SILABUS DAN RPP BLOG

RPP lengkap Kurikulum 2013 dan KTSP

CONTOH RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PA) KELAS IX SMP SEMESTER 2



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
Kompetensi Dasar
:
8.1. Menampilkan bacaan QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar
Alokasi Waktu           
:
2 X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca surat al-Insyirah dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Surat al-Insyirah

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan membaca al-Qur’an.
  • Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru mendemonstrasikan bacaan surat al-Insyirah.
2). Elaborasi
·         Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
3) Konfirmasi
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
·         menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Membaca potongan-potongan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
2.  Membaca keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.
Tes lisan

Praktik
1. Bacalah potongan-potongan ayat di bawah ini dengan tartil dan benar:
وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ .
الَّذِيۤ أَنْقَضَ ظَهْرَكَ.
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ.
2. Bacalah keseluruhan ayat dalam QS. at-Tin dengan tartil dan benar lalu cobalah untuk menghafalnya!


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
Kompetensi Dasar
:
8.2. Menyebutkan arti QS Al-Insyirah
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca arti mufradad surat al-Insyirah, mengartikan surat al-Insyirah, dan dapat menjelaskan kandungan ayat surat al-Insyirah.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Arti mufradad surat al-Insyirah
  • Arti surat al-Insyirah
  • Kandungan ayat surat al-Insyirah

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menjelaskan kandungan ayat surat al-Insyirah.
2). Elaborasi
·         Siswa membaca arti mufradad.
·         Siswa berlatih mengartikan ayat demi ayat berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·         menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
  • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
  • Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
  • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
  • Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Mengartikan masing-masing kata dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
2.   Mengartikan masing-masing ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.
3.  Mengartikan keseluruhan ayat dalam QS. al-Insyirah dengan benar.

Tes tulis
Tes lisan
Pilihan ganda
Jawaban singkat
Praktik
1. Arti yang tepat untuk kata أَنْقَضَ ظَهْرَكَ dalam QS. al-Insyirah adalah:
    a. yang telah melapangkan dadamu
    b. yang telah menghilangkan bebanmu
    c. yang telah meragukan hatimu
    d. yang telah memberatkan punggungmu.
2. Ayat yang tepat dari arti “Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu” adalah ...
3. Lafalkan QS. al-Insyirah ayat demi demi ayat lengkap dengan terjemahnya!



........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah


_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             

Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
Kompetensi Dasar
:
8.3. Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat Mempraktikkan sikap berserah diri kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja serta membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Mempraktikkan Sikap berserah diri kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja.
  • Mempraktikkan Pembiasaan diri bersikap pasrah kepada Allah sesudah menyelesaikan kegiatan belajar/bekerja.

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru menjelaskan cara Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.
2). Elaborasi
·         Siswa melakukan kegiatan pembiasaan berserah diri dalam setiap aktifitas belajar maupun pekerjaan yang lain.
3) Konfirmasi
·         Siswa melaporkan kegiatannya.

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.  Menjelaskan makna yang terkandung dalam QS. al-Insyirah.
2. Menjelaskan makna bekerja keras dan berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS. al-Insyirah.
3. Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti terkandung dalam QS. al-Insyirah.
4.  Mempraktikkan perilaku dalam bekerja keras dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah dalam kehidupan sehari-hari.

Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
Tes unjuk kerja
Uraian singkat
Essay
Pekerjaan rumah
Uji petik kerja
1. Jelaskan makna yang terkandung dalam ayat 7 dari QS. al-Insyirah (فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ)!
2. Apa yang dimaksud dengan berserah diri seperti tersebut dalam QS. al-Insyirah ayat 8?
3. Buatlah laporan tentang contoh-contoh perilaku bekerja keras dari survey yang kalian lakukan di lingkungan tempat tinggal kalian!
4. Tunjukkan perilaku kalian di kelas dalam belajar yang mencerminkan perilaku bekerja keras!


Teknik
Penilaian diri

Bentuk Instrumen
·         Lembar penilaian diri /skala sikap

Instrumen Soal

Pernyataan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 0
Skor 1
Skor 2
Skor 3
1
Saya melaksanakan perintah orang tua kalau diberi hadiah




2
Ketika ulangan saya berusaha agar mendapat nilai bagus walaupun harus menyontek




3
Ketika teman-teman merokok saya ikut-ikutan




4
Saya tidak usah berusaha karena kaya dan miskin sudah menjadi takdir Allah SWT




5
Saya telat membayar uang sekolah karena saya menerapkan sikap sabar







........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
9. Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang kebersihan
Kompetensi Dasar
:
9.1. Membaca hadits tentang kebersihan
Alokasi Waktu           
:
2 X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca hadits tentang kebersihan dengan fasih dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan lancar

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Hadits tentang kebersihan dengan fasih

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apersepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru mendemonstrasikan bacaan hadits tentang kebersihan dengan fasih.
2). Elaborasi
·         Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
3) Konfirmasi
·         menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.

Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP / MTS
·        Mushaf Al-Quran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
2.  Membaca keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.

Tes tulis
Tes tulis

Praktik
1. Bacalah potongan-potongan hadits ini dengan benar:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ
2. Bacalah bagian dari hadits tentang kebersihan di bawah ini:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ= وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ= وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآَنِ أَوْ تَمْلَأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ


........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP             


Saran Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah
:
......................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas   /Semester
:
IX/2
Standar Kompetensi
:
9. Memahami Ajaran   Al – Hadits tentang kebersihan
Kompetensi Dasar
:
9.2. Menyebutkan arti hadits tentang kebersihan
Alokasi Waktu           
:
2  X  40 menit ( 1 pertemuan)


Tujuan Pembelajaran 
  • Siswa dapat membaca arti mufradad hadits tentang kebersihan, mengartikan hadits tentang kebersihan, dan dapat menjelaskan kandungan hadits tentang kebersihan.

Karakter  siswa yang diharapkan :       Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Materi Pembelajaran   
  • Arti mufradad hadits tentang kebersihan
  • Arti surat hadits tentang kebersihan
  • Kandungan hadits tentang kebersihan

Metode Pembelajaran 
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tanya jawab
  • CTL

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
  • Apresepsi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.

Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·         Guru bertanya kepada siswa arti al-Hadits tentang kebersihan dan berusaha menghafalkannya
2). Elaborasi
·         Siswa membaca arti mufradad.
·         Siswa berlatih mengartikan hadits tentang kebersihan berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·         menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·         Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?

Sumber Belajar           
·        Buku PAI Kelas IX  , Penerbit   Umum
·        LKS MGMP PAI SMP/MTS
·        Mushaf Al-Quran
·        VCD pembelajaran

Penilaian                     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen / Soal
1.   Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
2.  Mengartikan keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
Kuis
Tes tulis

Jawaban singkat
Pilihan ganda
1. Terjemah dari kata شَطْرُ الْإِيْمَانِ adalah ...
2. Arti yang tepat dari potongan hadits وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ adalah:
    a. kesabaran itu ada batasnya
    b. kesabaran itu bersinar
    c. kekayaan itu bermanfaat
    d. kebersihan itu adalah iman



........................., ................ 20.....
Mengetahui                                                     Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah



_________________                                      _________________
NIP                                                                  NIP              

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PA) KELAS IX SMP SEMESTER 2"

PageRank

PageRank for wirajunior.blogspot.com
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top