-          Laptop
-          LCD
-          OHP


               F.      Penilaian     
              

                        Teknik                   : tugas kelompok, kuis, ulangan harian, tugas individu.
                        Bentuk Instrumen : uraian singkat, uraian obyektif, pilihan ganda.
         Contoh Instrumen : 
         1.   Tentukan nilai kebenaran dari konjungsi “Garis  melalui titik (1, 2) dan          
                 (2, 1)!“.
         2.   Tentukan negasi dari:
               a.    Jika 2 + 3 > 4 maka 4 = (B)              
               b.    Jika guru matematika tidak datang, maka semua siswa senang.
     3.   Tentukan konvers, invers, dan kontraposisi dari implikasi berikut, kemudian tentukan nilai kebenarannya!
                     a.                                                Jika x = 600, maka .         
               b.  Jika, maka .
         4.   Tentukan nilai kebenaran pernyataan - pernyataan berikut.
               a.                             
               b. 
   
                                                                                                                       ........2012
            Mengetahui,                                                                                     
            Kepala Madrasah,                                                       Guru Mata Pelajaran,



         
   


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Madrasah         :       
Mata Pelajaran          :        Matematika
Kelas / Semester         :        X (Sepuluh)/Genap

Kompetensi Dasar   :  4.3.   Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan.                    

Indikator                  :  1.      Memeriksa atau membuktikan kesetaraan antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.
                                    2.      Menyelidiki apakah suatu pernyataan majemuk merupakan suatu tautologi, kontradiksi, bukan tautologi, atau bukan kontradiksi.

Alokasi Waktu         :  6 jam pelajaran (3 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran

         a.      Peserta didik dapat memeriksa atau membuktikan kesetaraan antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.
         b.      Peserta didik dapat menyelidiki apakah suatu pernyataan majemuk merupakan suatu tautologi, kontradiksi, bukan tautologi, atau bukan kontradiksi.

B.      Materi Ajar
              
a.      Bentuk ekuivalen antara dua pernyataan majemuk.
b.      Tautologi dan kontradiksi.

C.     Metode Pembelajaran

         Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
        
D.     Langkah-langkah Kegiatan

                        Pertemuan Pertama
              
         Pendahuluan
         Apersepsi   :  -  Mengingat kembali tentang pengertian pernyataan majemuk.
                              -  Membahas PR.
         Motivasi     :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat memeriksa atau membuktikan kesetaraan antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.

         Kegiatan Inti
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet / materi yang berhubungan dengan pemeriksaan atau pembuktian kesetaraan antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Genap Jilid 1B, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 24-26 mengenai bentuk ekuivalen antara dua pernyataan majemuk).      
         b.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai pemeriksaan atau pembuktian kesetaraan antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.
         c.   Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 25 mengenai cara memeriksa atau membuktikan kesetaraan antara dua pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor
d.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 25-26 sebagai tugas individu.





         Penutup                
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi bentuk ekuivalen pernyataan majemuk.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi bentuk ekuivalen pernyataan majemuk berdasarkan latihan hal. 25-26 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.

                        Pertemuan Kedua

         Pendahuluan
         Apersepsi   :  Membahas PR.
         Motivasi     :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menyelidiki apakah suatu pernyataan majemuk merupakan suatu tautologi, kontradiksi, bukan tautologi, atau bukan kontradiksi.

         Kegiatan Inti
         a.   Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi secara garis besar oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan cara menyelidiki apakah suatu pernyataan majemuk merupakan suatu tautologi, kontradiksi, bukan tautologi, atau bukan kontradiksi (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Genap Jilid 1B, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 18-20 mengenai bentuk ekuivalen antara dua pernyataan majemuk).      
b.   Peserta didik dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang.
c.   Dalam kelompok, masing-masing peserta didik berdiskusi mengenai:
1.   Karakteristik dari pernyataan tautologi dan kontradiksi dari tabel nilai kebenaran.
               2.   Pemeriksaan apakah suatu pernyataan majemuk merupakan suatu tautologi atau kontradiksi atau bukan keduanya.
d.   Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
         e.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara menyelidiki apakah suatu pernyataan majemuk merupakan suatu tautologi, kontradiksi, bukan tautologi, atau bukan kontradiksi.     
         f.    Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket hal.   18-19 mengenai pemeriksaan apakah suatu pernyataan majemuk merupakan suatu tautologi, kontradiksi, bukan tautologi, atau bukan kontradiksi.
         g.   Setiap kelompok mengerjakan soal-soal mengenai penentuan apakah suatu pernyataan majemuk merupakan suatu tautologi atau bukan dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket pada hal. 19, dan kemudian membahas jawaban soal-soal tersebut dengan guru.
h.   Setiap kelompok mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket pada hal.20 sebagai tugas kelompok.
i.    Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi mengenai kesetaraan (ekuivalensi) dua pernyataan majemuk, tautologi, dan kontradiksi untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

Penutup
a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi tautologi dan kontradiksi.
b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi tautologi dan kontradiksi berdasarkan latihan dalam buku paket pada hal. 20 yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.

                       
                        Pertemuan Ketiga
        
         Pendahuluan
      Apersepsi   :  Mengingat kembali materi mengenai kesetaraan (ekuivalensi) dua pernyataan majemuk, tautologi, dan kontradiksi.    
      Motivasi     :  Agar peserta didik dapat menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi mengenai kesetaraan (ekuivalensi) dua pernyataan majemuk, tautologi, dan kontradiksi.




Kegiatan Inti 
a.   Peserta didik diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.   Peserta didik diberikan lembar soal ulangan harian.
c.   Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik mencontek.
d.   Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

Penutup
Peserta didik diingatkan untuk mempelajari materi berikutnya, yaitu tentang cara menentukan kesimpulan dari beberapa premis yang diberikan dengan prinsip modus ponens, modus tolens, dan silogisme.

E.      Alat dan Sumber Belajar

         Sumber :
-     Buku paket, yaitu buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Genap Jilid 1B, karangan Sri Kurnianingsih, dkk, hal. 18-20, 24-25.        
-     Buku referensi lain.
Alat :
-          Laptop
-          LCD
-          OHP

               F.      Penilaian     
              
                        Teknik                   : tugas individu, tugas kelompok, ulangan harian.
                        Bentuk Instrumen : uraian singkat, uraian obyektif, pilihan ganda.
         Contoh Instrumen : 
1.   Selidiki apakah dua pernyataan majemuk berikut ekuivalen.
     a.    dan
     b.    dan
2.   Selidikilah dengan menggunakan tabel kebenaran bentuk pernyataan majemuk berikut, apakah merupakan tautologi, kontradiksi, bukan tautologi, atau bukan kontradiksi.
     a.    
      b.                          

                                                                                                                  .............2012
            Mengetahui,                                                                                     
            Kepala Madrasah,                                                       Guru Mata Pelajaran

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP MATEMATIKA SMA DAN MA KELAS 10 SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top